Kita pasti sudah mengenal mengenai produk.

Hampir segala sesuatu yang berada disekitar kita bisa dikatakan produk. Sebut saja meja, kursi, baju, barang elektronik, dll. Namun sebenarnya apa sebenarnya produk itu ?? Dalam ilmu ekonomi dan industri, Produk merupakan hasil output dari proses yang mengalami tranformasi dan mempunyai nilai tambah yang dibuat oleh manusia. Ini definisi Produk yang saya kutip dari Wikipedia : Kata produk berasal dari bahasa Inggris, product yang berarti sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya . Bentuk kerja dari kata product, yaitu produce, merupakan serapan dari bahasa latin produce(re), yang berarti (untuk) memimpin atau membawa sesuatu untuk maju. Pada tahun 1575, kata produk merujuk pada apapun yang diproduksi ( anything produced ). Namun sejak 1695, definisi kata product lebih merujuk pada sesuatu yang diproduksi ( thing or things produced ). Produk dalam pengertian ekonomi diperkenalkan pertama kali oleh ekonom -politisi Adam Smith. Biasanya produk dari satu bisnis dan industri itu dibagi menjadi 3 yaitu Komoditas, Barang dan Jasa.

Apa itu komoditas
komoditas merupakan barang yang disediakan dari alam yang diolah maupun diambil secara langsung (extracting) untuk memenuhi kebutuhan manusia. Komoditas ini dapat berupa hasil Pertanian, hasil Perkebunan, hasil perikanan dan peternakan, hasil tambang dll.

Apa itu Barang
Sedangkan definisi barang menurut Wikipedia, yaitu sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang dapat diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan.

Apa itu Jasa
Banyak yang memberikan definisi tentang pengertian Jasa yaitu

Phillip Kotler (ahli marketing)
Jasa adalah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa terkait dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.

Namun kesimpulan dari ketiga ahli tersebut mendefinisikan jasa yaitu Intangible atau tidak berwujud dan tidak memiliki transfer kepemilikan. tetapi juga bisa dikatakan sebagai jasa karena terjadi interaksi antara penjual dan tidak hanya terikat oleh produk fisik. Selain itu. Hal ini akan berbeda jika kita menikmati di rumah atau di suatu tempat berbeda.com/2010/produk-komoditas-produk-dan-jasa/ . yang disediakan sebagai solusi atas masalah pelanggan . Apakah itu termasuk kategori barang maupun jasa. ***** Bicara mengenai produk. sekalipun pihak-pihak yang terlibat mungkin tidak menyadarinya. Misalnya kopi. seiring dengan perkembangan bisnis itu sendiri kadang kita tidak bisa membedakan kategori kategori bisnis tersebut. sesuai dengan definisi barang yaitu juga terjadi kepemindahan kepemilikan dan ada wujudnya. Kita harus membeli modem dan membayar iuran tiap bulannya. Kemudian yang membuat bingung saya lagi mengenai definisi produk dan jasa adalah pada produk koneksi internet sendiri itu produk atau jasa. Jika hasil kopi dari hasil berkebun kopi maka termasuk sebagai sedangkan diolah dalam kopi bubuk kemasan maka kopi tersebut sudah menjadi produk dan jika disajikan di kedai kopi maka kopi tersebut sudah termasuk jasa karena yang dijual dalam kedai tersebut selain produk kop tersebut juga i kondisi yang ada di kedai tersebut. Christian Gronross (ahli ekonomi dan bisnis) Jasa adalah proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible yang biasanya (namun tidak harus selalu) terjadi pada interaksi antara pelanggan dan karyaw jasa an dan atau sumber daya fisik atau barang dan atau sistem penyedia jasa. tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik. Perubahan daiam kondisi bisa saja muncul dan produksi suatu jasa bisa memiliki atau bisa juga tidak mempunyai kaitan dengan produk fisik.Adrian Payne (ahli marketing) Jasa adalah aktivitas ekonomi yang mempunyai sejumlah elemen (nilai atau bermanfaat) intangibel yang berkaitan dengannya. dimungkinkan ada situasi di mana pelanggan sebagai individu tidak berinteraksi langsung dengan perusahaan jasa. Sumber : http://aguswibisono. Interaksi antara penyedia jasa dan pelanggan kerapkali terjadi dalam jasa.

contoh dari barang ini seperti gas. benda di bagi dalam barang berwujud dan tidak berwujud dan barang bergerak serta barang tidak bergerak. Sementara barang tidak bergerak merupakan benda yang tidak dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. contoh dari barang ini seperti buku. Karena pada dasarnya barang dan jasa merupakan faktor yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Contoh dari benda ini. bergerak atau pun tidak bergerak. contoh dari barang ini yaitu kapal. yang disediakan sebagai solusi stas masalah pelanggan. Pengertian Jasa Philip Kotler menjelaskan bahwa jasa merupakan setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangible dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. yaitu tanah. air dan lains sebagainya. . Barang tak berwujud merupakan barang yang tidak mempunyai wujud tertentu. pohon yang masih menancap akarnya di dalam tanah. Pembagian Barang Barang merupakan sesuatu yang banyak sekali macamnya. secara garis besar. Namun. dipakai. Luasnya pengertian barang dan jasa menyebabkan timbul banyak asumsi yang disimpulkan oleh para ahli tentang pengertian barang dan jasa.Barang dan jasa mempunyai definisi yang sangat luas dari kehidupan kita sehari-hari. dan lain sebagainya. Pengertian Barang Barang merupakan setiap benda baik yang berwujud maupun tidak berwujud. perahu dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini terdapat sedikit kesimpulan yang didapat dari para ahli yang mengenai pengertian barang dan jasa yang akan dibahas satu persatu. Barang bergerak sendiri diartikan sebagai barang yang dapat berpindah tempat dari satu trempat ke tempat yang lain baik dengan cara berpindah sendiri maup un dipindahkan. yang mempunyai banyak tujuan seperti diperdagangkan. Christian Gronross menyatakan bahwa jasa merupakan proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible yang biasanya terjadi pada interaksi antara pelanggan dan karyawan jasa dan atau sumber daya fisik atau barang. pulpen dan lain sebagainya. dan atau sistem penyedia jasa. dipergunakan atau dimanfaatkan oleh konsumen. Barang berwujud merupakan barang yang mempunyai wujud tertentu.

2. hal ini karena jasa berupa suatu kinerja yang dihasilkan. 2) Barang Tidak Tahan Lama (non durable goods)adalah barang -barang yang secara normal hanya dipakai satu kali atau beberapa kali saja. . dicium. Inseparability (Tidak dapat dipisahkan) Yang dimaksud dengan tidak dapt dipisahkan yakni jasa tidak dapat dipisahkan dari pemberi jasa itu sendiri. Pelayanan perusahaan dan pengecer.htm PENGERTIAN BARANG Barang/produk : Suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat di raba.Sesuatu bisa disebut dengan jasa bila mempunyai karakteristik seperti di bawah ini. Mesin tulis. jadi dapat dipakai untuk jangka waktu yang relative lama. kacamata penggaris. 4. baik yang bersifat perorangan maupun yang bersifat organisasi. Heterogenitas Jasa merupakan sesuatu yang tidak mempunyai standar. Misalnya : Pakaian. dan pengecer. Intangibility (Tidak berwujud) Yang dimaksud dengan tidak berwujud.com/pengertian-barang-dan-jasa. artinya sekali barang itu dipakai akan habis. Perishability (Tidak tahan lama) Yang tidak dapat disimpan atau digunakan karena pada dasarnya jasa merupakan sesuatu yang langsung dikonsumsi pada saat diberikan. Pengolongan barang menurut tingkat pemakaian dan kekongkritannya : 1) Barang Tahan lama (durable goods)adalah barang-barang yang secara normal dapat dipakai berkali-kali.anneahira. maka tidak ada hasil dari jasa yang sama walaupun dikerjakan oleh orang yang sama. 3. termasuk bungkus. seperti: 1. didengar atau diraba. yakni jasa tidak dapat dilihat. atau tidak dapat dipakai lagi. prestise perusahaan. dsb. dirasa. Sumber : http://www. yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan. rusak. harga.

Misalnya : barang antik di toko seni tertentu. dsb 3)Jasa adalah kegiatan. Penggolongan Barang a. Jasa Pendidikan. yaitu : . Makanan. harga.Misalnya : Bahan Baku. Bahan industry dibedakan menjadi 5 golongan. sabun. Misalnya : dalam industrial baja. Barang special Barang yang mempunyai cirri khas dan hanya dapat dibeli di tempat tertentu saja. perabot rumah tangga. dsb Barang Shopping (shopping Goods) Barang yang harus dibeli dengan mencari dahulu dan di dalam membelinya harus dipertimbangkan masak-masak. dibandingkan dengan barang konvenien. hampir semua produk dari baja digunakan untuk memproduksi barang lain. Jasa Potong rambut. Barang Konsumsi menurut tujuan pemakainya oleh pemakainya Barang Konsumsi : Barang-barang yang untuk dikonsumsikan. Barang konsumsi dibagi menjadi 3 yaitu : Barang Konvenien (convenience Goods) Barang yang mudah dipakai. dan sebagainya. Barang Industri Barang-barang yag di beli untuk proses lagi/untuk kepentingan dalam industry baik secara langsung atau tidak langsung dipakai proses produksi. Sabun. atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual. kemasan. dsb Secara relative barang-barang shopping ini lebih mahal . membelinya dapat disembarang tempat dan pada setiap waktu. b. dan di butuhkan usaha-usaha serta waktu yang relatif banyak untuk mengadakan perbandingan. Misalnya : Rokok. Misalnya : Tekstil. dsb. Misalnya : Jasa reparasi. Misalnya dengan membandingkan mutu. manfaat. perhiasan di toko perhiasan tertentu.

dsb. Misalnya : Minyak Pelumas untuk mesin-mesin. onderdil untuk membuat mobil. tekstil. gerobak dsb Sumber : Bayu Swastha. mesin tenun pada perusahaan tekstil. mesin cetak pada perusahaan percetakan. Misalnya : Mesin penggiling gabah pada perusahaan penggilingan gabah. minyak bumi untuk membuat bensin. dsb Instalasi Alat produksi utama dalam sebuah pabrik perusahaan yang dapat di pakai untuk jangka waktu lama (termasuk barang tahan lama) instalansi ini termasuk tulang punggung dari sebuah pabrik atau perusahaan. Yogyakarta.id/2009/11/pengertian-barang-3/ . Misalnya : alat angkut dalam pabrik (truk pengangkut barang/Foot lift truck). Perlengkapan Operasi Barang-barang yang dapat digunakan untuk membantu lancarnya proses produksi maupun kegiatan-kegiatan lainnya di dalam perusahaan dalam golongan ini termasuk juga perbekalan yang dipakai untuk jangka waktu lama. dsb Peralatan Ekstra (accessory equipment) Alat-alat yang dipakai untuk membantu instalasi. mesin cetak pada perusahaan tekstil.Bahan Baku Bahan baku ini merupakan bahan pokok untuk membuat barang lain. kertas dan pensil untuk membuat catatan.ac. dsb. Komponen dan barang setengah jadi Komponen ini merupakan barang-barang yang sudah masuk dalam proses produksi dan diperlukan untuk melengkapi produk akhir termasuk dalam jenis ini antara lain : Barang untuk membuat kain. Misalnya : kapas untuk membuat barang. jerami untuk membuat kertas. 1993 Pengantar Bisnis Modern Sumber : http://wartawarga.gunadarma.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful