P. 1
bendungan ASI

bendungan ASI

|Views: 630|Likes:
Published by Pipiet KanGen Rossi

More info:

Published by: Pipiet KanGen Rossi on Apr 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/26/2012

pdf

text

original

http://bidanpurnama.wordpress.

com/ Bendungan ASI Definisi Bendungan air susu karena penyempitan duktuli laktiferi atau oleh kelenjarkelenjar tidak dikosongkan dengan sempurna atau karena kelainan pada puting susu, keluhan ibu adalah payudara bengkak, keras, panas, nyeri. Penanganannya Sebaiknya selama hamil atau dua bulan terakhir dilakukan masase atau perawatan puting susu dan areola mamae untuk mencegah terjadinya puting susu kering dan mudah mencegah terjadinya payudara bengkak. Penatalaksanaan • Mencegah terjadinya payudara bengkak • Susukan bayi segera setelah lahir • Susukan bayi tanpa dijadwal • Keluarkan sedikit ASI sebelum menyusui agar payudara lebih lembek • Keluarkan ASI dengan tangan atau pompa bila produksi melebihi kebutuhan Asi • Laksanakan perawatan payudara setelah melahirkan • Untuk mengurangi rasa sakit pada payudara berikan kompres dingin • Untuk memudahkan bayi menghisap atau menangkap puting susu berikan kompres sebelum menyusui • Untuk mengurangi bendungan di vena dan pembuluh getah bening dalam payudara lakukan pengurutan yang dimulai dari puting ke arah korpus mamae • Ibu harus rileks • Pijat leher dan punggung belakang Perawatan payudara Payudara merupakan sumber yang akan menjadi makanan utama bagi anak. Karena itu jauh sebelumnya harus sesuai dengan pembesaran payudara yang sifatnya menyokong payudara dari bawah suspension bukan menekan dari depan Kelainan puting susu • Puting susu bundar dan menonjol • Puting susu terbenam dan cekung dapat menyulitkan bayi menyusu, hal ini diperbaiki dengan jalan menarik-narik ke luar • Puting lecet dapat disebabkan teknik menyusui yang salah atau perawatan yang tidak betul pada payudara Penanganan • Teknik menyusui yang benar • Puting harus kering • Pemberian lanunen dan vitamin E • Menyusui pada payudara yang tidak lecet, bila lecet hebat maka menyusui dapat ditunda 24-48 jam, ASI dikeluarkan dengan ekspresi dengan tangan atau

Nyeri berkurang/hilang 2. Intake nutrisi adekuat 2.dipompa Pencegahan • Jangan membersihkan puting susu dengan sabun dan zat pembersih lain. Teknik relaksasi akan sangat membantu mengurangi rasa nyeri 2. Ajarkan teknik relasksasi 2. Bendungan ASI dapat berkurang/hilang Intervensi : 1. Lakukan pengurutan yang dimulai dari puting ke arah korpus mamae untuk mengurangi bendungan di vena dan pembuluh getah bening dalam payudara Rasional : 1. hanya dengan air • Teknik menyusu harus benar • Puting susu dan areola harus kering setelah menyusui • Jangan memakai lapisan plastik pada payudara Diagnosa keperawatan 1. Jika perlu berikan tambahan multi vitamin . Kompres hangat akan membantu melancarkan peredaran darah pada area nyeri 3. Ibu dapat menyusui bayinya dengan nyaman 3. Kompres pada area nyeri 3. Gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi kurang dari kebutuhan Tujuan : 1. Jelaskan pentingnya nutrisi khususnya pada masa menyusui 3. Gangguan rasa nyaman : nyeri berhubungan dengan bendungan ASI Tujuan : 1. Proses pengurutan akan membantu melancarkan peredaran darah pada area nyeri 2. Tidak terjadi penurunan berat badan khususnya selama masa menyusui Intervensi : 1. Anjurkan pemberian makanan/nutrisi dengan porsi kecil tapi sering 2. Pemberian obat analgetik bekerja mengurangi rasa nyeri 4. Kolaborasi pemberian obat analgetik 4.

aliran susu menjadi terhambat dan tekanan pada saluran ASI dengan alveoli meingkat. Hal ini bersifat fisiologis dan dengan penghisapan yang efektif dan pengeluaran ASI oleh bayi. Kalau perlu berikan stilbestrol atau lynoral tablet 3 kali sehari selama 2-3 hari untuk membendung sementara produksi ASI. Kepenuhan fisiologis menurut Rustam (1998) adalah sejak hari ketiga sampai hari keenam setelah persalinan. payudara menjadi sangat penuh. sehingga sumbatan hilang.com/2009/01/askep-nifas-dengan-bendunganasi.blogspot. Porsi kecil tapi sering akan lebih memberikan banyak kesempatan bagi pasien untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya 2. ketika ASI secara normal dihasilkan. Payudara menjadi bengkak. kosongkan payudara. panas dan nyeri. Pendidikan kesehatan/penkes mengenai nutrisi akan mendorong pasien untuk lebih memperhatikan pemenuhan kebutuhan nutrisinya 3. Bila terjadi juga. sebelum menyusui pengurutan dulu atau dipompa. 26 June 2009 00:13 1.Rasional : 1. Pada bendungan. Jadi dapat diambil kesimpulan perbedaan kepenuhan fisiologis maupun bendungan ASI pada payudara adalah : . Namun dapat berkembang menjadi bendungan. rasa penuh tersebut pulih dengan cepat. payudara terisi sangat penuh dengan ASI dan cairan jaringan.html Bendungan ASI Friday. Pengertian Pembendungan ASI Pembendungan ASI menurut Pritchar (1999) adalah pembendungan air susu karena penyempitan duktus lakteferi atau oleh kelenjar-kelenjar tidak dikosongkan dengan sempurna atau karena kelainan pada puting susu (Buku Obstetri Williams) Keluhan ibu menurut Prawirohardjo. merah dan mengkilap. keras. Aliran vena limpatik tersumbat. Penanganan sebaiknya dimulai selama hamil dengan perawatan payudara untuk mencegah terjadinya kelainan. (2005) adalah payudara bengkak. maka berikan terapi simptomatis untuk sakitnya (analgetika). Multi vitamin dapat meningkatkan nafsu makan http://khaidirmuhaj.

RI (1993) adalah Dengan tangan yang sudah dilicinkan dengan minyak lakukan pengurutan 3 macam cara : a. Payudara yang terbendung membesar. kebawah dan melintang hingga tangan menyangga payudara. Perawatan Payudara pada Masa Nifas Menurut Depkes. b. Gunakan BH yang menopang . Lakukan pengompresan dengan air hangat sebelum menyusui dan kompres dingin sesudah menyusui untuk mengurangi rasa nyeri d. c. kemudian lepaskan tangan dari payudara. Telapak tangan kiri menopang payudara kiri dan jari-jari tangan saling dirapatkan. Payudara yang terbendung membesar. 2. Payudara yang penuh terasa panas. ASI tidak mengalir dengan mudah dan bayi sulit menghisap ASI sampai bengkak berkurang.a. Telapak tangan menopang payudara pada cara ke – 2 kemudian jari tangan kanan dikepalkan kemudian buku-buku jari tangan kanan mengurut dari pangkal ke arah puting. 3. membengkak dan sangat nyeri. kemudian sisi kelingking tangan kanan mengurut payudara dari pangkal ke arah puting. berat dan keras. Tempatkan kedua telapak tangan diantara ke 2 payudara kemudian urut keatas. membengkak dan sangat nyeri. Payudara terlihat mengkilap dan puting susu teregang menjadi rata. demikian pula payudara kanan. Terapi dan Pengobatan Menurut Prawirohardjo (2005) adalah a. terus kesamping. Tidak terlihat mengkilap. Anjurkan ibu untuk tetap menyusui bayinya b. Anjurkan ibu untuk melakukan post natal breast care c. b. ASI biasanya mengalir dengan lancar dengan kadang-kadang menetes keluar secara spontan.

duniabidan. Berikan parasetamol 500 mg untuk mengurangi rasa nyeri dan menurunkan panas. http://www.net/index.0fees.e.php/kuliah-bidan/35-askeb-nifas/52-bendunganasi .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->