LAPORAN JOB TRAINING HOUSEKEEPING DEPARTEMENT KUSUMA SAHID PRINCE HOTEL SOLO

Disusun Oleh : ADIMAS WIRAWAN

KHARISMA INDONESIA HOTEL SCHOOL

2010
LEMBAR PENGESAHAN

Laporan hasil On The Job Training ini telah disetujui dan diterima oleh Exc. Housekeeper, Human Resource Manager, untuk memenuhi tugas setelah

melaksanakan On The Job Training Periode 7 Juni ± 7 Desember 2010 Untuk dapat memperoleh sertifikate On The Job Training Di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo Pada : Hari : :

Tanggal

Mengetahui, Human Resources Manager Asst. Exc. Housekeeper

Eko Wahyudi, SH

H. Soeharto, SE

Training Manager

Siti Wildianni Rahma

ii

keteguhan pikiran dan pendirian yang diiringi oleh kesabaran adalah merupakan senjata arnpuh dalam menghadapi berbagai masalah dan perjuangan. iii . optimis selalu bahwa kita sanggup.  Pengalaman adalah hal yang terpenting dalam hidup kita  Jangan pernah menyerah sebelum mencoba.MOTTO  Keteguhan hati.

Penulisan laporan tersebut terfokus pada Housekeeping Departement di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo yang merupakan hasil laporan On The Job Training (OJT) selama 6 bulan di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo. Kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan guna melengkapi kekurangan dalam mencapai kesempumaan penulisan laporan ini. karyawan.KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah Swt atas segala kenikmatan yang telah diberikan-Nya sehingga On The Job Training (OJT) di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo. iv . dorongan dan arahan dari semua pihak. 2. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pembaca semua. Executive Housekeeper Kusuma Sahid Prince Hotel 4. Laporan tersebut diajukan untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menempuh tugas akhir. Human Resources Manager Kusuma Sahid Prince Hotel 3. General Manager Kusuma Sahid Prince Hotel. Bapak/Ibu Guru Pembimbing Kharisma Indonesia Hotel School 5. Seluruh Staff.dan teman-teman terutama di Department House Keeping Mudah-mudahan segala kebaikan semua pihak mendapat balasan dari Allah SWT. Oleh karena itu. Penulisan laporan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan penulis tentang perhotelan khususnya Housekeeping. tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Penulisan laporan tersebut mendapat bantuan. pada kesempatan tersebut penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada: 1.

......... Pembagian Kerja Housekeeping ........................................................ HALAMAN MOTTO ......................................................................... Tujuan Jon Training .......................................... Sejarah Kusuma Sahid Prince .................... Latar Belakang ....... Tempat Dan Waktu Job Training ......................................................... B........................ DAFTAR ISI ................................. D........................................................... LAMPIRAN i ii iii iv vi 1 2 2 2 3 5 6 6 9 10 10 15 16 16 v . B................................ BAB I PENDAHULUAN A............. C..... Operasional Di Housekeeping ............................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ... Teknik Pengumpulan Data ............... C................................................................... Hubungan Kerja Housekeeping Dengan Departemen Lain ............................................. F...................................................................................... D......................................................................................... BAB II ULASAN UMUM A.. B.......................................................................... Organisasi Di Housekeeping Departement ........ Saran .............................. BAB IV PENUTUP A.. KATA PENGANTAR ........................................ HALAMAN PENGESAHAN ................. E.......... Profil Kusuma Sahid Prince .................................................................................... Kesimpulan ....................................... Definisi Dan Ruang Lingkup Housekeeping .................. B................................ Kode Dan Istilah ............................ BAB III HOUSEKEEPING DEPARTEMENT A.........

office. meeting room. Produk utama yang di hasilkan suatu hotel adalah kamar. Kepuasan tamu merupakan tujuan yang paling utama dan perlu 1 . Semakin besar perkembangan industry pariwisata di Indonesia saat ini. sangat berpengaruh besar bagi pertumbuhan sosial dan industry lain yang erat kaitannya dengan sektor pariwisata itu sendiri. Salah satu department yang berperan penting dalam hal operasional di sebuah hotel adalah Housekeeping department. restaurant. memelihara. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya perkembangan industry pariwisata di Indonesia dan segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata.yang dikelola secara komersil serta memenuhi ketentuan dan persyaratan yang ditentukan. Latar Belakang Tahun demi tahun. Dalam upaya meningkatkan usaha pengembangan pariwisata. serta tempat khusus karyawan demi terciptanya suatu keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel. terdapat berbagai macam department yang berdiri guna memeperlancar operasional hotel itu sendiri. oleh karena itu penyediaan kamar memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah usaha perhotelan. termasuk pengusahaan obyek dan daya tarik wisata serta usaha sarana wisata dan usaha selain yang terkait di bidang tersebut. industri pariwisata di Indonesia terus semakin meningkat dan berkembang. guest room. guna memberi kemudahan bagi para wisatawan antara lain dengan didirikannya Hotel.BAB I PENDAHULUAN A. makan. sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya. minum. Didalam sebuah hotel. Akomodasi mempunyai jenis yang bermacam-macam. dan merawat kebersihan ruangan hotel baik bagian public area. Housekeeping adalah suatu Department yang bertugas menjaga. serta jasa lainnya bagi umum. Hotel itu sendiri adalah salah satu akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan. salah satu upaya yang perlu diperhatikan khusus adalah dalam hal akomodasi.

Website: www.com. C. D. Mengenal lebih jauh tentang industry perhotelan. 2 . 2.kusumasahid. Telp. 2. yang terletak di Jl. TUJUAN JOB TRAINING Adapun tujuan Job Training di kusuma Sahid prince hotel Solo adalah sebagai berikut: 1. 3. Untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai. 3. B. bahkan penulis tkut terlibat langsung dalam Operasional di Housekeeping Departement. Mengetahui lebih luas tugas dan tanggung jawab Housekeeping Departement. Observasi langsung Yaitu penulis turut ikut serta dalam hal pengerjaan tugas ± tugas yang di lakukan para senior setiap hari. Wawancara (interview) Yaitu penulis melakukan Tanyajawab secara lisan dan langsung dari sumber informasi. penults menggunakan metode sebagai berikut : 1.Indonesia. diantaranya dengan Executive housekeeper.Email: hskusuma(g)indo. 20 Solo 57111 Central Java .net. Mempraktikkan teori . supervisor. Pengamatan (observasi) Yaitu mengadakan pengamatan langsung di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo.teori yang telah di dapat di bangku sekolah.diperhatikan dengan baik agar tamu merasa nyaman dan puas selama tinggal di hotel. Sugiopranoto no. Tempat dan waktu Job Training Tempat yang penulis pilih yaitu Kusuma Sahid Prince Hotel Solo.id. Dalam pengambilan data sebagai bahan penults tugas akhir. Teknik pengumpulan Data. Fax (0271) 644788. (0271) 646356. karyawan maupun pihak lain yang yang memberikan informasi yang dibutuhkan.

2 km dari terminal bus Tirtonadi. Luxury d. Tempat ini berjarak kira-kira 15 km dan Bandara Adi Sumarmo. Superior f. 101 kamar dengan rincian sebagai berikut: a. 2 km dari Stasiun kereta api Balapan. hotel ini memiliki fasilitas antara lain : 1. Cabanas g.BAB II ULASAN UMUM A. Meeting Room Kusuma Sahid Prince Hotel memiliki lima buah ruang utama yaitu: a. Sriwedari 1) Theatre Style berkapasitas 150 orang 2) Class Room Style berkapasitas 100 orang 3) Standing party berkapasitas 100 orang 4) U -shape Style berkapasitas 80 orang 3 . Executive Suite e. Moderate : 6 kamar : 2 kamar : 13 kamar : 25 kamar : 18 kamar : 36 kamar 2. Sebagai hotel bintang lima. Pantiarjo 1) Theatre Style berkapasitas 150 orang 2) Class Room berkapasitas 100 orang 3) Standing party berkapasitas 100 orang 4) U ² shape Style berkapasitas 60 orang b. Prince Suite c. Profil Kusuma Sahid Prince Hotel Solo Kusuma Sahid Prince Hotel terletak di Jalan Sugiyopranoto no. 500 m dari Istana Mangkunegaran dan 1 km dari Keraton Kasunanan Surakarta. Indra Loka Royal Suite b. 20 Solo 57111.

blanc Style berkapasitas 30 orang 4) U-shape Style berkapasitas 30 orang d. Gambir Sekethi Coffee Shop Terletak di sebelah timur lobby. Dewandaru 1) Theatre Style berkapasitas 40 orang 2) Class room berkapasitas 20 orang.fasilitas demi kepuasan para tamu yaitu: 1. Selain itu. seperti swimming pool. batik store. parking area. taxi. hotspot area dan lain sebagainya. Tirtasari 1) Theatre Style berkapasitas 400 orang 2) Class room Style berkapasitas 200 orang 3) Standing party berkapasitas 200 orang 4) U-shape Style berkapasitas 150 orang Di Kusuma Sahid Prince Hotel. massage dan beauty salon.c. 3) U-shape Style berkapasitas 25 orang e. ada banyak sarana lainnya. Teratai 1) Theatre Style berkapasitas 30 orang 2) Class Room Style berkapasitas 20 orang 3) O . disediakan pula fasilitas . Pool Café Terletak di depan fitness centre. drugstore. di dekat kolam renang. serta diiringi life music entertainment 3. fitness centre. 4 . laundry and dry cleaning service. Madugondo Bar Terletak di sebelah utara Coffee Shop. menyediakan spesial menu Oriental. maupun European dalam suasana yang klasik dan elegan. menyediakan berbagai menu minuman. 2. baik yang alcohol maupun non alcohol.

Y Retno Pumomo yang bemama Pangeran Abimanyu yang bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Kusumoyudho. pemilik PT. HB X memiliki putra dari Garwa Selir K. Pada tanggal 26 Oktober 1974 Bapak Sukamdani manjadikan bangunan itu sebagai sebuah hotel yang dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan hotel oleh Gusti Kanjeng Putri Mangkunegoro VII dan penanaman prasasti oleh Presiden Sahid Group. maka pada tanggal 8 Juli 1995. perusahaan dagang yang bergerak di bidang assembling sepeda dan mesin jahit. Sukamdani Gito Sardjono. Kemudian pada tahun 1970. bertepatan dengan HUT ke-18. Seiring dengan pelaksanaan program pemerintah untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sejarah tersebut terukir pada masa era Hamengkubuwono X Raja Keraton Surakarta.R. Gitosardjono. Sejarah Kusuma Sahid Prince Hotel Kusuma Sahid Prince Hotel Solo. Bapak Sukamdani S.A. Bp. Dalam perkembangannya sebagai hotel. Kusuma Sahid Prince Hotel diganti namanya menjadi Hotel 5 . Pada tahun 1956. memiliki latar belakang sejarah yang panjang dan penting. Ndalem Kusumoyudho dijual kepada H. Mursidi Effendi. Pada tahun 1961. Pembangunan hotel selesai pada tahun 1977 dan diresmikan pada tanggal 8 Juli oleh Bapak Ahmad Tahir. kemudian Ndalem Kusumoyudho dipakai putra-putri beliau. Sekertaris Jenderal Departemen Perhubungan.B. Pangeran Kusumoyudho wafat. manajemen hotel melakukan penambahan 18 kamar Cabanas pada tahun 1977 dan diikuti penambahan 36 kamar Moderate pada tahun 1980. IFCO. sehingga Kusuma Sahid Prince Hotel memiliki kamar sejumlah 82 unit dengan kategori hotel bintang tiga. Mursidi menjual Ndalem Kusumoyudho kepada Bp.B. Rumah tersebut terkenal dengan nama Ndalem Kusumoyudho yang dulunya diberi nama Istana Mangkunegaran oleh PB X. oleh ahli waris. Peresmian Kusuma Sahid Prince Hotel menjadi hotel berbintang empat dilaksanakan pada tahun 1985 dengan penambahan berbagai fasilitas hotel lengkap dengan keunikan sejarah yang ada di dalam hotel ini. Pangeran Kusumoyudho kemudian diberi rumah tinggal yang cukup besar oleh ayahandanya.

Selain dari orisinalitas arsitektur dan benda-benda khas budaya Jawa yang dimiliki. Hotel Sahid Kusuma memiliki 121 kamar. Hotel Sahid Kusuma memiliki kamar-kamar yang bersejarah diantaranya kamar yang sekarang dinamai Melati Room. beliau menjadikan Hotel Sahid Kusuma sebagai tempat favoritnya. dengan tetap mempertahankan ciri khasnya yaitu pelestarian budaya Jawa melalui sejarah dan arsitektur bangunan yang dipertahankan dipadukan dengan pelayanan yang profesional dengan fasilitas-fasilitas modern untuk menyambut tamu-tamu yang datang berkunjung. 6 . Peresmian nama ini juga seiring peresmian atas penamaan kamarkamar Extention yang terdiri dari kamar-kamar Suite serta Griyadi Sahid Kusuma.aktivitas rutin dalam kedudukannya sebagai Raja Keraton Kasunanan Surakarta. Executive suite yang juga disebut kamar Kelangenan ini menjadi tempat tinggal serta tempat bagi beliau mengerjakan aktivitas . unit kamar yang baru dengan 20 unit kamar. Selama 20 tahun. Putra Paku Buwono X. Dengan keunikan-keunikan sejarah dan arsitektur tersebut. hal ini terlihat secara fisik yaitu bangunan Hotel Sahid Kusuma Solo ini hanya mengalami sedikit perubahan yang disesuaikan antara fungsionalitasnya sebagai hotel dan sebagai warisan budaya. merupakan kamar yang dulunya dihuni oleh tokoh-tokoh terkenal seperti Ratu Wihelmina dan Pangeran Bernard dari Belanda. sampai mantan Presiden RI Megawati Sukarno Putri serta sejumlah tokoh dari Malaysia. Vietnam juga beberapa menteri Orde Baru. Sehingga. Bahkan semasa Keraton Kasunanan Surakarta di bawah pemerintahan Raja Paku Buwono XII. Paku Buwono XII melalui hari-harinya di kamar 105 yang merupakan salah satu bungalow di Widorokandang Hotel Sahid Kusuma.Sahid Kusuma. Hotel Sahid Kusuma mantap memposisikan diri sebagai the Heritage Hotel.

BAB III HOUSEKEEPING DEPARTEMENT A. dan kelestarian ruangan dan perlengkapan yang ada di dalam sebuah hotel. Taman. Tugas dan tanggung jawab Housekeeping antara lain meliputi area: 1. diantaranya yaitu : 1. keindahan. baik secara menyeluruh maupun administrasi. Gang (coridor) 3. 2. masingmasing section. Ruang tamu (guest room) 2. Ruang kantor (office) 5. baik di dalam dan di luar ruangan 9. Pembagian tugas di Housekeeping Department Di dalam Housekeeping Department di bagi menjadi beberapa section. Loker karyawan(employed locker) 8. perlengkapan kamar tamu dan sekitamya. Housekeeping Office Section Bertugas dalam mengurus administrasi dan komunikasi seluruh kegiatan di Housekeeping Department. penataan. perawatan. kebersihan. Sedangkan pengertian Housekeeping Department adalah bagian dari suatu hotel yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan. Toilet tamu (guest toilet) 6. Floor Section Bertugas dalam memelihara kebersihan dan kerapihan. Halaman parkir (parking area ) B. Kolam renang (swimming pool) 10. Restauran dan Bar 4. Definisi dan ruang lingkup Housekeeping Housekeeping adalah suatu Department yang bertanggung jawab atas kebersihan hotel di dalam operasional sebuah hotel. 7 . Toilet karyawan (employed toilet) 7.

8) Tempat tidur didorong seperti semula. ditarik ke atas dengan menutupi blanket 5) Kemudian sheet ke 2 di lipat tepat di atas blanket. garis lipatan tepat di tengahtengah bed . ashtray. Roomservice tray. Mengetuk pintu. kemudian kembali membawa linen bersih dan guest supplies baru. 8 . 3) Tebarkan blanket tarik kurang lebih 30 cm dari ujung bed. menyebutkan nama jabatan dan greeting b. lanjutkan dengan membersihkan Bathroom dan melengkapi guest supplies yang ada di Bathroom. atau menekan bel. Melaporkan Roomboy possition ke Housekeeping office. Stripping linen dan menaruh di troli. Membuka vitrage dan drapperies. dan membawa gelas kotor ke bathroom untuk di cuci. d. g. j. c. Mendusting semua furniture dan melengkapi guest supplies. i. l. h. 4) Sheet ketiga dibentangkan dengan posisi halus di atas. Making bed.Langkah-langkah dalam pengerjaan kamar adalah: a. Membawa perlengkapan dan cemicai imtuk membersihkan bathroom. k. kemudian Tebarkan sheet pertama dengan permukaan halus di atas. Membersihkan sampah. Memperhatikan kamar apabila ada barang-barang tamu yang tertinggal terutama kamar yang berstatus CO (Check Out). buat lipatan di setiap sudut dan masukkan ke bawah bed. 7) Memasang pillow case dan menutup dengan bed cover. 2) Sheet kedua dibentangkan diatas sheet pertama dengan permukaan halus dibawah. Menyalakan lampu apabila ada kerusakan. mematikan lampu dan mengunci pintu. Membersihkan lantai. f. e. 6) Setelah dilipat semuanya dimasukkan ke bawah bed dan rapikan. Langkah-langkah dalam making bed: 1) Tank bed terlebih dahulu untuk memudahkan. kemudian menutup jendela. Setelah selesai mengerjakan Bed room.

c. Menyiapkan karangan bunga untuk acara . Mengganti bunga untuk FO. Clear up bunga setelah dipakai. Membersihkan semua furniture dengan cara dusting termasuk standing astray. Membersihkan pintu. Menjaga keselamatan para perenang. Membersihkan Lobby Area dan sekitamya. d. Menyiapkan tanaman pergantian di lobby dan meeting room. tugas dari Houseman di antaranya: a. e. Linen Section Bertugas mengumsi seragam karyawan dan juga linen-linen yang dipakai di Room. Memelihara kebersihan kolam renang. b. 6. Menjaga kualitas air setiap hari. b. 7. c. 4. Gardener Section Bertugas memelihara dan merawat taman dan tanaman-tanaman di hotel. Membersihkan lantai koridor dengan cara memvacum untuk lantai karpet dan sweeping dan shipping untuk lantai biasa. lobby. Houseman Section Bertugas memelihara kebersihan dan kerapian public area hotel. b. Membersihkan Public toilet. 9 . 5. d. jendela. Florist Section Bertugas: a. bar dan juga restaurant. c.acara tertentu. Swimming Pool Section Bertugas: a.3.

Melaporkan status kamar. Pengangkatan dan pengadaan pegawai b. Informasi tentang adanya tamu yang akan check-in dan chek out. Hubungan Housekeeping Department dengan Laundry. Melaporkan apabila ada penemuan barang milik tamu yang tertinggal di hotel. Hubungan Kcrja Housekeeping Department Dengan Department Lain. Kejujuran dan kesopanan. b. a. Hubungan Housekeeping Depatment dengan Enginering Meliputi perbaikan dan pemeliharaan alat-alat yang di pakai di Housekeeping. Housekeeping Department dengan Front Office. Hubungan Housekeeping Department dengan Food and Beverage Department a. antara lain: 1. 3. Latar belakang pendidikan. Sehat jasmani dan Rohani 3. 2. Meliputi pencucian pakaian tamu. 6.Syarat-syarat yang harus dimiliki oleh staff di Housekeeping Department. Kecerdasan dan ketepatan akan waktu. 4. 5. Pemutusan kerja serta cuti karyawan. Hubungan Housekeeping Depatment dengan Personalia. b. Pengawasan oleh security pada area-area housekeeping. b. Pengiriman fruit basket untuk tamu VIP. pakaian karyawan serta pencucian linen yang dipakai oleh Housekeeping. 5. 4. a. Pelatih pegawai c. Keamanan barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu. 2. Housekeeping Department dengan Security a. c. C. 10 . Pelayanan room service kepada tamu. Sanggup menerima kritikan. 1.

menjaga kebersihan dan kerapian diri. Datang 15 menit sebelum bekerja b. Organisasi Di Housekeeping Departement STRUKTUR ORGANISASI HOUSEKEEPING DEPARTEMENT KUSUMA SAHID PRINCE HOTEL Executive Housekeeper Asst.D. seorang Staff Housekeeping harus: a. Housekeeper Floor Supervisor Public Area Supervisor Garden Supervisor Roomboy / room maid Linen Attendant Houseman attendant Pool Attendant Gardener Floris E. Penerimaan informasi a. Exc. Morning briefing. telepon seluler hams dimatikan. Operasional Housekeeping Department Operasional kerja para staff Housekeeping Department meliputi: 1. Prepare / persiapan diri Sebelum mengerjakan tugas. log book. Menerima informasi mengenai status kamar lewat papan informasi. c. b. 11 . Mengambil floor key sesuai dengan sectionnya. tidak boleh mengenakan perhiasan mencolok dan apabila bertugas. 2. Persiapan mengenakan uniform. Menulis dan mencatat status kamar dan informasi yang terkait di roomboy sheet.

c. roomboy hams mengecek apakah kamar perlu dibersihkan sekarang atau nanti. Equipment 1) Cleaning Equipment a) Trolley Kereta dorong Roomboy yang digunakan untuk membawa perlengkapan kerja. 6. Persiapan di roomboy section Meliputi pengecekan linen. b) Vaccum Cleaner Penyedot debu yang digunakan untuk membersihkan lantai karpet. b. Fasilitas-fasilitas Room Section Alat atau fasilitas yang dibutuhkan sebagai saran untuk memperlancar operasional kerja housekeeping. roomboy hams benar-benar mengecek apabila benar-benar vacant Cleant (VC). mengganti tanaman yang layu dengan yang baru. Pembersihan Public Area Kegiatan pembersihan public area meliputi: a. d. kemudian dicatat di roomboy sheet lalu dimasukkan ke dalam trolley. antara lain: a. guest supplies. Mengecek status kamar a.3. Untuk kamar isi/occupied (0). Membersihkan semua furniture dengan cara mendusting. c) Bottle Sprayer Alat yang digunakan untuk menyemprot obat-obatan pembersih. Merawat pot tanaman. d) Broom Digunakan untuk menyapu lantai 12 . Apabila kamar berstatus vacant (V). pintu. Membersihkan lantai koridor   Memvacum carpet. 4. Sweeping dan stripping untuk lantai yang bukan karpet. 5. Membersihkan jendela. b.

b) Dressing chair and mirror c) Dressing table d) Night table lamp e) Bedside table f) Sofa g) Refrigerator h) Television 13 . h) Hand glove Sarung tangan untuk melindungi tangan dari obat-obatan yang dapat merusak kulit. 2) Room Equipment Perlengkapan kamar bempa perabot rumah tangga yang disediakan hotel untuk tamu yang menginap : a) Kamar tidur (bed) Jenis-jenis tempat tidur.e) Dust pan Digunakan untuk mengumpulkan sampah. f) Squizer Alat pengering yang terbuat dari karet g) Brush Digunakan untuk membersihkan noda-noda pada lantai. j) Toilet bowl Bmsh Yaitu sikat yang digunakan untuk membersihkan toilet bowl. dan lainlain. antara lain :    Single bed Double bed Twin bed : Untuk satu orang tamu : Untuk dua orang tamu : 2 tempat tidur sama yang masing-masing digunakan untuk satu orang. i) Glass wipper Alat yang digunakan untuk membersihkan kaca.

toot brush.i) Luggage rack j) Ashtray k) Coffe table 3) Bathroom a) Wash basin b) Bathtub c) Bath soap holder d) Bath towel rack e) Shower f) Shower curtain g) Toilet bowl h) Toilet paper holder i) Mirror j) Bottle opener k) Towel : .Bath towel . a) Stationery     Lembar map Letter papper Envelope logo Faximile letter 14 . b.Face towel . cotton bud. antara lain. Shampoo.Bat math l) Bath Soap. Supplies Barang-barang keperluan opersional pada room section untuk keperluan tamu (guest supplies) dan obat-obatan pembersih. 1) Guest supplies Perelengkapan yang disediakan hotel untuk keperluan tamu selama menginap. shower cap. Bath foam.sewing kits. comb. sanitary bag.Hand towel .

2) Chemical Cleaning Obat pembersih yang digunakan untuk membersihkan ruangan antara lain: a) Vim Bubuk putih yang dapat digunakan untuk membersihkan porselin. mermer. d) Insect Killer Obat pembersih berwujud eair untuk membunuh serangga. berwama putih yang berfungsi untuk membersihkan furniture.   Lembar brosur Comment card Pencil b) Matches and ashtray c) Telephone information d) Slipper. laundry list e) Dan lain-lain. keramik. h) Pengharum ruangan. 15 . e) Forward Obat pembersih berupa cairan berwama hijau untuk membersihkan lantai porselin dan bath tub. serta wash basin. shoe cleaner. b) Go getter Obat pembersih berupa cairan berwarna biru tua yang digunakan untuk membersihkan filet bowl. g) Glass cleaner Obat pembersih berwujud cairan biro muda digunakan untuk membersihkan kaca atau cermin. f) Shine up Cairan kental berminyak. laundry bag. c) Carpet Shampo Obat pembersih berwujud cair. digunakan untuk membersihkan karpet.

F. namun tidak tidur di hotel ON (Occupied No Luggage) Kamar yang terisi. namun tidak membawa barang OO (Out Of Order) Kamar yang tidak dapat di jual HU (House Use) kamar yang digunakan karyawan Hotel EA (Expected Arrival) ED (Expected Departure) DD (Dont Disturb) DL (Double Lock) Skipper (Tamu yang chek out tanpa menyelesaikan pembayaran) 16 . j) Trussol Cairan berwama kuning untuk menghilangkan bau amis pada bath room.i) Metal polish Cairan putih kental untuk mengkilapkan segala macam bahan metal. V (Vacant) Kamar kosong dan siap untuk di jual O (Occupied) Kamar yang sudah terisi SO (Sleep Out) Tamu yang sudah terdaftar. Kode dan istilah :              CI (Chek In) CO (Chek Out) tamu yang sudah meninggalkan hotel.

Menambah fasilitas lengkap guna menambah kepuasan tamu-tamu yang menginap. 2. Meningkatkan kedisiplinan kerja. yang menjunjung tinggi akan nilai kesenian. serta terima kasih bagi para pembaca. A. 3. semoga laporan yang penulis buat dapat bermanfaat bagi para pembaca. Perlu adanya kerjasama yang baik guna memperlancar opersional hotel. Kusuma Sahid Prince Hotel Solo adalah satu dari hotel berbintang 5 di solo. penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: 1. 2. B. kerapian dan kenyamanan di lingkungan Hotel. Pelayanan dan kepuasan tamu merupakan prioritas utama dalam Hotel. 3. Kusuma Sahid Prince Hotel menyediakan berbagai fasilitas guna menunjang akan kepuasan para tamu yang menginap. 17 .BAB V PENUTUP Demikian laporan yang telah penulis susun. 4. Kesimpulan Dari hasil laporan yang telah penulis susun. tanggungjawab karyawaan serta pelayanan kepada tamu. Saran Penulis juga mempunyai saran-saran sebagai berikut: 1. Penulis mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena laporan ini dapat selesai dan juga penulis meminta maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan laporan penelitian. Perlunya meningkatkan kebersihan. Penulis mangucapkan terima kasih banyak bagi semua pihak yang telah membantu dalam penulisan dan survey di Kusuma Sahid Prince Hotel dan memberi banyak informasi bagi penulis.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.