Merubah Word ke PDF

Posted by admin on Wednesday, April 7, 2010 · 11 Comments Pagi ini salah satu temen proyek penelitian saya bertanya tentang bagaimana merubah file MS.Word (.doc) ke pdf. Zaman sekarang memang file pdf (Portable Document Format) banyak dicari, selain praktis, aman, dan yang pasti size file dari word yang gede bisa diminimalkan sehingga bisa menghemat ruang di hardisk atau flashdisk kita. Sebenarnya ada banyak sekali program / aplikasi untuk convert word ke pdf atau sebaliknya. Namun kebanyakan dari program-program itu ada yang sifatnya trial/demo version, sehingga saat di save di pdf, maka di bagian dokumennya ada ³pesan sponshor´ yang terkutuk. :D. ada pula portal dan situs-situs yang memberi layanan convert secara online, seperti www.fastpdf.com Jadi user tinggal masuk ke situs, dan browse dokumennya dari komputer (sama seperti uploading file) dan save output dalam format pdf di komputer. namun layanan seperti ini memiliki keterbatasan karena harus diakses secara online. Menurut saya program yang paling fleksibel dan powerfull untuk convert ke pdf adalah Open Office, program open source yang memiliki tampilan seperti MS.Word, di sini security dan lainnya dapat diatur. Jadi kadang anda menemukan ada file pdf yang tidak bisa dicopy text. Sayangnya, file doc yang dibuka di Open Office kadang susunan layout nya acak-acakan, hal inilah yang kadang membuat user pemula (dummies) merasa kerepotan harus menata ulang letaknya. Salah satu solusi yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan program Word to PDF converter. saya baru memiliki yang versi 3.0. bagi yang ingin mencoba silakan download di sini : DOWNLOAD Word to PDF Converter (Local page) atau DOWNLOAD Word to PDF Converter (4Shared) Setelah anda download, silakan instal di komputer anda (klik setup.exe) yang ada dalam rar. Selanjutnya untuk merubah file anda ke pdf : - buka dokumen word anda - Di bagian atas ( di bawah tool bar) anda akan melihat menu tambahan

- Klik pada menu save as pdf Jika anda baru pertama kali menggunakan program ini, maka akan muncul pesan sponsor untuk register. Klik tombol register dan masukkan serial number yang sudah di sertakan dalam rar yang diberi nama Sn.txt (nge-crack will never die :P)

- Nah, selanjutnya anda akan dapat menyimpan file doc anda dalam format pdf dengan aman terkendali tanpa ada aral rintangan yang menghadang, selamat menikmati. (Isi dan tutorial ditujukan untuk kepentingan pendidikan. Penulis tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan program ini baik individu maupun kelompok).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful