Mekanisme Cicil Emas

Cicil Emas adalah salah satu program dari AG Golden Investment Club yang memberikan akses yang lebih mudah dan murah pada para anggotanya dalam berinvestasi emas. Lebih Mudah: Bisa dicicil 5x pembayaran, DP dan 4x cicilan selama 4bulan. Tidak perlu modal besar untuk investasi emas. Stock emas pun disediakan di bank mitra tanpa harus berusah payah mencari stock di toko emas atau Antam. Lebih Murah: Margin + biaya simpan emas lebih murah daripada biaya gadai di bank syariah pada umumnya. Akad: Jual-beli + Rahn Jual-beli dilakukan antara nasabah dan AGGIC dimana nasabah membeli emas pada AGGIC dan dibayarkan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu uang muka agar nasabah bisa mendapatkan emas dan menggadaikannya pada bank. Dan tahap kedua dibayar setelah uang gadai dicairkan. Rahn adalah transaksi gadai anatara nasabah dan bank. Emas yang sudah dimiliki, langsung digadaikan di bank agar bisa mendapatkan uang untuk membayar AGGIC. Sehingga selanjutnya nasabah tinggal mencicil ke bank dan mendapatkan emasnya setelah lunas. Prosedur: 1. Pesan emas (LM/Dinar) yang ingin dibeli di sini 2. Datang ke bank mitra untuk melakukan transaksi berikut: o Membeli emas dari AGGIC hanya dengan membayar DP saja o Menitipkan emas di bank mitra dengan transaksi gadai o Membayar sisa pembayaran pada AGGIC dari uang hasil gadai o (transaksi dengan AGGIC selesai, selanjutnya tinggal melunasi pada bank saja) 3. Melakukan pembayaran cicilan gadai dengan autodebet (bebas repot) 4. Setelah lunas, emas sepenuhnya menjadi hak milik nasabah. Sehingga nasabah bisa memilih: o emas diambil o emas digadaikan kembali dengan akad baru, mendapatkan uang tunai dari bank

AG Golden Investment Club memiliki 3 misi utama. Yaitu investasi tidak kalah oleh inflasi seperti emas yang tidak pudar dimakan waktu. layanan yang lebih baik versi konsumen. Karena emas memang tidak pernah lepas dari perak. akses terhadap lembaga keuangan seringkali akan lebih mudah dan lebih murah jika dilakukan secara berkelompok atau dalam nominal besar. Emas yang dibeli digadaikan di bank syariah 3. Program yang dirancang untuk menjalankan misi ini bisa berupa seminar. artinya setiap orang harus membuat portfolio dan strategi sendiri yang sangat mungkin tidak cocok dengan orang lainnya. Dan investasi yang mulia dengan hanya memilih produk investasi syariah. agar setiap membernya bisa mendapatkan edukasi.Cicilan-4 ke bank 5. sebuah komunitas investasi syariah. atau bisa juga Ag atau Argentum yang dalam bahasa kimia artinya adalah perak. Karena golden di sini memberikan arti bahwa investasi yang kita inginkan adalah investasi yang keemasan sebagaimana sifat emas. tulisan di media masa .Keterangan Gambar: 1. bukan investasi derivatif yang membuat bubble. dan sebagainya. buku. Edukasi Edukasi di sini maksudnya adalah memberikan pencerahan pada setiap membernya akan pentingnya melakukan investasi. pelatihan. sebagaimana emas yang secara kimia masuk dalam golongan logam mulia. situasi dan kondisinya yang berbeda. edukasi. saling memberikan informasi. diskusi mengenai strategi investasi. bukan berarti hanya berkutat dalam investasi pada emas. persaudaraan yang melandasi dibentuknya komunitas ini yaitu sebagai wadah bersama untuk berbagi informasi. Investasi yang riil. Setelah lunas. Pembiayaan yang diperoleh dari transaksi gadai dijadikan sebagai pelunasan pembelian emas 4. yaitu: 1. Selain itu. Nasabah membayar Cicilan-1 s. Karena kebutuhan tiap orang berbeda.d. dan bersama-sama mendapatkan akses yang lebih mudah (dan lebih murah) untuk melakukan investasi secara syariah. sharing mengenai update produk keuangan terbaru. Sedangkan AG bisa berarti dua hal. bisa juga dari Ahmad Gozali sebagai pendiri komunitas ini. Maka Argentum Golden dapat juga bermakna kebersamaan. Emas menjadi hak milik nasabah sepenuhnya AG Golden Investment Club Investasi memang bersifat personal. memiliki underlying asset yang jelas. Walaupun diberi nama Golden Investment Club. Pembayaran uang muka dari nasabah ke AGGIC 2. dan sebagainya. Namun kita memerlukan juga informasi. dan yang lebih penting lagi yaitu berinvestasi secara syariah. kekompakan. Itulah latar belakang dibentuknya AG Golden Investment Club.

dan lebih murah. Dimana transaksi dilakukan? . Harga yang berlaku adalah harga pada hari saat uang muka diterima oleh AGGIC. Program yang sudah berjalan adalah Pesantren Investasi Syariah yang akan diterus dijalankan dan dikembangkan. twitter dan lain sebagainya. 3. yang disampaikan untuk memudahkan member dalam membuat keputusan dalam berinvestasi. Kapan nasabah harus membayar cicilan? Jika uang muka dibayarkan pada tanggal 1 Januari. emas disimpan di bank sebagai pihak ketiga yang netral. kinerja sebuah produk keuangan. costumer review. sekitar jam 10 pagi.dan sebagainya. agar memudahkan nasabah dalam melakukan pelunasan 5. 3. Apakah emas langsung diserahterimakan setelah pembayaran uang muka dilakukan? Emas diserahterimakan setelah semua pembayaran lunas. Media yang digunakan lebih banyak berupa media elektronik seperti milis. Jika transaksi gadai baru dilakukan keesokan harinya karena alasan teknis perbankan. dan Cicilan-4 pada tanggal 1 Mei. 2. Seperti update harga. Cicilan-2 pada tanggal 1 Maret. Sehingga total dilakukan 5 kali pembayaran dengan jarak masing-masing 1 bulan. Harga kapan yang digunakan sebagai harga transaksi? Harga berubah setiap hari. Program unggulan yang sudah dijalankan yaitu adanya program Cicil Emas yang memberikan akses pada member untuk bisa memiliki emas secara lebih mudah. Sebelum lunas. Cicilan-3 pada tanggal 1 April. Informasi Informasi di sini maksudnya adalah pembaruan informasi terkini berkaitan dengan investasi. Transaksi dibuka setelah penetapan harga harian. Akses Akses di sini adalah kemudahan para membernya untuk bisa mendapatkan akses yang lebih mudah (dan lebih murah) untuk melakukan investasi secara syariah. FAQ 1. maka tetap menggunakan harga pada saat uang muka dibayarkan. maka Cicilan-1 dibayar pada tanggal 1 Februari. 4. Kenapa harus dilakukan transaksi gadai di bank? Transaksi gadai perlu dilakukan karena memiliki 2 fungsi sekaligus: • • Menyimpan emas dengan aman di pihak ketiga Mengalihkan kewajiban pembayaran nasabah dari AGGIC ke pihak bank. 2.

7. total harga yang dibayarkan nasabah sesuai dengan daftar harga yang tertera sudah termasuk di dalamnya biaya administrasi. biaya asuransi dan biaya penitipan emas di bank mitra kami. Sehingga nasabah hanya akan mendapatkan salinan surat gadai sebagai bukti bahwa transaksi gadai telah dilaksanakan. maka transaksi tidak dapat dilakukan di bank lain selain bank mitra kami di atas. untuk saat ini eksklusif hanya di Bank Syariah Mandiri KCP Cikini dan KCP Pondok Bambu.Transaksi hanya bisa dilakukan di bank mitra kami. emas dapat dikirimkan via kurir dengan biaya pengiriman ditanggung oleh nasabah. Sedangkan transaksi pembayaran cicilan bisa dilakukan dengan mekanisme transfer. Setelah lunas. Apakah harga sudah termasuk biaya penitipan di bank? Ya. dan melakukan pembayaran cicilan melalui rekening AGGIC. Nasabah tidak dikenakan biaya tambahan kecuali jika nasabah menginginkan perpanjangan masa penitipan atau melakukan pengiriman. . Biaya penitipan setelah jatuh tempo di akhir bulan ke-4 dan biaya pengiriman menjadi tanggung jawab nasabah. Apakah dapat melayani nasabah dari luar kota? Karena transaksi harus dilakukan di bank mitra. Saat ini kami tidak melakukan kerja sama dengan bank lainnya selain kedua cabang bank di atas. Namun untuk nasabah di luar kota akan tetap kami layani dengan cara nasabah memberikan amanah pada AGGIC untuk melakukan transaksi gadai dan pembayaran cicilan atas nama AGGIC di bank. Transaksi pertama memerlukan tanda tangan asli sehingga harus dilakukan langsung dengan pihak bank. Transaksi terakhir yaitu pengambilan emas harus dilakukan di bank. 6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful