P. 1
Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Motor

Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Motor

|Views: 836|Likes:
Published by Ryan Nocturno

More info:

Published by: Ryan Nocturno on Apr 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2013

pdf

text

original

RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS KERUSAKAN MOTOR

Lat ar

Belakang

Pada saat ini, alat transportasi sudah jelas menjadi kebutuhan yang amatmendasar. Sudah banyak orang ± orang menggunakan alat transportasi untuk melakukan akt ivit asnya seharihari, mo bilitas hampir t idak mungkin dilakukan jikatidak menggunakan alat transportasi. Berbicara alat transportasi, ada beberapa macamalat transportasi yang ada di Indonesia diantaranya alat transportasi darat, laut, danudara. Dari ket iga macam alat transportasi tersebut, alat transportasi darat lah yangsering dijadikan pilihan masyarakat untuk mobilisasi. Oleh karena itu, di Indonesiaa l a t t r a n s p o r t a s i d a r a t s a n g a t b e r k e m b a n g p e s a t . B u k t i n ya a d a l a h m e n i n g k a t n ya penjualan motor sebesar 50% dalam waktu satu bulan (Sofyan, 2010). Alasannya adalah karena motor lebih murah, rendah biaya perawatan, serta dengan dimensi yangtidak begitu besar, menjadikan sepeda motor sangat cocok digunakan di Jakarta yang notabene sering terjadi kemacetan lalu lintas. Meningkatnya kendaraan bermotor ini, secara t idak langsung telah membukalahan baru untuk pekerjaan dalam bidang perbengkelan, banyak bengkel ± bengkelmotor dan mobil dibuat sebagai tempat untuk perbaikan serta perawatan kendaraan bermotor. Pemilik kendaraan dapat membawa kendaraan motornya ke bengkel t e r d e k a t d a n m e m b e r i t a h u k e l u h a n t e n t a n g k e n d a r a a n n y a p a d a p a k a r ± p a k a r otomotif yang ada di bengkel tersebut. Namun dengan semua aktivitas yang padat dan penuh khususnya di kota-kota besar, telah menuntut masyarakat untuk mengerjakan segala sesuatunya dengan cepat dan tepat. Waktu telah menjadi modal utama yangsangat berharga. Perawatan yang kiranya bisa dilakukan sendiri, serta tanpa haruspergi datang ke bengkel dengan membawa kendaraan tersebut, akan sangat membantus e k a l i , k hu s u s n ya u nt u k o r a n g ± o r a ng ya n g a w a m t e nt a ng o t o mo t i f d a n t i d a k mempunyai waktu untuk datang ke bengkel menunggu sampai kendaraannya selesaidi reparasi. Mengingat zaman yang semakin berkembang dan telah memasuki era informasi,sudah banyak penelit ian pada bidang pembuatan sistem atau aplikasi yang dapat mewakili para pakar untuk membantu memecahkan atau memberikan solusi pada masalah masalah tertentu. Seperti jurnal yang berjudul ³An Expert System for Car Failure Diagnosis´ (Ahmad, 2005), dalam jurnal tersebut dijelaskan sistem pakar yang mampu mendeteksi kerusakan pada mobil. ³ Approach towards Car FailureDiagnosisAn Expert System ´ (Jindalet al . 2010), menyajikan proses yang memainkan peranan pent ing dalam pengembangan sistem pakar untuk diagnosis kegagalan serta perbaikan pada mo bil dibawah kendala sepert i waktu, tempat dan ketersediaan keahlian manusia.

Sistem pakar dan sistem pendukung keputusan tersebut cukup membantu sebagian permasalahan yang ada di kehidupan sehari ± hari. Oleh sebab itu, saat ini mungkin aplikasi atau sistem yang dapat mendiagnosis kerusakan untuk motor akan sedikit membantu, khususnya untuk pemilik kendaraan yang masih awam serta waktu ya n g p a d a t d a n k e b e r a d a a n be n g k e l ya n g m a s i h j a r a n g u nt u k d i d a e r a h- d a e r a h t e r p e n c i l . Ber dasarkan latar be lakang yang ada d i atas, maka judu l p e n e l i t i a n ³RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS KERUSAKAN MOTOR ´ layak diangkat ke permukaan. 2. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang, masalah-masalah yang akan muncul ketikamembahas sistem pakar diagnosis kerusakan motor, adalah: a.Bagaimana merancang sistem pakar yang dapat digunakan untuk mendiagnosa suatu kerusakan pada kendaraan motor berdasarkan gejala yang ada? b. Bagaimana mengimplementasikan sistem pakar pada komputer? c. Bagaimana sistem pakar dapat mendiagnosa suatu kerusakan pada motor dengan menggunakan metode forward chaining ? d . B a g a i m a n a m e n g a n a l i s i s d a n m e r a n c a ng s i s t e m p a k a r u nt u k m e n g i d e nt i f i k a s i kerusakan yang ada pada motor?

1. Batasan Masalah Berdasarkan rumusan masalah di atas, pembahasan masalah akan dibatasi pada: a. Membuat aplikasi sistem pakar yang dapat mendiagnosis kerusakan pada motor berdasarkan gejala yang ada. b . M e ng a na l i s i s d a n m e r a nc a ng s i s t e m p a k a r u nt u k i d e nt i f i k a s i k e r u s a k a n p a d a motor. c. Mengimplementasikan sistem pakar diagnosis kerusakan motor pada komputer

1 . T u j u a n

Tujuan dari penelitian ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum dari penelitian ini adalah menghasilkan rancang bangun sistempakar diagnosis kerusakan motor. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Analisis dan perancangan pada sistem pakar diagnosis kerusakan motor b.Implementasi sistem pakar diagnosis kerusakan motor pada computer c. Pembuatan aplikasi sistem pakar diagnosis kerusakan motor 1.Manfaat A d a p u n m a n f a a t ya ng a k a n d i d a p a t d a r i p e ne l i t i a n i n i a d a l a h s e b a g a i berikut: a. Dapat menjadi referensi untuk bidang penelit ian Sistem Pakar. b. Dapat memberikan pemahaman lebih jauh tentang gejala - gejala kerusakan yang ada pada motor. c. Dapat memberikan secara umum tentang analisis dan perancangan aplikasi sistempakar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->