Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B

1. Pengertian Wirausahawan dan Kewirausahaan 1.1. Wirausahawan Wirausahawan adalah seseorang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai peluang, mengelola sumber daya yang dibutuhkan serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan sukses secara berkelanjutan. (http://www.scribd.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) Wirausahawan menciptakan sebuah bisnis baru dengan mengidentifikasi peluang signifikan dan sumber daya yang diperlukan. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI) mendefinisikan wirausahawan sebagai "orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya. Sedangkan, Louis Jacques Filion menggambarkan wirausahawan sebagai orang yang imajinatif, yang ditandai dengan kemampuannya dalam menetapkan sasaran serta dapat mencapai sasaransasaran itu. Ia juga memiliki kesadaran tinggi untuk menemukan peluang-peluang dan membuat keputusan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Wirausahawan) Persamaannya dari pengertian - pengertian tersebut yaitu wirausahawan memiliki dan mampu berpikir kreatif-imajinatif, melihat peluang dan membuat bisnis baru. Jadi wirausaha itu mengarah kepada orang yang melakukan usaha/kegiatan sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya. (http://wirausahaumy.blogspot.com/2008/03/kuliah-i-pengertiankewirausahaan.html) 1.2. Kewirausahaan Kewirausahaan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya.
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro 1

yaitu: 1.kelebihan yang dimiliki oleh seorang wirausahawan. (http://wirausahaumy. kerja keras dan kepuasan untuk mencapai prestasi maksimal. diartikan sebagai sikap dan perilaku mandiri yang mampu memadukan unsur cipta. Untuk menuai keuntungan yang mengesankan. sehingga setiap individu memiliki peluang untuk tampil sebagai seorang wirausahawan (entrepreneur). 2 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro . Jadi. Kelebihan Kelebihan .Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B Sebagai suatu disiplin ilmu. perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari. sikap. (http://www.com/2008/03/kuliah-i-pengertiankewirausahaan. Kelebihan dan Kekurangan Wirausahawan 2.scribd. Kesempatan untuk menciptakan perubahan.blogspot. 3. tantangan. Menurut yang terlampir pada lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995. menciptakan serta menerapkan cara kerja. maka ilmu kewirausahaan dapat dipelajari dan diajarkan.html) 2. teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Untuk mencapai potensi penuh Anda. 4. kewirausahaan adalah semangat. kewirausahaan menunjuk kepada sikap mental yang dimiliki seorang wirausaha dalam melaksanakan usaha/kegiatan. rasa dan karsa serta karya atau mampu menggabungkan unsur kreativitas.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) Kewirausahaan yang sering dikenal dengan sebutan entrepreneurship berasal dari Bahasa Perancis yang diterjemahkan secara harfiah adalah perantara.1. 2. Kesempatan untuk mewujudkan cita-cita.

Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B 5. (http://www.org/wiki/Wirausahawan) pengakuan untuk usaha Anda. Ketidakpastian pendapatan. mempunyai dorongan kuat. yaitu: 1. dan ketidaktergantungan. relatif tinggi. Mereka adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi. 6.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 3. keuletan untuk mengatasinya. berorientasi pada laba. 3. dan (http://id.org/wiki/Wirausahawan) 3. Ciri-Ciri Wirausahawan 3. 2. Kekurangan yang dimiliki seorang wirausahawan. 2. . individualitas. disiplin. Putus asa. Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro 3 memberikan jaminan akan mendapatkan cukup uang untuk bertahan hidup.2. mendirikan dan menjalankan bisnis tidak Risiko kehilangan seluruh investasi.wikipedia.2. Berorientasi Tugas dan Hasil Seorang wirausahawan selalu mengutamakan tugas dan hasil.1.scribd. (http://id. optimisme. ketekunan dan ketabahan. tekad kerja keras. 4.wikipedia. tingkat kegagalan bisnis kecil Jam kerja yang panjang dan bekerja keras. Berwirausaha sangat membutuhkan dedikasi. melakukan dan menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan yang dihadapi. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri cenderung memiliki keyakinan akan kemampuannya untuk mencapai keberhasilan. Kekurangan Memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mendapatkan Dapat melakukan apa yang disukai dan bersenang-senang. Oleh sebab itu kepercayaan diri memiliki nilai keyakinan. Percaya Diri Kepercayaan diri merupakan sikap dan keyakinan untuk memulai.

3.Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B energik. Wirausaha yang tidak mau mengambil risiko akan sukar memulai atau berinisiatif. Kepuasan yang besar diperoleh apabila berhasil dalam melaksanakan tugas-tugasnya secara realistik. Karena ia harus mengambil risiko untuk menjual sesuatu yang berbeda dan memiliki kemungkinan besar untuk disukai oleh pasar (pembeli).scribd.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 3. keberanian untuk menanggung risiko yang menjadi nilai kewirausahaan adalah pengambilan risiko yang penuh dengan perhitungan dan realistik. Artinya.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro . Keberanian Mengambil Risiko Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko merupakan salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. serta usaha yang besar. Untuk memulai diperlukan niat dan tekad yang kuat. Sekali sukses atau berprestasi. Dengan menggunakan kemampuan kreativitas dan keinovasiannya. Wirausaha adalah orang yang lebih menyukai usaha-usaha yang lebih menantang untuk mencapai kesuksesan. sehingga usahanya semakin maju dan semakin berkembang.scribd. la selalu ingin tampil berbeda lebih dulu lebih menonjol. maka sukses berikutnya akan menyusul.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 3. keteladanan. (http://www. wirausaha menyukai tantangan yang sukar namun dapat dicapai. (http://www. kepeloporan.scribd. Kepemimpinan Seorang wirausaha yang berhasil selalu memiliki sifat kepernimpinan. ia selalu menampilkan barang dan jasa-jasa yang dihasilkannya dengan lebih cepat.4. dan berinisiatif. Berinisiatif itu sendiri berarti selalu ingin mencari dan memulai. Dengan demikian. lebih dulu dan segera berada di pasar. (http://www.

jujur. tabah.scribd. tekun. Oleh sebab itu. (http://www. mau menerima sadar dan kritik dari orang lain. disiplin. Karena ia memiliki pandangan yang jauh ke masa 4 depan. ramah. Pandangan yang jauh ke depan. sopan. kewirausahaan adalah "thinking and doing new things or old thinks in new ways" Kewirausahaan adalah berpikir dan bertindak sesuatu yang baru atau berpikir sesuatu yang lama dengan cara-cara baru.scribd. Oleh karena itu. Berorientasi ke Masa Depan Orang yang berorientasi ke masa depan adalah orang yang memiliki perspektif dan pandangan ke masa depan. (http://www.scribd. Memiliki kepribadian yang baik Memiliki kepribadian yang baik dalam konteks ini berarti memiliki sikap yang ulet. tulus.5. Sedangkan keinovasian diartikan sebagai kemampuan untuk menerapkan kreatifitas dalam rangka memecahkan persoalan-persoalan dan peluang untuk mempertinggi dan meningkatkan taraf hidup.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 3. (http://www. Kreatifitas dan inovasi Kreatifitas diartikan sebagai kemampuan mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dan mencari peluang. membuat wirausaha tidak cepat puas dengan karya yang sudah ada sekarang.6.Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B 3. maka selalu berusaha untuk berkarya. ia selalu mempersiapkannya dengan mencari suatu peluang. meski dengan segala risiko yang mungkin terjadi.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 5 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro . Kuncinya pada kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang sudah ada sekarang. dan masih banyak lagi.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 3.7. ikhlas.

2. (http://www. Cari Komunitas yang Tepat Dorongan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha juga dapat berasal dari komunitas (lingkungan pergaulan).Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B Cara Menumbuhkan Mental Wirausaha 4. kemampuan dan pikiran untuk menaklukan cara berfikir lamban dan malas. bahwa pikiran perasaan. Tetapi karena usahanya yang keras. Komitmen Pribadi Jiwa wirausaha ditandai dengan adanya komitmen pribadi untuk dapat mandiri. sehingga akhirnya menjadi wirausaha yang sukses. Hal seperti ide wirausaha. Jadi seseorang dapat membuat dirinya untuk mencapai suatu kesuksesan dengan membuat deklarasi tertulis. Banyak orang yang sukses karena dipaksa oleh keadaan. Keberanian untuk membentuk jiwa wirausaha juga didorong oleh guru atau dosen di sekolah atau lembaga pelatihan. Mungkin pada awalnya tujuannya hanya untuk memenuhi kebutuhannya.scribd.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 4.scribd. karena kita akan berdiskusi tentang banyak hal dengan komunitas kita. Mereka memberikan mata pelajaran kewirausahaan yang praktis dan menarik sehingga membangkitkan minat siswa untuk berwirausaha. ucapan dan tindakan anda akan selalu diperbaiki ke arah yang lebih baik dan lebih terarah ke sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang wirausahawan. masalah yang dihadapi dan caracara mengatasinya akan lebih sering menjadi topik diskusi apabila lingkungan kita memang lingkungan orang-orang yang terjun di dunia kewirausahaan. atau paling tidak mereka juga tertarik berwirausaha. tidak gampang menyerah dan berputus asa.1. mencapai sesuatu yang diinginkan. (http://www.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro 6 . Sehingga kita dapat mempunyai semangat. menghindari ketergantungan pada orang lain. agar lebih produktif dan untuk memaksimalkan potensi diri.

Padahal pada kenyataannya seorang wirausahawan justru yang berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran. tidak jujur. Sikap Negatif Terhadap Profesi Wirausaha 5. Daripada bekerja pada seorang wirausahawan.com/berita-detail. Landasan filosofi inilah yang menyebabkan rakyat Indonesia tidak termotivasi terjun ke dunia bisnis. (http://www. egois.php?id=45077) 7 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro . lebih baik menjadi wirausahawan itu. Status Sosial yang Rendah Banyak dari masyarakat yang masih memiliki paradigma bahwa profesi wirausahawan memiliki sikap yang ingin bersaing.scribd. saat kita mau bertekun pada usaha kita. 4. Padahal pada kenyataannya. Seorang wirausahawan memiliki kesempatan untuk berpenghasilan lebih besar dibanding seseorang yang hanya bekerja pada suatu instansi pemerintah ataupun swasta. Masyarakat sebenarnya secara tidak sadar telah bekerja pada seorang wirausahawan. justru penghasilan yang didapat dapat jauh lebih besar dibanding dengan yang hanya bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan.2. Penghasilan Tidak Menentu Sebagian besar masyarakat kita menganggap bahwa seseorang yang mapan adalah seseorang yang memiliki pekerjaan tertentu dan memiliki penghasilan yang tetap. (http://www. kikir.Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha juga dapat dengan selalu melihat perkembangan bisnis dan melihat peluang apa saja yang dapat diciptakan untuk mencapai suatu keberhasilan. Di mata mereka seorang wirausahawan adalah seseorang yang masih labil dan berpenghasilan tidak seberapa.koran-jakarta.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 5.1.

dan manajemen yang dirancang sendiri. Perusahaan berbadan hukum (corporation). Merintis usaha baru (starting) Yaitu membentuk dan mendirikan usaha baru dengan menggunakan modal. organisasi. manager keluarga dapat mengambil pandangan jangka panjang yang lebih mudah dari pada manager perusahaan yang dinilai hasilnya tiap tahun Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro 8 . (http://www. yaitu perusahaan yang didirikan atas dasar badan hukum dengan modal saham-saham. Ada tiga bentuk usaha baru yang dapat dirintis : 1. Memfokuskan pada pelaksanaan jangka panjang. Setiap bisnis keluarga mengembangkan cara tertentu di dalam mengerjakan segala sesuatu dan prioritas tertentu sehingga memberikan keunikan pada tiap perusahaan. Memasuki Bisnis Keluarga Sering kita jumpai bisnis kecil dan menengah yang berbentuk bisnis kelurga.1. Jadi.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 6.2.scribd. bisnis keluarga adalah sebuah perusahaan yang anggota keluarganya sendiri dan secara langsung terlibat dalam kepemilikan dan/atau jabatan/ fungsi. yaitu bentuk usaha yang dimiliki dan dikelola sendiri oleh seseorang. Rasa kekeluargaan terasa pada kesehariannya 2.Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B Cara Memasuki Dunia Wirausaha 6. Biasanya bisnis ini dimulai dan dikelola oleh anggota dalam keluarga itu. yaitu suatu kerja sama dua orang atau lebih yang secara bersama-sama menjalankan usaha 3. Memelihara nilai kemanusiaan di tempat kerja. ide. yaitu: 1. Bisnis keluarga memiliki beberapa kelebihan. Persekutuan (partnership). Perusahaan milik sendiri. bisnis keluarga dapat dengan mudah menunjukkan tingkat perhatian yang lebih tinggi bagi tiap orang dari pada perusahaan-perusahaan pada umumnya. 2.

(http://www.Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B 3. anggota keluarga mungkin mempertahankan tradisi memberikan kualitas dan nilai bagi konsumen.com/articles. Membeli perusahaan orang lain (buying) Membeli perusahaan orang lain yaitu dengan membeli perusahaan yang telah didirikan atau dirintis dan diorganisir oleh orang lain dengan nama dan organisasi usaha yang sudah ada. rencana bangunan. pembelian peralatan. pembukuan. yang juga sebagai pemilik dari unit usaha tersebut. mempunyai hak atas keuntungan yang didapatkan dan berkewajiban untuk membayar pajak pendapatan dan biaya operational unit usaha mereka. Jumlah royalty fee biasanya berupa persentasi dari sales. tanpa melihat apakah usaha yang dijalankan telah menguntungkan atau tidak.scribd. karena mereka memiliki taruhan di dalam memelihara reputasi keluarga. maupun nominal rupiah yang telah ditentukan dalam franchise agreement.scribd. Bentuk usaha fanchisee adalah duplikasi dari perusahaan franchisor.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) Franchisee yang sebagai individu usaha dalam organisasi franchisor. Mereka juga akan diharuskan untuk membayar royalty fee kepada franchisor. nasihat hukum.php?AID=12&action=detail) 6. standar. Kerja sama manajemen (franchising) Yaitu kerja sama antara entrepreneur (franchisee) dengan perusahaan besar (franchisor/parent company) dalam mengadakan persetujuan perjanjian untuk menyelenggarakan usaha. pola arus kerja. advertensi. Memperluas kualitas. promosi.4. dan sumber-sumber permodalan. pengendalian kualitas. (http://www. riset. Kerja sama ini biasanya dengan dukungan awal seperti pemilihan tempat. konsultasi. (http://www.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 6. diantaranya : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro 9 .3. pencatatan dan akuntansi. pemilihan karyawan.bridgefranchise. Hal ini dilakukan karena memiliki beberapa keuntungan.

3 Kemampuan Finansial Kemampuan finansial yaitu kemampuan tentang bagaimana memperoleh sumber-sumber dana dan cara menggunakannya.Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B 1. 7. 7.1 Tahap memulai Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro 10 . 7.1 Kemampuan Teknik Kemampuan teknik berarti kemampuan tentang bagaimana memproduksi barang dan jasa serta cara menyajikannya. Memiliki peluang untuk membeli dengan harga yang bisa ditawar (http://www. Tahap-Tahap Kewirausahaan 8. Ia memiliki relasi yang baik dengan para pembeli maupun dengan para pemilik modal. Kompetensi Wirausaha 7. karena perusahaan sudah berjalan sehingga ada jalinan dengan pelanggan dan pemasok 3. Resiko lebih sedikit 2. 6.scribd.com/doc/3149930/KEWIRAUSAHAAN) 5. memelihara dan mengembangkan relasi dan kemampuan komunikasi serta negosiasi. Lebih mudah.2 Kemampuan Pemasaran Kemampuan Pemasaran yaitu kemampuan tentang bagaimana menemukan pasar dan pelanggan serta harga yang tepat.4 Kemampuan Hubungan Kemampuan hubungan merupakan kemampuan tentang bagaimana cara mencari. Ini merupakan kemampuan mencari modal dan mengolah modal yang sudah ada. Seorang wirausaha memiliki kemampuan untuk melihat peluang dimana barang atau jasa yang akan ditawarkan dapat dipasarkan.

diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru. mencakup aspek-aspek: pembiayaan. kepemilikan. atau jasa. pemasaran. dan melakukan evaluasi. industri. Tahap mengembangkan usaha Tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil. kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan. melakukan akuisisi. Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro 11 .3 Tahap mempertahankan usaha Tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.4.2 Tahap melaksanakan usaha Dalam tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya. SDM. 8. 8. atau melakukan ‘’franchising’’ Tahap ini juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian. organisasi. 8.Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B Tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

Lanny. Kuliah I: Pengertian Kewirausahaan. Kwandy. Accsessed 2010 November 3.wikipedia. 20 Oktober 2010. Bridge Franchising. Keluar Dari Zona Kenyamanan. Accsessed 2010 November 4.org/wiki/Wirausahawan>.wikipedia. <http://www.org/wiki/Kewirausahaan>.html>[3 Mei 2008] [WBE]Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Accsessed 2010 November 4.com/berita-detail.bridgefranchise. 13 Februari 2010.blogspot. 2010. <http://www.com/articles. Karakteristik Dari Franchising.php?AID=12&action=detail>.php?id=45077>. Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro ii . Hamsyah. <http://id. <http://id. [WBE]Wikipedia Ensiklopedia Bebas. <http://wirausahaumy. 7 Maret 2008.koranjakarta. Sammy. 2010 November 3.com/2008/03/kuliah-i-pengertiankewirausahaan.Tugas Kewirausahaan Penerimaan Mahasiswa Baru 2010 Konsep Dasar Kewirausahaan Kelompok 5 B DAFTAR PUSTAKA Iwan. Accessed 2010 November 4.