P. 1
2. KOMPONEN KURIKULUM

2. KOMPONEN KURIKULUM

|Views: 106|Likes:
Published by dewi_yohana84

More info:

Published by: dewi_yohana84 on Apr 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2012

pdf

text

original

Yohana Dewi Pendidikan Kejuruan

Kuri ulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

`

`

Merupakan suatu kesatuan/totalitas yang terdiri dari beberapa komponen yang saling mempengaruhi, berinteraksi, berinterelasi satu sama lain untuk mencapai tujuan Komponen tersebut adalah - Tujuan/Kompetensi - Isi/Materi Ajar - Metode - Evaluasi

Empat pertanyaan pokok yang menjadi inti kajian kurikulum, yaitu :
1. 2.

3. 4.

Tujuan pendidikan yang manakah yang ingin dicapai oleh sekolah ? Pengalaman pendidikan yang bagaimanakah yang harus disediakan untuk mencapai tujuan tersebut? Bagaimana mengorganisasikan pengalaman pendidikan tersebut secara efektif ? Bagaimana kita menentukan bahwa tujuan tersebut telah tercapai ?

1. 2. 3. 4.

Tujuan Pembelajaran Pengalaman Belajar Materi Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran

Aims Goals Objectives

Learning Experiences

Evaluation

Methods

Robert S. Zais (1967)

Tujuan

Bahan

Evaluasi

Kegiatan

Achasius Kaber (1988)

S. Nasution (1987)

KLASIFIKASI TUJUAN: Gagne & Briggs ` Verbal information ` Attitudes ` Intellectual skills ` Motor skills ` Cognitive strategies Bloom, dkk. ` Cognitive ` Affective ` Psikomotor

`

Teacher Centered Metode dan teknik pembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat penyajian secara massal, seperti ceramah atau seminar. Selain itu, pembelajaran cenderung lebih bersifat tekstual. Student Centered Peran guru hanya sebagai fasilitator, motivator, dinamisator dan guider.

`

Elemen Isi/Materi ` KNOWLEDGES (fakta, prinsip, definisi) ` SKILLS (berpikir kritis, berkomunikasi, dsb) ` VALUES (baik-buruk, indah-jelek, benar-salah) Kriteria Isi/Materi ` Significance ` Utility ` Interest ` Human development

` 1. 2.

3.

Tyler (1973:110) menjelaskan langkah-langkah prosedur evaluasi, yaitu Perumusan tujuan program pendidikan, Mengidentifikasi situasi yang akan memberi kesempatan siswa untuk mengungkapkan perilaku yang diimplikasikan dalam tujuan pendidikan, Memeriksa ketersediaan instrument evaluasi untuk melihat sejauh mana hal tersebut dapat memenuhi tujuan evaluasi yang diinginkan yaitu melaui langkah-langkah :
a) b) c) d) menyusun instrument evaluasi untuk sasaran tertentu, merencanakan makna dari perolehan catatan perilaku siswa dalam situasi tes, memutuskan unit-unit yang akan digunakan untuk merangkum atau menilai catatan perilaku siswa, menentukan sejauh mana metode peringkasan tersebut obyektif.

Menurut Tyler sasaran evaluasi sebagai berikut: Konsep evaluasi mempunyai dua aspek penting. Pertama, menyatakan bahwa evaluasi harus menilai/menghargai tingkah laku siswa karena perubahan tingkah laku ini dicari dalam pendidikan. Kedua, menyatakan bahwa evaluasi harus lebih dari satu penilaian dalam beberapa kali waktu karena untuk mengetahui apakah perubahan itu telah terjadi, itu penting untuk membuat penilaian permulaan dan penilaian selanjutnya dengan mengidentifikasi perubahan ± perubahan yang terjadi.

`

`

` `

` `

Tyler (1973:105) mengemukakan beberapa tujuan evaluasi yaitu: Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perencanaan, Mengecek validitas dasar hypothesis menuju program pengajaran yang telah diorganisasi dan dikembangkan, Memeriksa alat ± alat penelitian, guru dan kondisi lain yang mengacu pada program pengajaran, Serta hasil evaluasi itu memungkinkan untuk dicatat apakah kurikulum itu efektif dan atau membutuhkan pengembangan.

Tyler (1973:106) mengemukakan sebagai berikut. ` Proses evaluasi pada dasarnya adalah proses untuk peningkatan tujuan ± tujuan pendidikan yang diwujudkan melalui program kurikulum dan pengajaran. ` Tujuan utama untuk menghasilkan keinginan perubahan ± perubahan tertentu dalam pola tingkah laku siswa, ` Evaluasi adalah proses untuk menentukan tingkat perubahan tingkah laku yang dilakukan.

`

` `

`

Kurikulum adalah Sejumlah aktifitas pembelajaran / pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Daftar/ list dari rencana pembelajaran. Silabus->penjabaran dari kurikulum, sebagai panduan bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Aims / Tujuan Nasional : Mengacu pada BNSP

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->