Entrepreneurship1 Tujuan : disusun untuk menyelesaikan Tugas Entrepreneurship VI tahun ajaran 2010-2011

“Tahu Jeletot”

Nama : Ranika Purnawidya Primasari (108400497) 2010 / 2011 INSTITUT MANAJEMEN TELKOM YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM

Tahu. Tahu yang biasanya kita kenal adalah: tahu Sumedang. Ternyata bentuk tahunya biasa. Makanan yang murah meriah dan bergizi tinggi. tahu Gejrot (tahu yang bagi saya bau tahunya beraroma ‘pesing’ ) dari Cirebon. Tahu Cibuntu. Tapi cara pengolahannya yang berbeda. Tahu Lembang. semuanya memakai baham dasar tahu. tahu petis dari Jawa Timur. kemudian dimasukkan adonan sayuran yang terdiri dari irisan wortel.kol dicampur adonan terigu dan yang membuatnya berbeda adalah cengek atau cabe rawit merah yang super duper pedasnya. membuat orang-orang yang senang memasak berlomba-lomba berkreasi menciptakan bentuk pengolahan makanan baru. Tahu di goreng terlebih dahulu. sama dengan tahu-tahu lainnya. Bandung yang memang terkenal dengan kulinernya. .BAB I PENDAHULUAN Gambaran Umum Objek Penelitian Sejarah Tahu Jeletot atau Gehu Pedas Di Bandung sedang marak dengan makanan yang satu ini. memang sederhana.

Beberapa Alfa Mart di Bandung.1 TAHU JELETOT BANDUNG Sumber: www. Terkadang jika agak malam sedikit saja sudah tidak kebagian.GAMBAR 1.jeleto. Tahu Cibuntu. Rasanya yang pedas dan panas. halaman parkirnya dipakai kounter atau stand untuk gerobak tahu hot jeletot ini. membuat para penggemar rasa pedas menjadi ketagihan. .com Tahu ini banyak bermunculan di Bandung. Tahu Sumedang atau Tahu Lembang yang biasanya terkenal di Indonesia sekarang ini mulai mendapat persaingan dari Tahu Jeletot. Dan sangat laris bagi para konsumen terutama warga Kota Bandung pembelinya selalu antri. Biasanya terdapat di depan Alfa Mart.

Beberapa upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung dalam pengembangan Industri Kreatif antara lain : 1.2. mode. 2. dan budaya dengan sebutan “Paris Van Java“. Memfasilitasi terselenggaranya Helar Fest yang merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh Bandung Creative City Forum sebagai bagian dari strategi jangka panjang pengembangan platform ekonomi kreatif yang berkelanjutan di kota Bandung. Melakukan kajian dalam rangka persiapan penyusunan kebijakan. baik yang dilakukan melalui kerjasama dengan . Kini Bandung juga dikenal sebagai kota pendidikan dan daerah tujuan wisata. seni. Memfasilitasi pertemuan dengan komunitas kreatif. Common Room maupun stakeholder lainnya. Sejak dulu Bandung telah dikenal sebagai pusat tekstil. Latar Belakang Kota Bandung merupakan kota kreatif dengan potensi sumber daya manusia kreatif terbesar. antara lain Bandung Creative City Forum. 3.1. Dengan terpilihnya Kota Bandung sebagai pilot project kota kreatif se-Asia Timur di Yokohama 2007 maka diciptakan slogan “Bandung Creative City” guna mendukung misi tersebut.

Fasilitasi dalam bidang promosi dan pemasaran melalui pelaksanaan Pameran Kriya Pesona Bandung (KPB). Menyusun Konsep Penciri Kota pada gerbang masuk kota Bandung. Bandung adalah salah satu kota yang cukup kondusif untuk mengembangkan industri kreatif. 9. Selain itu. Pembangunan Taman Kreatif Kota (dibawah jembatan Pasupati). 6. Branding dan perencanaan landmark Kota Bandung yang dilakukan melalui Komisi Forum Pemasaran 5. Kajian City Kota. Penyusunan konsep kegiatan pameran Industri Kreatif 2009. kota Bandung merupakan tempat yang sangat potensial untuk mensinergikan dan mengkolaborasikan perguruan . Pembangunan monumen Taman Cikapayang (Huruf DAGO raksasa). Masyarakat kota Bandung yang toleran terhadap ide-ide baru dan menghargai kebebasan individu menjadi modal utama Bandung dalam pengembangan industri kreatif. 8. 10. 4. Kajian Investasi Bidang Pengembangan Industri Kreatif yang dilakukan melalui Kelompok Kerja Dewan Pengembangan Ekonomi Kota Bandung. 7.pihak ketiga (jasa konsultansi) maupun melalui Forum Pemasaran Kota dan Dewan Pengembangan Ekonomi Kota Bandung.

maka penulis tertarik untuk menganalisis berupa laporan ilmiah dari franchise tahu jeletot. seni. . Penghasilan mereka cukup mencengangkan.500 gerai distro yang dikelola anakanak muda yang tersebar di berbagai kota Bandung dan Indonesia. Perkembangan ekonomi kreatif di kota Bandung menunjukan peningkatan yang cukup memuaskan.juta sebulan dan didukung juga pernyataan dari Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dikitup dari majalah Swa. desain. pemerintah dan media dalam rangka menciptakan kultur ekonomi kreatif. Tujuan Penelitian Ilmiah Melihat potesi Bandung yang sangat besar hal ini juga ikut berefek pada perkembangan dari bisnis kuliner atau makanan khususnya. Saat ini menurut data dari SWA ada sekitar 1. Karena perkembangan bisnis kuliner ini sangat pesat.tinggi.9%. arsitektur. 1. Untuk mencapai target tersebut Sejauh ini. fashion. pelaku bisnis. industri kreatif Indonesia baru menyumbang pendapatan daerah bruto sekitar 1. Ditargetkan dalam 5-8 tahun mendatang. masyarakat.3.subsektor industri kreatif yang dapat dijadikan unggulan kota Bandung diantaranya yaitu musik. Ada yang mampu meraup US$ 75-100 ribu/bulan atau sekitar Rp 900. industri kreatif ini dapat memberikan kontribusi PDB sebesar 10%. IT dan makanan (kuliner).

Gegerkalong Girang (Bandung) saja yang panjangnya tidak lebih dari satu kilometeran kita akan menemukan paling tidak ada tiga outlet yang menjual sajian kuliner ini.2.BAB II PEMBAHASAN 2. sebagai contoh di Jl. Kejelian pebisnis lokal yang mengenal karakter masyarakat kita yang hobi dengan aneka goreng-gorengan berbuah manis dengan inovasi produk tradisional gehu yang biasanya dinikmati dengan cabai rawit secara terpisah. Inovasi dengan mengisikan cabe rawit langsung di dalam racikan yang ada di dalam tahu adalah kreativitas sederhana tapi efeknya luar biasa. Pembahasan Penelitian Hot Jeletot sajian kuliner khas Bandung ini sekarang sedang berkembang.1. OUTLET TAHU JELETOT . Lalu apa sih yang sebenarnya menarik dari Hot Jeletot ini? GAMBAR 1.

jeleto. tapi karena penjual baru mulai menjual pada siang sampai sore.Sumber: www. Tapi perbedaan harga ini rasanya memang sebanding dengan sensasi yang kita rasakan. Merek Hot Jeletot didirikan sejak tahun 2009. saat ini tampaknya baru ada dua varian yang bisa kita cicipi yaitu gehu pedas biasa dan gehu pedas yang ditambahkan dengan irisan daging sapi di dalamnya. Mengenai pilihan rasa. Dari segi harga. usaha tahu goreng selalu eksis dimana-mana dan tidak pernah mengenal krisis.com Rasa pedas dengan bumbu dan ramuan khas inilah tampaknya yang membuat penggemarnya sampai rela untuk antri dan kembali mencicipinya. walaupun jika dibandingkan dengan gehu klasik tentunya bisa lebih tinggi 2-3 kali lipat.berawal dari sebuah ide untuk mengembangkan usaha makanan. jadi kita baru dapat menikmatinya setelah penjual membuka layanan. Sajian kuliner yang bisa dicicipi kapan saja. Yang terpenting. . gehu pedas ini masih masuk untuk ukuran kebanyakan orang. Yoedhy Bagus Yoga Nandita memilih tahu karena pasarnya yang sudah sangat luas dan sudah dikenal diseluruh Indonesia.

pas makan tahu jeletot enggak usah repot-repot pegang cabai rawit. jumlah penjualan mampu mencapai 1. Yang benar-benar mulai kerasa (pedas) itu pas gigitan kedua. Nyebar semua ke area mulut. Buah Batu. dan Dago. gehu dengan harga Rp 1. Sementara di hari biasa. langsung deh pedasnya dapet. Ia melanjutkan. Satu kali gigit.hal ini disebabkan oleh bahan tahu yang mudah di dapat dan margin penjualanya yang sangat tinggi. Gehu Pedas Hot Jeletot juga bisa diburu di sebelas lokasi lainnya di Bandung. Sarijadi. Puncak ramai pembeli kalau puasa itu sekitar jam lima sore sampai tujuh malam. Kalau pakai rawit terpisah kan kerasanya cuma pas dikunyah saja. "Enaknya.800 potong. Pada waktu-waktu sekitar buka puasa. Pembeli di sini 75 persen itu mahasiswa. Selain di wilayah Geger Kalong. Sukajadi. sisanya warga.500 per potong ini bisa ludes sampai 900 buah. . Di antaranya daerah Margahayu.

sangat susah recoverinya membutuhkan tenaga dan biaya ekstra untuk keluar dari lingkaran tersebut. bisnis harus tetap segar buat konsumen maupun untuk produsennya. Dan pemicunya adalah inkreatif atau pengekor. tidak lama setelah yg aslinya booming. Begitulah kreatif adalah faktor kunci sukses bisnis. Hebatnya lagi adalah para pengekor yg begitu cepat menyebar bahkan menyalip pionernya. Pasar yg jenuh atau sunset market adalah momok yg sangat menakutkan buat pemilik usaha. cepat sekali bajakannya keluar dan membuat pasar jenuh. serba praktis.BAB III PENUTUP Tahu Jeletot dengan cerdik dan kreatifitasnya mempopulerkan varian dari tahu ini menjadi produk yg laris manis dan sekarang lihatlah pengekornya. Dalam bisnis zaman sekarang inovasi harus terus menerus. terutama zaman sekarang yang semua serba cepat. serba instan. penjual tahu pedas sekarang terdapat dimana-mana. seperti pisang goreng pontianak . menuntut juga kreatifitas di level tertinggi. membuat usia pakai sebuah bisnis yg terbilang baru menjadi pendek dan tidak jarang menelan pencetusnya. Membuat pasar lebih cepat jenuh. .

Lihatlah. bahkan sosro mengeluarkan teh botol dalam kemasan Pounch. .secara reguler harus ada ide kreatif dan inovasi produk. Sekarang. padahal cuma kemasan saja yg dirubah tanpa merubah isinya. dulu yg namanya teh botol itu hanya ada sosro dan kemasannya botol.