P. 1
Tugas Mata Kuliah Perilaku Pelanggan

Tugas Mata Kuliah Perilaku Pelanggan

|Views: 333|Likes:
Published by Dounie Ismed Junior

More info:

Published by: Dounie Ismed Junior on Apr 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2013

pdf

text

original

Tugas Mata Kuliah Perilaku Pelanggan

Oleh :

Doni Ismed

H24087110

Program Studi Alih Jenis Manajemen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor 2011

agama dan sekolah. d). Adanya perdebatan tentang istilah budaya tersebut didasari dari adanya 2 pengertian tentang budaya yaitu : 1). Sosialisasi merupakan proses yang digunakan orang untuk mengembangkan nilai. norma-norma yang memberikan kepuasan di dalam masyarakat akan dilakukan oleh masyarakat namun jika norma tersebut memberikan dampak ketidakpuasan bagi masyarakat maka norma tersebut akan punah dengan sendirinya. etnis atau subbagian dari keseluruhan.B B 1. b). Budaya yang dipelajari. 3. Apa menurut anda yang merupakan perubahan terpenting yang akan terjadi pada masa datang? . Budaya dipandang secara mikro (Mikrobudaya) yaitu budaya yang mengacu pada perangkat nilai dan simbol dari kelompok yang lebih terbatas. seperti kelompok agama. Budaya merupakan kompleks nilai. c). Apa yang dimaksud dengan istilah budaya? Mengapa istilah ini menimbulkan kekacauan mengenai maknanya? Jawab : B y atau b y berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah. sikap dan symbol lain yang bermakna yang melayani manusia untuk berkomunikasi. Dari mana konsumen mendapatkan nilai -nilai mereka? Jawab : Konsumen mendapatkan nilai-nilai dari suatu proses. Budaya mengganjar respon yang memuaskan secara sosial. Budaya dipandang secara makro (Makrobudaya) yaitu budaya yang mengacu pada perangkat nilai dan simbol yang berlaku pada keseluruhan masyarakat. 2). dan budaya dan nilai-nilai tersebut diteruskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. diantaranya adalah sbb . seperti suatu bangsa. manusia mendapatkan pembelajaran melalui peniruan atau dengan mengamati proses ganjaran dan hukuman di dalam masyarakat dari anggota-anggota yang mematuhi atau menyimpang dari norma kelompok. gagasan. motivasi dan kegiatan kebiasaan mereka a). Budaya yang ditanamkan. yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai halhal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. 6. Deskripsikan cara-cara di mana iklan yang diarahkan kepada konsumen yang dibesarkan selama era Depresi mungkin berbeda dibandingkan iklan yang diarahkan kepada konsumen era pasca Perang Dunia II. budaya tersebut diteruskan dari satu generasi ke generasi berikutnya terutama melaui keluarga. membuat tafsiran dan mengevaluasi sebagai anggota masyarakat.

Iklan dalam era Depresi menekankan pada nilai-nilai keterjaminan. pendapatan dan kekayaan mempunyai kepentingan kritis karena orang yang mereka kerjakan untuk nafkah tidak hanya menentukan berapa banyak yang harus dibelanjakan tetapi juga menentukan kehormatan yang diberikan kepada anggota keluarga.Iklan pada era Depresi. Interaksi. patriotism dan pemerolehan serta perlindungan bahan material dan berfokus pada Baby Boomers suatu kelompok konsumen dengan usia dan pengalaman serupa.Jawab : . .Iklan pada era Pasca Perang Dunia II Iklan dalam era Pasca Perang Dunia II mengekspresikan kesadaran dan perhatian akan orang lain. kehormatan dan respek. . gaya hidup konsumen yang berubah. namun Dosen memiliki kelas sosial yang lebih tinggi. karena belum tentu orang yang memiliki pendapatan yang lebih besar memiliki kelas sosial yang lebih baik dibanding orang yang berpendapatan rendah. pekerjaan yang dilakukan oleh konsumen sangat mempengaruhi gaya hidup mereka dan merupakan satu-satunya basis terpenting untuk menyampaikan prestise. perubahan yang dapat dihubungkan dengan proses penuaan dan yang dihubungkan dengan peristiwa dari periode tertentu. yaitu : a). Indikator yang tepat antara lain. B B IV 2. Kekayaan adalah hasil akumulasi pendapatan masa lalu dan kekayaan adalah sumber pendapatan masa dating yang memungkinkan keluarga mempertahankan kelas sosialnya yang tinggi dari generasi ke generasi. karena orang merasa paling senang bila mereka berada bersama orang dengan ilai dan perilaku yang sama. Perubahan yang terpenting yang akan terjadi adalah perubahan sikap sosial. perubahan ini dibentuk oleh lembaga seperti keluarga. agama dan sekolah sehingga pengasingan budaya yang akan terjadi pada masa mendatang tergantung pada lembaga tersebut berubah. perhatian sosial pada persoalan hak dan warga sipil. Contoh : Seorang tukang sapu senior memiliki pendapatan yang lebih besar dibandingkan Dosen pada umumnya. Pekerjaan. Pendapatan tidak langsung berpengaruh terhadap kelas sosial. Dengan cara apa pendapatan berhubungan dengan kelas sosial? Mengapa pendapatan begitu sedikit digunakan sebagai indikator kelas sosial? Apa seharusnya nilainya yang tepat sebagai indikator? Jawab : Variabel Ekonomi. determinan utama dari kelas sosial seseorang. Pekerjaan. b).

yang menciptakan upaya untuk memperagakan simbol dan perilaku nonkelas. Apa alasan anda untuk masing-masing kasus? Jawab : Barang seperti jeans desainer. eyeliner. cat rumah dan kamera 35mm dalam keputusan pembeliannya dipengaruhi oleh kelompok acuan karena memberikan . Orientasi Nilai. B BV 1. Kesadaran Kelas. anggur. cat rumah. 4. yang lebih terlihat eksklusif bagi para konglomerat dan berprinsip penggunaan kegiatan waktu senggang yang baru akan datang dari orang dengan status yang sama atau sedikit lebih tinggi dibandingkan pemakai lainnya. oli motor. kepercayaan bersama mengenai bagaimana orang berperilaku. tetapi yang lain tidak sepakat. Kelompok produk waktu senggang dari sebuah konglomerat besar terus mencari produk tambahan untuk meluaskan pasar dan penetrasi tambahan untuk produk yang sudah ada. e). serealia untuk sarapan. Munculnya Kontra Budaya selama era Vietnam dan dasawarsa tahun 1970-an. jangkauan tertentu dengan berapa sadar orang bersangkutan akan kelas sosial di dalam suatu masyarakat d). Beberapa pengamat Amerika kontemporer percaya bahwa kelas sosial menurun kepentingannya dan kehadirannya. mesin cuci piring dan kamera 35mm.Munculnya Budaya Kaum Muda tahun 1960-an dan 1970-an menyebabkan kepentingan yang lebih besar ditempatkan pada simbol dan perilaku kaum muda yang memperlihatkan peragaan parody . Untuk produk yang mana dari produk-produk berikut ini anda akan mengharapkan pengaruh pribadi sebagai faktor dalam keputusan pembelian? Minuman ringan. tetapi yang lain tidak sepakat. jeans desainer.c). Kesimpulan apa yang akan berguna dalam mendesain strategi pemasaran yang dapat dicapai sehubungan dengan kelas sosial dan waktu senggang? Jawab : Strategi yang dapat dilakukan yaitu mendesain suatu produk waktu senggang disesuaikan dengan kelas sosial. 6. keberhasilan seseorang dari suatu pekerjaan dan sebagai suatu pembeda dalam pekerjaan yang sama. Prestasi Pribadi. Jawab : . Ikhtisarkan analisis anda dari apa yang telah terjadi dalam tahun-tahun belakangan pada kelas sosial di Amerika Serik at dan negara-negara lain. karpet. baik pada sikap kontrabudaya maupun realitas ekonomi pendapatanyang terbatas.

Terpisah dan berhubungan. oli motor. keputusan konsumsi dipengaruhi oleh jenis keluarga di mana individu menjadi anggota. Barang seperti minuman ringan. 3. serealia untuk sarapan. yaitu : 1). Banyak produk dibeli oleh konsumen ganda yang bertindak sebagai unit keluarga. Ketika pembelian dibuat oleh individu. anggur. Apakah salah satu dari produk di dalam pertanyaan 1 tunduk pada pengaruh pribadi yang berasal dari kepatuhan normatif? Ekspresi nilai? Dari pengaruh informasi? Jawab : Ya dipengaruhi. Apakah suami atau istri yang mempunyai pengaruh paling besar atas keputusan pembelian? Uraikan jawaban anda. eyeliner. Beberapa studi perilaku konsumen berpendapat bahwa keluargalah.standar dan nilai yang dapat menjadi perspektif penentu mengenai pembelian barang tersebut. Jenis keluarga ini dibedakan berdasarkan tingkat kohesinya (pertalian emosi). Jawab : Tidak dipengaruhi baik suami maupun istri. yaitu kesulitan dalam mempelajari keluarga sebagai organisasi. Apa saja keuntungan dan kerugian penggunaan keluarga sebagai unit analisis? Jawab : Keuntungan penggunaan keluarga sebagai unit analisis. tingkat otonom yang tinggi didorong dan anggota keluarga mengerjakan urusan mereka sendiri. karpet dan mesin cuci piring di pengaruhi oleh pengaruh pribadi dalam proses pembeliaannya karena baik pembeliannya dan penggunaannya memiliki keterlibatan yang tinggi dan resiko yang dirasakan atas produk tersebut oleh konsumen. yaitu : 1). B B VI 2. keputusan pembelian individu bersangkutan mungkin sangat dipengaruhi oleh anggota lain dalam keluarganya Kerugian penggunaan keluarga sebagai unit analisis. 3. . ekspresi nilai dan pengaruh informasi (Kelompok Acuan) merupakan variabel yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian terhadap produk barang maupun jasa. bukan individu yang harus menjadi unit analisis dalam perilaku konsumen. 2). kepatuhan normatif. 2). Sistem Terlepas. individu dapat mengalami dan menyeimbangkan dengan menjadi bebas dari berhubungan dengan keluarga mereka.

3). ada identifikasi tinggi dengan keluarga. . Keputusan pembelian dipengaruhi persepsi keseluruhan atas suatu barang oleh konsumen. Keputusan konsumsi keluarga sendiri melibatkan setidaknya lima peranan. anak atau anggota keluarga lain dalam rumah tangga. istri. salah satu pihak (suami/istri) berlaku dominan dalam pengambilan keputusan. yang masing-masing peranan mungkin dipegang oleh suami. Sistem Terlibat. sehingga cenderung mengerjakan kebanyakan hal secara bersama dan memlih sebagainya yang sama. sehingga apabila untuk kategori produk barang/jasa tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->