PENELITIAN KASUS DAN PENELITIAN LAPANGAN (CASE STUDY AND FIELD RESEARCH

)
Posted on September 22, 2008 by bibamasud Penelitian kasus adalah suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Ditinjau dari wilayahnya, maka penelitian kasus hanya meliputi daerah atau subjek yang sangat sempit. Tetapi ditinjau dari sifat penelitian , penelitian kasus lebih mendalam. Penelitian kasus dengan penelitian eksperimen untuk satu variabel dapat dikatakan mempunyai kemiripan. Penelitian eksperimen satu variabel mengenai satu subjek tunggal sedangkan penelitian kasus mengenai sebuah unit terpisah yang tunggal misalnya sebuah keluarga, sebuah kelompok atau satuan rumah tangga. Perbedaan antara keduanya terletak pada objek yang ditatap. Dalam penelitian eksperimen satu variabel peneliti mengarahkan perhatiannya hanya pada satu jenis tingkah laku atau dalam jumlah yang sangat terbatas, sedangkan pada studi kasus peneliti mencoba untuk menggambarkan subjek penelitian di dalam keseluruhan tingkah laku. Di dalam studi kasus peneliti mencoba untuk mencermati individu atau sebuah unit secara mendalam. Peneliti mencoba menemukan semua variabel penting yang melatar belakangi timbulnya suatu perkemabangan variabel tersebut. Tekanan penelitiannya adalah: a. Mengapa individu tersebut bertindak demikian, b. Apa ujud dari tindakan itu c. Bagaimana ia bertindak dan bereaksi terhadap linkungannya.

Konsekuensi dari studi kasus yang dilakukan dengan baik adalah bahwa studi tersebut harus dilakukan dengan baik adlah bahwa studi tersebut harus dilakukan dalam waktu yang relatif lama. Peneliti berusaha mengumpulkan data yang menyangkut individu atau unit yang dipelajari memgenai: gejala yang ada saat penelitian dilakukan, pengalaman waktu lampau, lingkungan kehidupannya dan bagaimana faktor-faktor ini berhubungan satu sama lain.

Apa latar belakangnya. artinya dijadikan subjek dalam penelitian kasus. suka membantah. Tujuan Tujuan penelitian kasus dan penelitian lapangan adalah untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang. Ciri-ciri a. kelompok. Studi secara mendalam mengenai seorang anak yang mengalami ketidakmampuan belajar yang dilakukan oleh seorang ahli psikologi. Jika diajar tidak pernah tenang. 2. Contoh a. individu. b. . Sifatnya keras. lembaga atau masyarakat. Penelitian kasus adalah penelitian yang mendalam mengenai kasus tertentu yang hasilnya merupakan gambaran lengkap dan terorganim mengenai kasus itu mengenai penellitian ini antara lain mencakup keseluruhan siklus kehidupan. Penelitian kasus memusatkan perhatian kepada suatu kasus secara intensif dan terperinci mengenai latar belakang keadaan sekarang yang dipermasalahkan. Didalam penelitian tersebut siswa apa sebab mempunyai tingkah laku yang demikian. Studi lapangan yang tuntas mengenai kebudayaan kelompok-kelompok masyarakat terpencil. lain dari yang lain. Studi kasus cenderung meneliti jumlah unit yang kecil tetapi mengenai variabel-variabel dan kondisi yaang besar jumlahnya. kadang-kadang hanya meliputi segmen-segmen tertentu pada faktor-faktor kasus. Sikapnya berang tetapi prestasinya luar biasa baik.Contoh: Disuatu kelas terdapat seorang siswa yang sangat menonjol. 1. Siswa seperti pantas dijasikan kasus . 3. b. dan interaksi lingkungan sesuatu unit sosial. bagaimna sejarahnya dan seterusnya.

http://bibamasud. Apakah yang dijadikan unit studi itu dan sifat-sifat. d. Penelitian ini merupakan perintis bagi penelitian lanjutan.wordpress. Penelitian kasus memberikan contoh yang berguna berdasarkan data yang diperoleh untuk memeberi gambaran mengenai penemuan-penemuan yang disimpulkan dengan statistik.com/2008/09/22/penelitian-kasus-dan-penelitian-lapangan-case-studyand-field-research/ . proses-proses dan interaksi-interaksi yang memerlukan perhatian yang lebih luas. Ia lebih intensif menerangi variabel-variabel yang penting. Penelitian kasus sangat peka terhadap keberatan sebelahan yang subjektif maka hasilnya kurang objektif. Mengorganisasikan data dan informasi yang diperoleh itu menjadi rekonstruksi unit studi yang koheren dan terpadu secara baik. e. Tidak memungkinkan generalisasi yang obyektif pada populasi sebab perincian kasus memang terbatas representatnya.1. Bagaimana unit-unit itu akan dipilih? Sumbersumber data mana yang tersedia. 4. 2. Penelitian kasus sangat berguna untuk berguna untuk informasi latar belakang guna merencanakan yang lebih besar dalam ilmu-ilmu sosial. Metode pengumpulan data mana yang akan digunakan? c. Langkah-langkah pokok a. Merancangkan cara pendekatannya. Mengumpulkan data. saling hubungan serta proses-proses yang mana akan menuntun penelitian. b. Merumuskan tujuan-tujuan yang akan dicapai. Menyusun laporannya dengan sekaligus mendiskusikan makna hasil tersebut. Kelemahan: a. b. juga merupakan sumber hipotesis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful