PROKARIOTIK Sel prokariotik adalah sel yang belum mempunyai inti sejati.

Ciri-ciri sel prokariotik adalah bahan genetik (DNA) tidak terstruktur dalam bentuk nucleus, DNA terdapat pada nukleoid yang tidak diselubungi oleh membran. SEL EUKARIOTIK Sel eukariotik adalah sel yang mempunyai inti sel sejati. Sel eukariotik tersusun atas: · Membran sel Struktur terluar sel berupa membran sel. Membrane tersusun atas lapisan lipoprotein (gabungan antara lemak dan protein pada membran sel darah merah, 50%lemak-50% protein). · Sitoplasma Cairan yang terdapat dalam sel dan terletak di luar inti sel. Cairan yang terdapat di inti sel disebut nukleoplasma. Matrik sitoplasma terdapat dalam lingkungan dalam sel. Matrik sitoplasma berfungsi mengatur kekentalan sitoplasma, pembentukan benang spindel, pembentukan berbagai serabut (mikrotubulus, filamen, myofibril). · Organel sel 1. Mitokondria (terdapat di semua sel eukariotik)- berfungsi sebagai pembuat dan pemberi energy 2. Peroksisom (badan mikro)Peroksisom dan glikosom berasosiasi membentuk badan mikro (struktur serupa dengan lisosom). Terletak di dekat mitokondria atau kloroplas. Berfungsi menghasilkan enzim katalase (berfungsi menguraikn peroksida hydrogen) 3. Mikrotubulus (berfungsi untuk membentuk silia, sentriol dan benang-benang spindel) 4. Mikrofilamen (tersusun atas untaian protein globular,protein kontraktil. Bersama myosin menghasilkan kontraksi) 5. Nucleus (inti sel, tempat berlangsung sintesis molekul RNA) 6. Retikulum Endoplasma RE kasar(permukaan melekat pada ribosom)Re halus(tidak terdapat ribosom.Fungsi: detoksifikasi, mengangkut golgi komplek, melaksanakan oksidasi awal lemak, menyusun fosfolipid, gilkolipid, dll) 7. Aparatus Golgi (kumpulan sisternae, yang terletak di sel tumbuhan-diktiosom. Dapat membentuk lisosom) 8. Ribosom (fungsi utama, mensintesis protein)Ribosom yang menempel 1 dengan yang lain disebut polisom, diikat oleh mRNA. 9. Lisosom (berfungsi untuk pencernaan, menghasilkan antibody)Lisosom primer,memproduksi sel yang belum aktif. Berfungsi sebagai vakuola makanan)Lisosom sekunder,terlibat dalam kegiatan mencerna. Berfungsi sebagai autofagosom. 10. Kloroplas (plastisida yang mengandung pigmen hijau-klorofil. Tempat berlangsungnya fotosintesis) 11. Sentrosom ( 12. Dinding sel (tersusun atas selulosa dan devirat-deviratnya. Berfungsi untuk menjaga bentuk sel agar tetap dan sebagai proteksi sel terhadap gangguan mekanis)

Scurvy Curang Kudis adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya asam askorbat (vitamin C) dalam makanan. Peradangan ini biasanya hasil dari overactivity dari lengan atau kaki.Orang juga memar dengan mudah. dan bengkak di persendian mereka. kekakuan.13. tas kecil berisi cairan yang berfungsi sebagai pelumas permukaan untuk otot-otot untuk bergerak di atas tulang. production of red Leukemia mempengaruhi produksi sel darah merah. Vakuola Vakuola kontraktilVakuola non-kontraktil Penyakit dan Gangguan pada system rangka Leukemia Leukemia The cause of most human leukemia is unknown. Osteoporosis Osteoporosis . keseleo A biasanya sangat menyakitkan. mereka mengganggu produksi sel darah putih yang normal.. Mulut dan gusi menjadi sakit.: Ini adalah beberapa jenis umum fraktur: Spina bifida Spina bifida Spina bifida adalah suatu cacat tulang belakang yang hadir pada saat lahir. Pada spina bifida.Korban arthritis menderita sakit. This condition becomes apparent during adolescence. Gusi berdarah. Hal ini disebabkan oleh peradangan bursa. Bagian yang cedera sering membengkak dan menjadi hitam dan biru. Scoliosis Scoliosis Scoliosis is a side-to-side curve of the spine. Arthritis Radang sendi Ada lebih dari 100 penyakit sendi disebut sebagai arthritis. dan mereka menjadi gelisah. Spina bifida hasil dari kesalahan dalam perkembangan embrio yang terjadi sekitar satu bulan setelah seorang wanita menjadi hamil.. . Bursitis adalah gangguan yang menyebabkan rasa sakit pada persendian tubuh Hal ini paling sering mempengaruhi sendi bahu dan pinggul. Ini adalah jenis kanker di mana sel-sel darah putih abnormal berkembang biak secara tidak terkendali. Pada osteoporosis. kabel tulang belakang tidak merupakan benar dan tulang dan kulit tidak dapat terbentuk di sekitarnya. dan gigi akan menjadi longgar. Kesalahan ini mungkin memiliki berbagai penyebab. Osteoporosis adalah penyakit yang mengakibatkan hilangnya jaringan tulang. Pasien kehilangan nafsu makan mereka. Bursitis Radang kandung lendir Bursitis is a disorder that causes pain in the body's joints. Fractures Patah tulang . sendi mereka menjadi sakit. termasuk penggunaan alkohol atau obat tertentu oleh wanita hamil atau eksposur terhadap panas ekstrim. Sprains Terkilir Terkilir adalah suatu cedera pada ligamen atau untuk jaringan yang mencakup bersamaKebanyakan keseleo hasil dari sebuah kunci tiba-tiba yang membentang atau air mata jaringan-jaringan ligamen. A sprain is usually extremely painful. Penyebab leukemia manusia yang paling tidak diketahui. Faktor genetik tampaknya sangat penting. setiap luka ia mungkin telah menyembuhkan buruk. Jika seseorang tidak mendapatkan cukup vitamin C. dan mungkin hilang sama sekali. tulang cancellous kehilangan kalsium. Scoliosis adalah kurva sisi ke sisi tulang belakang. Fraktur adalah patah tulang. menjadi lebih tipis. Kondisi ini menjadi jelas pada masa remaja.

Kyphosis.. but . jerawat paling sering muncul di daerah-daerah di mana ada konsentrasi tinggi kelenjar sebaceous. kulit kepala atau minyak goreng. a temporary scab does form. dan muntah. which is necessary to maintain the blood clot. Gejala dapat menghilang setelah sekitar satu hari. yang diperlukan untuk menjaga bekuan darah. termasuk yang berikut: y y y y y face wajah chest dada upper back kembali atas shoulders bahu neck leher Hemofilia menurunkan plasma darah faktor pembekuan tingkat faktor koagulasi diperlukan untuk proses pembekuan normal. Kyphosis Kyphosis . Jadi bila pembuluh darah terluka. Kaki dibengkokkan ke bawah dan batin sehingga orang bisa berjalan hanya pada jari kaki dan di bagian luar kaki. seperti demam. but the missing coagulation factors prevent fibrin formation. Jerawat dapat diperburuk dengan menekan jerawat atau dengan menggosok kulit terlalu keras. adalah infeksi serius yang disebabkan oleh virus. Sebuah virus polio dapat menyerang sel-sel saraf pada otak dan sumsum tulang belakang. Thus when a blood vessel is injured. Tendinitis Tendinitis Tendinitis adalah gangguan yang melibatkan kekakuan atau sakit pada otot atau sendi. sakit tenggorokan.Talipes equinovarus Talipes equinovarus sering disebut kaki pengkor adalah kondisi abnormal kaki. dan barbiturat) minyak dan lemak dari mineral. dan kosmetik tertentu dapat memperburuk jerawat Bakteri di dalam jerawat . sifilis. juga disebut bungkuk adalah membungkuk ke depan tulang belakang. Namun. Poliomyelitis Polio . Poliomyelitis. menyebabkan kelumpuhanBeberapa pasien menunjukkan hanya gejala ringan. biasanya hadir saat lahir. Apa yang menyebabkan jerawat? Meningkatnya kadar hormon selama masa pubertas dapat menyebabkan jerawat.Hal ini sering disebut rematik. sakit kepala. A haemophiliac does not bleed more intensely than a normal person. dan rheumatoid arthritis. juga disebut polio. lithium. Kadang-kadang kaki bengkok ke atas dan ke luar sehingga orang tersebut dapat menggunakan hanya tumit untuk berjalan. Penyebab lain jerawat mungkin termasuk yang berikut: y y y y tingkat perubahan hormon selama siklus menstruasi pada wanita obat-obatan tertentu (seperti kortikosteroid. Kyphosis disebabkan oleh kondisi yang deformasi tulang-tulang bagian atas tulang belakang sehingga orang itu membungkuk ke depanPenyakit yang menyebabkan kyphosis termasuk tuberkulosis. jerawat sering diwariskan. sebuah keropeng sementara tidak terbentuk. Apa saja gejala jerawat? Jerawat dapat terjadi di manapun pada tubuh. Selain itu. tetapi faktor pengentalan hilang mencegah fibrin formasi.

It is the smallest unit of life that is classified as a living thing. Sel adalah unit fungsional dasar kehidupan. or even never healing completely. In areas such as the brain or inside joints. and is often called the building [1] block of life. are unicellular (consist of a single cell). the smallest. Sel terbesar sekitar 135 pM dalam tanduk anterior di sumsum tulang belakang sementara sel granula di cerebellum . dan sering disebut blok bangunan kehidupan. dapat [ 2] beberapa 4 pM dan sel terpanjang bisa mencapai dari ujung kaki ke bawah batang otak ( Pseudounipolar sel ). Manusia memiliki sekitar 100 triliun atau 10 14 sel. such as most bacteria .can bleed for a much longer time. are multicellular . adalah multiseluler . tapi bisa berdarah untuk waktu yang lebih lama. a typical cell size is 10 µm and a typical cell mass is 1 nanogram . seperti kebanyakan bakteri . Di daerah seperti otak atau sendi di dalam. merupakan uniseluler (terdiri dari sel tunggal). Some organisms. Other organisms. Ini adalah unit [1] terkecil kehidupan yang diklasifikasikan sebagai makhluk hidup. such as humans . organisme lain. It was discovered by Robert Hooke and is the functional unit of all known living organisms . can be some 4 µm and the longest cell can reach from the toe to the lower brain stem ( Pseudounipolar [2] [3] [4] cells ). Humans have about 100 trillion or 10 14 cells. Hal ini ditemukan oleh Robert Hooke dan merupakan unit fungsional dari semua hidup yang dikenal organisme . . The largest known cells are unfertilised ostrich egg cells which weigh 3. this can be fatal or permanently debilitating. seperti manusia .3 pounds. The largest cells are about 135 µm in the anterior horn in the spinal cord while granule cells in the cerebellum . atau bahkan tidak pernah penyembuhan sepenuhnya. hal ini dapat berakibat fatal atau permanen melemahkan.3 pound. hemofilia A tidak berdarah lebih kuat daripada orang normal. yang terkecil. Pada penderita hemofilia berat bahkan cedera ringan dapat menyebabkan kehilangan darah yang berlangsung hari atau minggu. Beberapa organisme. In severe haemophiliacs even a minor injury can result in blood loss lasting days or weeks. sebuah ukuran sel yang khas adalah 10 pM dan massa sel yang khas adalah 1 nanogram . Sel [3] [4] terbesar yang diketahui adalah unfertilised burung unta sel telur yang beratnya 3.