P. 1
PKMM-09-UNIKOM-Iman-Melestarikan Kebudayaan Melalui

PKMM-09-UNIKOM-Iman-Melestarikan Kebudayaan Melalui

|Views: 264|Likes:
Published by Iman Rahmat Gunawan

More info:

Published by: Iman Rahmat Gunawan on Apr 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2014

pdf

text

original

LAPORAN AKHIR PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA MELESTARIKAN KEBUDAYAAN MELALUI KAULINAN URANG SUNDA BIDANG KEGIATAN: PKM M

Diusulkan Oleh : Ketua Anggota I Anggota II : Iman Rahmat G : Aditya Rizki A : Rio Rahadian NIM NIM NIM 21108097 21108091 41809095 (2008) (2008) (2009)

UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG 2010

M.. Ak.34. SE.b. Bidang Ilmu : ( )Kesehatan ( )Teknologi dan rekayasa ( )MIPA ( )Sosial Ekonomi ( )Pendidikan (v)Humaniora 4.Si) NIP. SE. Dra) NIP. Nama Lengkap : Iman Rahmat Gunawan b.34. Buana Mekar No. Nama Lengkap dan Gelar : Ely Suhayati. Ak b.4127.) NIP.com 5. Judul Kegiatan : Melestarikan Kebudayaan Melalui Kaulinan Urang Sunda 2. NIM : 21108097 c..005 (Ely Suhayati. Ketua Pelaksana Kegiatan : a. 31 Mei 2010 Menyetujui Ketua Program Studi Ketua Pelaksana Kegiatan (Sri Dewi Anggadini.006 c.telp/HP : Jl. Universitas/Institut/Politeknik : Universitas Komputer Indonesia e..03.70. Alamat Rumah & No.03. Anggota Pelaksana Kegiatan / Penulis : 3 (tiga) orang 6..4127. Alamat E-mail : www. M. SE.Vijaya Kusuma Blok C 9 No.475000.003 Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan (Iman Rahmat Gunawan) NIM. Sumber lain :8.1 HALAMAN PENGESAHAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA LAPORAN AKHIR 1.Si.2 RT 01 RW 10 Cipadung. Dosen Pendamping a.00.Telp/HP : Komp. 21108097 Dosen Pendamping (Dr. Bidang Kegiatan : ( )PKMP ( )PKMK ( )PKMT (v)PKMM 3. Alamat Rumah & No.006 . Aelina Surya. NIP : 4127. Jangka Waktu Pelaksanaan : 5 bulan Bandung. Bandung (022) 7812804 / 085722272024 f. Jurusan : Akuntansi d.03. DIKTI : Rp.6.34. Biaya Kegiatan Total : a. 13 Bandung : 08156244693 7. M.imano_hyden@yahoo.Si..4127.

kami mengadakan program sosialisasi dan kepelatihan tentang “Kaulinan Urang Sunda” yang didalamnya berisikan sejarah. kita ambil contoh kecil saja “Kaulinan Urang Sunda” (Permainan Masyarakat Sunda). XBOX. harus melestarikan dan menjaga kebudayaan dan kesenian yang mereka telah turunkan. Dari hasil penelitian. khususnya Kaulinan Urang Sunda. melestarikan serta menjaga kebudayaan dan kesenian. toleransi. tolong menolong. dan lain-lain. Maka dengan diadakan kegiatan PKM-M ini diharapkan. Sunda. pengetahuan. Dengan digelarnya PKM-M “Melestarikan Kebudayaan Melalui Kaulinan Urang Sunda” ini ternyata dapat mengembalikan antusiasme masyarakat kecamatan Cibiru dalam mempelajari dan mengembangkan salah satu warisan budaya Sunda.2 ABSTRAK Kebudayaan Urang Sunda merupakan salah satu kekayaan budaya yang ada di Jawa Barat. Budaya . dan kepelatihan tentang cara membuat mainan-mainan tradisional kepada masyarakat sekitar Kecamatan Cibiru dengan bekerja dengan pengurus kecamatan setempat dan juga bekerjasama dengan hong Indonesia dan DISPARBUD dalam melaksanakan kegiatan ini. Namun dengan beredarnya Play Station (PS). Nin- tendo. mampu mengembalikan. mainan dan permainan di wilayah Sunda ditemukan 220 jenis yang ada dengan berbagai alat-alat yang bervariasi (berdasarkan data dari Hong Indonesia). maka sudah semestinya kita sebagai anak bangsa yang diwariskan kebudayaan oleh nenek moyang kita. saling menghormati. yakni kaulinan budak yang mana didalamnya terdapat filosofi mengenai kehidupan serta terdapat aspek-aspek kehidupan yang positif seperti gotong royong. Dengan adanya globalisasi. permainan “Kaulinan Urang Sunda” yang memiliki banyak ragam dan variasi tersebut hampir jarang dimainkan oleh anak-anak masa kini. agar seni dan budaya yang kita miliki tidak punah oleh berkembangnya zaman. kebudayaan dan kesenian Sunda sedikit demi sedikit mengalami pergeseran. Keyword: Kaulinan. SEGA. Dengan melihat kondisi sekarang ini. Untuk metode pelaksanaan kegiatan.

097 . baik pemilihan kata.3 KATA PENGANTAR Assalamuallaikum WR. penulisan kata. namun kami telah berusaha semaksimal mungkin agar dapat menyusun laporan akhir ini. WB. Akhirul kalam Wassalamu’alaikum WR.08. dan tidak lupa kita panjatkan kepada Nabi Besar kita Muhammad SAW. yang mana telah membimbing kami dalam menyelesaikan laporan akhir ini Maka dari itu kami selaku penyusun meminta maaf jika dalam tugas ini terdapat kesalahan. kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Karena kami tahu bahwa tugas ini masih jauh dari sempurna. dan kalimat yang kurang berkenan. yang telah mengajarkan kepada semua manusia untuk berbuat kebaikan. Tak lupa kepada semua pihak yang membantu pembuatan laporan akhir ini.WB Puji dan syukur patut kami limpahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. karena tanpa ridha-Nya lah kita dapat hidup dan dapat pula mencari ilmu yang mana telah diwajibkan oleh-Nya. 31 Mei 2010 Ketua Pelaksana Iman Rahmat Gunawan NIM 211. Dan kami ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing. Bandung.

Seiring dengan berjalan-nya waktu. berbagai kebudayaan di Indonesia pun turut mengalami perubahan dengan adanya perkembangan teknologi. Pengaruh-pengaruh tersebut ada yang berdampak positif maupun negatif bagi kehidupan manusia. Sebagai contoh. Kini tak ada seorang pun yang tidak mengenal Hand Phone. PENDAHULUAN 1. mempermudah manusia dalam menjalankan dan memenuhi kehidupannya. yakni Kebudayaan Urang Sunda. Negara Republik Indonesia. dan sebagian besar mereka menggunakan HP sebagai alat komunikasi yang wajib dimiliki. Kita ambil contoh saja salah satu kebudayaan yang ada di Jawa Barat. Dengan adanya perkembangan teknologi maka aspek–aspek kehidupan saat ini pun turut berpengaruh. contoh saja telepon seluler.4 I. kebutuhan dan kepuasan manusia pun dapat terpenuhi. Indonesia merupakan negara dengan beragam kebudayaan yang berbeda dan sukusuku bangsa yang berbeda pula. Dengan adanya perbedaan inilah yang menjadikan Indonesia bersatu. kebudayaan yang merupakan ciri khas suatu bangsa pun ikut berubah. Dan dampak negatifnya. Dengan perkembangan teknologi tersebut. perkembangan teknologi semakin meningkat dengan di dukung oleh tenaga-tenaga professional di bidangnya. Pengaruh positifnya. Namun siapa sangka. manusia cenderung enggan dalam berusaha melakukan/menjalankan sesuatu karena terlena dengan kemudahan-kemudahan teknologi yang ada. Hampir dalam menjalankan kehidupannya manusia kini cenderung bergantung kepada teknologi. Latar Belakang Masalah Pada era globalisasi ini. .

Dari hasil penelitian. mainan dan permainan di wilayah Sunda ditemukan 220 jenis yang ada dengan berbagai alatalat yang bervariasi (berdasarkan data dari Hong Indonesia).5 Kebudayaan Urang Sunda merupakan salah satu kekayaan budaya yang ada di Jawa Barat. Namun dengan beredarnya Play Station (PS). permainan “Kaulinan Urang Sunda” yang memiliki banyak ragam dan variasi tersebut hampir jarang dimainkan oleh anakanak masa kini. Kecamatan Cibiru sebagai etalase dan filr pembangunan di kota Bandung bagian timur sedang mempersiapkan diri sebagai Sentra Seni Budaya Tradisional : . Kecamatan Cibiru adalah salah satu kecamatan di Bandung Timur. Nin-tendo. Dengan keragaman dari mainan dan permainan memberikan sebuah wahana baru bagi masyarakat Sunda modern kearah penyadaran kembali terhadap kesadaran akan manusia. SEGA. harus melestarikan dan menjaga kebudayaan dan kesenian yang mereka telah turunkan. Sehingga terbentuk pola pikir masyarakat Sunda yang mampu ngigelan jaman dalam masa kehidupan global ini. XBOX. maka sudah semestinya kita sebagai anak bangsa yang diwariskan kebudayaan oleh nenek moyang kita. Dengan melihat kondisi sekarang ini dan yang kini terjadi. dan alamnya yang terdapat pada papagon keur ngraksa jagat aturan untuk memelihara bumi. kebudayaan dan kesenian Sunda sedikit demi sedikit mengalami pergeseran. Tuhan. kita ambil contoh kecil saja “Kaulinan Urang Sunda” (Permainan Masyarakat Sunda). karena mempunyai Visi dan Misi yang sejalan dalam mengembangkan kebudayaan dan kesenian. yang memiliki potensi besar dalam mengembangkan Kaulinan Urang Sunda ini. Dengan adanya globalisasi.

secara administrative terbagi kedalam 76 RW dan 402 RT yaitu : Kelurahan Cipadung Kelurahan Pasirbiru Kelurahan Palasari Kelurahan Cisurupan Dengan potensi masyarakat yang cukup besar tersebut.821 jiwa laki-laki dan 30. Kecamatan Cibiru mempunyai Luas wilayah 1. membuat budaya . terdiri dari 28. Pembinaan kelompok-kelompok seni Pembentukan forum komunikasi seni dan budaya Memberikan fasilitas untuk pergelaran seni dan budaya secara rutin di balairung dan aula kecamatan. 2. SEGA. Pendataan kelompok seni dan budaya tradisional termasuk keanekaragamannya. 4. maka kami harap program PKM-M ini akan berjalan dengan baik dan akan menjadikan Bandung Timur sebagai Pusat Kesenian di Kota Bandung . dengan jumlah penduduk 59. Perumusan Masalah Kaulinan urang Sunda merupakan warisan nenek moyang kita oleh karena itu harus kita jaga.079. Yang mana seiring dengan berkembangnya teknologi terutama dalam bidang hiburan.6 1. Nin-tendo. 2.189 jiwa perempuan.427 Ha .010 jiwa. 3. seperti Play Station.

Apabila budaya ini tidak dilestarikan maka lama kelamaan akan punah.7 kaulinan urang sunda seperti Galah. sebelum terjadi adanya pengklaim-an budaya Indonesia oleh negara yang lain. yang kini marak dilakukan. 2. Balap Bakiak. 4. gotong royong. kerja sama. Sorodot Gaplok. solidaritas yang sangat kuat. maka kita patut melestarikan dan menjaga kebudayaan yang kita punya. . Melestarikan dan menjaga budaya “Kaulinan Urang Sunda” yang sudah diberikan nenek moyang agar tidak punah oleh perkembangan zaman 3. Sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya kita sendiri. Kita sebagai penerus harus menjaga dan menghargai warisan nenek moyang. Tujuan Program 1. Mengembangkan “Kaulinan Urang Sunda” ini karena didalamnya memiliki aspek penuh kebersamaan. Mensosialisasikan bahwa budaya bangsa khususnya budaya Sunda memiliki permainan yang tidak kalah serunya dengan permainan seperti Play Station dan sejenisnya. Maka dari itu akan diadakan sosilisasi dan acara kepelatihan di Kecamatan Cibiru Kota Bandung 3. hampir tidak dikenal di kalangan anak-anak dan orang dewasa yang notabene orang sunda asli. Media pendidikan dan pengenalan budaya bermain dan pola asuh pada masyarakat Sunda serta menambah wawasan keilmuan tentang olah raga tradisional lokal yang berguna bagi pengembangan keilmuan masyarakat modern.

4.8 5. Luaran yang diharapkan 1. setidaknya kita dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa sendiri. 7. dan di tiru oleh masyrakat lain dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya bangsa 2. bekerja sama. 5. solidaritas san saling menghormati. Kegunaan Kebudayaan Sunda merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia. gotong royong. Melestarikan dan menjaga budaya permainan ini agar kekayaan budaya yang kita punya tidak lagi diklaim oleh pihak lain sebagai hasil budaya-nya yang kini marak dilakukan. Melatih kreatifitas dan keterampilan masyarakat Kecamatan Cibiru dalam membuat mainan-mainan/kerajinan tradisional yang mana dapat dijadikan sebagai mata pencaharian sekaligus ikut melestarikan budaya kaulinan urang sunda 3. Oleh karena itu dengan diadakan program “Melestarikan Kebudayaan melalui Kaulinan Urang Sunda” ini. Sehingga budaya kita tidak serta merta diklaim pihak . karena kaulinan urang sunda ini penuh dengan aspek kekeluargaan. Mengembangkan predikat Bandung Timur sebagai wilayah berpotensi kesenian dan kerajinan sunda. Menumbuhkan rasa gotong royong pada masyarakat. kebersamaan. Menghasilkan tenaga kerja yang dapat membuka usaha sendiri dengan berjualan kejinan/mainan tradisional yang setidaknya dapat mencukupi kebutuhan mereka. 6. Program ini dapat berkembang di masyarakat.

Yang mana dengan diadakannya pentas seni ini.9 luar. Sorodot Gaplok 4. karena kurang nya kepedulian kita dalam hal melestarikan dan menjaga kebudayaan nenek moyang. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN Program ini ditujukan kepada anak-anak maupun dewasa yang berada di wilayah Kecamatan Cibiru dengan cara bekerja sama menyelenggarakan pentas seni dan budaya Sunda. Dan dengan diadakan program ini diharapkan ada keberlanjutan pada masyarakat Kecamatan Cibiru dalam mengembangkan keterampilannya sehingga dapat tercipa lapangan kerja bagi kehidupan mereka. kegiatan ini juga berencana memberikan pelatihan kepada masyarakat Kecamatan Cibiru untuk dapat membuat atau menciptakan mainan-mainan/kerajinan tradisional. Berikut jenis-jenis permainan yang sudah populer di masyarakat urang Sunda diantaranya: 1. yang mana diharapkan dengan kegiatan ini akan muncul lapangan kerja baru sehingga masyarakat dapat menjadikan keahliannya membuat mainan/kerajinan sebagai mata pencaharian. Sapintrong . Disamping diadakan sosialisasi. dapat menimbulkan gairah dalam melestarikan dan mengembangkan budaya dan kesenian yang ada di wilayah Bandung Timur. Balap Ahog 3. Balap Egrang 2. II.

1 sumber : hong Indonesia) Adalah jenis permainan yang melatih keberanian dan ketangkasan dengan menaiki batang bambu yang diberi tumpuan kaki. Galah 9. Permainan ini dimainkan anak-anak sampai dewasa. Ngadu Panggal dll. Perepet Jengkol 12. Gatrik 6. Beberapa diantaranya yang dianggap menarik bagi kami diantaranya:  Egrang/jajangkungan/engrang/tolegar/patikleuk (Gambar 1.10 5. Egrang merupakan salah satu permainan anak-anak priangan. Balap kukudaan (make Begedor Cau) 10. Permainan egrang ini terbuat dari dua buah galah/bambu yang . Cak Teu 11. Balap Karung 7. Balap Bakiak 8. Namun dari banyaknya permainan yang dimiliki urang Sunda.

Permainan ini dimainkan oleh dua.  Kelom Batok (Gambar 1. yang bolanya dibuat dari daun kelapa atau jeruk bali.3) Rorodaan atau padati merupakan salah satu permainan anak-anak priangan. biasanya anak-anak bermain egrang dihalaman sambil berjalan. membentuk bulat dan termasukl permainan keseimbangan saat memain kannya.11 bagian bawahnya ada injakan/pijakan yang tingginya 40 cm dari muka tanah. tiga orang atau lebih. Material yang digunakan adalah batok kelapa yang dibelah dan tali dari pohon pisang  Rorodaan /padati (gambar 1. tetapi ada unsur suara yang dihasilkan dari suara batok saat dipakai jalan.2 sumber : hong Indonesia) Kelom batok memakai batok kelapa yang dibelah menjadi 2 bagian. Permainan rorodaan atau padati ini terbuat dari bambu dan kayu yang dibuat . kadang dilakukan sambil bermain bola sepak.

yang mana diharapkan . Program ini juga diharapkan dapat membekali masyarakat Sunda. biasanya anak-anak bermain rorodaan atau padati dihalaman. Disamping diadakan sosialisasi.12 menyerupai mobilmobilan tau gokar. tatkala mendapati kunjungan dari tokoh penting maupun wisatawan asing yang ingin menyaksikan seni budaya sunda. kegiatan ini juga berencana memberikan pelatihan kepada masyarakat Kecamatan Cibiru untuk dapat membuat atau menciptakan mainan-mainan/kerajinan tradisional. sehingga program pelestarian dan pengembangan budaya pun tercapai. Bandung Timur khususnya untuk menampilkan/mementaskan/mengadakan “Kaulinan Urang Sunda”. kadang dilakukan sambil berlari.     Salam Sabrang Perepet Jengkol Sasalimpetan Ayang-ayang Gung Dengan diadakannya program ini diharapkan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan di wilayah Bandung Timur baik seni atau kebudayaan ataupun pada hari raya tertentu agar dapat selalu menampilkan/mengadakan/mementaskan Kaulinan Urang Sunda sebagai rasa cinta kita terhadap budaya sendiri. Permainan ini dimainkan oleh dua orang. Dan diharapkan pula dengan diadakan program ini diharapkan Bandung Timur menjadi pusat/ gudangnya budaya sunda khusunya dalam kaulinan urang sunda.

13 dengan kegiatan ini akan muncul lapangan kerja baru sehingga masyarakat dapat menjadikan keahliannya membuat mainan/kerajinan sebagai mata pencaharian III. pengetahuan. kami berencana akan mengadakan program sosialisasi dan kepelatihan tentang “ Kaulinan Urang Sunda” yang didalam nya berisikan sejarah. . dan kepelatihan tentang cara membuat mainan-mainan tradisional kepada masyarakat sekitar Kecamatan Cibiru dengan bekerja dengan pengurus kecamatan setempat dan juga bekerjasama dengan hong Indonesia dan DISPARBUD dalam melaksanakan kegiatan ini. METODE PENDEKATAN Untuk metode pendekatan kegiatan.

Manisi No.14 IV. PELAKSANAAN PROGRAM Waktu dan Tempat Pelaksanaan Waktu Tempat Alamat : 17 Mei 2010 S/d 23 Mei 2010 : Kecamatan Cibiru Kota Bandung : Jl.13 Bandung Tahap Pelaksanaan/ Jadwal Faktual Pelaksanaan Jenis Kegiatan Survey Lokasi Perijinan kepada pengurus setempat Koordinasi dengan pihak terkait (hong dan DISBUDPAR JABAR) Persiapan bahan-bahan pembuatan alat-alat permainan Pembuatan alat-alat permainan Persiapan sebelum pelaksanaan Pelaksanaan Program Sosialisasi Pelaksanaan Program Kepelatihan Pemantuan kegiatan program kerja Evaluasi Program Laporan hasil B E L Bulan 1 Bulan 2 Bulan 3 3 4 1 Bulan 4 Bulan 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 2 3 4 1 2 3 4 D D A I N T A U R U N K D D A I N T A B E L U R U N K D D A I N T A B E L U R U N K U A M N U A M N U A M N Instrumen Pelaksanaan Terlampir .

99 m 3 orang @Rp.00 Rp200.00 Rp75.000.00 Rp1.475.00 Rp800.00 Rp1.00 Rp255.000 Peralatan Permainan *(terlampiran) Harga Rp37.000.000.00 50 kursi @Rp1500 45 org x 3 hari Keamanan & Kebersihan di Kecamatan 7 pak kertas concord & print warna 1 set 3 buah x @85.000.15 Rancangan Biaya & Realisasi Biaya Realisasi Biaya PKM-M No 1 2 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Keterangan Kertas A4 80 gram Stamp pad Tinta Stempel Stempel Amplop ukuran besar X Banner Spanduk Biaya Ekspedisi Hong Indonesia Transportasi Angkutan Barang Sound system Sewa Kursi Konsumsi Biaya keamanan & kebersihan Dokumentasi Sertifikat Piala Plankat Komunitas Hong Qty 1 Rim 1 buah 1 Buah 1 buah 1 pack ukuran 1 m x 60 cm ukuran 3 m x 0.00 Rp6.00 Rp120.00 Rp300.000 Biaya Narasumber Ahli dan pelatih dlm kegiatan PKM-M Melestarikan Kebudayaan Melalui kaulinan Urang Sunda 19 Biaya Evaluasi dan laporan Total Rp105.000.000.000.00 Rp6.00 Rp18.00 Rp100.00 Rp1.000.00 Rp100.00 .000.00 Rp100.00 Rp63.000.000.000.000.00 Rp6.200.000.000.000.000.000.500.00 Rp30.100.000.400.500.500.00 Rp59.

000.000.00 Rp80.000.00 Rp200.000.000. Rorodaan ~ Papan kayu ~ Kaso/ kayu ~ Roda kayu Alat-alat perkakas mainan * Palu/martil * pisau/golok/bedog * Ampelas Kasar * Paku * Kapur Transport Konsumsi Jumlah Qty Harga 10 batang x Rp.00 Rp100.5000 3 pack 20 liter premium x @ Rp.000.00 Rp150.000.00 Rp60.00 Rp1.00 Rp60.20000 1 buah x Rp.000.00 Rp50.00 Rp60.000.000.000.80000 kaso kelas II 10x Rp.16 Rincian * Peralatan Permainan No Keterangan Bahan-bahan mainan a.00 .000.1000 3 Kilo x Rp.00 Rp15.4500 sewa mobil angkutan Rp70.3000 3 meter abasiah 5 batang x Rp.7000 20 buah x Rp.60000 50 lembar x Rp. Egrang ~ Bambu b.000.400. Kelom batok ~ Batok Kelapa ~ Tali dari pohon pisang c.000.00 Rp40.00 Rp25.00 Rp400.000.20000 abasiah 1 batang x Rp80000 2 buah x Rp.00 Rp90.

namun mempunyai nilai jual. dikarenakan di Kecamatan Cibiru baru pertama kali diselenggarakan program oleh mahasiswa yang peduli akan seni dan budaya dan mencoba untuk melestaikannya kembali. memunculkan antusiasme yang besar dari masyarakat sekitar untuk dapat mendalami dan mempelajari budaya Sunda terutama mengenai kaulinan budak yang di dalamnya terkandung banyak filosofi dan makna yang mendalam. Program PKMM Melestarikan Kebudayaan Melalui Kaulinan Urang Sunda ini diterima baik oleh masyakarat dan didukung penuh oleh Kecamatan Cibiru dikarenakan masyarakat daerah sekitar Cibiru memang kental akan seni dan budaya dan masih menjaga akan budaya leluhur. Bahan yang dipergunakan pun relatif murah.17 V. apabila ada pengelolaan yang baik dari warga masyarakat Kecamatan Cibiru. Maka dengan diadakan program ini. menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kecamatan Cibiru. HASIL DAN PEMBAHASAN Dengan diadakannya Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Melestarikan Kebudayaan Melalui Kaulinan Urang Sunda di Kecamatan Cibiru. . dan dibantu oleh Kecamatan Cibiru sendiri. Program pelatihan yang diberikan oleh Komunitas Hong Indonesia kepada masyarakat Kecamatan Cibiru ternyata dapat memunculkan dan mengembangkan kreativitas masyarakat dalam membuat mainan dan kerajinan-kerajinan tradisional yang mana diharapkan ini menjadi modal mereka dalam membuka peluang kerja. melihat kondisi sekarang dimana permainan-permainan yang ada cenderung kepada teknologi modern. tak lepas dari tujuan awal yakni menjaga dan melestarikan kaulinan budak.

Karena dilihat dari maraknya peng-klaiman budaya oleh negara tetangga. solidaritas. serta pihak-pihak terkait sangat diperlukan agar program melestarikan dan menjaga budaya yang ada berjalan dengan baik. . dikhawatirkan budaya yang kita kenal selama ini milik bangsa Indonesia. rasa saling menghormati pun.sehingga dapat dikatakan program ini memberikan dampak yang baik bagi warga kecamatan Cibiru. Sebagai bangsa Indonesia yang kaya oleh budaya. terwujud tatkala program ini berlangsung. Karena dukungan penuh pemerintah dan msyarakat. Namun tidak terlepas dari dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat. VI.18 Semangat gotong royong. secara jelas diakui negara lain sebagai salah satu budayanya Oleh karena itu perlu adanya kesadaran masyarakat dan turun tangan pemerintah dalam melestarikan dan menjaga kebudayaan yang merupakan kekayaan bangsa. KESIMPULAN DAN SARAN Melestarikan seni dan budaya merupakan kewajiban kita sebagai generasi penerus. sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat mencoba untuk melindungi budaya bangsa yang kita miliki. maka dengan sendirinya budaya yang kita miliki akan punah oleh berkembangnya zaman. Tanpa usaha untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->