BAB II LANDASAN TEORI

2.1

Pengertian Sistem Untuk memenuhi berbagai kebutuhan terdapat beberapa macam mengenai sistem yang diperlukan. Dalam suatu perusahaan sistem yang digunakan sangat menentukan sekali dalam melakukan aktifitas dan kegiatannya di dalam perusahaan tersebut. Maka dari itu, sistem yang dibuat oleh suatu perusahaan harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Definisi sistem menurut Jogiyanto HM ( 2003 : 34 ) dalam buku yang berjudul Sistem Teknologi Informasi adalah ” Sebagai suatu kumpulan komponen yang berinteraksi membentuk suatu kesatuan dan keutuhan yang kompleks di dalam tingkat tertentu untuk mengejar tujuan yang sama. Sedangkan menurut Richardus Eko Indrajit ( 2001 : 2 ) dalam buku yang berjudul Pengantar Konsep Dasar Manajemen Sistem Informasi adalah ” Kumpulan dari komponen – komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dan lainnya ”.

2.2

Pengertian Informasi Informasi sangatlah penting bagi suatu perusahaan. Pengertian informasi menurut Muhammad Fikhri Husein ( 2001 : 5 ) didefinisikan sebagai berikut : ” Data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang berarti

6

penting bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan dalam keputusan sekarang dan keputusan yang akan datang ”.

2.3

Pengertian Sistem Informasi Sistem informasi menurut Muhammad Fikhri Husein ( 2000 : 5 ) adalah sebagai berikut : ” Seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi untuk mengumpulkan, melaksanakan pemrosesan,

menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembuatan keputusan dan pengawasan organisasi ”. Berdasarkan definisi tersebut, ada 6 (enam) komponen esensial dari suatu sistem informasi, yang disebut sebagai sumber daya sistem informasi. Sumber daya sistem informasi adalah komponen-komponen yang saling terkait satu sama lain yang membentuk suatu sistem yang mampu menghasilkan suatu informasi yang aktual, terpercaya, detail, cepat, dan relevan. Definisi ‘informasi’ itu sendiri adalah ‘hasil dari pengolahan data’ yang secara prinsip mempunyai nilai lebih dibanding data mentah (Kristanto, 2003:14).

7

Jenis-jenis sistem informasi :
1.

Routine Processing Sistem (RPS) Sistem ini digunakan untuk melayani berbagai kebutuhan yang telah terdefinisi dan terjadwal secara rutin.

2.

Decision Support Sistem (DSS) Sebuah sistem yang digunakan untuk melayani kebutuhan informasi yang tidak dapat didefinisikan dengan baik dan biasanya terjadi saat perancangan.

3.

Classical Management Information Sistem (CMIS) Saat dibutuhkan pembuatan laporan kegiatan yang telah terjadwal dan terdefinisi yang baik.

4.

Real Time Information Sistem (RTIS) Melayani kegiatan yang mempunyai sifat harus direspon dengan cepat.

5.

Distributed Data Processing Sistem (DDPS) Sistem yang digunakan untuk melayani kebutuhan yang tersebar secaa geografis dengan sumber daya yang tersebar.

6.

Transaction Processing Sistem (TPS) Melayani kegiatan yang bersifat transaksional, yaitu membawa perubahan terhadap kondisi sistem yang ada.

8

Input Merupakan elemen dari sistem yang bertugas untuk menerima seluruh masukan data.Elemen sistem : 1. Contoh dari sistem ini adalah filsafat. dimana masukan tersebut dapat berupa jenis data. Proses Merupakan elemen dari sistem yang bertugas untuk mengolah atau memproses seluruh masukan data menjadi suatu informasi yang lebih berguna. 9 . 3. Sistem abstrak dan sistem fisik Sistem abstrak merupakan sistem yang tidak bisa dilihat secara mata biasa dan biasanya sistem ini berupa pemikiran atau ide-ide. Input Proses Output Gambar 2.1 Elemen Sistem Klasifikasi sistem berdasarkan sudut pandang: 1. Output Merupakan hasil dari input yang telah diproses oleh bagian pengolah dan merupakan tujuan akhir sistem. 2. frekuensi pemasukan data dan sebagainya.

2. Sedangkan sistem buatan merupakan sistem yang dirancang oleh manusia. Sedangkan sistem terbuka merupakan sistem yang berhubungan dengan bagian luar sistem. Sistem alamiah dan sistem buatan Sistem alamiah merupakan sistem yang terjadi karena pengaruh alam. 3. misalnya sistem rotasi bumi. Contohnya adalah sistem penggajian. Seseorang yang mempunyai kemampuan untuk menganalisa sebuah sistem yang meliputi mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai sistem di sebut sebagai sistem analis. file. Seorang sistem analis mempunyai tugas-tugas sebagai berikut : Mengumpulkan dan menganalisa segala dokumen. sistem gravitasi bumi.Sistem fisik merupakan sistem yang bisa dilihat secara mata biasa dan biasanya sering digunakan oleh manusia. 10 . formulir yang digunakan pada sistem yang sedang berjalan Menyusun laporan dari sistem yang telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan apa saja yang ada pada sisetem tersebut. Sistem tertutup dan sistem terbuka Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dengan bagian luar sistem dan biasanya tidak terpengaruh oleh kondisi diluar sistem. Contoh dari sistem ini adalah sistem akuntansi.

Selanjutnya melaporkan segala kekurangan tersebut pada pemakai sistem Merancang perbaikan-perbaikan pada sistem tersebut dan menyusun sistem baru Menganalisa dan menyusun perkiraan biaya yang diperlukan untuk sistem yang baru dan meberikan argument tentang keuntungankeuntungan apa saja yang dapat diperoleh dari pemakain sistem yang baru. Mengawasi segala kegiatan yang ada terutama berkaitan dengan penerapan sistem yang baru.Implementasi .Analisis .Desain .Evaluasi 11 . Siklus sistem informasi sendiri terdiri dari beberapa kegiatan sebagai berikut: .Perencanaan .Data Collection .

processing.dll. 2. 3. terminal. online storage. digunakan sebagai penunjuk/keterangan/istilah tertentu dalam proses. mengemukakan bahwa Flowchart adalah suatu alat pemodelan yang menggambarkan urutan aktifitas dari suatu proses. contoh: document. digunakan untuk menggambarkan suatu langkah logis/proses/kondisi tertentu. Berikut akan dijelaskan simbol-simbol Flowchart atau IOFC : Tabel 2.dan lain lain. Communication Link Simbol transisi untuk informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Simbol Proses. connector. Ada tiga jenis simbol dalam diagram panah/flowchart : 1.1 Simbol-simbol Flowchart atau IOFC Nama Simbol Simbol Flow Direction Symbol Flow Direction Digunakan antar simbol yang satu dengan simbol lainnya. dll. Simbol Deskriptif. input/output.4 Pengertian Flowchart Menurut Andri Kristanto dalam bukunya Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Keterangan 12 .2. Simbol Media. contoh: directional flow. computer. magnetic disk. contoh: decision. digunakan untuk menggambarkan media penyipanan dan media untuk menampilkan informasi (keluaran). online display.

Processing Symbol Process Simbol komputer. Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh Trapezoid yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan oleh komputer. Terminator Simbol untuk permulaan atau akhir dari suatu program. 13 .Connector Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang sama. beberapa Decision Preparation Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan didalam storage. Off Page Connector Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang lain. Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan kemungkinan jawaban/aksi.

Disk and On-line Storage Simbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk. Simbol yang menyatakan input yang menyatakan input Punched Card berasal dari kartu atau output ditulis Magnetic Tape Unit berasal dari pita magnetic atau output ditulis ke kartu.Keying Operation Simbol menggunakan operasi mesin dengan yang Mempunyai keyboard. Off Line Storage Simbol untuk menunjukkan bahwa data didalam simbol ini akan disimpan. Input Output Symbol Input Output Simbol yang menyatakan Proess input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya. Simbol ke kertas. Manual Input Simbol untuk pemasukan data seacra manual online keyboard. 14 .

2 Simbol – simbol Data Flow Diagram No 1 Nama Proses Simbol Keterangan Simbol Digunakan dalam 2 Arus data pelaksanaan proses Simbol Aliran data atau 3 Penyimpanan data 4 Entiti komunikasi Simbol Penyimpanan atau file Simbol data untuk arus menggambarkan 15 .5 Data Flow Diagram (DFD) Menurut Whitten ( 2004 : 6 ).Document Simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output di cetak ke kertas. Tabel 2. plotter. 2. yang dimaksud dengan Data Flow Diagram ( DFD ) adalah ” Sebuah model proses yang menggambarkan aliran data melalui sebuah sistem dan pemrosesan yang dilakukan oleh sistem ”. printer dan sebagainya. Display Simbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layer.

yaitu satu record pada entity pertama berhubungan dengan satu record pada entity kedua atau sebaliknya. menunjukkan hubungan antar entity.6 Entity Relational Model ( ER – Model ) Menurut Whitten ( 2004 : 4 ). Relasi one to one Menggambarkan hubungan satu ke satu. hubungan antara entity dibedakan menjadi : a.sumber data 2. yaitu orang. yaitu data yang menggambarkan entity yang disebut juga data elemen atau data field. yang dimaksud dengan Entity Relationship Diagram ( ERD ) adalah ” Sebuah model data yang menggunakan beberapa notasi untuk menggambarkan data dengan istilah entitas dan relasi yang disebabkan oleh data tersebut. 1 1 Gambar 2.” Elemen – elemen ER – Model adalah sebagai berikut : • Entity. tempat. • Attribute. Entity dapat berupa tabel dalam model relational.2 Relasi one to one 16 . atau konsep yang informasinya direkam. • Relationships. Berdasarkan hubungannya. kejadian.

yaitu lebih dari satu record pada entity pertama berhubungan dengan lebih dari satu record pada entity kedua atau sebaliknya.4 Relasi many to many 17 . Relasi one to many Menggambarkan hubungan satu ke banyak. yaitu satu record pada entity pertama berhubungan dengan banyak record pada entity kedua atau sebaliknya. n n Gambar 2. Relasi many to many Menggambarkan hubungan banyak ke banyak. 1 n Gambar 2.3 Relasi one to many c. Dibutuhkan associative entity atau entity perantara yang berisi attribute/field kunci dari masing-masing entity.b.

DBMS harus dapat menangani kegagalan-kegagalan pengaksesan database yang disebabkan oleh kesalahan sistem. yang didefinisikan sebagai database atau basis data adalah “ Kumpulan data tentang suatu benda atau kegiatan yang saling berhubungan satu sama lain ”.2.7 Database Pengertian database menurut Waljianto (2000:1). diantaranya adalah: - Data Definition. magnetic drum. Menurut Ladjamuddin B. dan sebagainya. Data Manipulation. kerusakan disk. - Data Security and Integrity. 18 . atau media penyimpanan sekunder lainnya. Al-Bahra Database (2004:3) adalah sekumpulan data store (bisa dalam jumlah yang sangat besar) yang tersimpan dalam magnetic disk. - Data Recovery and Concurrency. DBMS harus dapat memeriksa keamanan dan integritas data yang didefinisikan oleh pengguna. DBMS harus dapat menangani permintaanpermintaan dari pemakai untuk mengakses data. Menurut Ladjamuddin B. Al-Bahra DBMS (Database Management Sistem) (2004:4) adalah koleksi terpadu dari database dan program-program komputer yang digunakan untuk mengakses dan memelihara database. optical disk. DBMS harus dapat mengolah pendefinisian data. DBMS mempunyai beberapa fungsi (2004:7).

menyajikan banyak kemudahan bagi para pengguna untuk aplikasi. 5. DBMS harus dapat menyajikan data dictionary Performance. Administrasi keseragaman data. Keuntungan pemakaian DBMS adalah.8 Visual Basic Visual Basic adalah tampilan antarmuka program dengan pengguna yang sudah bersifat GUI (Graphical User Interface). DBMS harus dapat menangani kemampuan kerja dan semua fungsi seefisien mungkin. penulis menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6. Kebebasan data dan akses yang efisien. 2. Akses bersamaan dan perbaikan dan terjadinya crashes. 4. 2. yaitu bila suatu data di akses secara bersama-sama oleh lebih dari satu pemakai secara bersamaan.0 karena memiliki beberapa kelebihan antara lain : 19 . Mereduksi waktu pengembangan aplikasi. 1. 3. Dalam pembuatan aplikasi ini.- DBMS harus dapat menontrol pengaksesan data yang konkuren. - Data Dictionary. Integritas dan keamanan data.

Perancangan data laporan yang lebih baru f. penulis menggunakan Microsoft Access 2007 sebagai database karena beberapa beberapa alasan. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi – aplikasi yang kecil. antara lain : a.a. 01 april 2007) Dalam pembuatan aplikasi ini. Adanya Package & Deployment Wizard yang bisa digunakan untuk membuat distribusi disk dari aplikasi yang kita buat g. Dapat mendukung database yang terintegrasi dengan variasi aplikasi yang sangat luas e.9 Microsoft Access Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif singkat. Adanya tambahan dukungan terhadap internet 2. Control data object untuk ActiveX yang baru d. Visual Basic 6. Cukup user friendly (mudah dipahami dan digunakan) bagi pengguna karena kesederhanaannya.php.ilmukomputer. melihat tidak semua latar belakang pegawai PDAM Kediri berbasis IT 20 . Kompiler yang sangat cepat c.com/umum/agus-access.0 bersifat user friendly (mudah penggunaanya dan mudah dipahami) karena tools&component yang dibutuhkan sudah disediakan. pengguna bisa langsung memakainya b. (http:/// www.

b. yaitu sebagai back-end & front-end. Proses pengolahan database yang cepat. Mempunyai 2 sifat. terintegrasi dalam satu kesatuan yang utuh (RDBMS / Relational Database Management System) e. 21 . Dapat membangun aplikasi dengan memanfaatkan macro ataupun pemrograman VBA (Visual Basic for Application) d. Microsoft Access 2007 adalah pilihan yang tepat untuk database yang mudah dan efektif c.

yang berarti bahwa kesalahan-kesalahan dan kegagalan pengiriman (misal : ketika menerima pesan.wikipedia.org/wiki/. SMS menyediakan jalur untuk mengirim pesan pendek sampai dengan 160 karakter atau lebih dari sebuah ESME (External Short Message Entity) ke pelanggan seluler melalui SMSC (SMS Center).10 SMS (Short Message Service) Menurut http://en. Pengiriman pesan SMS dijamin sepenuhnya oleh jaringan. SMS digolongkan sebagai out-of-band packet delivery dan lowbandwith message transfer. 2.10. yang menghasilkan efisiensi tertinggi untuk pengiriman data pendek dalam jumlah yang banyak. Bagaimanapun memungkinkan memakan waktu tunda yang cukup lama. yang dikenalkan oleh GSM (Global Standart for Mobiles) pada 1991. HP dalam keadaan mati) diatur oleh SMSC (Short Message Service Center). SMS menggunakan teknik point to point yang digunakan dalam pengiriman pesan antara terminal seluler sendiri dan ESME seperti email.2. SMSC bertindak sebagai penyimpan dan penerus untuk pesan SMS serta menyimpan pesan SMS yang tertunda pengirimannya ketika HP tidak 22 .1 SMSC (Short Message Service Center) SMSC adalah jembatan antara pengirim dan penerima SMS. paging dan voice mail system. SMS (Short Message Service) adalah salah satu layanan nirkabel.

aktif atau diluar jangkauan. maka untuk sementara waktu pesan SMS akan disimpan di SMSC dan akan dikirim ulang ketika HP penerima aktif kembali. Oleh karena itu. Melalui keberadaan SMSC. SMSC harus mempunyai kehandalan yang tinggi. apakah telah sampai atau gagal diterima oleh handphone tujuan. Proses pengiriman SMS dapat dilihat pada gambar dibawah ini : Pengirim SM SC Penerima Gambar 2. SMSC haruslah berskala besar yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan pengenalan layanan baru untuk pelanggan. kita dapat mengetahui status dari SMS yang dikirim.5 Skema cara kerja SMS 23 . kapasitas tampung pesan yang besar dan kemampuan menangani pesan yang dalam jumlah besar bertujuan untuk mengatasi pertumbuhan pesan nantinya. Ini berarti jika HP penerima sedang tidak aktif.

Layananlayanan ini banyak digunakan sekarang. antara lain : 1. SMS juga menyediakan sejumlah elemen layanan yang berpengaruh pada unjuk kerja SMSC. Prioritas Informasi ini disediakan oleh ESME (External Short Message Entity) untuk membedakan antara pesan penting dan pesan normal. ada beberapa manfaat dari SMS. masa berlaku mungkin sudah ditetapkan. 3. sedangkan layanan tambahan lainnya akan diperkenalkan di masa mendatang. Masa berlaku pesan (Message Expire Time) Ketika mengkonfigurasi SMSC. yang memberitahu berapa lama pesan bisa disimpan di SMSC sebelum dibuang. dan lain-lain. info bursa saham dan lonjakan mata uang. 2. SMSC akan menyimpan SMS sampai sukses terkirim atau masa berlakunya habis. Pemberitahuan pesan kesalahan pengiriman ke pengguna.wikipedia. Terintegrasi dengan aplikasi eksternal seperti voice mail system dan MMS. Dilengkapi dengan layanan tambahan seperti email.2. tetapi dengan waktu distribusi pengiriman yang sangat lama.2 Manfaat SMS Menurut http://en. voice mail. Pesan 24 . 2.10. selain memiliki keuntungan yaitu pengguna dapat mengirim dan menerima pesan teks dimanapun dan kapanpun juga. 4.org/wiki/. Layanan pengiriman yang dapat diandalkan. yaitu : 1.

bertanggung jawab untuk menerima. Contoh yang termasuk ESME : • VMS (Voice Mail System). Layanan yang disediakan oleh SMS ditetapkan oleh ETSI (European Telecommunications Standart Institute) GSM Standart dan TIA (Telecommunications Industry Association) IS41 Standart. menyimpan dan meneruskan pesan suara (voice message).penting mempunyai level pengiriman yang tinggi daripada pesan normal. 25 .10. telepon seluler atau hanya sebuah aplikasi client. ESME bisa berarti perangkat yang terhubung ke jaringan. mengirimkan ke pelanggan yang tidak menjawab ketika ada panggilan (phone call). 2. SMSC memproses pesan-pesan dengan prioritas lebih tinggi sebelum kemudian memproses pesan dengan prioritas yang lebih rendah.org/wiki/. menerima atau keduanya (mengirim/menerima pesan SMS) dari atau ke SMSC. yang digunakan untuk menerima dan/atau mengirim email ke terminal yang hanya bisa menerima pesan SMS. • Email Server. ESME adalah sebuah aplikasi atau perangkat non-mobile yang bisa mengirim. SMSC harus dikonfigurasi terlebih dahulu untuk mendukung koneksi dengan email server.3 ESME (External Short Message Entity) Menurut http://en.wikipedia.

yaitu Mobile Terminated (Handphone Penerima) dan Mobile Originated (Handphone Pengirim).• Aplikasi client. 26 . Di Indonesia. 2. Sesungguhnya mode teks ini adalah hasil pengkodean dari mode PDU.10.4 Format Protocol Data Unit (PDU) Menurut Tim Penelitian & Pengembangan Wahana Komputer dalam bukunya yang berjudul “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS Dengan Java”. Pada prinsipnya apabila kita mengirim pesan ke nomor tujuan. 1) SMS PDU Pengirim (Mobile Originated) Adalah pesan yang dikirim dari handphone ke terminal yang kemudian dikirimkan ke SMSC. yaitu sebuah aplikasi komputer untuk mengirim dan menerima SMS dari/ke SMSC. yaitu mode teks dan mode Protocol Data Unit (PDU). Sedangkan mode PDU adalah format pesan dalam bentuk oktet heksadesimal dan oktet semidesimal dengan panjang mencapai 160 (7 bit) atau 140 (8 bit) karakter. Pada pengiriman pesan terdapat 2 jenis mobile. dalam pengiriman dan penerimaan pesan SMS terdapat 2 mode. tidak semua operator GSM maupun terminal mendukung mode teks. Mode teks adalah format pesan dalam bentuk teks asli yang dituliskan pada saat akan mengirim pesan. sehingga mode yang digunakan adalah mode PDU. pesan itu akan melalui SMSC.

Pesan yang akan dikirimkan oleh terminal masih dalam bentuk teks.6 Skema Format SMS PDU Pengirim Misalnya kita mengirim pesan SMS ke nomor 628122898840 dengan isi pesan “Pesan pendek” dengan batas waktu pengiriman (waktu penyimpanan pesan di SMSC. Pada prinsipnya pesan yang kita terima dari SMSC masih dalam format PDU setelah itu terminal handphone yang menerima pesan akan melakukan pengkodean menjadi teks. 27 . Adapun skema dari format PDU pengirim telah diatur dan ditetapkan oleh ETSI sebagai berikut : SCA PDU Type MR DA PID DCS VP UDL UD Gambar 2. terminal atau handphone akan melakukan perubahan dari format teks menjadi format PDU. Maka format PDU adalah : 0011000C912618229888040000AB0CD0F23CEC06C1CB6E7279 0D 2) SMS PDU Penerima (Mobile Terminated) Adalah terminal menerima pesan yang datang atau masuk dari SMSC ke handphone dalam format PDU. jika nomor tujuan tidak dapat menerima pesan) 5 hari. proses ini sering disebut proses encodec. sedangkan dalam pengiriman ke SMSC harus dalam bentuk PDU. Untuk itu sebelum dikirim. proses ini sering disebut proses decodec.

sebagai berikut : SCA PDU Type OA PID DCS SCTS UDL UD Gambar 2.Cara pengkodean format PDU sudah diatur dan distandarkan oleh ETSI. menghapus pesan pada SIM Card dan masih banyak lagi.10.5 AT Command Menurut Tim Penelitian & Pengembangan Wahana Komputer dalam bukunya yang berjudul “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS Dengan Java”. membaca pesan yang ada pada SIM Card. Maka format PDU adalah : 06912618010000040C912618228838470000401060612202820AE 8329BFD4697D9EC37 2.7 Skema Format SMS PDU Penerima Contoh : Kita menerima pesan dari 628122888374 dengan isi pesan sms adalah “hellohello” pada tanggal 6 Januari 2004 pukul 16. mengirim pesan.22 WIB. Dengan AT Command kita dapat mengetahui vendor dari handphone yang digunakan. mendeteksi pesan SMS baru yang masuk secara otomatis. kekuatan sinyal. Adapun perintah-perintah yang digunakan dalam AT Command : 28 . adalah perintahperintah yang digunakan dalam komunikasi dengan Serial Port.

Tabel 2.3 AT Command AT Command AT AT+CMGF AT+CSCS AT+CNMI AT+CMGL AT+CMGS AT+CMGR AT+CMGD Keterangan Mengecek apakah handphone telah terhubung Menetapkan format mode dari terminal Menetapkan jenis encoding Mendeteksi pesan SMS baru masuk secara otomatis Membuka daftar SMS yang ada pada SIM Card Mengirim pesan SMS Membaca pesan SMS Menghapus pesan SMS 29 .

mengolah.11. 3. keserasian dan kebersamaan langkah dalam mewujudkan peningkatan / perkembangan pembangunan di bidang air minum. 2.2 Fungsi Dalam melaksanakan tugas pokoknya tersebut.11. Perencanaan yang meliputi segala usaha dan kegiatan untuk merencanakan. menelaah / membahas dan menyusun rumusan kebijakan baik teknis maupun non teknis serta program kerja. kesehatan dan pelayanan umum. 30 . Perusahaan Air Minum mempunyai fungsi. Pelaksanaan yang meliputi segala usaha dan kegiatan untuk menyelenggarakan kegiatan teknis dan non teknis di bidang air minum. antara lain : 1.2. Koordinasi yang meliputi segala usaha dan kegiatan untuk menciptakan kesatuan.11 Gambaran Umum PDAM Kediri 2.1 Tugas Pokok Perusahaan Air Minum mempunyai tugas pokok mengusahakan dan menyelenggarakan masyarakat di kota pengelolaan air minum untuk kebutuhan Kediri dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mencakup aspek sosial. 2. mempersiapkan.

2.11. Pembangunan dan Pemeliharaan f. Bagian Perencanaan. Bagian Keuangan c. 2.4. Pengawasan yang meliputi segala usaha dan kegiatan untuk melaksanakan pengamanan dan pengawasan terhadap segala pelaksanaan tugas-tugas baik teknis maupun non teknis di bidang air minum sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Walikota serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Satuan Pengawas Intern Bagian dan Satuan Pengawas Intern masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Bagian dan Kepala Satuan Pengawas Intern. Unsur Pimpinan adalah Direktur. 31 . Bagian Langganan dan Pemasaran d. Bagian Produksi dan Distribusi e. Unsur Pelaksana. terdiri dari : a. terdiri dari : 1. Bagian Umum b.3 Struktur Organisasi Struktur Organisasi Perusahaan Air Minum.

K S BB G AU A PN A A N E GD A R HT N G M A GA .PL .KU N A A EA GN B G .L N GN N A A GA A &PMS R N E AA A B G . K S BB G AU A PN G A E A IH N . & K S BB G AU A PMU U A E B K U N A GA A N GR N .POU S A R D KI & D T IB S IS R U I B G . & K S BB G AU A PMSR N E AA A H MS U A . K S BB G AU A PRN A A N E E C N A .8 Struktur Organisasi PDAM Kediri 32 .K S A K S BB G AU A .WAL I KOT A B D NP N A A A A E GWS DI REKT UR B G .KU N A D E A GN . PM A G N N E B N U A & PML A A N E E IH R A S T A AU N PN A A E GWS IN E N TR K S BB G AU A T T UA A AA SH . & PN A A B E G W S ID A M . EY L N GN N A GA A K S BB G AU A P OU S R D KI . PRN A A N A E E C N A . PN A A B E G W S ID T K IK E N .U U A MM B G . K S BB G AU A PMA GN N E B N U A PML A A N E E IH R A .B C A A MT R EE K S BB G AU A B N K LM T R E GE EE . K S BB G AU A . K S BB G AU A GD N U A G . K S BB G AU A . Gambar 2. & K S BB G AU A D T IB S IS R U I . K S BB G AU A RKN G E E IN .

Kepegawaian. 33 .Job Description masing-masing bagian. Memimpin dan memberdayakan bawahannya dalam rangka pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuan perusahaan. Pengadaan dan Perawatan serta Pergudangan. antara lain : 1. Kerumah Tanggaan. Mengangkat dan memberhentikan dalam jabatan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pelaksanaan pengadaan / pembelian barang-barang yang diperlukan perusahaan. Bagian Umum. • • • Pelaksanaan administrasi Kepegawaian. Perencanaan. Direktur. Pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan kerumahtanggaan kantor. antara lain : Pengkoordinasian dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang ada di Perusahaan Daerah Air Minum. mempunyai tugas : Melakukan koordinasi bidang Administrasi Ketata Usahaan. • Bagian Umum mempunyai fungsi. Mengangkat dan memberhentikan pegawai perusahaan atas persetujuan Walikota. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah sesuai dengan bidang tugasnya. 2. mempunyai tugas : Memimpin dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksudkan tugas pokok dan fungsi Perusahaan Air Minum diatas.

• • Pelaksanaan pengurusan material peralatan dan perlengkapan teknik. Bagian Langganan dan Pemasaran. Pembaca Meter dan Penerbitan Rekening Tagihan. serta inventaris / aktiva kantor. mempunyai tugas : Melaksanakan koordinasi di bidang Pelayanan Langganan. Pemasaran. • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Direktur. dan penyelenggaraan kegiatan akuntansi 4. antara lain : Perencanaan dan pengaturan sumber-sumber pendapatan perusahaan. Penagihan. 3. • • • Bagian Keuangan mempunyai fungsi. 34 . pemasaran dan pelayanan langganan. mempunyai tugas : Melakukan koordinasi bidang Administrasi dan Akuntansi Keuangan. Kas. • • Bagian Langganan dan Pemasaran mempunyai fungsi. pengadministrasian dan pengendalian pengadaan barangbarang keperluan kantor / Perusahaan. Pembukuan dan Anggaran. Kehumasan. • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Direktur. Pengendalian dan pengaturan di bidang penerimaan dan pengeluaran keuangan perusahaan. Pengkoordinasian penyusunan Rancangan Anggaran Perusahaan. antara lain : Pelaksanaan pendataan penggunaan air berdasarkan meter. • Pengkoordinasian perusahaan. Perencanaan. Penyelenggaraan penyuluhan. • Pelaksanaan penyimpanan dan pengeluaran barang persediaan gudang. Bagian Keuangan.

mempunyai tugas : Melaksanakan perencanaan. distribusi. 5. sumber mata air dan sumber air baku lainnya. Bagian Produksi dan Distribusi.• • Pelaksanaan fungsi-fungsi kehumasan. • Pengkoordinasian dan pengendalian kegiatan-kegiatan perencanaan. • Pengkoordinasian. • Pengkoordinasian kegiatan-kegiatan pengujian peralatan teknik dan bahan-bahan kimia. pengendalian kualitas dan kuantitas air. • Penyelenggaraan fungsi pengawasan meter dan pencatatan pemakaian air berdasarkan meter. pemeliharaan pipa jaringan dan sambungan rumah ke pelanggan. pengelolaan dan penerbitan rekening tagihan serta pengelolaan data langganan. pengendalian dan pemeliharaan instalasi produksi. pemutusan. antara lain : Pengendalian atas kualitas. • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Direktur. Pelaksanaan fungsi-fungsi pelayanan langganan. teknik produksi. 35 . • Menyelenggarakan inventarisasi dan pendataan seluruh pelanggan perusahaan secara tertib. memproduksi. distribusi dan perlengkapan teknik. • Pelaksanaan pengolahan air yang akan didistribusikan. • Bagian Produksi dan Distribusi mempunyai fungsi. melaksanakan penyambungan. pengawasan dan pengaturan kelancaran pendistribusian kepada pelanggan. kuantitas produksi serta kontinuitas pendistribusian air minum.

mempunyai tugas : Membantu Direktur di bidang Pengawasan Umum terhadap penyelenggaraan kegiatan administrasi. Pelaksanaan pemeliharaan gedung milik perusahaan. melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan gedung serta perbaikan meter air. keuangan maupun teknik. Pembangunan & Pemeliharaan. mempunyai tugas : Melaksanakan perencanaan dan penyusunan program pengembangan perusahaan yang menyangkut produksi. antara lain : • Pelaksanaan survey dalam rangka penyusunan perencanaan dan penyusunan program.• Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Direktur. • Satuan Pengawas Intern mempunyai fungsi. jaringan. Pembangunan & Pemeliharaan mempunyai fungsi. Bagian Perencanaan. antara lain : Membantu Direktur dalam melakukan Pengawasan Umum terhadap penyelenggaraan kegiatan baik administrasi. keuangan maupun teknik dalam Perusahaan Daerah Air Minum kota Kediri berdasarkan 36 . distribusi. Satuan Pengawas Intern. 6. Perencanaan pembangunan gedung dan pembangunan sumur baru. 7. Bagian Perencanaan. Perencanaan penambahan pelanggan baru. • • • • • Penyusunan perencanaan penyediaan air. Penyusunan pengembangan jaringan transmisi dan distribusi. pengawasan kualitas dan kuantitas air.

pendistribusian air minum.Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku dan kebijakan. Menyusun berita acara dan laporan hasil pemeriksaan.bagian. • Pengkoordinasian laporan dari bagian. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Direktur. • Membuat laporan kepada Direktur atas penilaian yang telah dilaksanakan seperti yang dimaksud dalam fungsi ke-1 diatas. evaluasi sistem dan prosedur operasional perusahaan. • • • Mengadakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap pelaksanaan administrasi kepegawaian dan pelaksanaan disiplin kerja. rekening baik rekening air maupun non air secara tepat waktu sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku dan menyusun berita acara sebagai laporan hasil pemeriksaan. 37 . • Menyusun program pengembangan perusahaan jangka menengah dan panjang. • Melaksanakan penelitian. Melaksanaan pengawasan dan pemeriksaan terhadap administrasi keuangan dan material yang menyangkut uang kas.kebijakan Direktur. uang bank. • • Melaksanakan evaluasi pengembangan perusahaan. stok barang dan persediaan gudang. • Melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap bidang teknik yang berhubungan dengan pengelolaan produksi.