BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Mengetahui besarnya tahanan isolasi dari suatu peralatan listrik merupakan hal yang penting untuk menentukan apakah peralatan tersebut dapat dioperasikan dengan aman. Secara umum jika akan mengoperasikan peralatan tenaga listrik seperti generator, transformator dan motor, sebaiknya terlebih dahulu memeriksa tahanan isolasinya, tidak peduli apakah alat tersebut baru atau lama tidak dipakai. Untuk mengukur tahanan isolasi digunakan Megger (Mega Ohm Meter). Isolasi yang dimaksud adalah isolasi antara bagian yang bertegangan dengan bertegangan maupun dengan bagian yang tidak bertegangan seperti body / ground.

1.2 Rumusan Masalah Dalam makalah ini akan membahas permasalahan tentang : 1. Apa itu megger 2. Fungsi megger 3. Cara mengukur menggunakan megger

1.3 Tujuan Adapun tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut : 1. Merupakan tugas dari mata kuliah pengukuran listrik 2. Mengetahui apa itu megger 3. Mengetahui fungsi dan pemakaian alat ukur dasar listrik yaitu megger 4. Mengetahui cara mengukur menggunakan megger

1

1. 2 . cara mengukur menggunakan megger. kegunaan megger.5 Sistematika Pembahasan Dalam pembahasan ini dimulai tentang apa itu megger. fungsi dari megger.1.4 Manfaat Manfaat dari tugas makalah yang saya buat adalah untuk memberi pengetahuan kepada para pembaca agar mengetahui megger secara mendalam.

Kabel tegangan tinggi 3 . alat rumah tangga dan sebagainya. maka sumber tegangan megger yang dipilih tidak hanya tergantung dari batas pengukur. Besar tegangan tersebut pada umumnya adalah: 500.000 volt dan batas pengukuran dapat bervariasi antara 0. output dari alat ukur ini umumnya adalah tegangan tinggi arus searah. yang diputar oleh tangan. 1. Megger satuannya adalah mega ohm meter.1 Pengertian Megger Megger adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tahanan isolasi dari suatu instalasi atau untuk mengetahui apakah penghantar dari suatu instalasi terdapat hubung langsung.000. Pengujian tersebut dimaksudkan unruk mengetahui apakah peralatan tersebut memenuhi persyataratan PUIL yang telah ditentukan. Megger dengan bateri umumnya membangkitkan tegangan tinggi yang jauh lebih stabil dibanding megger dengan generator yang diputar dengan tangan.000 atau 5. Dalam hal lain alat ukur ini juga dapat digunakan pada peralatan listrik seperti mesin listrik. Kabel tegangan rendah 3.000 meter ohm dan lain-lain sesuai dengan sumber tegangan dari megger tersebut.02 sampai 20 meter ohm dan 5 sampai 5. yang didapatkannya dari baterai sebesar 8 ± 12 volt (megger dengan sistem elektronis). akan tetapi juga terhadap tegangan kerja (sistem tegangan) dari peralatan ataupun instansi yang akan diuji isolasinya. Megger ini banyak digunakan petugas dalam mengukur tahanan isolasi antara lain untuk: 1. Gambar rangkaian dasar megger adalah seperti gambar dibawah.BAB II PEMBAHASAN 2. 2. Dengan demikian. Dewasa ini telah banyak pula megger yang mengeluarkan tegangan tinggi. apakah antara fasa dengan fasa atau dengan nol(tanah). Kabel instalasi pada rumah-rumah/bangunan 2.

Dimungkinkan juga akan menimbulkan percikan api yang bisa mengakibatkan kebakaran.4.5 Meg Ohm sedangkan dengan tegangan 1000 VDC adalah 1 Meg Ohm. Gambar rangkaian dasar megger 2. OCB dan peralatan listrik lainnya. Pengetesan dilakukan dengan pengukuran tingkat kebocoran jaringan line/ phase dengan netral dan line dengan ground. 4 . Jika insulasi dibawah 1 Meg Ohm berarti motor dalam kondisi kritis. Jika insulasi motor telah mencapai antara 10 ~ 1 Meg Ohm maka perlu dilakukan preventive maintenance. Sebelum melakukan pengetesan terlebih dahulu dilakukan pemutusan hubungan komponen elektronik dan pilot lamp dengan jaringan. Transformator. Insulasi menjadi salah satu penyebab utama terbakarnya sebuah motor selain masalah elektrik dan mekanik.2 Megger Test (Test Insulasi / Insulation Test) Mengapa kita melakukan pengetesan insulation / megger test ?? Test insulasi dipergunakan untuk mengetahui kondisi konduktor di jaringan. Metode pengetesan bisa dilakukan dengan tegangan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Insulasi yang memadai diperlukan untuk menghindari terjadinya direct contact seperti short circuit atau ground fault. Buruknya insulasi jaringan bisa mengakibatkan terjadinya arus bocor dan bisa membahayakan nyawa seseorang. Sebuah motor akan mengalami penurunan tingkat insulasi karena usia pakai. Batas minimum insulasi yang bisa ditolerir untuk pengetesan dengan tegangan 500 VDC adalah 0.

Ketelitian hasil tergantung dari cukupnya energi yang ada pada baterai. 1 (satu) dihubungkan dengan elektroda yang akan diukur nilai tahanan pentanahannya dan 2 (dua) dihubungkan dengan elektroda bantu yang merupakan bagian dari alat ukurnya.38 M Bila hasil pengukuran lebih dari 0.Rumus Perhitungan Pengukuran Insulation Test 1. E (minimal) Contoh : E =380 V R isolasi = 1000 . Pengukuran Tegangan Menengah dan Tinggi : Mengunakan DC Test Rumus R isolator Arus bocor Max = «««« A 2. digunakan untuk mengukur tahanan pentanahan kerangka kubikel dan pentanahan kabel. 2. 380 = 380.3 Meter Tahanan Pentanahan Biasa disebut dengan Meger Tanah atau Earth Tester.000 = 0. Terminal alat ukur terdiri dari 3 (tiga) buah. Pengukuran tegangan Rendah: Rumus • 1000.38 maka alat tersebut masih bisa dikatakan baik. Meter Tahanan Kontak biasa disebut dengan Micro Ohm meter dan digunakan untuk mengukur tahanan antara terminal masuk dan terminal keluar pada alat hubung 5 .

minyak. posisi jarum berada pada posisi tak terhingga Pemeliharaan 1.dan getaran 6 . yang terdiri dari 2 macam penyidik yaituberwarna merah untuk line dan berwarna hitam untuk earth dan biasanya dilengkapi dengan aligator clip(penjepit buaya) Petunjuk penggunaan: 1. Terminal earth. dihubungkan pada isolator atau rangkaian peralatan yang akan di tes 3. Nilai yang dihasilkan adalah dalam besaran micro atau sepersatu juta ohm. dihubungkan pada pengetesan kawat berisolasi rangkap 5. untuk menguji kondisi bateray di dalam pengukur 6. tes kondisi baterai dengan cara menyentuhkan kedua ujung penyidik lain ke terminal tes penyidik baterai 3. tetapi kemudian nilainya dikalibrasikan menjadi satuan micro ohm. Sebenarnya yang terukur pada alat ukurnya adalah jatuh tegangan antara 2 (dua) terminal yang terhubung dengan alat ukur. debu. Tidak boleh kena sinar matahari langsung 2. Dalam keadaan tidak digunakan . Terminal line.utama kubikel. Penyidik. Papan scala 2. 2. Terminal guard.4 Bagian-Bagian Megger Bagian-Bagian umum megger: 1. Terminal bateray tes. Dua terminal alat ukur yang dihubungkan ke terminal masuk dan keluar akan mengalirkan arus searah dengan nilai minimal 200 Amper. Hubungkan kedua penyidik ke terminal yang tepat 2. dihubungkan pada kawat penghantar yang akan di tes 4. Dibersihkan dari kelembaban.

Switch / tombol ³On´ dan ³Off´. Selektor tegangan pengukuran. 6.5 Prosedur Pengukuran. Socket out put ± (negatip). Perhatikan Gambar Megger Metriso 5000 berikut: Keterangan gambar : 1. Tidak boleh melakukan pengukuran pada perangkat listrik yang tersambung dengan sumber daya Catatan : Suatu rangkaian tahananan isolasinya bagus jika nilai pengukuran dalam Megger melebihi 1000 kali tegangan nominal di bagi 1 juta. 4. 2. 8. Lampu indicator skala pengukuran 3. 5. karena tegangan tersebut akan mempengaruhi hasil pengukuran. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan pengukuran adalah alat yang diukur harus bebas tegangan AC / DC atau tegangan induksi. Socket out put + (positip). Lampu indicator skala pengukuran 2. 3. Selektor skala pengukuran. 9. 7 .3. Lampu indicator skala pengukuran 1 7.

Megger Merk Metriso 5000 dan laksanakan sesuai prosedur pengukuran sebagai berikut : 1) Check batere apakah dalam kondisi baik. 4) Pasang kabel test ke peralatan yang diukur . 8 . ‡ Letakkan saklar pemilih (8) di posisi 500. Pengatur posisi jarum ³Zero Calibrasi´ pada test hubung singkat Perhatikan gambar. bila hasilnya sama pindahkan ke skala 3.10. baca tampilan pada skalanya Bila skala 1 hasil ukur menunjuk. 3) Lakukan elektrikal zero check: ‡ Pasang kabel test pada megger terminal (1) dan (3). ‡ Letakkan saklar pemilih skala (7) pada posisi skala 1. 2) Mekanikal zero check pada kondisi megger off. pindahkan ke pemilih skala 2. Bila dengan pengaturan pointer tidak berhasil (penunjukan tidak mencapai nol) periksa / ganti batere. atur pointer zero (10) pada alat ukur. 5) Pilih tegangan ukur melalui saklar (8) sesuai tegangan kerja alat yang diukur. Catat hasil ukur dan kalikan dengan factor kali alat ukur. Pengatur posisi awal jarum penunjuk. bandingkan hasil ukur dengan standard tahanan isolasi. ‡ On-kan megger. 6) On-kan megger. ‡ Off-kan megger dan ulangi poin pengecekan elektrikal zero. Harga terendah 1 M / kV. serta hubung singkatkan ujung yang lain. bila tidak tepat atur pointer (11).5 ± 1 menit) atau jarum penunjuk tidak bergerak lagi. jarum penunjuk harus tepat berimpit dengan garis skala. jarum akan bergerak dan harus menunjuk tepat keangka nol. dan tunggu sampai waktu pengukuran yang ditentukan ( 0. Bila tidak tepat. 11.

Mengingat pada instalasi terpasang. Semua sakelar lampu dilepas. Cara 9 . Bila kondisi ini sudah tercapai saklar P dilepas.7 Aplikasi Megger Dalam Mengukur Instalasi Listrik Untuk menguji seluruh instalasi. Perlengkpan elektronik dapat rusak jika mendapat tegangan uji yang tinggi. Dalam hal ini ada kecenderungan untuk membuka sakelar dan membiarkan lampu tetap terpasang. Karena itu beban ini harus dilepaskan. Maka jarum akan bergerak kembali dan berhenti pada suatu harga penahan isolasi dengan satuan M. Tangkai generator D diputar dengan cepat .2. maka melepas lampu merupakan pekerjaan yang merepotkan. Hubungan penghantar nol dan penghantar pengaman dari APP dibuka pula di PHB konsumen . sakelar pembatas atau pengaman lebur pada APP dibuka atau dilepas. Dalam jenis beban ini termasuk pula starter elektronik lampu TL. sambil memutar terus tangkai generator dg kecepatan yang sama. semua lampu umumnya sudah terpasang. pengaman lebur atau MCB di PHB semua dalam keadaan tertutup. Saklar P dipijat hingga jarum petunjuk menyimpang kekanan ke angka Nol.6 Gambar Rangkaian Dalam Megger Gambar rangkaian megger Cara kerjanya Penahan isolasi dipasang pada apitan A dan E. Semua kotak kontak harus dalam keadaan bebas dari beban.Ohm 2.

ini tidak diperkenankan mengingat tegangan uji dapat merusak sirkit yang peka pada perlengkapan. Engkol megger diputarkan sehingga membangkitkan tegangan uji dan penunjuk langsung menunjuk harga isolasi.5 MW. Untuk bagian instalasi yang tidak turut diuji maka pengaman lebur dan sakelar utama pada PHB dilepas atau dibuka. mungkin saja penunjukan megger kurang dari 0. Pengujian dilaksanakan seperti diperlihatkan pada gambar dibawah. jadi terdapat banyak jalan paralel ke bumi. Kawat bumi dihubungkan dengan penghantar proteksi dan kawat tegangan dihubungkan dengan penghantar fase pada PHB.5 MW maka nilai resistansi isolasi instalasi seluruh instalasi sudah memenuhi ketentuan. Jika penunjukan menyatakan nilai tidak kurang dari 0. Gambar menguji seluruh instalasi dengan megger 10 . Dalam hal ini pengujian harus diulangi pada sebagian instalasi. Dalam hal instalasi besar dengan banyak sirkit akhir dan sirkit cabang. Pada bagian yang diuji persyaratan minimum resistans isolasi harus dipenuhi.

(online). Suatu rangkaian tahananan isolasinya bagus jika nilai pengukuran dalam Megger melebihi 1000 kali tegangan nominal di bagi 1 juta.com diakses 9 April 2011). (http://google.BAB III PENUTUP 3. 2011. 11 . Megger satuannya adalah mega ohm meter. OCB dan peralatan listrik lainnya.akukan pengukuran alat yang diukur harus bebas tegangan AC / DC atau tegangan induksi. karena tegangan tersebut akan mempengaruhi hasil pengukuran. Sebelum me. transformator. Megger ini banyak digunakan petugas dalam mengukur tahanan isolasi antara lain untuk: kabel instalasi pada rumahrumah/bangunan.1 Simpulan Megger dipergunakan untuk mengukur tahanan isolasi dari alat-alat listrik maupun instalasi-instalasi. DAFTAR PUSTAKA Google. 3.2 Saran Bila hendak melakukan pengukuran pentanahan ataupun pengukuran yang lainnya haruslah melakukannya dengan prosedur yang benar dan selalu mengutamakan faktor keselamatan. yang diputar oleh tangan. kabel tegangan rendah. Gunakan alat dengan benar dan sesuai dengan fungsinya. kabel tegangan tinggi. Megger. output dari alat ukur ini umumnya adalah tegangan tinggi arus searah.