P. 1
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER

PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER

|Views: 1,633|Likes:
Published by Lisa Aprilia
Bagi yang membutuhkan silahkan didownload. Mohon feedbacknya yaaa... ^^
Bagi yang membutuhkan silahkan didownload. Mohon feedbacknya yaaa... ^^

More info:

Published by: Lisa Aprilia on Apr 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/10/2015

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Untuk mencapai standar kompetensi dasar dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan pelajar di bidang teknologi dan informasi, kelompok kerja kami menyusun kliping ini sesuai dengan instruksi dari guru pembimbing mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.

B. TUJUAN Penyusunan kliping ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi sekaligus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan belajar siswa dalam bidang teknologi dan informasi. Kliping ini sekaligus mempermudah siswa untuk memahami materi dan mengurangi kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran. Siswa juga dapat lebih efektif untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran..

C. RUANG LINGKUP MATERI Materi yang dibahas dalam makalah ini meliputi :  Pengertian hardware  Pengertian software  Uraian macam-macam hardware  Dasar- dasar jaringan VOIP

PEMBAHASAN

A. Pengertian Hardware Hardware atau perangkat keras adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan software yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Perangkat hardware terbagi menjadi 3, yaitu : 1. Perangkat masukan (input device) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input : keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan lain-lain. 2. Perangkat keluaran (output device) Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung, menampilkan dan menghasilkan data yang dikeluarkan. Contoh perangkat output : misalnya monitor dan printer. 3. Perangkat pengolah data (processor device) Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

B. Pengertian Software Software atau perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software secara fisik tidak ada wujudnya. Maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang namun kita dapat menjalankannya dalam sebuah sistem operasi dan Yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket,CD, dan sebagainya. Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras.

Software dibagi menjadi 3 menurut jenisnya, yaitu : 1. 2. 3. Program Aplikasi (contohnya, Microsoft Office) Sistem Operasi (contohnya, Microsoft Windows) Bahasa Pemrograman (yakni Bahasa pemrograman Pascal dan Rakitan)

Ada beberapa macam software menurut pendistribusiannya : 1. Software berbayar Software berbayar merupakan software yang dibuat untuk tujuan komersil, maksudnya, jika kita ingin menggunakannya, maka kita harus membayar sejumlah uang. Contoh dari software berbayar, yaitu: Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan lain-lain. 2. Open Source Software Open Source software ini lahir dari kebebasan berkarya. Pada program ini sebuah komunitas mendapat kebebasan untuk belajar, merevisi ulang, mengutak-atik dan tentunya dengan tanggung jawab atas apa yang dilakukan. 3. Free Software Merupakan software yang memberikan kebebasan untuk menjalankan program, menyebarluaskan agar dapat dinikmati oleh khalayak umum, mempelajari agar program dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. 4. Shareware Ada beberapa kemungkinan dalam pendistribusian Shareware ini. Shareware umumnya merupakan program yang didistribusikan dengan batas tertentu, bila ingin mendapatkan fitur-fitur lebih, maka kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayarnya. Atau bisa juga digunakan untuk evaluasi terhadap suatu produk untuk menambahkan fitir-fitur tertentu yang lebih baik lagi. Shareware bisa juga sebagi bahan uji coba ketika kita ingin membeli suatu software, jika kita merasa cocok maka kita tidak akan ragu lagi membelinya. 5. Freeware Merupakan software yang mempunyai hak cipta yang gratis digunakan tanpa batas waktu. Atau dalam definisi lain disebutkan bahwa Freeware merupakan program yang didistribusikan gratis tanpa biaya tambahan.

C. Uraian Macam-Macam Hardware 1. Central Processing Unit (CPU) Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

2.

Monitor Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.

3.

Printer Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.

4.

CD ROM Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.

5.

Compact Disk (CD) Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

6.

Floopy Disk Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

7.

Harddisk Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.

8.

Scanner Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

9.

USB Flashdisk Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk telah menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum flashdis adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).

BAB III
KESIMPULAN
  Komputer merupakan unit kesatuan antara hardware dan software yang bekerja secara

simultan (bersamaan). Proses kerja antara hardware dan software saling mempengaruhi satu sama lain dan saling berkaitan erat saat komputer dioperasikan. Dengan memahami lebih jauh hal-hal mengenai hardware dan software, kita bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan kerja komputer untuk mendukung proses pembelajaran maupun untuk menghadapi pekerjaan yang kaitannya mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->