P. 1
BAB I PENGAMATAN GEJALA BIOTIK DAN ABIOTIK Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini

BAB I PENGAMATAN GEJALA BIOTIK DAN ABIOTIK Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini

|Views: 1,108|Likes:
Published by Aam Kurniasih

More info:

Published by: Aam Kurniasih on Apr 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2013

pdf

text

original

y y BAB I PENGAMATAN GEJALA BIOTIK DAN ABIOTIK Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini,siswa diharapkan dapat

melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh gejala alam biotik dan abiotik y Suasana Laboratorium y Peta Konsep PENGAMATAN GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK Biologi Kerja Ilmiah Gejala Alam Biotik dan Abiotik Metode Ilmiah Sikap Ilmiah Anatomi Fisiologi Ekologi Genetika dll Masalah Observasi Hipotesis Eksperimen Kesimpulan Rasa Ingin Tahu Jujur Tekun Teliti Objektif dan Terbuka
y y y

y Pengertian Biologi dan Cabang Biologi

Biologi dari bahasa Yunani ³Bios´ = hidup dan ³Logos´ = ilmu. Jadi biologi diartikan sebagai ilmu Pengetahuan yang mempelajari seluk-beluk makhluk hidup

y Cabang Biologi
y

Objek kajian biologi sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup. Karenanya, dikenal berbagai cabang Biologi yang mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme, seperti botani untuk mempelajari tumbuhan , zoologi untuk mempelajari hewan , dan mikrobiologi untuk mempelajari mikroorganisme . Berbagai aspek kehidupan dikupas tuntas melalui cabang Biologi seperti ciri-ciri fisik dipelajari dalam anatomi (tumbuhan, hewan maupun manusia), sedang fungsinya dipelajari dalam fisiologi . Hubungan antar sesama makhluk dan dengan alam sekitar dapat dipelajari dalam ekologi , dan mekanisme pewarisan sifat dipelajari dalam genetika .

y Cabang biologi «Lainnya
y y y y y y y

Morfologi : bentuk luar makhluk hidup Histologi : jaringan tubuh Sitologi : sel tubuh Entomologi : serangga Onkologi : kanker Mikologi : jamur Taksonomi : penggolongan makhluk hidup

y lanjutan «« Cabang biologi
y

Sementara itu, perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul penyusun organisme melalui Biologi molekular serta biokimia, yang banyak didukung oleh perkembangan teknik komputer melalui bidang bioinfor-matika.

coba-coba.. mengumpulkan data. Cara yang sistematis untuk memecahkan persoalan yang timbul dalam ilmu pengetahuan y y Langkah-langkah Metode Ilmiah y y y y y y y y y Secara berurutan langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. Cara yang dapat ditempuh adalah dengan melalui suatu metode yang dikenal dengan istilah metode ilmiah. 3. 6. merumuskan hipotesis/dugaan. y Pengamatan / observasi . 1. Pengetahuan yang didapat melalui prasangka.Dengan demikian dapat disim-pulkan bahwa Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejala kehidupannya. Kerja Ilmiah y Kamu juga mempunyai kesempatan untuk menjadi ilmuwan. Kamu dapat mempelajari percobaan para ahli terdahulu dan menguji hasilnya. y Metode Ilmiah y Metode ilmiah merupakan suatu metode yang tersusun secara sistematis untuk memecahkan suatu masalah yang timbul dalam ilmu pengetahuan. menarik kesimpulan (teori). menemukan masalah dan mencoba untuk memecahkannya. 2. observasi/pengamatan. intuisi (ilham) atau pun tidak sengaja digolongkan pengetahuan non ilmiah. termasuk pula Biologi. menentukan dan merumuskan masalah. 4. atau dapat memulainya dengan memper-hatikan lingkungan sekitar. y B. Pengetahuan yang diperoleh dengan cara ini lebih dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 5. Kerja Ilmiah y Pengetahuan yang diperoleh melalui suatu penelitian digolongkan dalam pengetahuan ilmiah. y Lanjutan «. melaksanakan eksperimen (percobaan).

Contoh warna rambut ³hitam´. permukaan kulit ³halus´ dan lain-lain y Langkah-langkah sebelum melaksanakan percobaan / eksperimen y y y y y y y y y y Beberapa kegiatan dalam merancang percobaan adalah sebagai berikut: 1. dan variabel kontrol y Variabel bebas : y variabel bebas/variabel manipulatif yaitu variabel yang dapat diubah-ubah dan mempengaruhi/menyebabkan terjadinya suatu proses/ gejala/ peristiwa . menetapkan variabel manipulatif. menetapkan tujuan percobaan. 2. contoh. 5. respon maupun kontrol. dan mempersiapkan tabel untuk mencatat data hasil pengamatan. rasa jeruk ³ manis´. menetapkan landasan teori yang diperlukan. menetapkan prosedur/langkah-langkah percobaan. data yang dihasilkan dalam satuan meter atau centimeter (misal tinggi badan Desy Smarty 160 cm = 1. mengukur tinggi badan digunakan alat ukur mistar. menentukan alat dan bahan yang digunakan. 3.y y Mencurahkan panca indera untuk mendapat data dari suatu permasalahan Pengamatan ada dua yaitu pengamatan kuantitatif dan pengamatan kualitatif y Pengamatan kuantitatif y Pengamatan yang menggunakan alat bantu yang berupa alat ukur. data yang dihasilkan adalah data kualitatif. menetapkan waktu dan tempat. variabel respon.60 m y Pengamatan Kualitatif y Pengamatan yang menggunakan alat ukur panca indera. bau parfum´harum´. y Variabel penelitian y y Variabel : faktor-faktor yang terlibat dan mempengaruhi sesuatu yang diamati Ada 3 macam variabel: yaitu variabel bebas. data yang dihasilkan adalah data kuantitatif. 4.

Pengamatan Gejala Biotik dan Abiotik y Perhatikan lingkungan sekitar sekolah atau rumahmu! Apa yang kamu lihat? Di lingkunganmu ada berbagai jenis tumbuhan. dll). kelembaban. Teliti dalam pengambilan data Kepedulian terhadap lingkungan alam. mengakui kekuatan dan kelemahan data hasil penelitian. cahaya matahari. Sikap ilmiah y y y y y Mengembangkan rasa ingin tahu Jujur dan menerima kenyataan dari hasil penelitiannya secara objektif. tanah. y Lanjutan «. dan budaya Mengambil keputusan yang bertanggung jawab y Edward Jenner (1881 ± 1955) Penemu Vaksin Cacar y C.y Variabel Respon y Variabel respon/ variabel terikat yaitu variabel yang dipengaruhi oleh variabel lain. kondisi tanah serta sumber air = variabel control y Sikap Ilmiah y y y y Mengenali fakta dan opini Menggunakan fakta sebagai dasar argumentasi Berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi Selalu melakukan evaluasi diri. suhu. ukuran. sosial. bahkan mungkin mikroorganisme. y Variabel Control : y yaitu variabel di luar variabel yang diteliti tetapi perlu dikendalikan/dikontrol y Contoh y y y y Pada permasalahan ´adakah pengaruh volume air terhadap pertumbuhan tanaman´ Voleme air = variabel bebas Pertumbuhan tanaman = variabel respon Kondisi tanaman (jenis. udara. umur. hewan. Selain itu di sekitarmu juga ditemukan air. Maupun bebatuan .

Hal ini dapat terjadi karena kurangnya lahan resapan akibat penggundulan hutan atau penebangan tanaman (komponen biotik). Udara. Misalnya Tumbuhan. Hewan. y . demikian sebaliknya. Akibat dari banjir tentu saja merugikan seluruh lapisan masyarakat. air sebagai komponen abiotik yang merupakan komponen vital yang dibutuhkan makhluk hidup justru sebagai penyebab banjir. Tanah. belum lagi kebiasaan buruk manusia terhadap Lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir. Misalnya Air. Contohnya kasus banjir.Kejadian yang terjadi pada komponen biotik akan berpengaruh terhadap komponen abiotik. Cahaya Matahari Dan Lain-lain y y LANJUTAN «.. y Gejala biotik dan abiotik merupakan keadaan lingkungan di sekitar kita yang ditunjukkan oleh keadaan makhluk hidup maupun benda tak hidup. Batu. Gejala biotik dan abiotik saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.y BIOTIK DAN ABIOTIK y BIOTIK :Komponen Lingkungan Yang Berupa Makhluk Hidup. Suhu.mikroorganisme Maupun Manusia ABIOTIK : Komponen Lingkungan Yang Berupa Benda-benda Mati/ Tidak Hidup.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->