P. 1
TUGAS AKHIR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

TUGAS AKHIR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

|Views: 219|Likes:
Published by Haqqi Hasan Inamul

More info:

Published by: Haqqi Hasan Inamul on Apr 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/03/2014

pdf

text

original

TUGAS AKHIR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA ANALISIS IKLAN SEDEX VERSI EGG

OLEH : INAMUL HAQQI HASAN KELAS/NIM : E / 10.125.10 DOSEN : SRI KUNCORO, S.S.

Iklan ini adalah iklan sebuah jasa pengiriman barang yang memiliki brandname Sedex. Secara keseluruhan, dapat ditangkap bahwa iklan ini menonjolkan kecepatan sebagai nilai lebih dari jasa pengiriman barang ini. Menariknya, iklan ini tidak menggunakan sesuatu yang berhubungan dengan yang diiklankan sebagai objek utama (headline).

Analisis Unsur-Unsur Iklan Geoffrey Leech dalam Mulyawan (2010:9) menyebutkan bahwa secara umum sebuah iklan, khususnya iklan untuk media cetak terdiri atas unsur-unsur sebagai , berikut:

proporsi kecil jika dibandingkan dengan headline. tidak lengkap memuat unsur-unsur seperti yang diungkapkan Leech. keseimbangan. keserasian/proporsi/perbandingan.1. dan sebuah wadah bumbu dapur. kesatuan. Body copy dalam iklan ini adalah teks yang berbunyi TRUST US. Illustration dalam iklan ini adalah gambar dapur dan beberapa perabot dapur yang juga dodominasi warna abu-abu. merupakan penutup iklan yang terdapat pada bagian bawah/akhir iklan. dan diletakkan di tengah dengan proporsi besar. merupakan kepala/pembuka sebuah iklan. sebuah juice extractor. 3. kesederhanaan. merupakan isi iklan yang berisikan informasi atau pesan iklan. . merupakan gambar latar belakang sebuah iklan yang memberi ilustrasi terhadap iklan tersebut. Hasilnya. Analisis Prinsip-Prinsip Penyusunan Desain Prinsip-prinsip penyusunan desain terdiri dari irama/ritme. Dalam iklan Sedex versi Egg ini. Ditulis dengan kelompok jenis huruf sanserif (tanpa kait). 2009:166). berfungsi sebagai eye catcher atau untuk menarik perhatian. Kemudian. berwarna abu-abu. antara gambar orang yang berbaju warna abu-abu. 2. Signature line. 4. dan kejelasan (Sanyoto. 5. dominasi/daya tarik pusat perhatian. kompor. Prinsip kesatuan dalam iklan ini diolah dengan menggunakan warna akromatik yaitu hitam. melainkan hanya dari dada sampai pinggang. Sedangkan Signature Line dalam iklan ini adalah logotype SEDEX berwarna biru dengan efek negatif dan slogan EXPRESS COURIER SERVICE berwarna hitam yang keduanya digambarkan pada sebuah balok berwarna kuning seperti yang biasanya digunakan sebagai pembungkus barang-barang yang akan dikirimkan. putih. dalam lingkungan mayoritas warna akromatik tersebut. WE DELIVER IT FAST . dan latar belakang dapur nampak menyatu. Foto orang tersebut tidak ditampilkan secara penuh. mengenakan baju berwarna abu-abu. Body copy. diletakkan objek dengan warna kuning dan biru yang menghasilkan dominasi. khususnya abu-abu. umumnya berupa logo dan slogan. Headline iklan ini adalah gambar (foto) seseorang yang sedang memecahkan telur seperti hendak memasak telur (menjatuhkan telur ke penggorengan) dan gambar kompor yang terdiri dari enam tempat keluaran api di mana tempat keluaran api yang di tengah-depan sedang menyala. dan abu-abu sebagai mayoritas. merupakan tampilan produk yang diiklankan. Standing details. Di sana nampak terdapat rak yang menempel di dinding. Headline. beberapa toples. Sementara kompor berwarna abu-abu dan hitam dengan nyala api berwarna biru. proporsi. dan diletakkan di kanan bawah. Illustration. karena tidak memiliki standing details.

Sedangkan keseimbangan asimetris nampak pada illustration dan signature line. Dalam iklan ini. mata penglihat akan ditarik ke bagian kanan bawah karena adanya objek signature line berwarna kuning dan biru cerah yang menonjol. dan dapur. Prinsip keseimbangan yang digunakan iklan ini adalah keseimbangan simetris sekaligus keseimbangan asimetris. 2009:282). Hal ini membuat penglihat bertanya-tanya apa maknanya. 2009:270). Dominasi pertama adalah gambar telur yang dipecahkan dengan warna kuning cerah dan terletak di tengah. sehingga desain secara keseluruhan mempunyai kesan dinamis (Sanyoto. iklan ini menggunakan proporsi objek yang keluar dari bingkai. yaitu untuk gambar orang. ada nyala api berwarna biru yang menonjol di antara kompor yang akromatik. Dalam keseimbangan simetris. prinsip kesederhanaan terlihat pula dari penggunaan warna secara keseluruhan. Dapat dipahami bahwa gambar orang tidak ditampilkan secara utuh dengan tujuan memperkuat dominasi telur. Di atas signature line tersebut terdapat body copy bertuliskan TRUST US. Penggunaan keseimbangan asimetris mampu memecah keseimbangan simetris yang berkesan kaku. Dari sana pertanyaan belum sepenuhnya terjawab. Signature line yang berwarna kuning dan biru dengan intensitas tinggi diletakkan di bagian kanan bawah. kesuksesan menarik perhatian juga dibantu oleh prinsip proporsi dan kesederhanaan. dan kompor yang simetris antara sisi kanan dan sisi kiri. Gambar orang yang keluar bingkai tentu berakibat ukurannya sangat besar dan hampir memenuhi bidang. telur. Dari dua langkah dominasi tersebut menciptakan penarik perhatian karena membuat penglihat bertanya mengapa tidak ada wajan penggorengan di sana. hanya ada warna coklat dengan intensitas rendah pada bagian latar belakang. Selain itu. Analisis Makna Iklan Seperti disebutkan di awal. Selain itu. yaitu gambar orang. Secara proporsi. Keseimbangan simetris nampak pada headline. Sementara bagian kanan dari illustration hanya berisi wadah bumbu dapur yang pendek dan berwarna gelap. WE DELIVER IT FAST atau jika . kompor. dan warna kuning serta biru yang berlaku sebagai dominasi.Dominasi dalam iklan ini terdiri dari dua objek yang saling berurutan. 2009:260 -263). Dominasi telur juga dibantu dengan gambar dua tangan yang menuntun mata ke pertemuan kedua tangan tersebut di mana di sana terdapat telur. Selain warna akromatik. hal tersebut memunculkan prinsip kesederhanaan. penarik perhatian dalam iklan ini adalah telur yang seolah-olah akan dijatuhkan ke kompor tanpa wajan penggoren gan. Selanjutnya. Di bawahnya. Telur tersebut mengandung unsur gerak ke bawah yang memberi efek menuntun mata penglihat ke bawah. dominasi selalu terdapat pada poros tengah (Sanyoto. Objek yang keluar dari bingkai akan kehilangan bentuk dan tidak mendominasi lagi (Sanyoto. hal tersebut diimbangi dengan illustration yang lebih berat bagian kiri karena adanya juice extractor berukuran tinggi dan berwarna cerah (warna cerah lebih berkesan berat).

Sadjiman Ebdi. I Wayan. Bali : Udayana University Press. Dengan menggabungkan unsur verbal dan unsur non -verbal di atas. Hipersemiotika Periklanan: Analisis Praktis. . 2009. kami mengirimkan (barang) ini dengan cepat . sehingga Sedex layak dipercaya untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendesak. Dapat dikatakan bahwa iklan ini menggunakan tanda yang berlebihan untuk menjadikan iklan ini menarik dan pada akhirnya akan tersimpan di ingatan penglihat. Orang dalam iklan ini diceritakan berani memecahkan telur padahal belum ada wajan di bawahnya karena ia percaya wajan akan datang dalam sekejap. Daftar Pustaka Mulyawan. di dapat makna bahwa Sedex mampu mengirimkan/menghadirkan wajan penggorengan sebelum telur jatuh ke kompor. Yogyakarta dan Bandung : Jalasutra. 2010. di mana tanda bersifat hiper/berlebihan dan representasinya di dalam kehidupan sosial masyarakat melampaui batas realitas. Sanyoto.diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi Percaya kami. Nirmana: Dasar-dasar Seni dan Desain. Yasraf Amir Piliang dalam Mulyawan (2010:17) menyebutnya sebagai hipersemiotika. iklan ini hendak menyampaikan pesan bahwa Sedex mampu mengirimkan barang dengan sangat cepat. Artinya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->