P. 1
Tutorial Photoshop - Seleksi Rambut

Tutorial Photoshop - Seleksi Rambut

|Views: 213|Likes:
Published by Iman Feehily

More info:

Published by: Iman Feehily on Apr 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/18/2014

pdf

text

original

[Tutorial Photoshop] Rambut Indah Maria Ozawa....

Kk kk semua, permisi yah... mao posting tutorial neh... udah konfirm ama oom admin hehehehe.... Dalam tutorial photoshop kali ini kita akan melakukan seleksi rambut menggunakan fasilitas Channel dan masking. Apa itu channel dan apa itu masking tidak usah dijelaskan yah, yang penting gunakan aja, heheh.... Juga gak usah dibahas kenapa memilih foto tersebut sebagai objeknya.. huehueheuehee.. Apa itu seleksi rambut, singkatnya memisahkan objek dengan backgroundnya untuk dimana objeknya tersebut berambut.. 8) Kenapa dipisahkan? yah biasanya bertujuan untuk penggantian background dengan latar yang lain. Sebelumya tentu saja sediakan fotonya dulu, bagi yang belum punya koleksinya (ah masa sih... ) klik link di bawah ini: 1. Buka gambar tersebut menggunakan photoshop (Gambar A) Otomatis gambar akan menjadi layer Backgroud yang terkunci (tidak bisa di edit), untuk membukanya cukup klik dua kali pada Layer Background tersebut dan klik OK, maka layer Background sudah editable dan berubah namanya menjadi Layer 0 (Gambar B)

Gambar A

Pilih Dodge Tool / atau tekan hurup O (Gambar C) kemudian tentukan nilai nya. brush: 500.. Nah bagian tersebut terlihat agak gelap dibandingkan bagian tubuh yang lain.Gambar B 2. jangan lama-lama ). Kemudian klik bagian kepala menggunakan Dodge tadi (berbentuk bulat seperti brush) Klik satu kali aja yah. (Gambar D) Gambar C Gambar D b. udah terlihat terang kan? (Gambar E) Gambar E . a. range: Midtones. Sekarang kita terangkan warnanya menggunakan Dodge Tool dengan memberinya Midtones (karena kalau pake highlight akan terlalu terang). Perhatikan foto tersebut sejenak terutama di bagian muka (husshh. Exposure: 100%.

Gambar F Gambar G b.3. terutama untuk objek-objek yang tajam /sharp). pen tools digunakan dengan cara mengeklik pada suatu titik kemudian menariknya ke arah titik selanjutnya. Tarik sampai titik akhir bertemu dengan titik awal melalui sekeliling badan foto. begitu seterusnya. Namun ada yang perlu diperhatikan (dan tidak boleh diabaikan tentu saja). (Gambar I) Kenapa begitu? karena area ini nantinya akan kita seleksi menggunakan Channel. Tariklah Pen Tools (tapi bukan drag). kenapa pake ini? yah inilah tools yang paling fleksibel dan mudah digunakan untuk menyeleksi di photoshop. Untuk membuat path. kalau tidak maka sapuan Pen Tools akan menjadi Shape (Objek). sekarang kita menggunakan path untuk menyeleksi bagian badan. (Gambar H) Gambar H c. melainkan lebih ke dalam lagi. tapi jangan lupa pilih Path di toolbar (Gambar G). a. Buat Path Nah. path tidak dibuat di tepi rambut. kita menggunakan Pen Tools (Gambar F). . ketika melewati bagian kepala (rambut).

pastikan ujung path bertemu dengan titik awal tadi sehingga terbentuklah path tertutup (Gambar J) Gambar J e. Lalu bagaimana dengan area ini? .Gambar I d. Nah.

D Pastikan juga path tertutup (Gambar L) juga. . kemudian klik Combine (Gambar N) ...Gambar K Hueheuheueheeue. heuehueeheue ngacaw. tekan tombol Shift (jangan dilepas) kemudian klik path kedua (lengan)... pake Pen Tools jangan pake pen beneran . kita pilih yang Exclude Overlapping Shape Areas. Lihat di bagian toolbar disitu ada beberapa pilihan penggabungan (combine) path.D Kita satukan menggunakan Path Selection Tools (A) (Gambar M) Gambar M Caranya: 1... adil dan makmur. kita buat lagi path baru di area tersebut.. Klik path pertama (badan) menggunakan Path Selection Tool (A). sekarang baru kita gabungkan kedua path tersebut menjadi satu kesatuan yang solid.. (Gambar N) 2. bagi seluruh rakyat Indonesia. Caranya sama. Path yang terpilih akan ditandai dengan kotak kotak disekelilingnya.. Gambar L Nah.. tenang.

. biar gak nyesal di kemudian hari. Disini kita pilih channel yang memberikan perbedaan warna paling kontras antara rambut dan background.. Red Channel does. Pilih Channel Nah. dan Blue. diantaranya RGB. (Gambar O) Gambar O 5. In this case. heheh Caranya. tepatnya diantara pallete layer dan pallete paths Disitu terlihat ada berbeapa channel warna. Green.D Maka kita pilih Red. kita klik 2 kali untuk menyimpannya dan berinama misalnya Body.Gambar N 4. (Gambar P) Gambar P . . Red. klik tab Paths yang ada di pallete Layer. sekarang kita menuju pallete Channel . Sekarang coba klik salah satu channel tersebut? apa yang terjadi dengan gambar? heheh berubah warna yah. Simpan Path Path yang udah cape-cape kita buat sekarang disimpan. dimana? ah. Nah disitu akan terlihat sebuah layer path dengan nama Work Path. deket-deket pallete path juga kok.

. Untuk melakukannya kita pake Dodge Tool (R) dengan memilih Range : Highlights dan exposure antara 30 . a. (dengan konsekuensi tidak menghapus rambutnya loh).50 % (Gambar R) Gambar R b. (Gambar Q) Gambar Q 7. Highlight Menggunakan Dodge Tool Untuk apa? kita menegaskan perbedaan warna latar (background putih) dengan warna rambut (hitam).. Hal ini tentu saja tidak diperbolehkan. Duplikasi Channel Karena channel Red merupakan channel utama dalam gambar. (Gambar S) Gambar S . Sapukan dodge tool di area luar rambut sedemikian rupa sehingga area tersebut menjadi lebih putih. red) Untuk melakukannya klik kanan channel red kemudian klik Duplicate Channel. sehingga terbentuklah channel baru bernama Red Copy. Sesuaikan exposure dan besar brush sesuai kebutuhan. Maka kita perlu melakukan penggandaan channel (duplikasi.6. maksudnya perubahan di channel ini juga akan mempengaruhi keseluruhan gambar.

sehingga bagian kepala jadi tidak terseleksi sementara bagian lain terseleksi. Pilih/Seleksi Area Rambut Sekarang kita lakukan seleksi terhadap area sekeliling rambut yang telah di highlights tadi menggunakan Polygonal Lasso tool.8. (Gambar U) Gambar U Kita balikkan seleksi (inverse) dengan memilin menu Select --> Select Inverse atau menekan tombol Ctrl + Shift + I. (Gambar V) Gambar V . dan seleksi hanya di lakukan di kepala saja. (Gambar T) Gambar T Yang dipilih adalah area yang berwarna putih (jangan kena rambut dan jangan kena bagian luar lainnya).

Membuat Path menjadi seleksi Kembali ke pallete Paths. Isi seleksi dengan warna putih. klik path body (tadi disimpan dengan nama body soalnya heheh) Kemudian klik Load Path as selection di bagian bawah pallete path. (Gambar Y) . beginilah penampakannya setelah area tersebut diisi dengan warna putih. 10. Setelah kita melakukan pembalikan seleksi. Caranya klik menu Edit --> Fill dan pilih White di kotak dialog yang muncul. (Gambar W) Gambar W Nah. sekarang kita isi (Fill) dengan warna putih. (Gambar X) Gambar X Jangan lupa tekan tombol Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.9. atau menu Select --> Deselect.

a. kemudian kita isi dengan warna hitam. Sapukan Burn Tool di sepanjang gap tersebut secara merata sehingga warna hitam di area kepala akan terlihat solid. Setelah path menjadi seleksi kemudian kita balikkan seleksi tersebut (inverse). (Gambar Z) Gambar Z Setelah itu jangan lupa menghilangkan seleksi dengan menekan Ctrl + D 12. dan exposure antara 30 .50%. Padukan bagian rambut dengan Burn Tool Setelah terisi dengan warna hitam. dengan menekan Ctrl + Shift + I atau dari menu Select --> Select Inverse. Maka dari itu kita perlu memadukan / blur daerah tersebut menggunakan Burn Tools Pilih range: Shadows.Gambar Y 11. Setelah seleksi berbalik. (Gambar Z) b. Tapi burn tool jangan sampe keluar area rambut. yaitu path dan yang satunya lagi dengan channel. Balikkan seleksi. (Gambar AA) . maka keseluruhan body termasuk rambut akan berwarna hitam dengan latar putih. ini terjadi karena area tersebut diseleksi menggunakan dua cara yang berbeda. Hanya saja biasanya terdapat semacam garis pemisah (gap) di area sebelah dalam rambut. klik menu Edit --> Fill dan pilih Black pada pilihan kotak dialog fill yang muncul. isi dengan warna hitam.

Gambar AA 13. (Gambar AB) Gambar AB Seperti biasa kita lakukan pembalikan seleksi (Select Inverse) dengan menekan tombol Ctrl + Shift + I (Gambar AC) Gambar AC . Seleksi channel Sekarang kita lakukan seleksi terhadap channel red copy yang telah dimodifikasi tersebut dengan cara mengeklik icon Load Channel As Selection di bagian bawah pallete channel.

Hehhee.. 16.. wow.... Caranya klik layer0 di pallete layer untuk mengaktifkannya.. (Gambar AD) Gambar AD 15. :o heheh.. kita kembali ke pallete Layer. ) ... Klik untuk melihat versi besarnya. (buat ndiri yah. Tambahkan background baru sesukanya. Background sudah jadi transparan. Apa yang terjadi selanjutnya ternyata background dari foto tadi menjadi transparan. Hehehe... Disini kita akan menambahkan Masking pada layer0. heheheh (gak ada icon cape deh. cape neh.D Memang itu kok tujuan dari perjalanan panjang tadi..14.. Tambahkan Masking di layer 0 Dengan keadaan masih terseleksi. untuk menambah background baru tinggal memebuat layer baru yang diletakkan di bawah layer 0. hehehhe.. kemudian klik Icon Add Layer Mask yang ada di bagian bawah pallete layer... Don't Panic. lagunya coldplay .. ) Nih contohnya..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->