Hak dab Kewajiban Negara Indonesia

Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain. Negara adalah pengorganisasian masyarakat yang mempunyai rakyat dalam suatu wilayah tersebut, dengan sejumlah orang yang menerima keberadaan organisasi ini. Syarat lain keberadaan negara adalah adanya suatu wilayah tertentu tempat negara itu berada. Hal lain adalah apa yang disebut sebagai kedaulatan, yakni bahwa negara diakui oleh warganya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas diri mereka pada wilayah tempat negara itu berada. Adapun beberapa pendapat ahli mengenai negara yaitu: 1. Prof. Farid S. Negara adalah Suatu wilayah merdeka yang mendapat pengakuan negara lain serta memiliki kedaulatan. 2. Georg Jellinek Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu. 3. Georg Wilhelm Friedrich Hegel Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal 4. Roelof Krannenburg Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri. 5. Roger H. Soltau Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.
1

6. Aristoteles Negara adalah perpaduan beberapa keluarga mencakupi beberapa desa. dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan. dengan tujuan kesenangan dan kehormatan bersama. perdamaian abadi dan keadilan sosial. R. dan Kerakyatam yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu undang-undang Dasar Negara Indonesia. dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. Berdasarkan Pembukaan UUD 1945 diatas dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat 5 kewajiban negara yaitu: 2 . yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa. Mr. Djokosoetono Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama. Prof. mencerdaskan kehidupan bangsa. hingga pada akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya. 7. Soenarko Negara ialah organisasi manyarakat yang mempunyai daerah tertentu. Persatuan Indonesia. serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 8. Prof. Kewajiban Negara Berdasarkan Pembukaan UUD 1945 Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Aline ke-4 Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum. Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Segala warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. dengan memandang dan mengingati dasar permusyawaratan dalam sistem pemerintahan negara. 3 . 2. Untuk memajukan kesejahteraan umum 3.1. dan hakhak asal-usul dalam daerah-daerah yang bersifat istimewa. Pasal 27 1. Pembagian daerah Indonesia atas daerah besar dan kecil. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. perdamaian abadi dan keadilan sosial 5. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia 2. dengan bentuk susunan pemerintahannya ditetapkan dengan undang-undang. Kemerdekaan berserikat dan berkumpul. Pasal 28 1. Mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Pemerintahan daerah Pasal 18 1. Berdasarkan Pasal 18 UUD 1945 kewajiban negara adalah melakukan Pembagian daerah Indonesia atas daerah besar dan kecil. Mencerdaskan kehidupan bangsa 4. mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang. Berdasarkan Pasal 27 UUD 1945 kewajiban negara adalah menjamin pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi warganya. dengan bentuk susunan pemerintahannya ditetapkan dengan undang-undang.

Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran. Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional. Berdasarkan UUD 1945 pasal 29 ayat 2 ditegaskan bahwa kewajiban negara adalah menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. 4 . Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Negara berdasar Ketuhanan Yang Maha Esa 2. mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan.Berdasarkan Pasal 28 UUD 1945 kewajiban negara adalah memberi kebebasan Kemerdekaan berserikat dan berkumpul. Agama Pasal 29 1. yang diatur dengan undang-undang. 2. Berdasarkan UUD 1945 pasal 31 ayat 1 ditegaskan bahwa kewajiban negara adalah memberikan pengajaran kepada tiap-tiap warga negara dengan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional. Pendidikan Pasal 31 1.

Berdasarkan UUD 1945 pasal 32 ayat 1 ditegaskan bahwa kewajiban negara adalah memajukan kebudayaan nasional Indonesia. Berdasarkan UUD 1945 pasal 33 ayat 3 ditegaskan bahwa kewajiban negara adalah menguasai kekayaan alam Indonesia untuk dipergunakan sebesar-besarnya demi kemakmuran rakyat.Pasal 32 1. Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia. Berdasarkan UUD 1945 pasal 34 ayat 1 ditegaskan bahwa kewajiban negara adalah melindungi fakir miskin dan anak-anak terlantar. (2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Kesejahteraan Sosial Pasal 33 (1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. 5 . Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh Negara. UUD 1945 Pasal 34 1. (3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

(2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Berdasarkan UUD 1945 pasal 33 ayat 2 ditegaskan bahwa hak negara adalah menguasai cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak.Hak Negara Berdasarkan Pembukaan UUD 1945 Pertahanan Negara Pasal 30 1. Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Pasal 33 (1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Berdasarkan UUD 1945 pasal 30 ayat 1 ditegaskan bahwa hak negara adalah mendapat pembelaan dari warga yang telah diatur undang-undang. (3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. 6 . 2.