BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG PEMILIHAN LOKASI Pemilihan lokasi pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) pada kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap tempatnya sangat strategis. Selain tempatnya, penyusun juga ingin mengetahui seluk beluk kegiatan apa saja yang dilakukan di Kantor Kementerian Agama dan penyusun ingin belajar di dunia kerja. Selain itu Kantor Kementerian Agama merupakan ciri masyarakat Indonesia yang beragam untuk mengembangkan agama serta membina umat beragama sesuai dengan misinya. Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan suatu program yang diadakan di SMK Boedi Oetomo Cilacap dimana siswa dapat mempraktekkan secara langsung sesuai bidang dan jurusan masing-masing.

B. TUJUAN Adapun tujuan Praktek Kerja Industri, antara lain : 1. Memberi pembekalan terhadap siswa dan pengalaman kerja yang sesungguhnya, sebagai prinsip serta menyesuaikan diri untuk memasuki dunia kerja; 2. Melatih siswa agar tidak terkejut pada dunia kerja yang nyata; 3. Mengantarkan siswa untuk mengerti dan memahami serta mempraktekkan tentang dunia kerja; 4. Agar siswa menuangkan daya pikirnya (kreativitas) di dalam dunia kerja; 5. Melatih agar siswa berdisiplin dan bertanggung jawab dalam tugasnya; 6. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan baik yang berkaitan dengan pendidikan maupun dunia kerja; 7. Agar mandiri dan bertanggung jawab serta mampu menghadapi persoalan di dalam masyarakat atau khususnya dalam dunia kerja; 8. Menumbuhkan dan mengembangkan sikap profesionalisme dalam dunia kerja serta percaya diri terhadap siswa dalam tahapan memasuki dunia kerja sesuai dengan bidangnya masing-masing; 9. Mencari suatu pengalaman di dunia usaha.

1

C. TUJUAN PENULISAN LAPORAN Tujuan dari penulisan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut : 1. Sebagai bukti bahwa siswa telah melaksanakan dan mengikuti Praktek Kerja Industri; 2. Untuk memenuhi salah satu syarat untuk menentukan kelulusan; 3. Sebagai pembelajaran bagaimana menyusun laporan; 4. Sebagai bahan persiapan untuk mengikuti Ujian Kompetensi Produktif; 5. Dapat menilai dan menambah kekurangan yang ada; 6. Untuk menambah pengalaman dan gambaran tentang bidang jurusan masing-masing yang terjadi di dunia kerja sehingga wawasan lebih terbuka dan dapat membandingkan dengan pengetahuan yang didapatkan di bangku sekolah terhadap siswa; 7. Untuk mempersiapkan diri ke jenjang yang sesungguhnya.

D. WAKTU PELAKSANAAN PRAKERIN Pelaksanaan Praktek Kerja Industri tahun ajaran 2010/2011

dilaksanakan dalam satu tahap yang dimulai tanggal 28 Desember ± 28 Januari (selama dua setengah bulan) sesuai dengan tempatnya masingmasing.

E. MANFAAT PRAKERIN 1. Bagi Siswa Prakerin a. Siswa dapat mempraktekkan secara langsung cara bekerja di dalam dunia kerja atau usaha; b. Memperoleh pengalaman bekerja sebelum siswa benar-benar berada di dalam dunia kerja yang sebenarnya; c. Mendapat pengetahuan atau hal-hal baru pada saat pelaksanaan Prakerin; d. Bagi jurusan siswa sendiri, sekarang siswa lebih mengetahui tentang kerjanya seorang akuntan di dunia kerja atau usaha; e. Siswa memperoleh bekal sebelum memasuki dunia nyata; f. Memperoleh pengalaman yang selama ini belum didapatkan.

2

2. Bagi Pihak Instansi a. Dapat membantu atau meringankan beban didalam pekerjaannya; b. Memberi kepuasan bagi dunia usaha dan industri karena diakui ikut serta menentukan hari depan bangsa melalui pendidikan sistem ganda; c. Perusahaan dapat mengenal persis kualitas peserta didik yang belajar dan bekerja di perusahaannya; d. Perusahaan atau instansi lebih mengerti kualitas didik sekarang. .

3

BAB II URAIAN

A. LATAR

BELAKANG

KANTOR

KEMENTERIAN

AGAMA

KABUPATEN CILACAP Kementerian Agama Kabupaten Cilacap berdiri sejak tanggal 3 Januari 1946 yang dipimpin oleh KH. Zaenal Zabitu dan diresmikan oleh H. Alamsyah Ratu Perwira Negara selaku Menteri Agama Republik Indonesia. Awalnya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap bertempat di jalan D. I. Panjaitan kemudian pindah di Masjid Agung Cilacap. Hingga pada akhirnya Kantor Kementerian Agama bertempat di jalan Perwira No. 14A hingga sampai sekarang.

B. DESKRIPSI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CILACAP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap adalah instansi vertikal yang berada di bawah tanggung jawab langsung dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Kantor Kementerian Agama melaksanakan sebagian tugas pemerintah dan tugas khusus membina umat beragama. Bukan hanya dalam bidang ideology, politik, sosial, budaya dan pertahanan keagamaan tetapi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap juga mempunyai peranan serta fungsi yang sangat menonjol dalam pembangunan nasional. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap juga mempunyai tugas melaksanakan tugas pokok dan fungsi berdasarkan kebijakan kantor wilayah provinsi dan peraturan perundang-undangan yang telah ditentukan.

C. VISI DAN MISI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CILACAP 1. Visi Kantor Kementerian Agama Terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama, maju, sejahtera dan cerdas serta saling menghormati antar sesama pemeluk agama dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalam wilayah

Negara Kesatuan Republik Indonesia. 2. Misi Kantor Kementerian Agama a. Meningkatkan kualitas bimbingan pemahaman, pengalaman dan pelayanan kehidupan beragama; b. Meningkatkan penghayatan moral dan etika keagamaan; c. Meningkatkan kualitas pendidikan umat beragama;

4

d. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan haji; e. Memperkokoh umat beragama; f. Memperdayakan umat beragama; g. Mengembangkan keselarasan pemahaman keagamaan dengan

wawasan kebangsaan Indonesia. D. RUANG LINGKUP Peserta Prakerin biasanya mengerjakan tugas yang lebih ringan dibanding dengan karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacao, contohnya : mengagendakan surat masuk dan surat keluar, menggandakan surat atau foto copy, merekap surat pernyataan kinerja yang diisi oleh setiap guru kontrak pada madrasah, menyetempel surat undangan dan piagam, mengisi lembar disposisi dan menerima telepon. Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap surat masuk pertama masuk di bidang tata usaha. Adapun beberapa macam surat yang masuk ke bagian tersebut yaitu surat yang beralamatkan ke Kantor Kementerian Agama seperti surat permohonan rekomendasi, surat dari kantor wilayah Kantor Kementerian Agama Provinsi dan proposal. Surat-surat tersebut didisposisikan kemudian dinaikkan ke kepala kantor, setelah didisposisikan oleh kepala kantor kemudian surat itu didistribusikan sesuai dengan isi disposisi kepada kepala seksi. Alur pada surat keluar pada masing-masing seksi diberi tanda checklist atau filter sebagai persetujuan kasi, kemudian diagendakan di bagian umum setelah itu di ajukan ke kepala kantor untuk ditandatangani. Di setiap bidang surat masuk dan keluar diagendakan menurut buku agenda masing-masing.

5

BAB III TATA KERJA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CILACAP

A. ORGANISASI ATAU KEPEGAWAIAN Organisasi atau kepegawaian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agama Kabupaten Cilacap dipimpin oleh kepala kantor dan terdiri dari beberapa seksi. Jumlah pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap adalah pegawai yang terdiri dari beberapa unit kerja yaitu : 1. Kepala Kantor 2. Subbag TU 3. Seksi Penamas 4. Seksi Urais 5. Seksi Haji dan Umrah 6. Seksi Mapenda 7. Seksi Pekapontren 8. Gara Bimnas Katolik 9. Gara Zakat dan Wakaf jumlah jumlah jumlah jumlah jumlah jumlah jumlah jumlah jumlah Jumlah 1 pegawai 29 pegawai 7 pegawai 5 pegawai 5 pegawai 9 pegawai 4 pegawai 2 pegawai 3 pegawai 65 pegawai

Di setiap kecamatan terdapat Kantor Urusan Agama (KUA) yang bertugas menangani urusan agama khususnya nikah. Ada juga yang termasuk Organisasi Kementerian Agama yang bertugas di kecamatan yaitu pengawas yang tugasnya melakukan pengawasan dengan memberikan bimbingan di bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) pada madrasah, sekolah umum dan SDLB.

B. TATA KERJA Tata kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap terdiri dari : 1. Kepala Kantor Tugasnya : melaksanakan sebagian tugas kantor wilayah Kementerian Agama provinsi di bidang agama dalam kabupaten.

2. Sub-bag TU Tugas meliputi bidang lepas yang meliputi : a. Keuangan bertugas memegang keuangan kantor dengan mengurusi gaji para pegawai;

6

b. Kepegawaian bertugas mengurusi kepegawaian; c. Sedangkan umum menyimpan arsip-arsip Kantor Kementerian Agama.

3. Penamas Tugasnya meliputi kerukunan hidup umat beragama yang meliputi : a. Mengembangkan kerukunan hidup beragama; b. Mengadakan pendaftaran TPQ/TKQ dan majelis ta¶lim; c. Menyelenggarakan MPQ pelajar, MTQ umum, STQ, MHQ pesantren dan festival rebana; d. Menyelenggarakan pelatihan calon peserta MTQ pelajar, MTQ di sekabupaten Cilacap; e. Menyelenggarakan hari besar Islam, contohnya dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, Idul Adha serta hari besar lainnya; f. Pembinaan seni Islam; g. Menyelenggarakan pembinaan rohani Islam di kantor/dinas instansi tingkat kabupaten Cilacap; h. Menyelenggarakan pembinaan LP2A di Kabupaten Cilacap; i. Memberi bantuan pembangunan/sarana prasarana masjid/mushola, AlQur¶an, buku khutbah jum¶at dan buku agama lainnya.

4. Urais Tugasya meliputi urusan agama yang meliputi : a. Hal-hal yang berkaitan nikah dan rujuk; b. Kegiatan ibadah sosial; c. Kegiatan produk halal; d. Kegiatan keluarga sakinah; e. Kegiatan lintas sektoral; f. Kegiatan kemitraan keagamaan; g. Kegiatan BP4.

5. Haji Tugasnya : memberikan pelayanan dan bimbingan kepada masyarakat di bidang penyelenggaraan haji dan umroh.

7

6. Mapenda Tugasnya : membuat pelaksanaan tugas-tugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap dalam urusan kependidikan yang meiputi : a. Melakukan penjabaran kebijakan urusan kurikulum pada madrasah, Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah umum dan SDLB; b. Melakukan penjabaran kebijakan urusan ketenagaan dan kesiswaan pada madrasah, Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah umum dan SDLB; c. Melakukan penjabaran kebijakan urusan pendidikan pada madrasah, PAI pada sekolah umum dan SDLB; d. Melakukan penjabaran, pelayanan dan bimbingan teknis urusan kelembagaan dan ketatalaksanaan pada madrasah, PAI sekolah umum dan SDLB; e. Melakukan penjabaran kebijakan pelayanan dan bimbingan teknis urusan supervise dan evaluasi pada madrasah, PAI sekolah umum dan SDLB; f. Melaksanakan bimbingan teknis kurikulum madrasah, sekolah umum dan SDLB; g. Melakukan pelayanan dan bimbingan teknis ketenagaan dan kesiswaan pada madrasah, PAI sekolah umum dan SDLB; h. Melakukan pelayanan dan bimbingan teknis urusan sarana pendidikan pada madrasah, PAI sekolah umum dan SDLB; i. Mempertanggungjawabkan langsung. tugas yang diberikan oleh atasan

7. Pekapontren Tugasnya : melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah. Yang meliputi : a. Mendata dan membina pondek pesantren (pontren) dan Madrasah Diniyah; b. Mendata dan membina TPQ dan Majelis Ta¶lim; c. Membina pondok pesantren penyelenggaraan wajib belajar 9 tahun; d. Mengusulkan santri pesantren untuk mengikuti seleksi beasiswa di beberapa perguruan tinggi melalui program Beasiswa Santri Pesantren Berprestasi; e. Membina kerjasama pondok pesantren dengan instasi lain;

8

f. Mengadakan seleksi MQK (Musbaqoh Qiroatul Kutub) tingkat kabupaten dan mengirimkan ke tingkat provinsi; g. Membina pondok pesantren yang mengadakan pembelajaran tingkat perguruan tinggi (Ma¶ad Ali).

8. Gara Bimas Katolik Tugasnya : mensosialisasikan penyelenggara bimbingan masyarakat Katolik yang meliputi : a. Menyiapkan bahan rumusan visi dan misi, kebijakan pimpinan bidang penyelenggaraan Bimbingan Masyarakat Katolik (Bimas Katolik); b. Memimpin pelaksanaan tugas di lingkungan penyelenggaraan Bimas Katolik; c. Menetapkan dan merumuskan sasaran program dan rencana penyelenggaraan Bimas Katolik; d. Membagi tugas, menggerakkan, mengarahkan, membimbing dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas-tugas penyelenggaraan Bimas Katolik; e. Melaporkan proses dan hasil pelaksanaan tugas penyelenggaraan Bimas Katolik.

9. Gara Zakat dan Wakaf Tugasnya : mensosialisasikan dalam bidang zakat dan wakaf yang meliputi : a. Mengadakan program motivasi dan sosialisasi zakat dan wakaf; b. Melaksanakan program pengelolaan zakat dan wakaf pemberdayaan masyarakat; c. Melakukan program ibadah sosial; d. Melakukan program pemberdayaan lembaga pengelolaan zakat dan wakaf; e. Pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan sumeber daya manusia; f. Memberdayakan lembaga pengelolaan zakat agar menjadi lembaga yang professional, terpercaya, transparan, mandiri dan proaktif. g. Melaksanakan tugas lain yang diberi oleh atasan langsung; h. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola zakatdan wakaf.

9

BAB IV KEGIATAN PADA WAKTU PRAKERIN

Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap kegiatan dimulai dari pukul 07.00 ± 15.30 WIB. Kegiatan rutin yang dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap adalah apel. Sebelum melakukan aktivitas kerja kami memulai dengan apel pagi dan sebelum pulang saya juga mengikkuti apel sore.

A. Kegiatan yang saya lakukan 1. Apel pagi; 2. Mendaftari para calon haji; 3. Memasukkan bukti setoran awal (BPIH) dari bank ke dalam computer; 4. Mendisposisi surat masuk dan surat keluar; 5. Mengurutkan surat masuk dan keluar; 6. Menyetempel surat undangan; 7. Melipat surat dan mengantar surat-surat ke sub bagian yang lain; 8. Mengarsipkan SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji); 9. Mengagendakan surat masuk dan surat keluar; 10. Menggandakan atau memfotocopy; 11. Pengajian rutin yang dilaksanakan setiap hari selasa pagi; 12. Menerima telepon; 13. Menjamu tamu pada saat ada rapat/kegiatan lain; 14. Itirahat dan shalat, istirahat dan shalat pada Kantor Agama Kabupaten Cilacap dimulai pada jam 12.00-12.30 WIB; 15. Mengekspedisi; dan 16. Mengikuti kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan di Kementerian Agama Kabupaten Cilacap.

10

BAB V PENUTUP

A. KESIMPULAN Bahwa di dalam dunia kerja dibutuhkan suatu kreatifitas, keterampilan dan ketekunan yang merupakan kunci dari keberhasilan dan kesuksesan di dalam dunia kerja. Tidak hanya itu, semangat dan rasa sosial yan tinggi juga harus ditanamkan. Karena Kantor Kementerian Agama tugas pokoknya adalah melayani dan membimbing masyarakat maka dibutuhkan kesabaran dan kemurahan hati terhadap masyarakat. Tidak ada yang mudah dalam bekerja karena semua pekerjaan pasti ada suatu kesulitan tapi kesulitan itu bisa kita pecahkan secara bersama-sama dengan cara berkonsultasi antara yang satu dengan yang lain.

B. SARAN DAN DOA 1. Tetaplah bersemangat dan jangan pantang menyerah di dalam bekerja; 2. Karena mungkin di sub-sub bagian Kantor Kementerian Agama ada yang belum pasang AC, kami menyarankan untuk pasang AC, selain kerja kita nyaman para pengunjung atau masyarakat akan ikut merasakan kenyamanannya; 3. Penataan ruang kerja dan buku harus benar-benar rapi; 4. Majukan terus Indonesia yang berbudaya dan berbangsa; 5. Pengarsipan surat-surat atau penataan buku-buku harus disusun dengan rapid an sistematis; 6. Melakukan kerja bakti paling tidak satu minggu sekali, selain untuk kebersihan dan kerapian pada kantor juga untuk melatih suatu gotong royong dan kerukunan; 7. Semoga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap unggul dalam prestasi dan kerja keras yang dilakukannya; 8. Kepada seluruh karyawan dan karyawati Kantor Kementerian Agama semoga bisa melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik dan bertanggung jawab pada pekerjaan yang diembannya. Mungkin hanya itu yang bisa saya laporkan, saya menyadari didalam pembuatan laporan ini jauh dari kesempurnaan. Tapi saya juga berharap semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membaca. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada semua yang telah mendorong dan memotivasi saya sehingga saya dapat menyelesaikan dengan baik.

11

DAFTAR PUSTAKA

1. 2. 3. 4.

2009. Buku Panduan Prakerin. Cipari : SMK Fatahillah. 2007. Laporan Kegiatan Prakerin. Majenang : SMK Diponegoro. 2010. Kegiatan Prakerin. Cipari : SMK Fatahillah. 2011. Laporan Kegiatan Prakerin. Cilacap : SMK Boedi Oetomo 1.

12

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful