Menyingkap Misteri Penyebab Sulitnya Berhenti Merokok

Published on May 26, 2010 by Administrator MAUBACA.COM: Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah pada Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta Aulia Sani mengatakan efek psikoaktif nikotin yang sangat kuat membuat para perokok sulit menghentikan kebiasaan mereka menghisap rokok. “Efek psikoaktif yang ditimbulkan nikotin 5-10 kali lebih kuat dari kokain dan morfin,” katanya pada acara peluncuran kampanye berhenti merokok “Break Free” di Jakarta, Rabu (26/5/2010). Ia menjelaskan, reseptor pada otak yang menerima nikotin akan melepaskan dopamin yang memberikan rasa nyaman sementara. Kehilangan rasa nyaman akan saat kadar nikotin menurun menimbulkan keinginan kembali untuk merokok. “Dan kebutuhan ini makin lama makin besar,” katanya. Faktor yang lainnya, kata dia, adalah kemudahan mendapatkan rokok dan gangguangangguan yang muncul saat seseorang berhenti merokok. Menurut dia orang yang berhenti merokok akan mengalami gejala ketagihan seperti insomnia atau gangguan tidur, rasa frustasi dan marah, gangguan kecemasan, kesulitan berkonsentrasi dan depresi. “Nafsu makan biasanya juga jadi meningkat, ini membuat sebagian orang kembali merokok karena khawatir berat badan meningkat setelah berhenti merokok,” katanya. Kesulitan-kesulitan semacam itu serta kurangnya pengetahuan perokok mengenai cara menghentikan kecanduan nikotin, menurut dokter spesialis kedokteran jiwa pada Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Tribowo T Ginting, membuat sebagian besar perokok gagal menghentikan kebiasaan merokok. Ia mengatakan sebanyak 70 persen perokok ingin menghentikan kebiasaan mereka menghisap rokok namun hanya 5-10 persen yang berhasil melakukannya tanpa bantuan “Mereka yang berhasil adalah perokok dengan tingkat adiksi mereka rendah, hanya merokok sesekali saja,” katanya. Kesulitan itu, menurut Aulia, antara lain bisa diatasi dengan memanfaatkan beberapa terapi termasuk seperti terapi pengobatan, terapi perilaku dan penerapan pendekatan psikologis. Sekarang, kata dia, sudah ada obat-obatan yang bekerja membantu membantu mengatasi gangguan yang muncul ketika seseorang berhenti merokok. “Keamanan dan tolerabilitasnya juga baik. Tidak menimbulkan efek samping yang mengganggu,” katanya. Di samping terapi pengobatan, menurut Tribowo, motivasi, niat dan komitmen yang kuat dari perokok bisa menjadi modal awal untuk berhenti merokok. “Dukungan keluarga dan teman sangat penting dalam hal ini,” katanya. Menurut dia, dukungan keluarga antara lain bisa diekspresikan dengan menghargai keputusan

anda perlu mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab .pasien untuk berhenti merokok dan membangkitkan kewaspadaan mereka terhadap konsekuensi negatif akibat kebiasaan buruk mereka untuk meningkatkan motivasi.” demikian Aulia Sani. khususnya dalam 1-2 minggu pertama. karena kemungkinan akan timbul perselisihan dengan anggota keluarga yang sedang berusaha berhenti merokok. sebaiknya keluarga dan teman juga membersihkan rumah dari atribut-atribut rokok seperti bungkus rokok. Faktor-Faktor Penyebab Kecanduan Rokok 28 November 2009 | Kategori : Kecanduan.” katanya.” katanya seperti dilansir antaranews. memiliki banyak faktor penyebab. dan korek api serta mengajak sesama perokok tidak merokok di depan pasien. “Risiko serangan jantung dan stroke turun ke tingkat yang sama dengan bukan perokok setelah 15 tahun. Kalau perlu bikin perayaan atas setiap tahap keberhasilan mereka. Rokok Kecanduan rokok atau bisa disebut kecanduan nikotin yang terdapat dalam rokok. denyut jantung dan aliran darah tepi akan membaik.” katanya. “Sebaiknya bersabar. sistem aliran darah juga akan membaik dan fungsi jantung meningkat. asbak.com. Aulia menjelaskan selain membuat orang-orang di sekitarnya lebih sehat.” katanya. satu-sampai sembilan bulan setelah merokok. “Pada 20 menit pertama setelah berhenti. sesak nafas dan batuk-batuk akan berurang dan setelah satu tahun risiko terkena jantung koroner menurun separuhnya. Ia menambahkan 48 jam setelah berhenti merokok. Dalam jangka panjang. Nikotin. Jika anda memiliki keinginan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Ia menambahkan. orang-orang yang menghentikan kebiasaan merokok juga bisa membersihkan tubuh mereka dari nikotin dan menjadi lebih sehat. luangkan waktu untuk mengalihkan pikiran dari rokok ke kegiatan lain yang positif. 12 jam setelah berhenti tingkat karbon monoksida dalam darah kembali normal. “Sediakan waktu untuk mendukung mereka. kata dia. tekanan darah. Bantu mereka mendapatkan apa yang diperlukan. “Dua sampai 12 minggu setelah berhenti nikotin akan tereliminasi dari sistem sehingga indera pengecap dan penciuman membaik.

maka ganti kebutuhan menghisap rokok dengan cara lain. Bersosialisasi merupakan cara utama pada anak-anak dan remaja untuk mencari jati diri mereka. Hal ini terutama berlaku jika tindakan tertentu dilakukan dalam situasi yang tidak menyenangkan.kecanduan rokok. anda harus mencari tahu di mana situasi dan lingkungan anda yang biasanya mengambil sebatang rokok. Jika anda ingin berhenti merokok. Beberapa orang menggunakan rokok atau perangkat merokok dan asap sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan ini. hidup atau berkerja bersama dengan seorang perokok. Baik disadari maupun tidak disadari. ketika keingin merokok muncul. Namun sangat disayangkan. secara otomatis salah satunya akan terpengaruh. adaptasi tersebut dilakukan untuk berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan dan berusaha untuk diterima di lingkungan sosial-nya. Namun untuk proses awal. yang memberikan efek membuat seseorang merasa lebih aman dalam kehidupan sehari-hari dan rutinitas. mungkin juga sebaliknya yang perokok mengurangi konsumsi rokok. Berdasarkan hasil survey. atau makanan-makanan ringan untuk dikunyah. ataupun teman pergaulannya. Dengan melihat apa yang dilakukan orang lain dan kadang kala mencoba untuk meniru apa yang dilakukan orang lain. belum sepenuhnya puas pada masa anak-anak. terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan merupakan salah satu penyebab obesitas. maka akan tercipta pola pengulangan perilaku tertentu secara otomatis. Kemudian . diganti dengan permen. Kalau anda ingin berhenti merokok. Ada hipotesis bahwa kebutuhan ini lebih besar oleh beberapa orang dewasa kemudian oleh orang lain karena kebutuhan ini atau beberapa kebutuhan dasar serupa lainnya. dan secara berangsurangsur berkurang dan hilang. Kebutuhan Menghisap Dan Mengunyah Setiap orang memiliki kebutuhan untuk mengisap dan mengunyah. tidak hanya kebiasaan-kebiasaan yang baik saja yang ditiru melainkan juga kebiasaankebiasaan buruk. Kebutuhan ini mulai ada sejak kita lahir yaitu kebutuhan untuk minum susu. Jika seseorang yang bukan perokok. Hal itu merupakan suatu proses yang terjadi pada remaja untuk mencari jati diri dan belajar menjalani hidup bersosial. tetangga. dimana karakter seseorang banyak dibentuk oleh lingkungan sekitar. Memang. cara ini dinilai efektif. Misal. Respon Mengulang Otomatis Ketika seseorang telah melakukan sesuatu berkali-kali dan cukup sering. baik dari keluarga. faktor-faktor penyebab kecanduan rokok meliputi : Faktor Sosial Faktor terbesar dari kebiasaan merokok dipengaruhi oleh faktor sosial atau lingkungan. Seperti pola pengulangan otomatis selalu menjadi komponen dalam kebiasaan merokok. tetapi pada beberapa orang masih ada sampai dewasa. termasuk kebiasaan merokok. Mungkin yang bukan perokok mulai mencoba merokok.

Anda harus mempertimbangkan apakah ini anti-depresif atau efek penenang yang menjadi alasan anda untuk merokok. ketika nikotin menempel pada reseptor-reseptor di sel-sel saraf. dengan kebutuhan untuk terus meningkatkan dosis yang lebih tinggi untuk mendapatkan efek yang lebih baik merupakan alasan utama untuk kebiasaan merokok. beberapa perawatan yang tepat sangat diperlukan. Kecanduan Pada Sel Syaraf Otak secara normal memiliki substansi-substansi yang memberikan efek penenang dan efek rangsangan pada sel-sel saraf. Pada saat yang sama memiliki beberapa efek anti-depresif. dan seorang psikolog atau jika perlu psikiater adalah orang yang tepat membantu anda. Untuk memperoleh kepuasan ini. . Jangan memberikan pengobatan sendiri.cobalah Nikotin untuk menghindari Digunakan situasi-situasi atau lingkungan tersebut. bisa-bisa anda terjerumus pada narkoba. Aktif dalam kegiatan olahraga atau kegiatan di luar ruangan bisa mengurangi perasaan depresif anda. dengan alasan yang masih susah untuk dipahami. dan jika ada kekurangan nikotin di dalam tubuh. saraf atau perasaan depresif akan muncul lebih besar daripada sebelumnya. Seseorang menderita kegugupan atau gejala depresi mungkin merasa bahwa merokok membantu dia melawan gejala mentalnya. Dengan menempelnya nikotin pada reseptor. Jika perasaan depresi lebih serius. Maka anda harus mencoba untuk mencari cara lain untuk mencapai efek yang sama. Dan alasan-alasan tersebut diyakini diwariskan dalam kode genetik. maka otak memproduksi dopamin. ketika nikotin terus menginduksi pelepasan dopamin. setidaknya dalam jangka pendek. Dan nikotin memiliki efek yang sama dengan substansi-substansi tersebut terhadap saraf. Dopamin inilah yang memberikan efek menenangkan dan merangsang organ-organ lain. dan otak akan merasakan kebutuhan yang lebih besar terhadap nikotin untuk tetap bekerja normal dan merasa nyaman. Namun. secara bertahap akan ada kebutuhan untuk terus meningkatkan dosis nikotin yang lebih tinggi untuk memberikan efek yang lebih baik lagi. yang memberikan efek menyenangkan dari merokok. dimana substansi-substansi tersebut bekerja dengan cara menempel pada reseptor-reseptor sel-sel saraf. Faktor Genetik Tidak semua orang sangat tergantung pada nikotin. Ada beberapa orang yang lebih mudah kecanduan nikotin daripada yang lain. Namun. Sebagai Pengobatan Nikotin memiliki efek penenang pada perasaan gugup. dan itu membuat seseorang merasa lebih nyaman. otak secara bertahap mengurangi produksi dopamin ketika nikotin tidak ada.

"Parlemen Skotlandia telah mengambil langkah politik. Langkah-langkah ini terutama melibatkan batasan iklan dan melarang mesin penjual." Jika hal ini disahkan oleh Holyrood the Tobacco and Primary Medical Services (Skotlandia). dan menunjukkan komitmennya untuk menghindari kerugian yang disebabkan oleh tembakau. dan menunjukkan bahwa masalah ini telah menjadi perhatian selama lebih dari empat abad. Dan Professor Sir Neil Douglas. Surat yang dibuat oleh Dr. "surat dari koleksi perpustakaan kami memberikan wawasan menarik mengenai sejarah perhatian medis tentang sifat adiktif merokok dan kaum muda. Rokok. digali oleh staf perpustakaan di Royal College of Physicians of Edinburgh (RCPE) . yang keduanya mendorong dan mempengaruhi anak muda untuk merokok. dan nama tersebut dikenal dengan nama Youths-Bane (kutukan pemuda) sebagai nama tembakau. Presiden RCPE mengomentari surat itu dan berkata. Eleazar Duncon.Scotlandia. Undang-Undang ini akan melarang menampilkan rokok pada display dan produk tembakau lainnya. mengatakan surat tersebut memberikan wawasan menarik dari sejarah tentang merokok dan kaum muda. "Karena itu kami mendesak anggota parlemen Skotlandia dari semua partai untuk mendukung RUU yang penting ini dan untuk mengambil kesempatan bersejarah ini untuk mengurangi kerugian yang disebabkan oleh merokok pada kaum muda.Peringatan Bahaya Merokok Sudah Ada Sejak Tahun 1606 12 November 2009 | Kategori : Kaum Muda. Tembakau Surat Seorang dokter yang ditulis lebih dari 400 tahun yang lalu telah mengungkapkan keprihatinan petugas medis terhadap bahaya merokok. Surat tersebut menyimpulkan bahwa tembakau begitu menyakitkan dan berbahaya bagi pemuda sampai-sampai memiliki nama khusus di Scotlandia. ketika mereka menyiapkan sebuah pameran. Anggota parlemen Skotlandia pada Health and Sport Committee juga mendesak Pemerintah untuk memasukkan ketentuan dalam Undang-Undang yang diusulkan itu yang akan membuat tindakan pidana bagi orang dewasa yang membeli tembakau untuk anak-anak di bawah umur. . melarang mesin penjual rokok dan memperkenalkan sistem registrasi untuk pengecer tembakau. dengan memperkenalkan Undang-Undang bebas asap rokok di tempattempat umum. akan mudah bagi politisi untuk berpikir bahwa masalah-masalah yang terkait dengan tembakau telah diselesaikan dan melupakan fakta bahwa RUU yang diusulkan mencakup langkah-langkah penting yang bertujuan mengurangi merokok di kaum muda." Dia melanjutkan. presiden RCPE." Namun.

jadi yang merokok jantan atau banci. kanker pankreas. 3. simak ini: Semua orang pasti setuju dengan pernyataan diatas. penyakit ginjal dan infeksi telinga. Secara rata-rata merokok dapat mengurangi angka harapan hidup selama 15 tahun dan jumlah kematian akibat kanker 2-4 kali lebih tinggi dibandingkan . arsen. hipertensi. kanker mulut. yang 43 diantaranya diketahui sebagai bahan kimia penyebab kanker. racun tikus.Bahaya merokok Sekarang kalau tidak merokok namanya banci. yang di dalamnya terdapat pula asbes.000 jenis bahan kimia. wong banci juga merokok. yang jelas merokok berbahaya bagi kesehatan. penyakit hati. arsen. stroke. Environmental Protection Agency (EPA) atau badan perlidungan lingkungan Amerika mengkelompokkan asap rokok sebagai bahan kimia yang bersifat karsinogen (penyebab kanker) kelas A. Beberapa bahan kimia tersebut terdapat pula pada racun serangga DDT. 2. Berikut ini adalah fakta-fakta yang mengungkapkan tentang bahaya rokok bagi kesehatan Asap rokok mengandung lebih dari 4. Pengetahuan yang memadai tentang bahaya rokok bagi kesehatan diharapkan membuat orang yang belum merokok tetap tidak merokok dan para perokok yang sudah ‘terlanjur’ bisa menghentikan kebiasaan yang sangat berbahaya ini. kanker kantung kemih. Asap rokok juga menjadi penyebab timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru. lha kok bisa?. 1. benzene dan gas radon. pelitur kayu dan pembersih cat kuku. termasuk para pecandu rokok sekalipun.

Bagaimana dengan anda? 24 penyebab penyakit akibat rokok Rokok memiliki dampak yang sangat buruk. kretek. cerutu. sebab rokok merusak hampir seluruh organ tubuh manusia. Produk tembakau khususnya rokok dapat berbentuk sigaret. sedikitnya ada 24 penyakit yang fatal. menggunakan pipa. misalnya kanker dan penyakit jantung. yaitu kematian.denganorang yang tidak merokok. Pria atau wanita yang merokok menghadapi resiko buruk yang sama. Karena dampaknya yang sangat buruk bahkan dari kalangan agama pun sepakat untuk ikut mengurangi kebiasaan merokok di masyarakat. Berikut adalah penyakit-penyakit dan gangguan kesehatan pada organ tubuh yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. lintingan. Kanker : • • • • • • • • • • • • • • • Paru-paru (lung cancer) Oral cavity Pharynx Larynx Oesophagus (squamous cell carcinoma) Oesophagus (adenocarcinoma) Pancreas Urinary bladder Renal pelvis Kidney (renal cell carcinoma) Stomach Uterine cervix Granulocytic cells of bone marrow (myeoloid leukaemia) Nasal cavities Nasal sinuses . Sampai saat ini tidak ditemukan satupun akibat baik dari menghisap rokok. yaitu dengan mengeluarkan rekomendasi pelarangan merokok. ataupun tembakau tanpa asap. tembakau yang disedot. Di dalam daftar di bawah diuraikan berbagai macam penyakit dan bagian-bagian tubuh yang dapat dipengaruhi oleh efek buruk merokok. Dampak buruk merokok bagi kesehatan ini biasanya akan muncul dalam jangka waktu yang lama. Fakta-fakta di atas merupakan alasan-alasan kuat untuk berhenti merokok sekarang. di atas 5 tahun. oleh karena itu merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat banyak. Selain itu ada resiko yang khusus bagi wanita yaitu terganggunya fungsi reproduksi.

wheezing dyspnoea Asthma-related symptoms (wheezing) Sistem Reproduksi Wanita : • • • Pregnancy complications Preterm delivery and shortened gestation Foetal growth restrictions and low birth weight . yang ibunya merokok: • • • • Impaired lung growth Early-onset of lung function decline Respiratory symptoms including coughing. including coughing. phlegm.• Liver Sistem Pernafasan : • • • • • Chronic obstructive pulmonary disease (COPD) Acute respiratory illnesses including pneumonia Premature onset of and an accelerated decline in lung function All major respiratory symptoms in adults. wheezing & dyspnoea Poor asthma control Sistem Kardiovaskular : • • • • Coronary heart disease (CHD) Cerebrovascula disease Aortic aneurysm Peripheral arteria Penyakit lainnya : • • • • • • • • • • • Gastric ulcer Cataract Periodontitis Duodenal ulcer Adverse surgical outcomes related to wound healing and respiratory complications Hip fracture Reduced fertility in females Crohn's disease Age-related macular degeneration Tobacco amblyopia Osteoporosis Gangguan sistem pernafasan khusus pada bayi / anak. phlegm.

Tetapi tetap saja gas yang ditimbulkan sebagai efek samping merokok berpotensi membahayakan bagi si perokok (aktif) dan bagi orang di sekitarnya (pasif). kanker darah atau leukemia. Seperti kandungan tar. . kanker ginjal.• Sudden infant death syndrome (SIDS) Beragam Penyakit Mengancam Kehidupan Manusia Akibat Merokok Oleh Sri Astutik (14 Agustus 2009) Dampak positif dari merokok belum ditemukan di dalam sebuah artikel atau opini publik kecuali keuntungan bagi produsen dan pedagangnya. Menurut penelitian ada 10 tipe kanker yang disebabkan oleh rokok. semua orang tahu bahwa dampak negatif dari merokok sangat banyak dan beragam bagi kesehatan tubuh manusia. kanker pankreas. dan gas kimia dalam rokok sudah menjadi rahasia umum berpotensi membenihkan sekian penyakit. Wanita perokok memiliki kemungkinan 13 kali lebih tinggi kena kanker paru paru dibanding yang tidak merokok. pita suara. Di bungkusnya saja sudah ada peringatan. tetapi tetap saja banyak orang di muka bumi ini yang merokok. kencing manis. bila fatal dapat menyebabkan diabetes mellitus.2 tahun lebih muda dibandingkan yang bukan perokok sedangkan wanita perokok meninggal 14. Rokok dapat menjadi penyebab utama terjadinya stroke dan kerusakan otak. Sedangkan pria perokok 23 kali lebih tinggi terkena kanker paru paru dibanding yang tidak merokok. Selain itu disebutkan juga bahwa pria perokok akan meninggal 13. meskipun sudah banyak himbauan dan peringatan akan bahaya merokok. Yang ada adalah himbauan dan seruan dari berbagai pihak untuk menghindari yang namanya rokok. Di pasaran saat ini banyak juga ditemui rokok yang mengklaim produknya memiliki kandungan tar dan nikotin lebih rendah. kanker leher rahim. Merokok dapat menyebabkan kanker mulut.5 tahun lebih muda. nikotin. Padahal. dan esofagus. sampai hari ini. Perokok berisiko 3 kali lebih tinggi menderita katarak yang dapat menyebabkan kebutaan. zat. Namun demikian. Kanker perut dan lambung.

dan stroke. bayi lahir prematur. Berhenti Merokok Merasa sulit berhenti merokok. Anda tak hanya menyayangi diri Anda sendiri. banyak manfaat yang akan Anda peroleh jika berhenti merokok. Banyak kalangan sampai hari ini tidak pernah patah arang untuk mengingatkan orang agar menghindari rokok. kini terbebas dari asap berbahaya itu. Memang. Dari jumlah itu. mengurangi. 43 juta diantaranya adalah bayi hingga anak-anak berusia 14 tahun. Kemandulan. Dampak lainnya dapat terjadi pneumonia. Mereka menganggap. batuk kronis. Ini menjadikan masalah bersama yang perlu ditanggulangi. Begitu pun kualitas dan kuantitas hidup orang-orang yang tinggal bersama Anda. termasuk janin yang masih di dalam kandungan.Perokok berisiko 10 kali lebih tinggi menderita periodontitis (gusi terbakar yang mengarah ke infeksi) sehingga dapat merusak jaringan halus dari tulang. 91. Ini bisa dipahami karena mereka yang selama ini terpaksa ikut mengisap asap rokok dari Anda. Karena. di negeri kita tercinta ini jumlah perokok pasif ternyata sangat banyak. dan menghilangkan kebiasaan hidup yang kurang baik seperti merokok. rokok jenis ini memiliki risiko yang lebih ringan terhadap kesehatan. 97. Bila perilaku merokok menjadi adiktif pada salah satu anggota keluarga. Untuk mencegah dampak buruk dari masuk dan tertimbunnya bahan berbahaya rokok ke dalam saluran pernapasan. bronchitis. jika Anda seorang perokok. sebaiknya perokok mengonsumsi sumber-sumber klorofil dan antioksidan secara teratur. dan gangguan pernapasan. atau dengan kata lain. Ini artinya. Jadi.8 persen penduduk mengaku merokok di rumah ketika sedang bersama keluarganya. Karena itu. maka berhenti merokok merupakan langkah yang sangat terpuji. banyak perokok yang berusaha mengurangi bahaya rokok dengan beralih ke rokok rendah tar. . Merokok merupakan perilaku adiksi yang telah mewabah secara global dan endemis di Indonesia. serangan jantung. apa yang sebaiknya dilakukan? Rasanya. belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa rokok rendah tar menurunkan risiko gangguan terhadap kesehatan. Bagi masyarakat. Selain perokok. maka anggota keluarga yang lain akan terkena dampak buruknya. akan meningkat pula. Sebagian besar keluarga di Indonesia mempunyai anggota keluarga yang pernah atau sedang menjadi perokok aktif. kualitas dan kuantitas hidup Anda akan meningkat. bayi lahir berat badan kurang (BBLR). serta mengurangi mangkir karena sakit akibat rokok. Salah satunya. tapi juga menyayangi sesama. tak ada pilihan yang lebih baik kecuali berhenti merokok. Survei sosial ekonomi nasional tahun 2001 menunjukkan. hal itu akan mengurangi pengeluaran biaya pengobatan penyakit akibat rokok. hipertensi. tidak mudah bagi orang yang sudah kecanduan rokok untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Akibatnya. gagal jantung. rokok rendah tar merupakan rokok yang ‘ramah’ terhadap kesehatan. Tapi benarkah rokok rendah tar lebih aman? Sejauh ini. Tidak lupa tentunya saran yang paling tepat adalah mulai berubah. asma.5 juta orang dengan mudah mengisap asap rokok di rumah.

nikotin. penyakit jantung paru. asap rokok bersifat basa dengan pH 8. bersifat basa lemah dengan pH 8. cerutu dan berbagai macam sigaret Eropa.Diantara zat kimia itu yang terpenting dan sudah ada kaitannya dengan penyakit adalah tar. Asap rokok pada umumnya bersifat asam (pH 5. Tar yang dihasilkan asap rokok akan menimbulkan iritasi pada saluran napas. Pada pH ini nikotin berada dalam bentuk ion dan tidak dapat melewati membran secara cepat sehingga di mukosa pipi hanya terjadi sedikit absorpsi nikotin dari asap rokok. dan N-nitrosamine. menyebabkan bronchitis. Sementara 10. sehingga membentuk karboksi hemoglobin mencapai tingkat tertentu akan dapat menyebabkan kematian. Nikotin diduga sebagai penyebab ketagihan merokok. arteriosclerosis. antara lain: kanker paru. kanker esofagus. amin aromatik. Tar sebagai getah tembakau adalah zat berwarna coklat berisi berbagai jenis hidrokarbon aromatik polisiklik. kanker nasofaring. sebanyak 31% nikotin berbentuk bukan ion dan dapat melalui membran sel.0.7 ml. Sedangkan dari tahun 1995 sampai tahun 2000 diperkirakan ada setidaknya 15 juta orang yang meninggal akibat kebiasaan merokok. Penelitian melibatkan 34. Karbon monoksida (CO) adalah gas beracun yang mempunyai afinitas kuat terhadap hemoglobin pada sel darah merah. 38. Kebiasaan merokok akan memepercepat penurunan faal paru. emfisema. . sepuluh ribu responden tersebut telah meninggal dunia dalam periode 20 tahun pertama penelitian (1951-1971). dan karbon monoksida. Penurunan volume ekspirasi paksa detik 1 (VEP 1). aneurisma. Doll dan Hill melaporkan penyakit yang disebabkan oleh merokok. kanker saluran napas lainnya. Nikotin juga berpengaruh terhadap pembuluh darah yakni merusak endotel pembuluh darah dan terhadap trombosit dengan meningkatkan agregasi trombosit.439 dokter sebagai responden. kanker mulut. Akibat buruk dari kebiasaan merokok bagi kesehatan menurut salah satu penelitian kohort prospektif oleh Doll & Hill di Inggris tahun 1951.153 laki-laki dan mendapatkan risiko yang lebih tinggi pada perokok untuk mendapatkan kanker paru. Kanker Nikotin adalah bahan alkaloid toksik yang merupakan senyawa amin tersier. Pada perokok yang menggunakan pipa. dan emfisema. yang berlangsung hingga tahun 1990-an.5). Pada pH fisiologis. pertahun adalah 28. kanker laring.7 ml masing-masing untuk nonperokok.4 ml dari 41. Weir dan Dunn melaporkan hasil penelitian terhadap 68. Penyakit lain yang berhubungan dengan merokok ialah ulkus peptikum. kanker esophagus. dan kanker paru. bekas perokok dan perokok aktif.000 orang lainnya meninggal dalam 20 tahun kedua (1971-1991) sejak penelitian itu sampai tahun 1990 ada sekitar 50 juta orang yang meninggal akibat kebiasaan merokok. bronchitis kronik.5 dan nikotin pada umumnya tidak dalam bentuk ion dan dapat diabsorpsi dengan baik melalui mulut.

com) Kategori: Kutipan Internet Topik: Rokok .Kebiasaan merokok mempengaruhi terjadinya penyakit paru akibat kerja seperti fibrosis paru akibat paparan aluminium. polimer FUME fever. paparan radon. Pengaruh asap rokok dapat lebih besar daripada pengaruh debu tambang. Sumber: dikutip dari harian analisa (analisadaily. Penelitian menunjukkan bahwa pengaruh buruk debu hanya sekitar sepertiga dari pengaruh buruk rokok.

karena sadar atau tidak merokok amat sangat merugikan tubuh anda dan orang di sekitarnya. tahukah anda bahwa ada 6 Penyakit Yang Ditimbulkan Akibat Merokok ? Berikut adalah penyakitpenyakit dan gangguan kesehatan pada organ tubuh yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. termasuk batuk.6 Penyakit Yang Ditimbulkan Akibat Merokok 33Share 0 email Do you like this story? Mulai sekarang. fokuskan diri anda untuk berhenti merokok. Kanker : • Paru-paru (lung cancer) • Pancreas • Gangguan urin • Ginjal • Lambung • Uterine leher rahim • myeoloid leukaemia • Rongga Hidung • Rongga sinuses • Liver Sistem Pernafasan : • Chronic obstructive pulmonary disease (COPD) • Penyakit pernafasan akut termasuk pneumonia • penurunan Fungsi paru-paru • Semua gejala pernafasan utama pada orang dewasa. dahak • asthma Sistem Kardiovaskular : .

2004). Mary Assunta. kecelakaan lalu lintas. AIDS.FAKTA – FAKTA AKIBAT MEROKOK Jika saat ini Anda masih menjadi perokok aktif. dalam kasus kematian akibat menghisap rokok. Di Amerika Serikat.127 orang meninggal setiap hari akibat penyakit yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Tingkat kematian akibat merokok ini lebih besar dibandingkan jumlah keseluruhan orang yang meninggal yang diakibatkan oleh alkohol. Di seluruh dunia sedikitnya 3 juta perokok meninggal setiap tahunnya diakibatkan penyakit yang terkait dengan kebiasaan merokok mereka.” (sumber: detik. coba pertimbangkan fakta-fakta di bawah ini: • • • • • • Bahwa dari sekitar 1. 800 juta di antaranya berada di negara sedang berkembang yang total penduduknya saat ini berkisar 1.127 orang setiap harinya yang meninggal di Indonesia tersebut 67 persennya merupakan laki-laki . sebanyak 1.2 miliar perokok aktif di dunia. lebih dari 450.000 perokok meninggal karena berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok. peneliti Pusat Kajian Bioetik dan Perilaku Kesehatan.com) Menurut penelitian Yayi Suryo Prabandari. pembunuhan dan kebakaran. Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah China dan India. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) dari 1. Berdasarkan hasil survei Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007. .3 miliar jiwa (Tobacco and Poverty.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful