P. 1
KELOMPOK 1 AIR FLOW METER

KELOMPOK 1 AIR FLOW METER

|Views: 476|Likes:
Published by afierzie

More info:

Published by: afierzie on Apr 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

text

original

AIR FLOW SENSORS

Sensor massa aliran udara mengkonversikan jumlah udara yang dimasukan kedalam mesin menjadi sinyal tegangan. ECM perlu mengetahui asumsi volume udara untuk menghitung beban mesin. Ini diperlukan untuk menentukan bahan bakar untuk menyuntikkan, kapan harus menyalakan silinder, dan kapan pergeseran transmisi. Sensor aliran udara terletak tepat di aliran udara masuk, antara filter udara dan bagian thorttle tempat yang dapat mengukur udara yang masuk. Ada berbagai jenis sensor aliran massa udara. Vane air flow meter dan Karmen vortex adalah dua model yang lebih lama dari sensor aliran udara dan mereka dapat diidentifikasi dengan bentuknya. itu, lebih baru dan lebih umum adalah aliran massa udara (MAF) sensor.

Komponen utama sensor MAF adalah themistor, kawat platinum panas, dan sebuah rangkaian kontrol elektronik.Thermistor ukuran suhu udara yang masuk. kawat panas dijaga pada suhu konstan dalam kaitannya dengan thermistor dengan rangkaian kontrol elektronik. sebuah incrase aliran udara akan menyebabkan kawat panas untuk kehilangan panas lebih cepat dan sirkuit kontrol elektronik akan memberikan kompensasi dengan mengirim lebih lancar melalui kawat.rangkaian kontrol elektronik secara simultan mengukur aliran arus dan menempatkan sebuah sinyal tegangan (VG) sebanding. dengan aliran arus.

sirkuit. ketika melihat EWD. tetapi menjalankan buruk atau kios dan tidak dapat menetapkan DTC. Kerjanya dijelaskan di bagian IAT sensor suhu. dan pemeriksaan komponen.AIR FLOW SENSORS Jenis sensor MAF juga memiliki temperatur udara masuk (IAT) sensor sebagai bagian dari perakitan perumahan. Bagian sensor MAF harus bebas dari puing-puing untuk beroperasi dengan benar. jika bagian ini terpasang. Diagnosis Diagnosis sensor MAF melibatkan visual. mesin biasanya akan hidup. . ada dasar untuk sensor maf dan ground (E2) untuk sensor IAT.

dan udara bertiup melewati sensor.AIR FLOW SENSORS MAF Suplai Tegangan Terminal +B menyediakan tegangan ke sensor MAF . . VG adalah garis sinyal MAF dan E2G adalah ground. Terminal THA menyediakan 5 volt untuk sensor IAT dan E2 adalah ground. MAF Sirkuit Ground MAF sirkuit memeriksa ground yang dilakukan dengan ohmmeter Memeriksa Operasi MAF MAF sensor dapat diperiksa dengan menyediakan kekuatan dan ground ke terminal kanan. Conecting voltmeter untuk sinyal (VG) kawat.

Idle menyesuaikan sekrup (pabrik disesuaikan) pompa bahan bakar beralih Intake Air temperature (IAT) sensor. .AIR FLOW SENSORS Vane Air Flow Meter Vane Air Flow Meter menginformasikan ke ECM dengan mengukur secara akurat dari beban pada mesin. Vane Air Flow Sensor terdiri dari component berikut: y y y y y y y y measuring plate (plate pengukur) compensation plate (plate kompensasi) return spring (pegas pengmbali) potentiometer saluran udara bypas. ECM menggunakannya untuk menghitung dasar durasi / lama penginjeksian dan sudut pengapian dasar.

Gerakan silinder terhadap potensiometer resistor menyebabkan sinyal tegangan variabel kembali ke terminal VS di ECM tersebut. .AIR FLOW SENSORS Selama mesin beroprasi. Karena hubungan pada pelat pengukuran dan potensiometer. perubahan sinyal VS akan sebanding dengan volume udara masuk. asupan aliran udara bereaksi terhadap measuring plate (dan pegas pengmbali) dan mengalihkan piring secara proporsional dengan volume aliran udara yang melewati plate. Sebuah kompensasi plate (yang melekat pada pelat pengukuran) terletak di dalam ruang peredama dan bertindak sebagai "shock absorber" untuk mencegah gerakan yang cepat atau getaran dari pelat pengukuran. Gerakan measuring plate di transfer melalui poros ke (lengan bergerak) silinder pada potensiometer.

Jenis VAF Meter ada dua jenis utama VAF meter. adalah jenis tertua. sebagai peningkatan pelat pengukuran sinyal tegangan terbuka. . Dengan jenis meter VAF. Vane Air Flow Meter juga memiliki saklar pompa bahan bakar yang di gunaka untuk menutup aliran pompa bahan baik saat setelah mesin dinyalakan dan saat aliran udara telah masuk. Ini menggunakan tegangan baterai untuk tegangan suplai.AIR FLOW SENSORS Resistor r2 (terhubung secara paralel dengan r1) memungkinkan untuk terus memberikan sinyal VS dalam hal yang terbuka terjadi pada potensiometer utama (r1). Manual perbaikan tidak menyediakan prosedur di ulang ini sekrup dalam kasus wherw telah dirusak. Desain pertama. yang ditutupi oleh tamper plug tahan. meter ini juga berisi sebuah sekrup penyetel idle yang disesuaikan.

benda tersebut berfungsi sebagai penghasil pusaran uudara (pusaran karman). mirip dengan pusaran air yang dibuat ketika sebuah perahu berjalan.AIR FLOW SENSORS Karman Vortex Air Flow Meter Air flow meter ini memiliki kegunaan yang sama dengan type vane air flow meter. frekuensi yang dihasilkan bervariasi sesuai dengan kecepatan udara masuk. . Komponen tersebut terdiri dari : y y y Vortex Generator Mirror (kaca) Photo Coupler (LED dan transistor photo) Pengoperasian Karman Vortex Air Flow Meter Aliran udara ketika melalui intake akan melewati vortex generator dan akan mengakibatkan efek berputar pada aliran udara.

Hal ini menciptakan gelombang sinyal persegi 5 volt yang meningkatkan frekuensi secara proposional dengan peningkatan sesuai dengan kecepatan udara. Aliran udara terhadap cermin menyebabkan pengisolasian secara proporsional dengan frekuensi vortex. Karena dengan cepat. sinyal bersifat frekuensi tinggi. Akibatnya.AIR FLOW SENSORS The vortices adalah pengukuran ke dalam lubang tekanan yang dimana mereka bertindak berdasarkan kawat panas. sinyal memerikasa dengan akurat pada langkah pengoperasian mesin yang memerlukan multimeter digital berkualitas tinggi (dengan kemampuan frekuensi) atau osciloscop. Hal ini menyebabkan pemanasan dari photo cupler's LeD akan diteruskan dan dialihkan dari transistor photo. transistor photo akan mengganti atau membuka sinyal KS 5-volt ke ECM. .

5. 8. Jelaskan maksud dari sensor massa aliran udara? Sebutkan berbagai jenis sensor massa aliran udara? Jelaskan secara rinci konstruksi dan bagaimana MAF(tipe kawat panas) bekerja? Apa jenis sinyal tegangan yang dihasilkan oleh MAF dan apa yang anda harapkan untuk merubah / meningkatkan RPM? Jelaskan secara rinci prosedur pengujian sensor MAF. 4. 6. Jelaskan secara rinci konstruksi dan bagaimana VAF bekerja? Type tegangan sinyal apa yang diproduksi oleh VAF dan apa yang anda harapkan untuk merubah / meningkatkan RPM? jelaskan secara rinci konstruksi dan bagaimana karman vortex bekerja? Type tegangan sinyal apa yang diproduksi oleh karman vortex dan apa yang anda harapkan untuk merubah / meningkatkan RPM? . 7. 9. 3.AIR FLOW SENSORS TUGAS 1. 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->