RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI SEMESTER II

Oleh: Siti Fatimah (Fa Azzahra) (F05108021) Dosen Pembimbing : DR. Ruqiah Ganda Putri Panjaitan

UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK 2011

ovulasi. serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia. Siswa dapat mengidentifikasi 10 struktur alat reproduksi pria berdasarkan gambar dengan benar. Refleksi diri terhadap nilai-nilai moral dan agama dengan makin matangnya sistem reproduksi. dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin. D. dan pemberian ASI . fungsi. Tujuan Pembelajaran 1. fertilisasi. C. kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas. Indikator 1. . Standar Kompetensi 3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur. 2. B. Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem reproduksi laki-laki dan wanita. Kompetensi Dasar 3. menstruasi. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Materi Pokok Sub Materi : SMA : Biologi : XI / II : 16 : 30 Menit : Sistem Reproduksi Manusia : Struktur dan Fungsi alat-alat reproduksi pada laki-laki dan wanita A.

1. Siswa dapat menjelaskan fungsi 10 alat reproduksi pada pria dengan benar. Alat-alat Reproduksi Manusia Manusia hanya melakukan reproduksi seksual. Reproduksi seksual menghasilkan individu yang berbeda dari yang lainnya. Siswa dapat mengidentifikasi 6 struktur alat reproduksi wanita berdasarkan gambar dengan benar. Proses tersebut di dalam biologi dikenal dengan istilah reproduksi seksual. 4. A. Materi Pokok Semua makhluk hidup mampu melakukan reproduksi sehingga jumlahnya bisa bertambah. Manusia. Siswa dapat menjelaskan peran nilai-nilai moral dan agama untuk menjaga diri dari hal-hal negatif seiring semakin matangnya sistem reproduksinya. Pada reproduksi seksual informasi genetic berasal dari kombinasi dua induk untuk menghasilkan individu baru. Reproduksi adalah kemampuan organisme untuk menghasilkan organisme baru yang sifatnya sama persis dengan induknya atau merupakan penggabungan sifat dari kedua induknya. Siswa dapat menjelaskan fungsi 6 alat reproduksi pada wanita dengan benar. seperti mamalia lainnya hanya melakukan reproduksi seksual. Pada reproduksi seksual dilibatkan alat reproduksi penghasil sel kelamin. Secara garis besar. Oleh karena itu reproduksi dilakukan oleh semua organisme untuk menjaga supaya jenisnya tidak punah. Ibu bisa mengandung dan melahirkan kita karena sel telur matang dari ibu dibuahi oleh sperma dari ayah. yaitu reproduksi aseksual dan reproduksi seksual. Alat Reproduksi Pria . Alat reproduksi pria dan alat reproduksi wanita sudah terpisah. 5. E. tidak terkecuali manusia. Setiap bayi yang lahir pasti mempunyai seorang ibu dan seorang ayah. Kita lahir dari rahim seorang ibu yang telah mengandung kita selama 9 bulan. 3.2. reproduksi dibedakan menjadi dua.

Skrotum menggantung di bagian luar tubuh antara kaki. Skrotum Skrotum merupakan kantung kulit yang mengandung lebih banyak pigmen. Alat Reproduksi Dalam Alat reproduksi dalam terdiri atas testis. Di dalam skrotum terdapat testis. dan kelenjar bulbouretra (Cowper). dan kelenjar kelamin. Apabila dilihat dibawah mikroskop. vas deferens.Testis Testis disebut juga gonad pada pria. Sedangkan kelenjar kelamin terdiri dari vesikula seminalis. Saluran kelamin terdiri dari epididimis. Posisi ini membantu melindungi testis dari kerusakan secara fisik dan sangat berperan penting untuk menjaganya pada suhu 2-3 °C lebih rendah dari suhu tubuh yang cocok untuk perkembangan sperma. 2. ditumbuhi rambut-rambut kasar dan banyak mengandung kelenjar. 1. a. Penis Penis merupakan alat kopulasi pada pria. sayatan melintang testis terlihat sebagai kelenjar berbentuk pipa berkelok-kelok yang didalamnya terdapat kumpulan spermatozoa muda. b. Alat Reproduksi Luar Alat reproduksi luar terdiri dari penis dan skrotum. Spermatosit .Alat reproduksi pria terdiri dari alat reproduksi luar dan alat reproduksi dalam. saluran kelamin. Di dalam penis terdapat uretra yaitu saluran akhir dari saluran kelamin yang dikelilingi oleh jaringan erektil berongga. 1. berjumlah sepasang berbentuk bulat telur dan tersimpan didalam sktotum. spermatogonium. Jaringan erektil tersebut memiliki banyak rongga dan mengandung banyak pembuluh darah. Kopulasi adalah hubungan kelamin antara pria dan wanita yang bertujuan untuk memindahkan semen ke saluran kelamin wanita. kelenjar prostat. saluran ejakulasi dan uretra.

sehingga spermatozoa tidak dapat keluar. Bagian ujungnya terdapat di dalam kelenjar prostat. Beberapa fungsi epididimis. c. dan untuk bergeraknya sperma menuju vas deferens. Saluran Kelamin Saluran kelamin terdiri dari : a. yaitu sebagai tempat penyimpanan sperma untuk sementara waktu. spermatid. Tubulus seminiferus berfungsi pada proses pembentukan sel sperma. Pada program KB (Keluarga Berencana) kita sering mendengar istilah vasektomi. menghasilkan hormon testosteron. spermatosit sekunder. pematangan sperma. Vas deferens berfungsi untuk mengangkut sperma dari epididimis menuju ke vesikula seminalis. Di dalam testis terdapat tubulus seminiferus dan sel-sel leydig. sehingga epididimis berjumlah sepasang. sedangkan sel-sel leydig berfungsi untuk testosteron. Vasektomi ini adalah pengikatan atau pemotongan yang dilakukan pada bagian ini. Jadi. dan spermatozoa yang sudah dilengkapi dengan flagel. Epididimis Epididimis merupakan saluran berkelok-kelok yang keluar dari testis. Vas deferens Vas deferens merupakan saluran lurus yang keluar dari epididimis. Saluran Ejakulasi Saluran ejakulasi merupakan saluran pendek yang menghubungkan vesikula seminalis (kantung semen) dengan uretra. Saluran ini mempunyai keistimewaan . Setiap testis mempunyai satu epididimis. testis berfungsi ebagai alat untuk memproduksi sel-sel sperma dan juga memproduksi hormone b. 3.primer.

Uretra mempunyai dua fungsi. Kelenjar Bulbouretra Kelenjar ini terletak di sebelah bawah kelenjar prostat. tetapi terikat menjadi satu kantung. Pada saat terjadinya kopulasi. Uretra sebagai alat pengeluaran karena berfungsi untuk membuang urine keluar dari tubuh. yaitu sebagai alat pengeluaran dan saluran kelamin. 2.Kelenjar Kelamin Kelenjar kelamin terdiri dari : a. Dindingnya dapat menghasilkan getah berwarna kekuningan yang banyak mengandung zat makanan untuk mencukupi kebutuhan makanan sel-sel sperma. seperti halnya kelenjar prostat. . b. Uretra Uretra merupakan saluran akhir dari saluran kelamin yang terdapat di dalam penis. 3. Di samping itu adanya cairan alkalis ini dapat menambah pergerakan sperma. Sedangkan uretra sebagai saluran kelamin karena berfungsi sebagai slauran semen dari kantung semen. c. Alat Reproduksi Wanita Alat reproduksi wanita terdiri dari alat reproduksi luar dan alat reproduksi dalam. cairan semen inilah yang dikeluarkan melaui uretra.yaitu mampu menyemprotkan sperma sehingga masuk ke dalam ureter dan mengalirkannya ke luar. kelenjar ini juga mengekskresikan cairan alkalis. Vesikula Seminalis Vesikula seminalis (kantung semen) berjumlah sepasang. Cairan alkalis ini berguna untuk melindungi spermatozoa terhadap keasaman di dalam uretra dan vagina. d. Sperma yang dihasilkan oleh testis setelah bercampur dengan cairan-cairan dari kelenjar kelamin akan membentuk cairan semen. Kelenjar Prostat Kelenjar prostat menghasilkan cairan yang berperan untuk menambah cairan alkalis pada cairan vesikula seminalis.

Labium Labium merupakan pembatas vulva. 1. 2. ukurannya lebih besar dari ukuran sel-sel lainnya sehingga sangat mudah ditemukan. Sel telur tampak sebagai sel berbentuk bulat dengan inti di tengah. menempel pada belakang rongga panggul dan berbentuk bulat telur. Labium berjumlah sepasang. Bulatan-bulatan tersebut menunjukkan pertumbuhan dari sel telur. b. Pada . Saluran Telur Saluran telur berjumlah sepasang yaitu saluran telur kanan dan saluran telur kiri. rahim. Ovarium Ovarium berjumlah sepasang. Bagian pangkal saluran telur berbentuk corong disebut infundibulum tuba. a. Alat Reproduksi Dalam Alat reproduksi dalam terdiri dari ovarium dan saluran kelamin. ovarium yang di sayat secara melintang tampak bulat0bulat dengan berbagai ukuran. 2. Alat Reproduksi Luar Alat reproduksi luar terdiri dari vulva dan labium (bibir) 1. Di sebelah dalam vulva terdapat tonjolan kecil yang disebut klitoris.a. Saluran Kelamin Saluran kelamin terdiri dari saluran telur. dan lubang peranakan (vagina). Disebelah luarnya terdapat sepasang labium mayor dan di sebelah dalamnya terdapat sepasang labium minor. Celah ini dibatasi oleh sepasang labium yaitu labium kiri dan labium kanan. Ke dalam vulva bermuara dua saluran yaitu uretra dan vagina.di bawah mikroskop. Vulva Vulva merupakan alat reproduksi luar berupa celah.

Skenario Pembelajaran Waktu No A Pendahuluan Fase 1 : Menyampaikan tujuan pembelajaran mempersiapkan siswa • Guru mengecek kehadiran siswa dan 2 Jenis kegiatan (Menit) : Direct Instruction (Pengajaran Langsung) : Ceramah.infundibulum tuba terdapat jumbai-jumbai yang berperan penting untuk menangkap sel-sel telur yang dilepaskan oleh folikel di dalam ovarium. Bagian bawah yang mengecil ini disebut leher rahim. b. Rahim Rahim merupakan rongga tempat pertumbuhan embrio dimana kedua tuba fallopi bertemu. Rahim manusia mempunyai tipe simpleks. power point. pengamatan dan diskusi kelompok • Guru mempersiapkan siswa untuk belajar. Strategi Pembelajaran Model Pembelajaran Metode Pembelajaran G. c. papan tulis. Media Pembelajaran LCD.charta dan gambar H. spidol. yaitu mempunyai sebuah ruangan. preparat awetan. Vagina berfungsi sebagai alat kopulasi. • Apersepsi:Guru memberi apersepsi dengan memperlihatkan gambar sebuah keluarga yang merupakan satu diantara ciri . F. Liang peranakan (vagina) Vagina merupakan saluran akhir dari saluran kelamin wanita yang terdapat di dalam vulva. berbentuk seperti buah pir dan bagian bawah yang mengecil. mikroskop.

• Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai B Kegiatan inti Fase 2 Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan • Guru meminta siswa menyebutkan pengertian reproduksi. Penutup 3’ . 10 • Guru menanggapi jawaban siswa dan memberikan informasi sebenarnya. Fase 3 Membimbing pelatihan • • • Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok. Fase 5 Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan • Guru meminta perwakilan kelompok untuk menunjukkan dan C membacakan lembar hasil pengamatan. • Guru menjelaskan struktur dan fungsi pada alat reproduksi manusia. Guru meminta siswa untuk mendiskusikan gambar Fase 4 Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik • Guru bertanya pada setiap kelompok apakah ada halhal yang belum jelas. • Guru meminta perwakilan kelompok untuk mengamati sayatan melintang testis dan ovarium di bawah mikroskop kemudian menggambarnya di buku dan di papan tulis. Guru membagikan gambar yang berbeda pada masing-masing kelompok. • Guru menjelaskan bagian-bagian pada gambar sayatan melintang testis dan ovarium yang digambar oleh siswa • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan.makhluk hidup yaitu berkembang biak.

Evaluasi Soal Post Test 1.1 Alat reproduksi pria Gambar 1. Nunung. Sumber Belajar Nurhayati. Perhatikan keempat gambar di bawah ini ! Berikan keterangan sesuai dengan nomor yang tertera pada gambar ! Gambar 1.• Guru bersama dengan siswa menyusun kesimpulan hasil pembelajaran • Memberikan tugas rumah ( pekerjaan rumah ) I.2 Sayatan Melintang testis . Bandung : Yrama Widya J. Biologi Bilingual Untuk SMA/MA Kelas XI Semester 1 dan 2.

2 No 1 2 3 4 5 6 Jawaban Penis Skrotum Testis Epididimis Vas Deferens Tubulus seminiferus Skor 1 1 1 1 1 1 .4 Sayatan Melintang ovarium Pedoman Penilaian Gambar 1.Gambar 1.3 Alat Reproduksi Wanita Gambar 1.1 dan 1.

7 8 9 10 Uretra Vesicula Seminalis Prostat Saluran Eferen 1 1 1 1 10 Skor total Gambar 1. Perhatikan gambar berikut ! Berilah keterangan pada nomor yang tertera pada gambar! .3 dan 1.4 No 1 2 3 4 5 6 7 8 Jawaban Leher Rahim Endometrium Ovarium Tuba fallopi Uterus Vagina Folikel de Graff Telur Skor 1 1 1 1 1 1 1 1 6 Skor total Pedoman penskoran = skor total x 100 = 16 x 100 = 100 16 16 Lembar Diskusi Siswa 1.

2. Perhatikan gambar berikut ! Berilah keterangan pada nomor yang tertera pada gambar! .