Pengertian Dalam UU Kepabeanan dan Cukai Kepabeanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu

lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean serta pemungutan bea masuk dan bea keluar. Daerah pabean adalah wilayah Republik Indonesia yang meliputi wilayah darat, perairan dan ruang udara di atasnya, serta tempat-tempat tertentu di Zona Ekonomi Eksklusif dan landas kontinen yang didalamnya berlaku Undang-Undang ini. (-UU kepabeanan-) Kawasan pabean adalah kawasan dengan batasbatas tertentu di pelabuhan laut, bandar udara, atau tempat lain yang ditetapkan untuk lalu lintas barang yang sepenuhnya berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Kantor pabean adalah kantor dalam lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tempat dipenuhinya kewajiban pabean sesuai dengan ketentuan Undang-Undang ini. (-UU kepabeanan-) Pos pengawasan pabean adalah tempat yang digunakan oleh pejabat bea dan cukai untuk melakukan pengawasan terhadap lalu lintas barang impor dan ekspor. Kewajiban pabean adalah semua kegiatan di bidang kepabeanan yang wajib dilakukan untuk memenuhi ketentuan dalam Undang-Undang ini. (-UU kepabeanan-) Pemberitahuan pabean adalah pernyataan yang dibuat oleh orang dalam rangka melaksanakankewajiban pabean dalam bentuk dan syarat yang ditetapkan dalam Undang-Undang ini. (-UU kepabeanan-) Menteri adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia. Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal Bea dan Cukai.

Tempat penimbunan berikat adalah bangunan. Tempat penimbunan sementara adalah bangunan dan/atau lapangan atau tempat lain yang disamakan dengan itu di kawasan pabean untuk menimbun barang. Pejabat bea dan cukai adalah pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang ditunjuk dalam jabatan tertentu untuk melaksanakan tugas tertentu berdasarkan Undang-Undang ini. sementara menunggu pemuatan atau pengeluarannya. Bea masuk adalah pungutan negara berdasarkan Undang-Undang ini (-UU kepabeanan-) yang dikenakan terhadap barang yang diimpor. atau kawasan yang memenuhi persyaratan tertentu yang digunakan untuk menimbun barang dengan tujuan tertentu dengan mendapatkanpenangguhan bea masuk. (-UU kepabeanan-) Orang adalah orang perseorangan atau badan hukum.Direktorat Jenderal Bea dan Cukai adalah unsur pelaksana tugas pokok dan fungsi Departemen Keuangan di bidang kepabeanan dan cukai. . tempat. Bea keluar adalah pungutan negara berdasarkan Undang-Undang ini (-UU kepabeanan-) yang dikenakan terhadap barang ekspor. Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean. Impor adalah kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean.

surat yang berkaitan dengan kegiatan di bidang kepabeanan. Audit kepabeanan adalah kegiatan pemeriksaan laporan keuangan. Gambaran Umum Nilai Pabean Apa yang dimaksud dengan NILAI TRANSAKSI Harga yang sebenarnya atau yang seharusnya dibayar dari barang yang dijual untuk diekspor ke Daerah Pabean ditambah dengan biaya-biaya tertentu. Tarif adalah klasifikasi barang dan pembebanan bea masuk atau bea keluar. buku. catatan dan dokumen yang menjadi bukti dasar pembukuan. surat yang berkaitan dengan kegiatan usaha termasuk data elektronik. (-UU kepabeanan-) Barang tertentu adalah barang yang ditetapkan oleh instansi teknis terkait sebagai barang yang pengangkutannya di dalam daerah pabean diawasi. barang yang dikuasai negara. dan barang yang menjadi milik negara berdasarkan Undang-Undang ini. yang berada di bawah pengelolaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk menyimpan barang yang dinyatakan tidak dikuasai. Apa yang di maksud dengan YANG SEHARUSNYA DIBAYAR (Payable) Barang tersebut pada waktu diimpor (diserahkan PIBnya ke kantor pelayanan Bea dan cukai) belum dibayar atau dilunasi oleh pembeli yang bersangkutan. yang disediakan oleh pemerintah di kantor pabean. dan/atau sediaan barang dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang kepabeanan. sepanjang biaya-biaya tertentu tersebut belum termasuk dalam harga yang sebenarnya atau yang seharusnya dibayar. Apa yang di maksud dengan HARGA YANG SEBENARNYA DIBAYAR (Price Actually Paid) Harga barang yang pada waktu barang tersebut diimpor (diserahkan PIBnya ke kantor pelayanan Bea dan cukai) telah dibayar atau dilunasi oleh pembeli. .Tempat penimbunan pabean adalah bangunan dan/atau lapangan atau tempat lain yang disamakan dengan itu.

pembuatan ruang pamer. Contoh barang yang bukan merupakan suatu subyek penjualan. Bea masuk. Barang yang diimpor oleh intermediary yang tidak membeli barang. asuransi dan atau biaya lainnya setelah pengimporan. trade discount). dan pungutan dalam rangka impor. Biaya-Biaya Apa saja yang tidak termasuk harga sebenarnya atau seharusnya dibayar Biaya yang terjadi dari kegiatan yang dilakukan oleh pembeli untuk kepentingannya sendiri. misalnya. cukai. pembangunan. yaitu antara lain biaya untuk: uji coba. barang contoh (free of charge). barang hadiah. perakitan. barantg tersebut dijual setelah pengimporan. barang promosi. Biaya yang terjadi setelah pengimporan barang adalah : Biaya konstruksi. penyelidikan pasar. quantity discount. yaitu : Barang yang dikirim secara konsinyasi yang dijual setelah pengimporan atas perintah dan/atau untuk kepentingan pemasok. Biaya pengangkutan. Bunga (Interest Charges) dan Deviden. Barang yang dikirim dengan Cuma-Cuma. pemeliharaan atau bantuan teknik yang dilakukan setelah pengimporan. biaya pembukaan LC. Barang yang diimpor oleh anak cabang perusahaan dengan kondisi anak cabang tersebut bukan merupakan badan hukum yang berdiri sendiri. .Bagaimana dengan barang impor tetapi bukan merupakan Sobyek Penjualan Maka tidak terdapat nilai transaksi sehingga barang impor yang bersangkutan tidak dapat ditetapkan nilai pabeannya berdasarkan methode I. Barang yang disewa (leasing contract) Barang bantuan dari luar negeri yang kepemilikannya ditangan pengirim barang. Diskon (Potongan) Diskon merupakan komponen untuk mengurangi harga barang impor sepanjang diskon tersebut berlaku umum dalam perdagangan (cash discount.

misalnya peti kemas. sepanjang : nilai bunga secara nyata tertera dalam dokumen pelengkap pabean (invoice. berupa : Komisi dan jasa perantara. Purchase Order) di luar harga yang sebenarnya dibayar atau seharusnya dibayar Kesepakatan pengaturan pembayaran (financing arrangement). dan Tingkat bunga tidak melebihi tingkat bunga yang pada umumnya berlaku. apabila diperlukan pembeli harus menunjukkan bahwa : Barang yang bersangkutan benar-benar dibeli sesuai dengan harga yang sebenarnya dibayar atau seharusnya dibayar. baik untuk upah tenaga kerja maupun material pengepakan. Biaya-Biaya Apa saja yang ditambahkan pada harga sebenarnya atau seharusnya dibayar Biaya yang dibayar oleh pembeli yang belum termasuk dalam harga yang sebenarnya atau seharusnya dibayar. dinegara penjual atau pembeli tergantung pada kesepakatan transaksi barang impor yang bersangkutan. tidak termasuk dalam harga yang sebenarnya dibayar atau seharusnya dibayar. Biaya pengemasan yang untuk kepentingan pabean pengemasan tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan barang yang bersangkutan. (upah tenaga kerja. Biaya pemuatan. pembongkaran dan penanganan yang berkaitan dengan pengangkutan . Deviden adalah pembagian keuntungan yang berkaitan dengan seluruh bisnis dari perusahaan dan tidak hanya berkaitan dengan penjualan barang yang diimpor. Deviden atau pembayaran lainnya yang tidak berkaitan dengan barang impor. palet cargo pesawat/kapal laut. drum yang setelah dikosongkan dikirim kembali keluar negeri tidak termasuk dalam kategori pengemas atau pengepakan tersebut diatas) Nilai Bantuan ASSIST Royalti dan Biaya Lisensi Proceeds Biaya transportasi barang impor yang dijual untuk di ekspor ke tempat impor di Daerah Pabean. kecuali komisi pembelian. (tidak termasuk pengemasan atau pengepakan yang merupakan bagian dari transportasi yang dapat dipakai berulang-ulang. termasuk ketentuan tentang bunga harus dibuat secara tertulis. dan nilai material pengemas) Biaya pengepakan.Apa Yang dimaksud dengan Bunga (Interest Charges) dan Deviden Bunga yang dibebankan terhadap pembayaran atas pembelian barang impor oleh penjual kepada pembeli bukan merupakan bagian dari nilai pabean.

misalnya zat kimia sebagai katalisator. Teknik. sepanjang nilai tersebut belum termasuk dalam harga yang sebenarnya dibayar atau seharusnya dibayar. Untuk menentukan apakah suatu pihak bertindah sebagai wakil penjual (selling agent). perencanaan-perencanaan dan sket-sket . engsel pintu Peralatan. cetakan dan barang-barang sejenis yang digunakan untuk pembuatan barang impor. kain tekstil. palu) Cetakan : cetakan untuk membuat barang dari plastic atau karet Material yang digunakan dalam pembuatan barang impor. komponen. mesin penggulung benang. wakil pembeli (buying agent) atau perantara (intermediary) harus dilihat fungsi pihak tersebut dalam transaksi perdagangan mewakili kepentingan siapa. Nilai sebagaimana dimaksud dapat berupa nilai dari : Material. Apa yang dimaksud dengan ASSIST Assist adalah nilai dari barang dan jasa yang dipasok secara langsung atau tidak langsung oleh pembeli dengan Cuma-Cuma atau dengan harga yang diturunkan. kapasitor. plastic. desain. pengembangan. Komisi Pembelian adalah imbalan financial yang diberikan kepada suatu pihak yang mewakili pembeli (buying agent) dalam suatu transaksi. bagian dan barang-barang sejenis yang terkandung dalam barang impor. baja dalam lembaran. misalnya : Peralatan : mesin jahit. untuk kepentingan produksi dan penjualan untuk ekspor barang impor yang bersangkutan. karya seni.barang impor ke tempat impor di Daerah Pabean Biaya Asuransi Apa yang di maksud dengan Komisi. Komponen : sakelar pemutus arus. misalnya : Material : kayu. bahan bakar minyak untuk pengujian kendaraan. alat pertukangan (alat bor. Jasa Perantara adalah imbalan financial yang diberikan kepada suatu pihak yang berfungsi sebagai perantara (intermediary) yang bertugas mempertemukan penjual dan pembeli dalam transaksi. Komisi Pembelian dan Jasa Perantara Adalah imbalan financial yang diberikan kepada suatu pihak atas jasanya mewakili penjual atau pembeli dalam suatu transaksi.

hak cipta atau hak paten (didalam barang impor terdapat proses kerja yang dipatenkan). Apa yang dimaksud dengan PROCEEDS Proceeds adalah nilai dari bagian pendapatan yang diperoleh pembeli atas penjualan kembali. merk dagang dan hak cipta. Catatan: Pembayaran atas hak untuk memproduksi ulang tidak ditambahkan pada harga yang sebenarnya dibayar atau seharusnya dibayar dari barang impor yang bersangkutan.yang dilakukan dimana saja di luar Daerah Pabean dan diperlukan untuk pembuatan barang impor misalnya : Teknik : production engineering. pemanfaatan atau pemakaian barang impor kemudian diserahkan secara . testing product alternatives dan construction of prototypes Karya Seni : architecture drawing Desain : blueprint Perencanaan : plants for furnance system Sket-sket : sketches for the construction of tanks Apa yang dimaksud dengan ROYALTI dan LISENSI Royalti dan Lisensi adalah pembayaran yang berkaitan antara lain dengan paten. Pembayaran atas hak untuk distribusi dan penjualan kembali barang impor tidak ditambahkan pada harga yang sebenarnya dibayar atau yang seharusnya dibayar sepanjang pembayaran tersebut bukan merupakan persyaratan atas penjualan untuk ekspor ke Daerah Pabean barang impor yang bersangkutan. Dalam rangka pembelian barang. Pada barang impor yang bersangkutan terdapat Hak Atas Kekayaan Intelektual. technical and engineering study of the project. Tanpa mempermasalahkan apakah pembayaran royalty ditujukan kepada penjual atau pihak lain (royalty holder atau kuasanya) yang sama sekali tidak terlibat dalam transaksi barang impor yang bersangkutan. Pengembangan : meliputi kegiatan conceptual formulation. antara lain berupa hak atas merek. Merupakan persyaratan penjualan barang impor. Royalti dan lisensi ditambahkan sepanjang belum termasuk dalam harga sebenarnya dibayar atau seharusnya dibayar serta memenuhi persyaratan sebagai berikut : Dibayar oleh pembeli secara langsung atau tidak langsung. Pembeli berkewajiban membayar royalty atau biaya lisensi atas pembelian barang impor yang bersangkutan. Berkaitan dengan barang impor. pembeli diharuskan membayar royalty atau biaya lisensi.

langsung atau tidak langsung kepada penjual. kambing. Dikloro Difenil Trikloroetana (DDT) Pemasukannya harus mendapat ijin dari Departemen Pertanian Apa Sajakah Yang Termasuk Limbah ? Limbah Berbau dan Berbahaya (B3) antara lain : 1. karet tanah. Antara Lain : 1. baja. buaya. unsmoked sheet. Apa Saja Barang Bernilai Budaya ? 1. Jangat dan kulit mentah dari binatang sapi. serta logam lainnya Pemasukan dan pengeluarannya harus mendapat ijin dari Departemen Industri dan Perdagangan Produk Barang Tertentu Apa Saja Yang Dilarang Diekspor Produk Barang Tertentu Yang Dilarang Diekspor. blanket sheet dengan kualitas tertentu 2. slab. ular dll 3. Besi bekas dan berkarat 2. Karet bongkah. kerbau. Arca dan ornamen candi 2. Departemen Pendidikan & Kebudayaan Dan Departemen Industri dan Perdagangan . Pentaklorol fenol dan garamnya 2. Sampah besi. Catatan: Kepastian akan keakuratan besarnya nilai proceeds hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan pembukuan. Rotan dan inti rotan 4. Lain-lain Apa Yang Dimaksud Peptisida ? 1. Pustaka bernilai sejarah Pengeluarannya harus mendapat ijin Direktorat Jenderal Kebudayaan. Kayu mentah gelondongan Pengeluarannya harus mendapat ijin dari Departemen Industri dan Perdagangan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful