Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.

MAKALAH

PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM K.H.AHMAD DAHLAN

( Pemecahkan Problema Pendidikan Bangsa )

Oleh Dr.H.Ridjaluddin.FN.,M.Ag.

Kepada Yth. Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Lemlit ) Uhamka Jakarta
1

Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.

Abstraction
KH Ahmad Dahlan is a man of action types that are already in place when leaving quite a lot of charitable efforts are not made. Therefore, to explore how the philosophical orientation of education Ahmad Dahlan more properly refers to how he built the educational system. With his efforts in education, he can be considered as a " model “Center / titik pusat”; of the rise of a generation that is central point “model”; of a movement that rose to address the challenges faced by Islamic groups in the form of backwardness in education systems and kejumudan understand Islam.

Analysis of sections of thought Dahlan done with methodical steps: deductive, inductive; Library Research, observation and interviews etc.. Using the methodology of this paper are expected to provide information about the dimensions that show the advantages and disadvantages compared to the views of his view that existed previously. Finding and try to find a different view of Ahmad Dahlan with national figures of his day is more concerned with political and economic issues, Dahlan was completely absorbed in the field of education. Aiming point on the world of education in turn drove him into the heart of the people who actually matter. Based on the description of this concept can be used later to build a more effective nation that is through education. Keywords: Education, education, instruction, tarbiyah, taklimi, pedaegogik

2

Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.

A. PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah

Mengutip Taufik Abdullah, James L.Peacock mengatakan bahwa para pembaharu pendidikan Islam selalu kembali ke kampung asalnya [Peacock ,1986:48 ] Demikian pula KHA Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah pada tahun 1912 di kampung, Kauman, Yogyakarta.1 Tentu saja itu merupakan aktualisasi perintah Allah untuk menjaga diri sendiri dan keluarga dari api neraka [QS Al-Tahrim [66]: 6’; M, Djindar, 1990:3]. Maka gejala ini pasti bukan suatu kebetulan tapi perilaku yang diatur. Ia mewakili sebuah kesadaran, sebut saja teosentrisme. Karena itu KH Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah, bergerak dari dalam, bukan dari luar.

Filsafat Pendidikan Islam menurut KH.Ahmad Dahlan merupakan penyebab munculnya dan berkembangnya tradisi keilmuan, pemikiran, dan filsafat di dunia Islam dan tidak dapat dipisahkan dari kondisi lingkungan, kebudayaan dan peradaban yang mengitari munculnya pandangan tentang filsafat pendidikan Islam ini. Karena itu, penulis memiliki permasalahan tentang hal yang berkaitan dengan filsafat pendidikan Islam; Bagaimana pemikiran KH. Ahmad Dahlan mengenai pendidikan [education] terutama filsafat pendidikan Islam di Indonesia? Bagaimana pandangan para tokoh Islam tentang filsafat Pendidikan Islam ? Bagaimana keterkaitan filsafat pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan dengan permasalahan pendidikan masa Kini ? Bagaimana tinjauan kritis terhadap filsafat pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan?

Dalam penulisan ini, bahwa pembahasan tentang

Pemikiran Filsafat

Pendidikan Islam menurut KH.Ahmad Dahlan, Keterkaitannya dengan Pemecahan Persoalan Pendidikan masa kini merupakan studi pemikiran K.H.Ahmad Dahlan tentang Falsafah Pendidikan Islam dan memberikan manfaat bagi agama dan bangsa. Adapun Tujuan penelitian ini merupakan telaah permasalahan baru dalam melihat kacamata masyarakat mengenai pendidikan terutama Islam. Menggambarkan corak pemikiran Filsafat Pendidikan Islam menurut K.H.Ahmad Dahlan. Menjelaskan konsep-konsep Pendidikan Islam menurut K.H.Ahmad Dahlan. Mengkritisi pemikiran

1

PP.Muhammadiyah, Mukaddimah AD/ART, [Yogyakarta, PP Muhammadiyah, 199], hal.7

3

Ahmad Dahlan tentang Pendidikan Islam di tanah air Indonesia Memberikan perspektif baru tentang filsafat pendidikan Islam B.Ahmad Dahlan sejak kecil sampai dewasa. Aspek filsafat berusaha mengkaji beberapa teori guna membantu adanya tema Telaah Terhadap Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam menurut KH. Dalam karya-karya intelektual Muslim yang berhubungan dengan filsafat pendidikan Islam. Dalam karya Yunus Salam.com For evaluation only.Ahmad Dahlan.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. KAJIAN TEORI Berbicara tentang Pendidikan Islam sangat erat kaitannya dengan pemikiran K. Dari latar belakang permasalah di atas. pengajarannya kepada santri-santrinya di Yogyakarta dan yang kedua adalah karangan H. menceriterakan kehidupan KH. diantaranya.foxitsoftware.Sjoedja. Dalam hal ini menjelaskan teori dan praktek kependidikan Islam yang didasarkan pada konsepsi dasar filosofi penciptaan manusia tanpa kejelasan tentang konsep ini.. maka penulis mencoba memberikan gambaran pendidikan Islam menurut K. konsep penciptaan manusia dan fungsi penciptaannya dalam alam semesta harus sepenuhnya diakomodasikan dalam 4 . Pendidikan akan meraba-raba dan kehilangan arah.Ahmad Dahlan ditinjau dari aspek filsafat. Untuk keberhasilan pendidikan umat.Ahmad Dahlan dengan 17 kelompok ayat-ayat al-Qur’an. berjudul Riwayat Hidup KH. dalam prosesnya. Maka idzinkan penulis memberikan keterangan yang sederhana ini. ada dua buku tapi yang umumnya dirujuk sebagai sumber utama mengenai kehidupan KH.Hadjid. di dalam bukunya Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis. kawan dekat dan pengikut Dahlan. Pembina Muhammadiyah Indonesia. Riwayat Hidup K.Ahmad Dahlan.H. Yang pertama ditulis oleh R.Ahmad Dahlan.M.H. Amal dan perjuangannya.Ahmad Dahlan yang mengenal pendidikan di Barat dan Timur. Dalam karya Samsul Nizar. Dalam buku ini bahan-bahan terpencar yang berisi nasehat-nasehat Dahlan kepada murid-muridnya. Bahkan pendidikan Islam tidak akan dapat difahami secara jelas tanpa memahami penafsiran pengembangan individu dan manusia seutuhnya. Teoritis dan Praktis. K.H.H.H Ahmad Dahlan. berjudul KH. Keterkaitannya dengan Pemecahan Problema Pendidikan Bangsa.

dalam buku ini dijelaskan tentang jasa-jasa Kiai dalam pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia dan sejarah berdirinya organisasi Muhammadiyah. Juga karya Puar yang berjudul : Perjuangan Muhammadiyah.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Dalam karya Yusuf A. merupakan nisbat pandangan keagamaan dan penyebaran nilai-nilai kehidupan daripada pemimpin para tokoh-tokoh Muhammadiyah.com For evaluation only. maupun bersifat kontekstual (Kauniyah) yang telah dijabarkannya melalui Sunnatullah. Yogyakarta Offset. Demikian pula pola kehidupan pendiri gerakan ini.H. Pendekatan keilmuan dan filosofis hanya merupakan media untuk menalar pesan-pesan Tuhan yang absolut. majalah Panji Masyarakat. empirik keilmuan dan rasional filosofis. Ahmad Dahlan. di dalam bukunya yang berjudul Pesan dan Kisah Kiai Ahmad Dahlan. Kritik ini berkaitan dengan keberadaan Muhammadiyah. dalam Hikmah Muhammadiyah. baik sebagai gerakan Islam dan tajdid. Dalam untaian hikmah Muhammadiyah. Dalam karya Munir Mulkhan.H. di dalam bukunya yang berjudul Warisan Intelektual K. 5 .H. Konsep tersebut kemudian melembaga dalam sebuah majlis yaitu majlis tarjih dengan lajnah tarjihnya. Ahmad Dahlan. rumusan teori-teori pendidikan Islam melalui pendekatan kewahyuan.Puar “Kenangan Hari Wafat Kiai Hadji Ahmad Dahlan dan Pembaharuan Pembangunan Islam”. yang hingga kini beberapa nasehatnya masih terus hidup dalam sanubari aktivis Muhammadiyah di pusat kota atau yang berada jauh di daerah terpencil. Kiai Ahmad Dahlan: Pemikiran dan Kepemimpinannya. Dalam buku ini menjelaskan kritik yang cukup tajam terhadap Muhammadiyah. Dalam kajian buku ini pula menjelaskan bagaimana cita-cita beliau mendirikan organisasi ini yakni menciptakan para pendidik Islam di nusantara ini menjadi seseorang yang memiliki daya intelektual yang tinggi. Dalam karya Munir Mulkhan. Model pemahaman Muhammadiyah tentang Islam menyebabkan Muhammadiyah dinyatakan sebagai Pembaharu pemikiran Islam. baik melalui ayat-ayatnya yang bersifat tekstual (Qur’aniyah). 1983.foxitsoftware. Dalam buku ini menjelaskan mengenai pesan dan kisah K. Ahmad Dahlan dan Amal Muhamammadiyah. maupun sebagai gerakan dakwah yang diartikan sebagai gerakan non-politik praktis. juga Yusron Asrafie. Suatu konsep metodologis yang secara tehnis disebut dengan tajdid melalui ijtihad. K. Agar menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

Publ. Kenyataan ini menimbulkan obsesi berupa harapan tentang bagaimana mengaktualisasikan Muhammadiyah di masa depan. Dalam buku Muhammadiyah.39 2 6 . di dalam bukunya Revitalisasi Pendidikan Islam. Tema umum yang mencuat dalam buku ini ialah bagaimana realitas Muhammadiyah di tengah-tengah masyarakat dan bangsa Indonesia yang sedang mengalami perkembangan dahsyat sejak akhir dasa warsa 1970-an sampai akhir dekade berikutnya menurut persepsi masing-masing penulis. tt].no.Pus. Edisi asli bahasa Jawa artikel ini ditemukan dalam perpustakaan Muhammadiyah di Surakarta. Dengan adanya pemikiran K.2 di sini menjelaskan pula sejarah dan latar belakang Muhammadiyah sampai kependidikan hingga keperguruan tinggi.H. Jawa Tengah. Ahmad Dahlan sebagai pendiri dan ketua muhammadiyah yang pertama pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H (bertepatan tanggal 18 November 1912 M).foxitsoftware. sebuah terjemahan dari bahasa Jawa yang awalnya ditulis oleh KH Ahmad Dahlan sendiri. 1960. dalam Fajar. UMM.Dok. Muhammadiyah Sejarah. Sejarah. organisasi hingga pendidikan. Di sini menjelaskan sejarah dan berdirinya Muhammadiyah sebagai organisasi Islam di Indonesia. Sebagai suatu kumpulan karangan kekuatan buku ini terletak pada kemampuan abstraksi dalam melihat pergumulan Muhammadiyah dengan lingkungan. Mencoba mengungkapkan karya Imam Prakoso Ciptohadiwardoyo. pada tahun 1926. Dan dalam karya Abdullah Idi dan Toto Suharto. dan Tim Pembina Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan. misi. [Malang. Melalui pendekatan historis dan filosofis. Pemikiran dan Amal Usaha. hal. “Al-Islam dan Al-Qur’an.com For evaluation only. Pemikiran dan Amal Usaha. Ia menggagas reformasi pemikiran pemikiran Islam dengan prespektif dekonstruksi untuk mendamaikan pertarungan antara tradisi dan modernitas. kajian buku ini menapaki ikhtiar perkembangan lembaga pendidikan Islam dan metode-metode pengajaran yang mengiringnya. Dengan buku ini diharapkan mampu menjembatani antara tuntutan masyarakat di satu sisi.8. Seperti halnya Mohammad Abid Al-Jabiri melalui kitabnya Al-Turas Wa AlHadasah. Yang dihimpun oleh Tim Pembina Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Malang Indonesia. Banyak sekali yang ditulis oleh kalangan Intelektual Muslim mengenai Muhammadiyah baik ditinjau dari agama.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. II.

Aqib.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. H. Membantu penjelasan lihat pula Lewis.Willis. lihat pula karya dari Acery T.. Pembahasan tentang pondok pesantren dosen Paramadina yang pernah mengecam pendidikan di Pondok Pesantren Gontor Ponorogo ialah Nurholis Majid. Jakarta. dalam menyusun cetak biru bagi reformulasi dan reorientasi sistim pendidikan Islam di Indonesia. dalam tulisannya yang termasyhur. Dalam karya Amelz. IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Colifornia. dkk Ensiklopedia Muhammadiyah. "Jong Islamieten Bond Yang Saya Alami". Pengarah Prof. th. tt).Mas Mansyur. 7 . 1993). (Yogyakarta: Persatuan.Raharjo dengan judul bukunya : Intelektual Intelegensia dan Prilaku Politik Bangsa.Amien Rais.348. Banyak gagasan-gagasan tentang filsafat pendidikan Islam. 1952. Jr. Karya tokoh Muhammadiyah Hadikusumo.XXIII.com For evaluation only. Januari. The Mysticism of Hamzah Fansuri.H. Tim Penyusun Ensiklopedi Muhammadiyah. Tradisi Pesantren. III Karya sebuah desertasi dosen IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Suminto. Ensiklopedia Islam Indonesia. 1985). William Carey Library. 1985).1998.Indonesia Revival: Why Two Million Came to Christ. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.B. Lihat pula Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah. 1992. Syekh Muhammadiyah. Djarnawi. (Jakarta: Bulan Bintang. 2003). (Jakarta: Hidakarya Agung. Membantu penjelsan Kamus Besar Bahasa Indonesia. The Encyclopaedia of Islam. Membantu penjelasan pendidikan seorang tokoh Islam Dawam. PT Raja Grafindo Persada. no. edisi kedua. Universitas of Malaya. (Kuala Lumpur.t. Karya tokoh pergerakan pada masa 45 Muhammad Roem. . Al-Attas.Dr. tahun 2005. (Bandung: Mizan.Lihat pula buku karya Mahmud Yunus yang terkenal dengan judul bukunya. Panji Masyarakat. HOS Cokroaminoto Hidup dan Perjuangannya. Jakarta.foxitsoftware. kesiapan konsep pemikiran dari para perancang system pendidikan di sisi lain.. (Jakarta: Paramadina. memaparkan tentang upaya Kristenisasi di Jawa oleh Pemerintah kolonial Belanda dalam disertasi Politik Islam Hindia Belanda. (Jakarta: LP3ES. Matahari-Matahari Muhammadiyah: Dari KHA Dahlan sampai dengan KH. Naquib. 1982. 1970).t.

Adapun sumber skunder yang dipakai dalam penulisan adalah sebagai berikut: Munir Mulkhan. Pesan dan Kisah Kiai Ahmad Dahlan. C.com For evaluation only. tetapi lebih disebabkan oleh adanya tuntunan untuk tidak hanya menjadikan ajaran agama sebagai doktrin.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Sebagai man of action. 2007. Kiai Dahlan memang tidak banyak meninggalkan karya-karya tertulis. 8 . Yogyakarta: Suara Muhammadiyah. Muhammadiyah. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya dan Universitas Muhammadiyah Malang Press. Ahmad Dahlan yang relevan dengan masalah yang akan dibahas. dalam Hikmah Muhammadiyah. Yogyakarta: PT. Tim Pembina Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Malang Indonesia. METODE PENELITIAN Kajian dan pembahasan mengenai masalah yang ditulis ini sangat bergantung pada sumber-sumber data.foxitsoftware. 2000. Filsafat Pendidikan Muhammadiyah (naskah awal). Buku ini merupakan upaya untuk memperkenalkan lebih lanjut ajaran-ajaran Kiai Dahlan yang dimaksudkan. Jakarta: Dikdasmen PP.H.H. Pelajaran KHA Dahlan. Percetakan Persatuan. Adapun sumber primer yang dipakai dalam penulisan adalah sebagai berikut: KRH. Munir Mulkhan. Muhammadiyah. 7 Falsafah Ajaran & 17 Kelompok Ayat Al-Qur’an. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Malang Press.dan lain-lain sebagainya. tetapi mesti diwujudkan dalam praksis sosial. 1990. Ahmad Dahlan dan Amal Muhamammadiyah. Hadjid. Pemikiran dan Amal Usaha. Yunan Yusuf dan Piet Hizbullah Khaidir. Warisan Intelektual K. Buku ini merupakan hasil Seminar Nasional Filsafat Pendidikan Muhammadiyah yang dilaksanakan oleh majlis pendidikan dasar dan menengah pimpinan pusat Muhammadiyah tanggal 25 maret 2000 di Jakarta. Bukan karena tidak adanya sarana untuk mengungkapkan buah pikiran dalam tulisan. Data penelitian ini diperoleh dari sumber-sumber yang mengenai tokoh K. M. 1990. Sejarah. 2005.

Metode Induktif. Data yang telah dihimpun itu selanjutnya dianalisa dengan cara atau metode berpikir sebagai berikut : Metode Deduktif3 . berangkat dari pengetahuan yang bersifat umum dan bertitik tolak pada pengetahuan umum itu kita hendak menilai suatu yang khas.foxitsoftware. Metode Komperatif . 3 Sutrisno Hadi. Deskripsi. berangkat dari fakta-fakta yang khusus.H. Dengan cara ini pemikiran K.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. sehingga terjalin kesinambungan pemikiran secara logis sistematis. Di antara perbandingan tersebut lalu dipilih salah satu yang dianggap paling falid dan utama. pengumpulan data. 1990.H. hal 42 9 . Analisis terhadap bagianbagian dari pemikiran K.H. adalah metode berpikir. Analisis Data Selanjutnya. Metodologi Research. Melalui cara ini peneliti bermaksud memahami secara benar corak pemikiran K. peristiwa-peristiwa yang konkrit kemudian dari fakta atau peristiwa yang konkrit itu ditarik generalisasi-generalisasi yang mempunyai sifat umum. Suatu cara yang dilakukan untuk menyingkap kebenaran berdasarkan pemahaman yang benar apa yang diteliti. baik yang merupakan sumber dari pengalaman murid-muridnya. Yaitu membuat perbandingan antara pendapat satu dengan pedapat yang lainnya diperoleh dari data tersebut. Ahmad Dahlan. dengan metode ini adalah untuk meneliti beberapa banyak karya ilmiah yang telah dihimpun. Ahmad Dahlan tentang filsafat pendidikan Islam dan relevansinya terhadap solusi problem pendidikan dewasa ini. dilakukan analisis terhadap argumentasi yang menjadi corak pemikiran filsafat pendidikan menurut K.H. Kesinambungan Historis.H. [Yogyakarta : UGM. Library Research [penelitian kepustakaan]. sehingga diperoleh bahan masukan selengkap mungkin bagi pembahasan berikutnya. maupun komentar dan tulisan yang diberikan oleh tokoh-tokoh lain. Ahmad Dahlan. Ahmad Dahlan tentang filsafat pendidikan Islam akan dipaparkan secara rinci. Cetakan XXII ]. yaitu metode berpikir. Penulis akan memberikan interpretasi mengenai corak pemikiran K.com For evaluation only. Ahmad Dahlan dilakukan dengan langkah-langkah metodis sebagai berikut: Metode analisa data. Dan semua konsep mengenai pendidikan secara rinci dilihat menurut keselarasannya satu sama lain.

23 10 . Yaitu melakukan tanya jawab secara mendalam mengenai beberapa aspek yang diperlukan peneliti khususnya menyangkut proses perkembangan Muhamamadiyah. D. Interview [wawancara]. sehingga penulisan ini menghasilkan suatu penilaian yang obyektif dalam persoalan filsafat pendidikan Islam ini.H. oleh Kyai Ahmad Dahlan di Yogyakarta dengan diiringi pesta kecil yang bertempat di Jalan Malioboro Yogyakarta dan dihadiri oleh 60 sampai 70 4 Malik Fajar memberi penegasan terhadap eksistensi Muhammadiyah. Dinamika Pemikiran Pendidikan Islam KH. Perumusan tujuan pendidikan dalam persyarikatan Muhammadiyah didasarkan pada orientasi tajdid 4 dan kondisi sosio kultural umat Islam pada saat kemunculannya. Yogyakarta: Pustaka SM.foxitsoftware. Observasi [pengamatan lapangan]. amr ma’ruf nahi munkar dengan etos kerja yang disebut tajdid.M bertepatan dengan 8 Dzulhijjah 1330. Persyarikatan Muhammadiyah sebagai suatu gerakan Islam.Di Seputar Percakapan Pendidikan dalam Muhammadiyah. 14. Untuk penulisan ini adalah berdasarkan riset atau penelitian kepustakaan. keterkaitan Muhammadiyah dengan pemecahan masalah penddikan masa kini. meknisme serta keanggotaan.. yaitu mengumpulkan bahan-bahan yang ada hubungannya dengan pokok bahasan. penulis mencar informasi yang akurat tentang keterkaitan Muhammadiyah dalam filsafat pendidikan Islam KH. Dengan metodologi tersebut diharapkan penulisan ini dapat memberikan informasi mengenai dimensi-dimensi yang menunjukan kelebihan dan kekurangan pandangan K.Ahmad Dahlan.H. suasana berpikir dengan etos kerja tajdid. yaitu dari bulan Januari 2009. Selama observasi.Ahmad Dahlan. lhat Imron Nasti. bukan hanya sekedar organisasi. pembaharuan dalam Islam pertama kali didirikan pada tanggal 10 Nopember 1912. Observasi akan dilakukan selama 4 [empat] bulan.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. dkk. yaitu melakukan kunjungan secara langsung ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah.com For evaluation only.Ahmad Dahlan. tetapi juga sebagai state of mind. Ahmad Dahlan dibanding pandangan-pandangan yang ada sebelumnya. karena jika hanya diidentifikasi sebagai organisasi.HASIL DAN PEMBAHASAN 1. guna memperoleh data yang lebih valid dan bisa dipertanggung jawabkan secara ilmah tentang filsaafat pendidikan Islam menurut KH. ia akan terkungkung oleh batas-batas struktur .hal.

tahun 1912-1942 dalam suasana yang kebanyakan umat Islam berada dalam kebodohan.8 Sementara pondok pesantren sendiri menolak semua pengaruh yang datang dari negeri Barat secara total.foxitsoftware. dan praktek-praktek agama yang menyimpang dari kemurnian ajaran Islam. kalau mereka ingin belajar merekapun masuk pondok pesantren. Yogyakarta: PP Muhammadiyah.. pemisahan antara pendidikan agama dan pendidikan sains Barat. hal. Dinamika Pemikiran Islam dan Muhammadiyah.Munasir. akibat mengisolasi diri dari pengaruh luar. huruf latin dan termasuk ilmu-ilmu yang datang dari Barat ditolaknya.T. bangsa Indonesia tengah berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda. ed.24 9 Ibid.7 Bangsa Indonesia yang menerima pendidikan dari Barat terbatas pada caloncalon pamong praja. hal.pendidikannya ditujukan untuk mempertinggi budi pekerti. akhlakkul karimah dan kepandaian bergaul.. 1997. ditambah dengan adat–istiadat nenek moyang.. orang dari kalangan para haji. orang umum dan pengurus pergerakan Boedi Oetomo. sampai-sampai cara berpakaian.Arifin.31 11 .5 Tujuan didirikan persyarikatan Muhammadiyah ini adalah untuk membebaskan umat Islam dari kebekuan dalam segala bidang kehidupannya.9 7 Malik Fadjar. keterbelakangan dan penindasanpenindasan penjajah.6 Kalaupun waktu itu terdapat lembaga pendidikan Islam. pelajarannya terbatas kepada pengetahuan kehidupan dalam rumah tangga agar nantinya menjadi istri yang baik. Anak Aristokrat ada yang dididik dalam rumahnya sendiri.Cit.com For evaluation only.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.Cit. pamong praja.9 Adanya dikotomi. priyayi. 45 8 Nurhadi M. Bagi wanita kalau dikatakan belajar. Op. terlihat pula pada orientasi berikut yaitu di satu pihak lembaga-lembaga pendidikan Islam saat itu tidak bisa menghasilkan ilmuwan yang mempunyai otoritas 5 6 M.hal. keberadaannya tidak lagi dapat memenuhi tuntutan zaman.20 Ibid. mengucilan terhadap kehidupan modern. Op. hal. maka lengkaplah isolasi. hal. Adapun rakyat jelata umumnya tidak terdidik. Saat munculnya persyarikatan Muhammadiyah.

ilmu tasauf. ilmu mantik.. Kyai Ahmad Dahlan melakukan penangkalan kultural (budaya) atas penetrasi pengaruh kolonial Belanda dalam kebudayaan. hal 221. pendangkalan ajaran Islam. utamanya adalah intensifnya upaya Kristenisasi yang dilakukan misi zending dari Barat.. dikotomi yang sangat lebar antara lulusan lembaga pendidikan Islam dan lulusan sekolah Barat. 12 Ibid.foxitsoftware. hal 220-221 13 M.) Pendidikan Islam yang dalam hal ini diwakili oleh pondok pesantren telah tersebar sebelum kedatangan penjajah kolonial Belanda ke Indonesia.13 Kondisi objektif yang mendorong lahirnya persyarikatan Muhammadiyah adalah juga kenyataan terhadap kemajuan zending Kristen dan misi Katolik. dan santri tingkat intermadiete dan advance. lihat Ibid.220 Sorogan adalah system pendidikan dimana seorang santri menghadap kyai dan membawa kitabnya. hanya mementingkan kehidupan keduniawiaan. ilmu falaq dan bahasa Arab. ilmu tauhid. Kemudin Kyai membaca teks dan santri mengikuti bacaan sang kyai. hal 4 12 . Melalui pelembagaan amal usahanya. Pendidikan Islam untuk tingkat permulaan diberikan di masjid. Op. fikih sunnah/ushul fikih. dan di pihak lain pendidikan yang diselenggarakan oleh kolonial penjajah Belanda sama sekali tidak memperhatikan masalah-masalah kehidupan keakhiratan. Santri diberi kebebasan memilih bidang studi dari guru yang diingininya. Arifin. peradaban dan keagamaan. Cabang-cabang ilmu yang dipelajari terbatas pada ilmu-ilmu agama Islam yang meliputi hadits. karena mementingkan masalah keakhiratan semata.Muhammadiyah Kini dan Esok.Cit.11 Di pondok pesantren tidak ada sistem kelas. Penekanannya pada kemampuan menghafal saja. mengartikan dan menerangkan maksud teks dari kitab tertentu di hadapan sejumlah santri. Akibatnya terjadilah pemisahan. Ada santri senior yang diberi wewenang untuk mengajar. tidak ada ujian atau pengontrolan (evaluasi proses belajar) kemajuan santri dan tidak ada batas lamanya belajar [kelas].com For evaluation only. Penyebaran agama Kristen dan agama Katolik mendapat dukungan dari pemerintahan 10 11 Din Syamsuddin.T. musthalah hadits.. yang sekuler. melihat kondisi sosial pendidikan umat Islam pada waktu itu. 12 Kyai Ahmad Dahlan. Ia merupakan lembaga pendidikan tingkat menengah dan tinggi. tergerak untuk melakukan aktivitas yang menerapkan sistematika kerja organisasi ala Barat. sorogan dan bandongan atau weton. hal. tidak merangsang santri untuk berdiskusi dengan sesama santri. Sedangkan bandongan sang kyai membaca.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. musallah atau surau.10 (menjauhkan ajaran Islam. ed. langgar.

Cit.17 Konsep tentang kyai intelek dan intelek kyai sebagai tujuan yang hendak dicapai dari produk pendidikan Muhammadiyah. Dengan peralatan yang cukup canggih dan organisasi yang teratur berujud sekolah-sekolah. 14 Usaha-usaha pembaharuan Islam bidang pendidikan yang dilakukan Kyai Ahmad Dahlan dan para pemimpin persyarikatan Muhammadiyah meliputi dua segi yaitu segi cita-cita dan tehnik pendidikan dan pengajaran.hal. jadilah ulama yang berpikir maju. Kepada beberapa muridnya ia menegaskan dengan kata-kata: “Dadiyo Kiyai sing kemajuan.Cit. penyiaran yang digunakan masih secara kuno. Ia juga tidak memiliki background pendidikan Barat.16 (mengikuti tanpa mengetahui alasan dalilnya yang tepat)..222 Malik Fadjar.59 Din Syamsuddin. tercermin dan dapat dilihat dari ide-ide dasar yang merupakan cita-cita penyelenggaraan pendidikan.89 17 Ibid.com For evaluation only.73 13 .foxitsoftware.dan dikagumi karena usaha pembaharuan Islamnya merupakan upaya terobosanterobosan terhadap masalah-masalah umat yang mendesak untuk diatasi.hal. Op. rumah-rumah sakit dan lain sebagainya memperoleh kemajuan besar dalam merebut hati rakyat.15 Kyai Ahmad Dahlan dianggap sebagai tokoh pembaharuan Islam yang cukup unik. tempat-tempat pendidikan Islam masih ketinggalan zaman. Format pembaharuan dalam Islam persyarikatan Muhammadiyah dalam bidang pendidikan Islam. terutama di tanah Jawa. lan kanggo Muhammadiyah” yang artinya. hal. Op. dan jangan berhenti untuk kepentingan pengabdian kepada organisasi Muhammadiyah. seperti yang dituturkan pendirinya yaitu konsepsi kyai intelek dan intelek kyai. Untuk menyiarkan agama mereka di kalangan masyarakat Indonesia. kolonial Belanda.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. mengandung maksud bahwa pendidikan diarahkan dalam pembentukan manusia muslim yang sempurna baik budi 14 15 16 PP Muhammadiyah. tetapi gagasannya yang maju membuka lebarlebar pintu ijtihad..Cit. Sebaliknya umat Islam dalam kondisi kemunduran apalagi alat-alat tabligh. Op. (kesungguhan perubahan dalam Islam) dan melarang pengikutnya bertaklid.hal..

19 Tegasnya. sedangkan aspek korektif. dengan mencangkok sistem pendidikan yang bersifat sekuler dalam bentuk persekolahan. Op. menghilangkan bi’dah dan khurafat serta komitmen terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. korektif dan modernis. hal. Sistem Pendidikan Islam KH. persyarikatan Muhammadiyah mengharapkan agar dapat membentuk manusia muslim yaitu manusia yang beridentitas Islam dengan ciri khas dapat mengamalkan ajaran Islam yang bersumber pada al-Qur’an dan Sunnah Rasul. luas dalam pandangan dan paham masalah ilmu keduniaan dan bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakatnya. inovatif dan modernis merupakan instrumennya. Aspek korektif dan inovatif terlihat pada adanya usaha-usaha mengembangkan pondok pesantren dan dalam memenuhi tuntutan modernisasi. pekertinya.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. 18 19 Munir Mulkan.. Dari pemikirannya melimpah berbagai pengetahuan dan di tangannya tergenggam sejuta ketrampilan.154 14 .18 Sebagai organisasi dakwah da pendidikan. Sehingga hasil dari pendidikan Muhammadiyah adalah manusia-manusia yang berhati penuh dengan iman dan taqwa. 2. tidaklah sasaran persyarikatan Muhammadiyah dalam pendidikannya mencetak ilmuan agama saja tetapi ilmuan yang berjiwa agamis Islamy.Cit.tujuan penyelenggaraan pendidikan di kalangan persyarikatan Muhammadiyah adalah menanamkan semangat Islam (spirit of Islam) dalam nuansa wawasan keilmuan (science).. Secara idealistis Muhammadiyah konsisten terhadap upaya menegakkan ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur'an dan hadits. Aspek idealisme merupakan substansi dari pendidikan persyarikatan Muhammadiyah.foxitsoftware.com For evaluation only. patuh dan alim dalam melaksanakan ajaran agamanya.Ahmad Dahlan Sistem pendidikan yang dikembangkan persyarikatan Muhammadiyah bersifat kreatif dalam mengintregasikan tuntutan idealisme. hal.120 Ibid. Maka oleh sebab itu.

mengajar ilmu tua. 63. Setelah Kyai Haji Ahmad Dahlan sudah bisa berkenalan dengan priyayi-priyayi sementara banyak.ilmu ukur dan lain sebagainya. Jadi dua golongan di atas dalam hati satu sama lain sama rendah merendahkan. Malahan pengetahuan yang diajarkan di sekolah rendah itu atau di sekolah bakal guru. Oleh karena itu para santri ataupun haji tidak bisa leluasa perhubungannya dengan priyayi-priyayi gupernumen tersebut. Memberikan tambahan pelajaran agama pada sekolah sakolah umum yang sekuler. Op. ada sementara yang termasuk 20 21 Malik Fadjar. 51 tahun 193621 sebagai berikut : Sepanjang penganggapannya para santri di Kauman. Usaha modernisasi dan pembaharuan dalam bidang pendidikan Islam yang dilakukan persyarikatan Muhammadiyah pada awal kelahiran organisasi ini. hal. bahwa anak atau orang yang pernah bersekolah itu sudah tidak Islam lagi. Sebaiknya para priyayi-priyayi berganti sama merendahkan pada dirinya santri-santri. Mereka mengira bahwa bahwa santri itu terutama hanya pandai soal agama belaka. pada ketika itu.foxitsoftware. Mengerti tentang seluk beluknya hidup mengerti tentang yang dinamai Allah yang sejati dari sebab ajarannya guru yang disebut guru kasampurna. ilmu bumi. Para santri sama merendahkan priyayi-priyayi di dalam hati.M.S. bahkan dianggap sudah memasuki agama Nasrani.Cit. Misalnya soal berhitung. tetapi beliau mengerti berbagai macam pengetahuan juga.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. dan di pondok lainnya. sebabnya mereka itu dianggap rendah pengetahuannya tentang pelajaran di bangku sekolah. Lebih-lebih priyayi-priyayi itu perasaannya sudah memegang ilmu sesungguhnya.20 Usaha yang dirintis Kyai Haji Ahmad Dahlan memperbaharui sistem pendidikan Islam dan kurikulum mata pelajaran seorang aktifis Muhammadiyah Rader Sasrosugondo menceriterakan yang dimuat dalam majalah Adil No. para priyayi-priyayi sama mengerti bahwa Kyai Ahmad Dahlan itu pengetahuannya bukan saja tentang agama. Mulo dan A.com For evaluation only. ilmu alam. sejarah. Majalah yang diterbtkan oleh persyarikatan Muhammadiyah 15 . nampak dari pengembangan kurikulum melalui dua jalan yaitu : Mendirikan tempat-tempat pendidikan dimana ilmu agama dan ilmu umum diajarkan bersama-sama.

Penggabungannya demikian : Caranya mengajar di pondok-pondok diikhtiarkan sebagai di sekolah-sekolah dengan memakai bangku.63 16 .foxitsoftware. meja tulis alat lainnya.Cit.22 Walaupun usaha-usaha Kyai Haji Ahmad Dahlan mendapat tantangan dan reaksi yang keras dari kebanyakan umat Islam waktu itu. Para santri yang mendengarkan keterangan itu hampir semuanya sama membantah. Demikianlah itu lalu kyai Haji Ahmad Dahlan bisa mengerti atau merasa bahwa para priyayi itu ada yang melebihi di atasnya santri-santri tentang luasnya pengetahuan. sebab mereka sama tidak cocok sama caranya memberi pelajaran di sekolah gupermen itu termasuk 22 PP Muhammadiyah.com For evaluation only. hanya tentang berlakunya kebutuhan. rendah kalau dibandingkan sama pengetahuannya Kyai Ahmad Dahlan. Hal ini seperti yang dituturkan Raden Sasrosugondo simpatisan Muhammadiyah sebagai berikut : Sering di dalam perjamuan Kyai Dahlan mesti membicarakan tentang baiknya peraturan di dalam perguruan Gupermen. biarpun masih rendah. Juga di sekolah lainnya yang sudah ada akan didaya-upayakan supaya bisa diberi pelajaran agama kepada murid-muridnya. Segala-galanya serba teratur di atasnya pada santri. Oleh karena itu maka Kyai Haji Ahmad Dahlan berhajad hendak menggabungkan sekolahan dengan pondok.hal. Op. bahkan ditentang oleh keluarganya sendiri. kimiyah dan ilmu alam. misalnya hal perbintangan. Orang-orang sama dipancing supaya sama tertarik pada buahnya perguruan dan peraturan sekolahan. Lain dari pada itu yang diajarkan bukan melulu soal agama saja dan juga diajarkan pengetahuan sekolah yang paling kurang menyamai sama perguruan gupermen.para priyayi banyak yang menunjukkan korat-koritnya.. akan tetapi ia tidak surut dan mundur dalam mewujudkan model pendidikan ala baru bagi umat Islam.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Perkara yang baik yang terdapat pada kedua golongan tadi menurut kehendak Kyai Haji Ahmad Dahlan akan diletakkan pada santri-santri dan priyayi-priyayi yang termasuk bangunan baru. Sedang cacatnya yang buruk hendak disingkirkan.

Meskipun tidak ada bantuan sedikitpun dari mereka. namun tetap tidak ada dukungan terhadap cita-cita pembaharuan pendidikan dalam Islam itu. Untuk kelancaran jalannya pendidikan sekolah tersebut. Kyai Haji Ahmad Dahlan pertama sekali mengusahakan adanya subsidi diakui sebagai milik Boedi Oetomo cabang Yogyakarta.com For evaluation only. hal.foxitsoftware. baik yang datang dari para santri maupun sanak familinya sendiri. bandongan dan wetonan menjadi bentuk madrasah atau sekolah dengan menerapkan metode belajar secara klasikal.. Pembaharuan sistem pendidikan Islam yang dilakukan Kyai Haji Ahmad Dahlan terlihat dari pengembangan bentuk pendidikan dari model pondok pesantren dengan menerapkan metode sorogan. Namun demikin. Cara baru yang dibicarakan oleh Kyai Haji Ahmad Dahlan tadi disebut cara yang jelek.24 23 24 Ibid. pinggiran rumah tinggalnya. semakin menjauh. senantiasa bersabar dan istiqomah dengan memberikan penjelasan bahwa meningkatkan sarana dan menyempurnakan metoda dalam penyelenggaraan pendidikan tidak termasuk perbuatan bid’ah (menambahnambah dalam pelaksanaan agama Islam) .. Dengan mengambil tempat di serambi. Dengan upaya pembaharuan pendidikan Islam seperti itu. hal 93-95 17 . handai taulan dan keluarga yang semula dekat. Adapun tujuan pendidikan lebih difokuskan pada pembentukan akhlak manusia.72-74 Ibid. ia mendirikan sekolah sendiri. diletakkan bangku-bangku dan meja tulis untuk tempat belajar para murid. keadaan seperti itu tidak melemahkan tekad Kyai Haji Ahmad Dahlan untuk melanjutkan usahanya. Dengan tekad yang kuat. sanak saudara. Demikian pula para kenalan. Mereka yang semula sering membantu dalam hal-hal yang berhubungan dengan masalah keagamaan ataupun perdagangan semakin menjauhkan diri dan tidak mau bicara lagi. bahkan hampir semua penduduk Kauman Yogyakarta tidak seorangpun yang mendukung usaha kyai.23 Kyai Ahmad Dahlan dalam menghadapi tantangan. Belajar dengan cara sedemikian pada saat itu sangat asing di kalangan para santri dan dianggap bertentangan dengan ajaran agama Islam. bid’ah artinya cara ketika hidupnya Kanjeng Nabi Muhammad SAW. tanpa menunggu dukungan dan bantuan orang luar.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.

terutama dalam bentuk sekolah mendapat dukungan dari kalangan kaum muslim yang memiliki status sosial ekonomi menengah ke atas. 1997. membaca kitab suci al-Qur’an dan menulis huruf Arab (al-Qur’an) mengetahui prinsip-prinsip akidah dan dapat membedakan bid’ah.Munasir.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Oleh karena itu. Kurikulum Pendidikan Islam KH. akan tetapi juga mengembangkan kecerdasan. Kebutuhan akal tiada lain adalah ilmu pengetahuan. dan mencari harta benda dunia itu tidak lebih payah dari mencari pengetahuan yang berguna dalam memperbaiki perbuatan dan kelakuan. syirik dan muslim yang muttabi’ dalam pelaksanaan ibadah. Yogyakarta: PP Muhammadiyah. Lembaga-lembaga pendidikan Islam pada waktu itu lebih mementingkan hafalan dalam proses pendidikannya. hal. Pendidikan dan pengajaran bagi umat Islam harus berorientasi kepada pembinaan akalnya.Ahmad Dahlan Pendidikan yang dikembangkan persyarikatan Muhammadiyah tidak hanya menitik beratkan segi-segi moral dan keagamaan saja. Dan didalamnya diintegrasikan ilmu umum dan ilmu agama. Dinamika Pemikiran Islam dan Muhammadiyah. maka persyarikatan Muhammadiyah menyatakan bahwa pendidikan akal adalah merupakan kebutuhan hidup yang 25 Noeng Muhajir.25 3. Pendidikan Islam bagi Masa Depan Umat Manusia” dalam Nurhadi M. ed. muatan kurikulum dalam sekolah Muhammadiyah lebih memberikan muatan yang besar kepada ilmu-ilmu umum. khurafat. 96-102 18 . intelektual. dan shalat-shalat sunatnya. Pengembangan kemampuan akhlak dan pembekalan peserta didik dalam kehidupannya dijadikan program prioritas dalam pendidikan Muhammadiyah karena anggapan bahwa pendidikan akal harus diutamakan dan kebutuhannya harus dipenuhi. Dalam perkembangan selanjutnya pendidikan yang diselenggarakan persyarikatan Muhammadiyah. sedangkan dalam aspek keagamaan minimal alumni sekolah Muhammadiyah dapat melaksanakan ibadah shalat lima waktu. Pengajaran yang berguna dalam mengisi akal itu lebih dibutuhkan oleh manusia daripada makanan yang mengisi perutnya. dengan harapan mampu menghasilkan cendekiawan-cendekiawan muslim yang mampu berkiprah dalam banyak bidang keahlian.com For evaluation only.foxitsoftware.

hal.30 Sedangkan jalur luar sekolah diselenggarakan kursus-kursus yang khusus memberikan pelajaran agama Islam. kemudian berganti nama menjadi Holland Inlandse School [HIS] Muhammadiyah tidak lama berdiri pula MULO HIK dan Schakel School Muhammadiyah dan saat sekarang tingkatan lembaga sejenis adalah Taman Kanak-Kanak. tidak tradisional. 31 Lembaga pendidikan madrasah yang sebelumnya merupakan pondok pesantren Muhammadiyah memberikan pelajaran agama dan ilmu umum secara bersama-sama. bentuk madrasah yang ada sekarang dikenal Raudhatul Atfal.Cit.. toleransi tetapi bukan sinkretis lebih jauh lagi umumnya menjadi manusia berpandangan bebas dan tidak bersedia didikte28. 94 28 Malik Fadjar.27 pembaharuan pendidikan Islam Pendidikan Muhammadiyah sejak awal menekankan dan mendorong kreatifitas. Institut. tauhid dari kitab Risalah Tauhid dan kitab tafsir Jalalain dan tafsir al-Manar.SLP dan SLA bahkan sampai Perguruan Tinggi. Dengan adanya perubahan peraturan. Ibtidaiyyah.. hal.Ahmad Dahlan tahun 1920. Zaimat dan majlis-majlis taklim. Jalur sekolah yang terdiri dari Madrasah Mualimin Muhammadiyah29 dan sekolah umum dengan menambah pelajaran agama Islam berkisar antara 10-15 % dalam kurikulumnya. menolak bid’ah. lihat Ibid. kemudian pada tahun 1924 berubah nama menjadi Kweek School Muhammadiyah yang kemudan dikenal dengan madrasah Mualimin /Mualimat Muhammadiyah.. Wustho Mualimin.foxitsoftware. Universitas.4 29 Madrasah Mualimin Muhammadiyah cikal bakalnya adalah pondok Muhammadiyah yang didirikan KH. hal. Hal ini menjadikan produk didikan Muhammadiyah menampilkan wawasan yang luas.. hal. seperti kursus Mubalighin. tidak picik.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. 223 27 26 19 . Adapun pendidikan agama yang diajarkan terutama yang bersumber dari kitab-kitab fiqh dari madzhab Imam Syafi’i.com For evaluation only.26 Pandangan Kyai Haji Ahmad Dahlan tentang pendidikan Islam bertitk tolak dari upaya pengembangan akal melalui proses pendidikan yng pada akhirnya akan bermuara pada tumbuhnya kreatifitas dan memberikan implikasi bagi warga Muhammadiyah untuk memiliki semangat tajdid. Op.223 30 Sekolah umum Muhammadiyah sudah dirintis penyelenggaraannya sejak tahun 1926 yang bernama HIS met de Qur’an.Cit. Op. Muhammadiyah menanamkan utamanya adalah ijtihad. Bersarakan laporan Muktamar ke 41 jumlah madrasah dan sekolah mencapai + 14384 buah sedngkan Perguruan Tinggi dari berbagai jenis.hal. 19 Munir Mulkhan. SD. Jalur pendidikan yang dikembang kan warga Muhammadiyah meliputi jalur sekolah atau madrasah dan jalur luar sekolah. lihat Din Syamsuddin. ilmu tasawuf karangan Imam Ghazali. Sedangkan pengetahuan umum meliputi ilmu Malik Fadjar. khurafat dan taqlid. Hal ini sejalan dengan jiwa pembaharuan yang dicita-citakan yaitu mengembangkan nalar.Cit.Cit.hal. terpenting. Tsanawiyah dan Aliyah..224 31 Ibid. Sekolah Tinggi dan Akademi sebanyak 67 buah dengan + 120 Fakultas. Op. Zu’ama. Op.

Singasar UP. sejarah. menggambar. 32 sekolah dasar lima tahun. hal. Hal ini terlihat dari data yang dikemukakan Delier Noer sebagai berikut : Pada tahun 1925 dalam bidang pendidikan Muhammadiyah memiliki delapan Hollands School.34 Pendidikan dalam Muhammadiyah menerapkan sekolah dengan memberi muatan pendidikan keagamaan.. 35 Pada tahun 1929. kemudian pada tahun 1938 telah memiliki 31 perpustakaan umum dan 1. Op. karena hampir semua lembaga pendidikan telah mengintegrasikan ilmu umum dan ilmu agama dalam kurikulum pendidikannya. 17 35 Deliar Noer. hal. Pembaharuan Pendidikan dan Pengajaran Islam. bahasa Melayu. Kondisi seperti ini merupakan hal yang baru pada waktu itu.. lihat Di Seputar Percakapan Pendidikan dalam Muhammadiyah. sebuah sekolah guru di Yogyakarta. Ken Mutia. yang seluruhnya sebanyak 119 orang guru dan 4. sekolah Muhammadiyah lebih menekankan pengembangan ilmu umum dengan peranan sekolah sebagaimana yang berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.33 di Dan terangkum dalam pelajaran Kemuhammadiyahan yang merupakan sistematisasi dan metodologis interaksi formal usaha pengarahan perkembangan manusia sebagai ‘abid dan khalifah yang terikat dalam sistematika gerakan Islam dan dakwah. ilmu hitung.000 murid.Cit.36 Nampak dari data-data di atas.com For evaluation only. dan 14 buah.000 buku buku dan brosur. Dalam perkembangan kondisi tersebut dapat dikatakan sebagai hal yang biasa. 36 Deliar Noer.95. hal 122-123 33 Penyebutan Al-Islam menjadi ciri khas pendidikan Muhammadiyah adalah agar warga Muhammadiyah menjadi manusia muslim yang melaksanakan semua komponen pendidikan Islam yang mantap dan terpadu. Op. bahasa Belanda dan bahasa Inggris..Cit.foxitsoftware.32 Pendidikan Muhammadiyah agama Islam yang diberikan mata pada sekolah-sekolah Al-Islam. 32 Amir Hamzah Wiryosukarto. organisasi ini telh mempublikasikan penerbitan sejumlah 700.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. hal.46-47 34 Ibid. Terlebih-lebih dewasa ini telah ada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SPN tahun 2003).hal 97 20 .774 sekolah. sebuah schakelschool. 1966.

Ahmad Dahlan Tentang Kehidupan Sekalipun cukup banyak kitab-kitab yang dibaca dan dipelajari. persyarikatan Muhammadiyah masih tergolong kepada tradisional. Pandangan K. yang meliputi kelembagaan. kiranya ketertinggalan umat Islam akan dapat terkejar. mereka belum ada kesanggupan untuk melaksanakan ajaran Islam dengan sebenar-benarnya. metode dan kurikulum. 166 21 . Sedangkan dalam bidang pemikiran keagamaan. baik formal maupun non formal. Oleh karena itu. KH.37 Persyarikatan Muhammadiyah pada dasarnya tidak terpaku pada salah satu cara dalam mencapai tujuan pendidikan. Hal ini terlihat dari upaya yang dilakukan warga Muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan dengan melalui berbagai cara.com For evaluation only. Pendidikan umat Islam di Indonesia pada awal abad ke 20 masih dalam keadaan belum memprioritaskan ilmu pengetahuan.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Ahmad Dahlan menempatkan al-Qur'an dan as-Sunnah sehagai rujukan utama yang menghargai kebebasan berfikir dan berpendapat agar ada dinamika dan kemajuan dalam ber- 37 Ibid. Namun pembaharuan Islam yang dilaksanakan berorientasi pada bidang pendidikan. 4.H. persyarikatan Muhammadiyah telah membawa ide-ide baru pada awal kelahirannya. Tidak adanya peninggalan karya tulis ini karena yang ditinggalkan adalah berupa pesan-pesan lisan dalam berbagai forum agar kembali pada petunjuk alQur'an dan as-Sunnah dan juga dikarenakan adanya kekhawatiran pengikutnya hanya akan berpegang pada tulisan atau ajarannya saja yang justru akan memandekkan dalam berfikir dan berpendapat.. Ahmad Dahlan termasuk pemikir dan pembaharu yang tidak meninggalkan tulisan dalam bentuk kitab atau catatan tertulis. inovatif dan dinamis dalam kehidupannya. Bahwa persyarikatan Muhammadiyah berpandangan hanya dengan melalui pendidikan Islam yang diterapkan dengan metode yang tepat. kreatif.hal. KH.foxitsoftware. Dengan demikian. Yang penting.bahwa pengembangan tersebut dititik beratkan pada memberikan bimbingan agar peserta didik dapat bertindak secara aktif.

. Apakah akan terbelenggu dalam ketertutupan dan keterbelakangan atau maju menuju keterbukaan dan kemajuan. life or his ideas. 22 . halaman 5. A Dahlan.foxitsoftware. Seringkali KH Ahmad Dahlan mengutarakan kata ulama yang artinya: 38 39 M. form of brief articles or slim books and a few unecdots but most of these contain personal interperiation and speculative assasments about him and his alleghed teaching. Menurut Hadjid dalam pelajaran yang diberikan berkali-kali KH. Ini tercermin dalam kata-kata.Rusli Karim.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.tt. halaman 14 Alfian. Ahmad Dahlan dan menuangkan inti sari pelajaran yang dipelajarinya secara tertulis dalam bentuk buku kecil yang diberi judul falsafah Pelajaran KH. Op. sesudah itu akan mendapat kebahagiaankah atau kesengsaraankah”.Cit. halaman 136 40 RH Hajid.)40' Rasa takut yang menyelimuti KH Ahmad Dahlan dengan didasari kecerdasan dan dibekali ilmu agama yang dimilikinya justru menumbuhkan keberanian mengadakan reformasi dalam mensikapi berbagai persoalan dalam hidup ini.com For evaluation only..in the.38 Juga dikatakan.39 Namun ada seorang murid yaitu R. pelajaran dan nasehat yang KH Ahmad Dahlan sampaikan. disamping itu pada akhir usianya KH Ahmad Dahlan lebih menampakkan sifat raja' (mengharapkan rahmat dan pertolongan Tuhan. tahun 1989. Op. tahun 1986. Islam. Dalam kesempatan lain yang juga diulang-ulang KH Ahmad Dahlan mengingatkan manusia bahwa hidup di dunia ini hanya sekali sebagaimana dikatakan: "Kita manusia ini hanya di dunia sekali. Islam dirasakan akan selalu segar dalam zaman yang selalu berubah ini. Dengan demikian.Ahmad Dahlan menampakkan rasa takutnva kepada berita besar" (Nabaal Adziem) yang disebut dalam al-Qur'an surat an-Naba'. Dahlan is a pragmatist. There are few sketchy biographies.Cit.H Hadjid yang secara tekun berguru dan bergaul selama bertahun-tahun sampai akhir hayat KH. he didn't leave any writing about his. Op.Cit.

lagipula di dalam sumur itu ada seekor ular yang sangat besar. apalagi KH Ahmad Dahlan selalu mengatakan bahwa hidup ini hanya sekali yang penuh spekulasi. Bahkan 41 RH.com For evaluation only.tt. Ada tiga hal yang ditekankan oleh KH Ahmad Dahlan dalam memandang dan mensikapi berbagai persoalan kehidupan ini yaitu hidup yang dikaitkan dengan ilmu. tanah di bawahnya telah roboh.Cit. dan orang-orang berilmupun dalam keadaan kebingungan kecuali mereka yang beramal. halaman 6 23 . Ia lengah dan lupa akan tali yang hampir putus. Op. "Manusa itu semuanya mati perasaannya kecuali orang-orang yang beramal.Hajid. dengan ilmu yang bentuk konkritnya dengan menyelenggarakan pendidikan dan dakwah. dan orang yang beramalpun dalam kekhawatiran kecuali mereka yang ikhlas”.foxitsoftware. Ahmad Dahlan adalah menghadapi berbagai persoalan hidup. KH Ahmad Dahlan juga memberikan gambaran tentang kehidupan manusia. Dia berpegang pada tali timba yang hampir putus yang akhirnya akan putus juga.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Di samping itu secara eksternal adanya umat lain dalam kehidupan yang lebih maju karena ilmunya dan juga timbulnya kebangkitan dunia Islam dengan pembaharuan dalam pemikiran untuk mengejar ketertinggalan. Dalam menghadapi tantangan hidup tersebut perlu membekali diri dengan penuh keyakinan diri agar tidak berspekulasi dalam menghadapi kehidupan. Problema kehidupan tidak dihindari dan ditinggalkan serta mengisolasi diri tetapi justru dihadapi dan diselesaikan. pagar sumur yang akan roboh dan lubang sumur yang menganga. Orang yang berdiri di atas sumur tadi tidak menyadari bahwa dia dalam keadaan mukanya menengadah ke atas lidahnya menjulur sambil mengecap menikmati manisnya madu yang menetes dari atas. amal dan sikap ikhlas. 41 Rasa takut terhadap masa depan sebagaimana dirasakan oleh KH Ahmad Dahlan dan bahaya yang akan menerpa justru memunculkan keberanian yang luar biasa untuk menghadapi tantangan hidup. Oleh karena itu yang dilaksanakan KH. dikatakan bahwa hidup manusia itu ibarat orang yang sedang berdiri di atas pagar sumur. Dalam kaitannya dengan ilmu KH Ahmad Dahlan melihat adanya faktor internal umat Islam yang dirasakan tidak memberdayakan ilmunya secara optimal.

Jakarta.Rusli Karim (ed). tt. seperti mendirikan Kweekschool Islam dan HIS met de Qur’an. ia juga akan menjadi kafir43. tapi bisa hapus dari bumi Indonesia. Di samping itu dia juga mengajar di sekolah-sekolah yang didirikan oleh Gubernur Belanda seperti.com For evaluation only. CV Rajawali. Itulah makanya dimana-mana didirikan sekolah agama untuk menggapai ilmu ini. hala ma n 241 . ta hu n 175 . tahun 1986. karena bidang pendidikan memang menjadi salah satu garapan utamanya. Muhammadiyah dalam Kritik dan Komentar. KH Ahmad Dahlan sudah mendirikan sekolah Islam modern yang sangat maju untuk ukuran umat Islam saat itu. Yang diwasiatkan KH Ahmad Dahlan kepada para muridnya dalam kaitannya dengan ilmu adalah: (1) Memajukan dan menggembirakan pengajaran dan pelajaran agama Islam di tanah Indonesia.Cit. halaman 5 44 H.42 Hal ini dilakukan mengingat ketidak berdayaan lembaga pendidikan Islam yang ada dalam mengejar ketertinggalan karena adanya keyakinan bahwa dengan memodernisir lembaga pendidikan tradisional berarti identik dengan Belanda yang kafir dan karena identik dengan yang kafir.A. Kweekschool dan AMS. sebelum mendirikan persyarikatan Muhammadiyah. Data statistik menunjukkan menurut catatan Muhammadiyah tetah memiliki ratusan lembaga pendidikan dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga perguruan tinggi. dia menggunakan sistem klas dengan meja dan papan tulis. 43 M. jika umat Islam tidak memeliharanya”44 42 S e jarah Hidu p Wa hid Hasyim. Namun di sini KH Ahmad Dahlan justru berpendapat lain. Wa hid Ha syim. Op.Djarnawi Hadikusumo.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Dikatakan selanjutnya Islam tidak akan hapus dari permukaan bumi. halaman 6 24 . menggunakan metode pengajaran yang baru dan memvariasikan kurikulumnya dengan kurikulum umum. (2) memajukan dan mengembirakan hidup sepanjang kemauan agama Islam dalam kalangan sekutu-sekutunya.foxitsoftware. dia mendirikan sekolah Islam yang menggunakan sistem Belanda tanpa harus menjadi Belanda.Pan itia Buku Peringa ta n Alma rhu m KH. Bagi KH Ahmad Dahlan kemajuan suatu bangsa salah satu seginya dapat diukur dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang telah dicapainya.

Hal ini selanjutnya dijabarkan oleh KH Mas Mansyur dalam perumusan tujuan yang akan dicapai yaitu memperkuat aqidah lslamiyah.com For evaluation only. halaman 8. tahun 1957. Dalam kaitan dengan ilmu ini maka memelihara agama adalah dengan melestarikan ilmu agama itu sendiri dan mengajarkannya serta mempelajarinya. artinya berbuat sesuatu melakukan tindakan 45 Sejarah Hidup KH Wahid Hasyim. kemunduran dalam memegang kepada sumber-sumber ajaran Islam serta kemunduran dalam bidang ekonomi dengan tidak melaksanakan dalam kaitannya dengan harta benda dan kesejahteraan umum.cit. mendirikan lembaga pendidikan. Muhammadiyah dengan organisasi otonominya didirikan untuk mewujudkan idealisme ini.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. memperluas pengetahuan agama. 25 . balai pengobatan dan sebagainya untuk mengentaskan kemiskinan dan memperdayakan umat. kekuatan itu bukan pedang tetapi organisasi yang teratur dan rapi serta disiplin. menanamkan budi pekerti/akhlakul karimah. Atas dasar hal tersebut maka yang dilaksanakan KH Ahmad Dahlan adalah mengembalikan pegangan umat Islam kepada sumber aslinya yaitu al-Qur'an dan asSunnah. Dalam hal ini Prof Dr.foxitsoftware. materi dan metodologinya. sehingga pendidikan Islam tidak mampu menghadapi kehidupan ini. Faktor ilmu ini pula yang mendorong KH Ahmad Dahlan untuk mengadakan pembaharuan agar Islam selalu dirasakan tetap segar dan mampu menjawab tantangan zaman. halaman 248 "Abdu l Minir Mulkan. menegakkan keadilan dan menumbuhkan sikap bijaksana. tahun 1990. lembaga penyantunan sosial dalam wujud panti asuhan anak yatim dan orang-orang miskin. Menurut pandangannya beragama adalah beramal. kemunduran dalam berakidah. Adanya kemunduran dalam berbagai bidang kehidupan. kemampuan untuk evaluasi diri. tentang pengamalan ini akan dibahas tersendiri setelah uraian masalah ilmu ini. Hamka mengemukakan bahwa untuk melaksanakan idealisme ini perlu adanya kekuatan yang menggerakkan.45 Hal kedua yang mendapat penekanan dalam sikap hidup KH Ahmad Dahlan adalah bidang amal usaha dan ini merupakan identitas kehidupannya. ini dikarenakan oleh adanya kemunduran dalam bidang pendidikan baik sistem kelembagaannya. tentu saja untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. op.

Pekerjaan ini dilakukan beberapa hari berturut-turut dan para murid disibukkan untuk mendatangi rumah-rumah mengumpulkan pakaian. 1983. halaman 24 H. dan Nurholis Majid. asal tidak mau saja. dan kyai tidak bersedia menamhah surat lagi melainkan surat Al-Maun itu saja yang diulang-ulang.Dari Jamaluddin Al-Ghani sampai KH Ahmad Dahlan.com For evaluation only. Aspirasi Umat Islam Indonesia.justru untuk beramal. tahun 1962.48 .Cit.Djarnawi Hadikusumo.halaman 51. Suatu saat dalam pengajian KH Ahmad Dahlan menyampaikan pesan. tahun 1990. Op. Murid-murid tercengang dan menanyakan bagaimana cara mengamalkan surat AI-Maun itu agar tidak menjadi orang yang membohongi agama. tidak ada gunanya Mendirikan parsyarikatan kalau tidak ada amal usaha yang nyata. Op. tt. Jadi kalau sudah dapat dan mengerti kamu harus menjalankan. sabun dan uang. Atas pernyataan ini kyai menjawab bahwa pelajaran tidak akan ditambah sebelumnya yang diajarkan diamalkan lebih dahulu. Dan soalnya kalau kamu tidak mau.46 Dikatakan pula bahwa didirikannya persyarikatan Muhammadiyah .Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.dkk. Op. Oleh KH Ahmad Dahlan murid-muridnya diajak ke pasar dan jalan-jalan untuk mencari anak yatim dan pengemis kemudian mereka diajak ke masjid untuk dimandikan dengan sabun dan diganti pakaiannya dengan pakaian bekas yang bersih dan masih baik dan utuh. Siapakah yang dapat mengatasi orang yang sengaja sudah tidak mau. Suatu ketika KH Ahmad Dahlan memberikan pengajian tafsir kepada muridmuridnya.Cit. "Kamu tidak mau menjalankan tugas amal itu karena kamu tidak bisa. halaman 8 Solihin Salam.Murid-murid menjadi bosan dan salah seorang diantaranya yang bernama Sudjak memberanikan diri menyatakan kebosanannya. 46 47 48 Abdul Munir Mulkan. halaman 131 26 .Cit. Pengajian berhenti pada tafsir surat Al-Maun.”47 Ilmu dan amal merupakan suatu kesatuan. bukan ? Beruntunglah ! Marilah saya ajarkan soalnya itu. sesuai dengan isi pedoman al-Qur"an dan as-Sunnah. juga dikatakan ajaran Islam mewajibkan pemeluknya untuk mencari ilmu setinggi mungkin dan dengan ilmu yang dicapainya itu setiap orang harus melakukan sesuatu dalam rangka mengamalkan ilmunya.foxitsoftware.

Anggota . This was the secret of Dahlan success.”52 Hal ketiga yang ditekankan dalam sikap hidup KH Ahmad Dahlan adalah keikhlasannya dalam beramal. empat tahun setelah Muhammadiyah didirikan oleh KH Ahmad Dahlan persyarikatan telah itu membangun 266 lembaga PKU yang didirikan dari 210 panti asuhan. KH Ahmad Dahlan menekankan bahwa dalam hati seseorang harus ditanamkan gairah dan gerak hati untuk maju dengan landasan moral dan 49 50 Solichin Salam. halaman 224 51 Ibid.foxitsoftware. KH. halaman 60. Dalam waktu yang singkat bagaikan pohon yang dirontokkan buahnya dapat dikumpulkan derma sampai ribuan rupiah yang luar biasa banyaknya untuk ukuran saat itu.com For evaluation only. Pada kesempatan lain dengan semboyan sedikit bicara banyak bekerja dalam pengajian yang diadakan di kalangan jama'ah AI-Irsyad di Jakarta. Op.200 m2 sampai dengan 8-12 ha51 Oleh Alfian dikatakan bahwa salah satu keberhasilan KH Ahmad Dahlan adalah sebagaimana diungkapkannya : "He appeared to have shrewdly ludged his societs and for that matter he had been able to create a more or less favourable surrounding of Muhammadiyah. 13() BP/RB. 8 RS dan 8 sekolah kesehatan.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.jama’ah menyambutnya dengan antusias dan senang hati berlomba-lomba untuk beramal. tahun 190. tahun 1963. Keikhlasan ini telah dicontohkan sendiri dalam segala tindakannya seperti halnya ketika membangun musholla dan menggunakan rumahnya untuk tempat sekolah. halaman 9 27 .tahun 1957. :Sejarah Hidup Wahid Hasyim.49 Sebagai wujud dari amal usahanya pada tahun 1916.Cit. M. halaman 243.Cit. Op. thereby enabling him to work quietly but tiredly in building he solid foundation of movement. Op.50 Saat Direktur Jenderal Agraria membuka pengurusan sertifikat tanah melalui Prona ada 8500 sertifikat tanah yang diurus oleh PP Muhammadiyah dengan luas tanah yang beragam dari hanya 100 . halaman 203 52 Alfian. tahun 1986.Rusli. Ahmad Dahlan dalam pidato vang tajam dan memukau menerangkan betapa pentingnya hidup ini di isi amal usaha yang konkrit sebagaimana yang telah dirintisnya dalam mendirikan sekolah-sekolah Islam yang saat itu masih merupakan suatu hal yang baru.Cit.

itu semua dilakukan agar hidup tidak merugi. Gambaran ini justru menguatkan semangat untuk mengingatkan umat Islam akan kandungan surat A1-Ashr yang dibiasakan dibaca dalam setiap pengajian agar bisa diresapi kandungannyam dijadikan motor pengerak kehidupan dengan meneguhkan. Kelengahan dalam hidupnya yang dijabarkan oleh KH. Tulisan dalam bentuk amal usaha yang berkembang pesat baik kuantitas maupun kualitas merupakan refleksi dari sikap hidupnya dan itu untuk menjawab tantangan kemunduran umat Islam saat itu dan untuk memenuhi kemajuan umat. pagar tembok sumur yang 53 54 AM. Berkali-kali KH Ahmad Dahlan mengingatkan bahwa hidup itu hanya sekali yang diterjemahkan hidup sekali itu harus dioptimalkan aspek keduniaannya dengan tidak mengisolasi diri tetapi justru untuk memajukan kehidupan dunia dalam rangka menatap kehidupan yang abadi di akhirat. tt.Cit. amal dan ikhlas sebagaimana dipesankan oleh KH Ahmad Dahlan dan menjadi sikap hidupnya. Dengan demikian tidak adanya peninggalan KH Ahmad Dahlan dalam bentuk tulisan dan kitab-kitab.53 Keikhlasan beramal inilah yang dapat dirasakan dalam wasiat menjadi pedoman dalam beramal sebagaimana dikemukakan : "Jangalah kamu mencari penghidupan dalam persyarikatan. halamn 51 Solihin Salam. keikhlasan dalam beramal.com For evaluation only. halaman 51 28 . tapi hidupkanlah Muhammadiyah !”. itu selalu berjalan tiada henti.54 Dari tiga hal tersebut di atas yaitu ilmu.Ahmad Dahlan dalam pengajiannya seperti yang digambarkan sebagai orang yang sedang berdiri di pagar sumur tua yang akan runtuh dan pasti runtuh sambil berpegang pada tali yang akan putus sementara di dalam sumur ada ular besar dan orang tadi sedang menikmati kelezatan manisnya madu. Tali pegangan yang akan putus mengingatkan manusia yang suatu saat akan kehabisan usia karena waktu.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. itu menandakan justru seluruh amal usaha yang dirintisnya itu merupakan tulisan KH Ahmad Dahlan yang sebenarnya.Cit. Op. pertumbuhan dan perkembangan persyarikatan yang dibina oleh KH Ahmad Dahlan dapat maju dengan pesat. Op. tt.Mulkan.foxitsoftware.iman dan meningkatkan amal shaleh dan saling ingat mengingatkan akan kebenaran dan sikap sabar.

akan runtuh mengibaratkan datangnya hari akhir. Menurut Kuntowijoyo memang gebrakan kepeloporan KH Ahmad Dahlan itu hanya dilakukan satu kali pada saat itu. D sinilah letak kekuatan moral dari gerak sosial vang disebarluaskan diantara para muridnya. Untuk umat Islam saat itu penggambara kehidupan seperti yang disampaikan oleh KH.com For evaluation only. yaitu saat KH Ahmad Dahlan meletakkan dasar-dasar pembaharuan sebagaimana tercermin dalam sikap hidupnya yang kemudian dikembangkan dengan konsep-konsep yang lebih rasional dan dikongkritkan dalam kehidupan sosial dalam bentuk amal usaha. para murid KH Ahmad Dahlan harus lebih dahulu beramar ma'ruf dan bernahi munkar terhadap dirinya sendiri.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.foxitsoftware. yaitu gerakan amar ma’ruf nahi munkar agar umat manusia dapat meraih keberuntungan hidup baik di dunia yang hanya sekali ini maupun juga keberuntungan hidup yang lebih abadi di akherat. karena untuk dapat beramar ma'ruf dan bernahi munkar terhadap orang lain. tetapi untuk memahami kebersihan di mana kadar kesadaran sosial tentang kebersihan masih sangat rendah dan yang lebih mementingkan kesucian formal ketimbang kebersihan riel gerakan KH Ahmad Dahlan tersebut merupakan gerakan yang luar biasa. manisnya madu diibaratkan kenikmatan dunia yang hanya sesaat namun melengahkan kehidupan manusia itu sendiri. untuk ukuran sekarang upaya kebersihan dalam contoh tersebut sangatlah sederhana. sebelum mendirikan persyarikatan adalah upaya KH Ahmad Dahlan dalam meluruskan kiblat sholat vang sudah mentradisi menghadap ke barat yang mendapat tantangan dari para kyai yang ada dan juga mengadakan gerakan kebersihan lingkungan seperti selokan dan jalan kampung.Ahmad Dahlan itu sangat diperlukan untuk memudahkan di dalam memahami hidup. Karena kebersihan lingkungan masih merupakan acuan normatif teoritik ketimbang sebagai amalan praktek. Surat Al-Imran ayat 104 yang dijadikan rujukan dalam persyarikatan yang dirintisnya merupakan identitas dari setiap gerak dan langkahnya. Salah satu contoh yang jelas dan yang benar-benar berat untuk dilaksanakan pada saat itu. Disebutkan bahwa ada empat aspek potensial yang menampakkan diri dalam masyarakat muslimin 29 .

ideologinya madzhab (faham golongan). Pendidikan Islam berwatak dinamis dan merupakan bagian integral dari konsep tentang kehidupan yang lahir dari risalah Islam. Sistem perundang-undangan yang M. hal ini perlu dimengerti karena banyak umat yang tidak berkendaraan Muhammadiyah tetapi mempunyai "Ruh” atau gerakan seperti Muhammadiyah.Rusli Karim. syariat. Dibawah ini ini dikemukakan beberapa konsep dan saran strategis diharapkan berguna bagi pelaksanaan pendidikan Islam menuju masa depan yang cerah. poliklinik dan lain-lain.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Tawaran Konsep dan Saran Strategis Pendidikan Islam. baik bangunan fisik maupun adminstrasi managemennya. sedang dari segi efeknya adalah munculnya rasionalis dalam kehidupan. Jakarta. karena mereka diseru untuk menerapkan Islam sebagai akidah. produknya pesantren. Dengan demikian organisasi Muhammadiyah adalah sekedar kendaraan yang ditumpanginya untuk mengantarkan ke pencapaian tujuan. dan sistem. Oleh sebab itu. 6.com For evaluation only. 1. ideologi tajdid. lingkungan pendidikan yang benar-benar sesuai dengan kehidupan hanya terdapat dalam suasana Islami masyarakat muslim ideal. 55 Sebagai penutup perlu direnungkan "Ruh" yang menyemangati sikap hidup KH Ahmad Dahlan dan perlu dibedakan dengan “Jasad fisik" yang tampak dalam gerakannya. dan efeknya adalah penerimaan secara dogmatik/konservatif. Muhammadiyah dalam Kritik dan Komentar. kehidupan.foxitsoftware. panti asuhan. Indonesia pada saat KH Ahmad Dahlan mengadakan pembaharuan yang kemudian dikelompokkan ke dalam kelompok "tradisional" dan Muhammadiyah. produk sekolah modern. CV Rajawali. sebaliknva kelompok Muhammadiyah tampak dari segi SDMnya adalah kelas menengah commercial class. Empat aspek potensial yang tampak itu adalah untuk kelompok tradisional dari segi SDM-nya adalah petani. rumah sakit. tahun 1986. Dengan meminjam istilah Hamka dalam buku M Rusli Karim: "Ruhnya'" adalah semangat gerakan tajdid /pembaharuan Islam di Indonesia untuk mengamalkan Islam dengan sebenar-benarnya dan jasad fisiknya adalah organisasi Muhammadiyah yang didirikan dengan segala sarana prasarana dan aktivitasnya. halaman 140 55 30 .

Ar-Ra’ad. 4:65) 31 . telah mendidik sahabat-sahabatnya dengan akidah dan akhlak Islam sehingga tabah dalam memikul beban dakwah Islam dan tugas membentuk masyarakat Islam. Selama tiga belas tahun di Mekah Rasulullah Saw. pendidikan Islam harus dijadikan alat perubahannya. kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan. Sistem tersebut menjadi sumber asasi setiap undang-undang dan peraturan teknis di semua aspek kehidupan. A1-Nisa . Pendidikan Islam di masyarakat Madinah telah berhasil membentuk manusia yang beriman kepada Allah dan RasulNya: menaati ketetapan serta rida dengan hukum dan perundangundangan Islam di semua lapangan kehidupan.(QS al. Hasil pendidikan tersebut nampak pada masyarakat Madinah ketika Islam. Manusia merupakan agen perubahan dan pendidikan merupakan alat perubahan.Mereka digambarkm oleh Allah di dalam firman-Nya di bawah ini: Maka demi Tuhanmu.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. diterapkannya digali dari syariat Islam. 13 : 11) Guru atau tenaga pendidik merupakan pemimpin proses perubahan tersebut. (QS. Maka untuk menciptakan masyarakat yang Islami.Sesuagguhnya aku di utus tidak lain sebagai guru.ayat-Nya kepada mereka. Allah berfirman: Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang rasul rasul di antara mereka yang membacakan ayat.Jumu’ ah. Sesungguhnya Allah Tidak akan mengubah keadaan suatu kaum. mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan hikmah (al Sunnah) Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar kesesatan yang nyata . bersabda. (QS. 62-2) Dapat dikatakan. Kaum muslimin yang dididik di sekolah Muhammad saw. mereka (pada hakekatnya) tidak berimam sehingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan. itu kemudian menjadi contoh teladan bagi setiap orang yang menganut Islam dan menjadi anggota masyarakat Islam. Rasulullah Saw. dan mereka menerima dengan sepenuhnya. Maka untuk menciptakan masyarakat yang Islami. pendidikan adalah proses pengubahan tingkah laku manusia menuju tujuan yang dikehendaki. pendidikan Islam harus dijadikan alat perubahan dan pendidikan merupakan alat perubahan. menjadi negara dan masyarakat Islam hidup di bawah naungan Negara Islam. sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.foxitsoftware.com For evaluation only.

Tidak ada pendidik yang mengingkari hal itu. Karenanya. sebagian kepada pemikiran Marxis atau sosialis. 32 . Dengan filsafat itu pula dikembangkan kurikulum yang bersumber pada warisan Islam dan sejalan dengan perkembangan zaman serta metode ilmiahnya. Di masa sekarang. Fushsilat. sebagian masih dalam kebingungan. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri" (QS. 41:33) 2. mengerjakan amal yang saleh. baik pendidikan jalur sekolah maupun luar sekolah. Siapakah yang lebih baik perkataannya dari pada orang menyeruh kepada Allah.com For evaluation only. serta menentukan proses evaluasi berdasarkan tujuan-tujuan yang telah dirumuskan menurut filsafat pendidikan. dan berkata. Filsafat pendidikan di sebagian besar negara Islam sudah banyak dipengaruhi kebudayaan asing. dan sebagian lain malu-malu untuk mencoba mengambil pandangan Islam. manusia. memilih isi dan metodenya. Mereka bertugas mendidik generasi muda dengan akidah dan akhlak Islam agar menjadi manusia yang saleh. Peran filsafat pendidikan sangat penting dalam mendefinisikan orientasi pendidikan. Konsekuensinya. terutama Barat. Dengan demikian. para pemuda muslim tidak mampu menghadapi berbagai tantangan intelektual dan kultural yang berkembang di masa sekarang. sehingga berakibat buruk pada jiwa dan kepribadian para pemudanya.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Sebagian cenderung kepada pemikiran kapitalis demokratis.foxitsoftware. baik jenjang sekolah maupun perguruan tinggi. Tugas pendidikan itu berorientasi pada niat dakwah untuk menegakkan ajaran-ajaran Allah di muka bumi dan membentuk masyarakat Islam sesuai dengan agama-Nya. tanggung jawab pendidikan Islam berada di pundak pendidik muslim. Dengan filsafat tersebut dirumuskan tujuantujuan pendidikan. filsafat pendidikan Islam dapat dibangun dari konsep Islam tentang alam. dan kehidupan. Para pendidik muslim dan departemen / kementerian pendidikan di negara muslim perlu membangun filsafat pendidikan Islam bagi lembaga-lembaga pendidikan di Semua jalur dan jenjang. Setiap aliran filsafat di atas mempunyai pengaruh terhadap pengembangan kurikulum pendidikan di negara-negara Islam. negara atau masyarakat Islam perlu menegaskan bahwa sumber filsafat pendidikan Islam adalah Islam.

m dan realisasi cita-cita Islam yang ti.Apabila semua itu telah dilakukan. Suatu kenyataan yang disayangkan terjadi di beberapa bagian dunia Islam ialah berpengaruhnya ukuran material kebudayaan sarat terhadap profesi pendidik dan tenaga kependidikan. Berdasarkan filsafat pendidikan Islam ini dirumuskan tujuan-tujuan umum pendidikan yang selanjutnya dijabarkan dalam tujuan-tujuan institusional di semua jenjang perdidikan= umum. baik ilmu maupun akhlaknya. sehingga lahir generasi mulanin yang sadar dan benar-benar menghargai tanggung jawab sosiaL Pendidikan terpadu yang lahir dari konsep Islam ini mungkin sekali dapat berbuat banyak bagi kesatuan masyarakat musli. profesi yang luhur. Karenanya. sebab input tersebut merupakan output dari sastem pendidikan. pendidikan merupakan risalah yang suci. kemudian taraf 33 .com For evaluation only.ambang akhla. pembaharu.foxitsoftware.m dengan berbagai tingkat profesionalismenya. maka profesi pendidikan harus diperhatiksn dan mutu para pendidik. 3. Pada jenjang pendidikan umum calon pendidik perlu dibekali pengetahuan umum. Hal tu beraloibat negatif pada input dalam profesi-pmfesi lainnya. Dalam pemecahan terhadap problem tersebut adalah memberi perhatian yang baik terhadap profesi keguruan. maka dapat dikatakan bahwa system pendidikan Islam di negara-negara Islam telah memadukan orisinalitasnya dengan perkembangan modern. Pendidikan merupakan profesi para nabi.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. perguruan tinggi. da'i. dan pendidikan sepanjang hayat. Demildan pula perhatian terhadap usaha mempersiapkan guru muslim agar menjadi teladan bagi para siswa dan generasi muda serta l. Dari tujuantujuan tersebut kemudian dirumuskan tujuan kurikuler bagi setiap mata pelajaran atau bidang studi dengan mempertimbangkan hakikat berbagai disiplin ilmu dan epistemologinya sesuai dengan perkembangan ilmiah mutakhir. dan induk semua pmfesi. dimulai dengan melihat kualifikasi seseorang dalam memilih profesi keguruan.k dan keutamaan di dalam masyarakat. baru pada jenjang pendidikan tinggi dibekali pengetahuan keahlian profesi dan spesialisasi yang dibutuhkan masyarakat. dan guru.dak dapat dilakukan melalui usaha-usaha politisformal. Jika memang dikehendaki adanya diversifikasi kaum terpelajar di kalangan masyarakat musli. Perlu perhatian terhadap profesi pendidikan dan usaha praktis untuk menyeragamkan azas-azas kurikulum berdasarkan Islam di negara-negara muslim. lalu kesiapannya sebelum dan ketika mengabdi. perlu diupayakan sama. .

peradaban.H. Strategi yang dipilihnya untuk mempercepat dan memperluas 34 . kehidupan sosial dan materialnya agar memperoleh penghargaan soaial dan imbalan material yang layak. Usaha terus-menerus untuk memberantas buta huruf secara tuntas di dunia muslim. Allah menyebutnyebut yang dilimpahkan kepada Rasul-Nya.Alaq. ilmu dan teknologi di segala lapangan kehidupan.foxitsoftware. Qalam . 96. 4-5).(QS. Peningkatan taraf hidup individu dan masyarakat serta pertumbuhan produktivitas tergantung pada taraf kemajuan ilmiah serta penguasaan. Keterkaitan Pemikiran K. Langkah pertama penguasaan ilmu adalah penguasaan keterampilan dasar belajar. yaitu baca-tulis dan pemberantasan buta huruf secara total.com For evaluation only. Sebuah ironi yang tidak dapat ditolerir ialah masih adanya orang yang tidak mampu membaca di tengah-tengah masyarakat yang disebut sebagai umat membaca. menelaah (iqra ) Padahal kemajuan sosial budaya dan ekonomi umat tidak dapat dipisahkan dari kemajuan ilmiah. yaitu ilmu dan kegiatan mengajarkan ilmu kepada umat Islam: Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang rasul diantara mereka yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka. khususnya di negara Indonesia ini. demi kalam dan apa yang mereka tulis.Ahmad Dahlan untuk Pendidikan Indonesia Untuk membangun upaya tarbiyah (pendidikan umat manusia) tersebut. Allah bersumpah dengan pena : Nun. 2) 7. 62. dan teknologi. 68:1) Allah menganjurkan penggunaan peralatan belajar dalam mengungkapkan hal-hal yang belum diketahui : Yang mengajarkan (manusia) dengan perantaraan kalam. dan juga untuk meneruskan dan melangsungkan cita-citanya membangun dan memajukan bangsa ini dengan membangkitkan kesadaran akan ketertindasan dan ketertinggalan ummat Islam di Indonesia. mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka kitab dan hikmah (As Sunnah) (QS al-Jumua'ah. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya (QS al.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. maka langkah awal yang digagas Dahlan adalah gigih membina angkatan muda untuk turut bersamasama melaksanakan upaya membangun sistem pendidikan muda muhammadiyah tersebut.

Hadjid yang menulis tentang pelajaran Ahmad Dahlan mengenai 7 falsafah ajaran & 17 kelompok ayat alQur’an.H. Ahmad Dahlan. karena mereka akan mempunyai murid yang banyak.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www.com For evaluation only. Dahlan juga mendirikan sekolah guru yang kemudian dikenal dengan Madrasah Mu'allimin (Kweekachool Muhammadiyah) dan Madrasah Mu'allimat (Kweekschool Istri Muhammadiyah).H. gagasannya tentang gerakan pendidikan Muhammadiyah ialah dengan mendidik para calon pamongpraja (calon pejabat) yang belajar di OSVIA Magelang dan para calon guru yang belajar di Kweekschool Jetis Yogyakarta. Kesimpulan Filsafat Pendidikan Islam K. Dengan mendidik para calon pamongpraja tersebut diharapkan akan dengan segera memperluas gagasannya tersebut. bagi pemikir modernis di Indonesia. Demikian juga dengan mendidik para calon guru yang diharapkan akan segera mempercepat proses transformasi ide tentang gerakan dakwah Muhammadiyah. 35 . Saran dan Kritik Saran saya terhadap filsafat pendidikan Islam menurut K. Bahkan para murid-muridnya yang selalu mencatat apa yang beliau sampaikan. karena ia sendiri diizinkan oleh pemerintah kolonial untuk mengajarkan agama Islam di kedua sekolah tersebut. Dahlan mengajarkan agama Islam dan tidak lupa menyebarkan cita-cita pembaharuannya. Oleh karena itu. dan juga gerakan yang didirikannya Muhammadiyah di Kampung Kauman Yogyakarta. Ahmad Dahlan adanya peran dalam beramal dan berusaha.foxitsoftware. Maka jarang sekali kita melihat karya Ahmad Dahlan. Tapi ia seorang tokoh dalam memerankan pendidikannya melalui dakwah. Seperti KRH. Walaupun pada saat-saat ini gagasan yang ia tancapkan di ibu pertiwi sangatlah urgens. Ahmad Dahlan tidak terlepas dari peran dan amal usaha yang ia terapkan kepada umatnya. pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H/18 Nopember 1912.H. Itu sebenarnya yang dikedepankan oleh K. ia bukan seorang pemikir Islam dan juga bukan seorang intelektual. karena mereka akan menjadi orang yang mempunyai pengaruh luas di tengah masyarakat.

Hasan Langgulung. 1993). Yogyakarta. Yogyakarta : Suara Muhammadiyah. Ahmad Dahlan. 2007. Pesan dan Mas Kiai Ahmad Dahlan. akan tetapi mampu membuat pendidikan Islam di Indonesia ini menjadi modern. Kritik saya terhadap K. Tapi mampu memberi warisan intelektualnya.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. (Yogyakarta: Sipreas.foxitsoftware. 1979. dia seorang tipe man of action. Tidak memberi karya satupun. Falsafah Pendidikan Islam.H. Al-Syaibany. 36 . Paradigma Intelektual Muslim. ini sungguh magic bagi intelektual manapun. Abdul Munir Mulkhan. Terj. Abdul Munir Mulkhan. Pasti dalam pribadinya ada kekurangan dalam gagasan beliau. Jakarta : Bulan Bintang. DAFTAR KEPUSTAKAAN Alfian.com For evaluation only. tahun 1989. Muhammadiyah. Omar Mohammad Al-Toumy. dalam Hikmah Muhammadiyah. Gajah Mada University Press.

dkk. Jakarta. Jakarta. tahun l993 Bakker.foxitsoftware. Jakarta: Lentera Hati. Aspirasi Umat Islam. tahun 1986 R. Pelajaran KHA Dahlan. Lappenas. Yogyakarta. Muhammadiyah dalam Kritik dan Komentar. Ahmad Dahlan dan Amal Muhamammadiyah. 37 . Alam Pikiran KH. Yogyakarta: PT Percetakan Persatuan. Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Malang Press. Abdul Munir. Hadikusumo. K Hadjid. Muhammadiyah. Yogyakarta : Suara Muhammadiyah. Persatuan. Penerbit : PWM Jawa Tengah Semarang.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Ajaran KHA Dahlan dengan 17 Kelompok Ayat-ayat al-Qur'an. 2005. Ensiklopedi Islam. Warisan Intelektual K. Abdul Munir. Agama. Yunan Yusuf dan Piet Hizbullah Khaidir. Metodologi Penelitian Filsafat.2000 Mulkhan. tt. 2007. H. dalam Hikmah Muhammadiyah.Vol. Djarnawi. 2004 Thalhas. Hadjid. Departemen Agama Rl.1. Karim Rusli ed .com For evaluation only. Pemikiran KH Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah dalam Prespektif Perobahan Sosial. Nurholis. Yogyakarta: KANISIUS. 1990. FiIsafat Pendidikan Muhammadiyah (naskah awal). Anton dan Achmad Charris Zubair. Pesan dan Kisah Kiai Ahmad Dahlan. Gerbang Kearifan. 2006. Dari Jamaluddin al-. Jakarta: Dikdasmen PP. Jakarta. 1990. Abdul Karim. CV Rajawali. Kartanegara. Bumi Aksara. 7 Falsafah Ajaran & 17 Kelompok Ayat Al-Qur’an.Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari 1992 M. Jakarta.H. Mulkhan.H. Mulyadi.Afgahani sampai KH Ahmad Dahlan. tahun 1990. tahun 1983. Madjid. Mulkan.

Jakarta. Tanfidz Keputusan Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. PT Tiara Wacana.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. Sujarwanto dkk. Tim Pembina Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Malang. Yogyakarta: Belukar. tahun 1990. 2004. Pemikiran dan Amal Usaha. Samsul. tahun 1962. Jambatan Jakarta. Indra Djati. Salam. Yogyakarta. Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942. LP3ES. Sucipto. Hery. 38 . 2004. Muhammadiyah dan Tantangan Masa Depan. 2002. Sidi. Ensiklopedia Islam Indonesia. Cita-Cita dan Perjuangan : Depot Pergerakan Muhammadiyah. Noer. 2000. Jakarta.com For evaluation only. Muhammadiyah. Nasution. Jakarta: Dikdasmen PP. Solichin. Menegakkan Indonesia. tahun 1966. Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih. 1990. Jakarta: Grafindo Suwito. M. KH Ahmad Dahlan. Semarang. Filsafat Pendidikan Muhammadiyah (naskah awal). Teoritis dan Praktis. Yusuf. Pemikiran Dan Kontribusi 50 Tokoh Bangsa Berpengaruh. Yunan dan Piet Hizbullah Khaidir. Nizar. 2003. Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Muhammadiyah. Menuju Masyarakat Belajar. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya dan Universitas Muhammadiyah Malang Press. Jakarta: Ciputat Press. Harun. Sejarah. Deliar. Jakarta: Paramadina. tahun 1991. tahun 1992. Filsafat Pendidikan Islam : Pendekatan Histories.foxitsoftware.

Revitalisasi Pendidikan Islam.A Wahid Hasyim Idi. Panitia Buku Peringatan Almarhum KHA Wahid Hasyim.foxitsoftware. Jakarta 1957.Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software http://www. tt. Sejarah Hidup KH. Abdullah dan Toto Suharto. Pena Siaran Yogyakarta.com For evaluation only. Falsafah Pelajaran KH Ahmad Dahlan. 2006 39 . Yogyakarta: Tiara Wacana. Hadjid RH.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful