TUGAS IPA

ARTIKEL AWAN

Peluapan ini bisa terjadi dengan dua cara: 1. Udara makin lama berubah. molekul-molekul titik air yang tak terhingga molekulbanyaknya. akan menjadi semakin tepu dengan uap air. lebih cepat menyejat. uap itu akan mencair dan terbentuklah awan. Apabila awan telah terbentuk. dan perlahan-lahan daya tarik perlahanbumi menariknya ke bawah. . Pembentukan awan Udara selalu mengandung uap air. maka terbentuklah awan. Suhu udara tidak berubah. Ia kelihatan seperti asap berwarna putih atau kelabu di langit. Udara panas yang sarat dengan air ini akan naik tinggi. lebih banyak uap terkandung di dalam udara karena air panas. 2. hingga tiba di satu lapisan dengan suhu yang lebih rendah. Apabila uap air ini meluap menjadi titiktitiktitik air. tetapi keadaan atmosfir lembap. Hingga sampai satu titik dimana titik-titik air itu titikakan terus jatuh ke bawah dan turunlah hujan.A. Apabila udara panas. titik-titik air dalam awan akan menjadi semakin titikbesar dan awan itu akan menjadi semakin berat.PENGERTIAN AWAN  Awan adalah gumpalan uap air yang terapung di atmosfir.

dan perlahan-lahan perlahandaya tarik bumi menariknya ke bawah. titik-titik air dalam titikawan akan menjadi semakin besar dan awan itu akan menjadi semakin berat. . Hingga sampai satu titik dimana titik-titik air itu akan titikterus jatuh ke bawah dan turunlah hujan. Apabila awan telah terbentuk.

.

kumulus. Secara lebih rinci awan ini terbagi dalam 3 jenis. Awan Kumulus adalah awan yang bentuknya seperti bunga kol. dan kumulonimbus yaitu awan kumulus yang sangat besar dan mungkin terdiri beberapa awan kumulus yang bergabung menjadi satu. 2. Awan cirrus . yaitu: strato kumulus yaitu awan kumulus yang baru tumbuh. Awan ini terjadi karena proses konveksi.

.

Pada awan ini terdapat kristal-kristal es. Awan cirrus adalah awan tinggi dengan ciri-ciri ciritipis. Terkadang puncak kristalawan cirrus bergerak dengan cepat. berserat seperti bulu burung. AWAN STRATUS  . Arah anginnya juga dapat bervariasi.

.

terutama bila awan menebal menjadi cirro stratus yang menutupi langit. . awan itu sering berupa gabungan dari jenis-jenis di atas. Terkadang gerimis mengiringi awan stratus. Kalau menghasilkan hujan. Awan ini mirip kabut yang tak mencapai tanah. jenismisalnya. Cirrus. Kita menyebutnya langit mendung. Kalau kamu lihat. Awan Stratus adalah awan yang berwarna keabu-abuan keabuyang biasanya menutupi seluruh langit. namanya adalah nimbo stratus. bisa menjadi pertanda badai akan datang.

Beberapa gambar fenomena awan di dunia  A.Awan circle .

 B.fenomena awan femmatus  C fenomena awan terbelah .