Arti Disiplin

Disiplin adalah patuh terhadap waktu dan tata tertib. Dan disiplin sangat penting untuk membangun moral anak bangsa. Mengapa disiplin penting? Saya berikan contohnya. Seorang siswa, sebut saja namanya X. Dia adalah siswa yang Bengal. Namanya dikenal di kalangan guru dan temannya sebagai berandal. Setiap hari datangsekolah terlambat. Pukul 6.45 sekolah sudah mulai pelajaran, tapidia datang pukul 7.00. Sudah pasti, guru yang sedang mengajar marah. Bagaimana tidak, wong ternyata dia terlambatbukan karena apa, tapi karena nongkrong-nongkrong dulu sama teman-temannya. Kemudia ketika jam pelajaran hamper usai, dia diberi PR matematika oleh gurunya.Sebenarnya PR itu tidak terlalu banyak, tapi besoknya, tidak ada satu nomerpun yang dia kerjakan. Akhirnya terpaksa dia mengancam teman sebangkunya untuk dicontek. Sudah itu, namanya dipanggil oleh guru matematika untuk maju kedepan mengerjakan.pr kemarin. Karena belum selesai mencontek, dia maju dengan perasaan gugup. Di depan papan, dia tak bias mengerjakan, akhirnya dihukum sama gurunya. Kesal, ketika istirahat teman sebangkunya dipukuli dan dipalak, tapi aksinya ketahuan guru fisika. Terus digiring ke ruang guru, dikasih hukuman bogem sama si guru killer. Setelah itu dia semakin benci disiplin. Akhirnya dia tidak pernah mau belajar.Dan pada ujian akhir dia keteteran. Dan akhir yang terbaik untuk dirinya adalah tidak lulus. Dia pun menderita dan sendirian terlunta-lunta. Itu tadi secuil kisah dari orang yang tak mau disiplin. Seandainya saja dia mau disiplin, hasilnya takkan seperti itu. Siapa yang ingin masa depannya hancur? Saya kira tidak ada. Tapi melihat perkembangan pendidikan kita yang seperti ini, susah deh. Padahal tanpa disiplin, kita tidak akan mampu membangun negeri ini kea rah yang lebih baik lagi. Saya sendiri saat ini sedang menggembleng diri saya dengan kedisiplinan. Saya tidak akan membiarkan diri saya terbelenggu sikap malas, saya tidak mau ketularan salah satu dari sifat umum orang Indonesia, malas. Karena itu, mari kita bersama mencoba berdisiplin. Bagi mereka yang merasa dirinya disiplin, saya ucapkan selamat! Dan yang belum, ayo sama sama saya belajar disiplin, sepertimembiasakan bangun pagi, berangkat kerja tepat waktu, atau yang lainnya. Disiplin Rek!!! ruang tempat belajar di sekolah: gedung sekolah itu terdiri atas enam --; 3 kelompok masyarakat berdasarkan pendidikan, penghasilan, kekuasaan, dsb; per·a·tur·an n 1 tataan (petunjuk, kaidah, ketentuan) yg dibuat untuk mengatur: fre·ku·en·si /frékuénsi/ n 1 kekerapan: -- denyut jantungnya tidak normal; 2 Ling jumlah pemakaian suatu unsur bahasa dl suatu teks atau rekaman; 3 Ling jumlah getaran gelombang suara per detik; 4 Kom jumlah getaran gelombang elektrik per detik pd gelombang elektromagnetikv [ercaya : mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata: -- kpd ceritanya; -akan kabar itu; 2 menganggap atau yakin bahwa sesuatu itu benar-benar ada: -- kpd barang gaib; 3 menganggap atau yakin bahwa seseorang itu jujur (tidak jahat dsb): beliau tidak -- lagi

keris. kami minta -.maluin.angin percaya yg sia-sia. Menurut singingtips. Bernafas yang benar bakal bikin suara kita tambah oke. untuk kepentingan -nya sendiri. Bernafas Dengan Benar Walau punya suara oke tapi jika teknik bernafas kita salah. Tindakan ini membuat otot tulang membusung ke depan.. Yah. dan hampir semua orang yang suka musik pastinya suka nyanyi. 2 pemasangan: ~ mesin pembangkit tenaga listrik itu dilaksanakan oleh teknisi Indonesia. diagframa menekan ke bawah dan berkontraksi karena paru-paru sedang mengambil udara. mempertontonkan. ber·pe·nam·pil·an v mempunyai penampilan. perbuatan menampilkan: acara itu diisi dng ~ pakaian adat. Langkah-langkah singkat berikut ini bakal bikin kita lebih berani nyanyi di depan publik. mengikat permata pd tempat ikatannya.. Tapi kenyataan memang sering nggak sesuai impian.: hilangnya masa kanak-kanak dapat membuat seorang anak ~ spt orang dewasa me·ne·rap v 1 memasang permata pd cincin.kpd Amir. -.tiga orang calon ketua. kasihanilah anak. pe·ne·rap·an n 1 proses. 4 yakin benar atau memastikan akan kemampuan atau kelebihan seseorang atau sesuatu (bahwa akan dapat memenuhi harapannya dsb): -. memajukan: tiap provinsi ~ kesenian daerah masing-masing. cara. perihal mempraktikkan: ~ teori sosiologi pedesaan hendaklah dilakukan untuk pembinaan desa transmigrasi Nggak percaya diri kalau-kalau diajak karaoke bareng teman? Sekarang itu tinggal kenangan. te·rap·an n 1 keris yg bilahnya berlekuk panjang di tengahnya. 1 di·ri n 1 orang seorang (terpisah dr yg lain). mempraktikkan: kita harus ~ ilmu kita di dl kehidupan sehari-hari.. 4 Sas engkau: pergilah -.ke depan untuk menerima hadiah.anakmu.lekas-lekas tam·pil v 1 melangkah maju (ke muka. cara. gaya penampilan.nya. pernafasan yang baik melibatkan otot-otot diagframa (antara dada dan perut). perbuatan menerapkan. tampil dng . 3 dipakai sbg pelengkap beberapa kata kerja untuk menyatakan bahwa penderitanya atau tujuannya adalah badan sendiri: janganlah bunuh -. nyanyi bisa jadi nggak oke. 3 pemanfaatan. pe·ne·rap n orang yg menerapkan. Ketika menarik nafas. ~ mereka sangat mengesankan. 3 hasil menerapkan. Inginnya suara seperti Krisdayanti atau Glenn Fredly tapi keluarnya jauh banget dari mirip. minimal nggak malu-maluin lah! Hampir semua orang pasti suka musik. mengemukakan. 2 salut pd sarung keris. 2 tidak dng yg lain: pekerjaan itu dilakukannya seorang --. dsb. pe·nam·pil·an n proses. minimal kita bisa nyanyi benar dan nggak malu. Tapi tunggu dulu! Walau nggak bisa sebeken atau nyanyi sekeren bintang tadi. Caranya? Simak tips ini: 1. penduk. me·ne·rap·kan v mengenakan (pd). muncul: dl tahap akhir -. badan: ia menyesali -. 2 menampakkan diri. hari sudah menjelang magrib. 2 memasang ubin (lantai).. me·nam·pil·kan v membawa ke muka. Cara bernafas seperti tadi wajib dilakukan ketika . ke depan): para pemenang dipersilakan -. 3 memasang mesin dsb.kpd diri sendiri.

Menyanyi Seperti Bintang Televisi Belakangan ini banyak reality show yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi bintang di panggung nyanyi. Kalau bingung banget mau gaya apa. Ajak duluan teman Anda ke karaoke atau jangan malu-malu tampil di panggung acara kantor atau di lingkungan rumah. Nggak usah malu untuk bergoyang sesuai irama. Cecep Amelia http://www. coba cara ini. Anda juga bisa! Caranya. Pahami lagunya dan rasakan apa yang dimaksud oleh sang penyanyi atau penulis lagu. Penghayatan Lagu Menghayati lagu bisa membuat penampilan Anda lebih maksimal. tehknik nyanyi juga udah. 2.co.id/data/aktual/108735. Pelajari kaset atau CD berbagai penyanyi idola. MENYANYI ADALAH PEKERJAAN HATI by Drs. 3. Atur penempatan pernafasan dan penekanan pada salah satu bagian tubuh. belajar gaya apalagi! Nah tinggal latihan terus supaya suara tambah oke. semua lagu pasti bisa Anda nyanyikan tergantung caranya. Pilih mana yang paling pas untuk lagu favorit Anda. Tapi. Gelar pertunjukan sebanyak mungkin. Agar penghayatan lebih mendalam gunakan gerak tubuh dan mimik wajah. Mengetahui cara bernafas bakal membuat Anda mengetahui berapa bait yang bisa dihabiskan dalam satu tarikan nafas. Pelajari kesalahan dan kelebihan suara Anda. Coba juga berlatih menyanyi acapela alias tanpa iringan musik. Lakukan cara pernafasan tadi dan coba dengarkan suara Anda. Bedakan cara mereka bernyanyi dan pelajari sebanyak mungkin. Coba terus! 5. seringsering lah tampil. ketika Anda membiarkan udara keluar dari dada maka Anda menggunakan suara dada.bersiap untuk menyanyi. walaupun hanya di depan pacar atau di hadapan keluarga Anda. cari seorang pelatih atau belajar dari CD-CD latihan nyanyi. rekam suara Anda. 4. tak perlu ambil nafas terlalu dalam untuk menghindari sisa udara yang keluar sehingga suara Anda seperti berdengus. Latihan Terus Inilah kunci paling penting! Tekhnik nafas udah. Jika bait yang akan dinyanyikan tidak terlampau panjang. Yang paling penting. Cara ini membuat Anda lebih mudah mengontrol nafas. Tapi ingat! Jaga terus teknik pernafasan yang benar.jpg . tirukan saja videoklip lagu tersebut. Setiap Anda latihan menyanyi. setelah latihan bernafas coba maju ke latihan teknik menyanyi. Jika ingin lebih cepat.mediaindo. Memperbanyak kesempatan tampil bisa membuat Anda lebih percaya diri. Tutup salah satu telinga dengan tangan (seperti ketika menelepon). Lepaslah nafas dan mulailah bernyanyi. Memang suara vokal Anda akan menunjukan kecocokan pada salah satu genre. Misalnya. Jika masih sulit juga mengendalikan nafas. Cobalah bereksperimen dengan berbagai jenis suara yang bisa Anda lakukan. Jangan Terpaku Pada Satu Genre Yup Betul banget! Anda nggak hanya bisa menyanyi di satu jenis musik saja. Jangan tunggu diajak teman.

Guru vocal akan memberi tahu di mana posisi suara kita berada. tinggal mengarahkan cara/teknik menyanyi yang baik dan benar. kita tidak usah meniru habishabisan suara penyanyi aslinya. tetapi kalau kita sudah terbiasa akan sangat membatu kita. baik di karaoke. materi vocal. mereka banyak yang mencari pelampiasan untuk sekedar refreshing. MEZZO SOPRAN. dan enak didengar. maka berlanjut kepada unsur berikutnya yang lebih penting. ekspresi. BARITON. kalau pria ada suara TENOR. kalau wanita. dsb. Selanjutnya kita harus menyanyi dengan nada dasar yang pas/maksimal yang bisa dijangkau. Setiap kita menyanyi. mulai dari cara pernafasan. Biasanya. live music. cape. diluar kemampuan suara kita. jenuh. kita harus memberi RUH disetiap kata dan tarikan nafas kita. Banyak orang menyanyi tapi terasa hampa/kosong . yang pertama harus punya keberanian untuk mengeluarkan suara semaksimal mungkin. ada suara SOPRAN. serak . Memang akan terasa sangat susah kalau menyanyi menggunakan Teknik Vocal. Rahasianya. Dalam teknik vocal kita diajari cara menyanyi yang benar. tapi kita harus bangga bahwa kita punya suara yang khas yang tidak dimiliki orang lain. lelah. Kita harus tahu posisi suara kita ada di range apa. yang lebih baik adalah TUNJUKKAN KARAKTER SUARA KITA yang sesungguhnya. yaitu mencoba menyanyi dengan TEKNIK VOCAL yang baik dan benar. atau hanya menjadi penikmat setia di Pub/Café. kita jangan sekalikali terlalu memaksakan diri untuk mencapai ketinggian suara asli orang lain. kita jangan bangga bisa menirukan suara penyanyi lain. artikulasi. yang tekut menyanyi tumbuhkan rasa percaya diri bahwa dia mampu menyanyi seperti orang lain. sehingga kita tidak mudah lelah. dan serak. penampilan. sehingga jangankan . Kalau semua itu sudah dimiliki barulah kita bisa menyanyi dengan hati/ perasaan. yang ke dua tumbuhkan rasa keberanian. dan terkesan dengan suara kita. pusing dengan pekerjaannya. ALTO. TEKNIK VOCAL adalah sebuah cara/usaha untuk memproduksi suara yang baik dan benar. banyak orang yang sudah jenuh. menyegarkan kembali otak meraka yang lelah. Salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan itu adalah MENYANYI. Kalau dua unsur tadi sudah dimiliki. bagi orang yang baru belajar menyanyi suka cepat lelah. Bagi orang awam cukup mempunyai dua unsur tadi untuk bisa tampil bagus di muka umum. atau sebaliknya ada orang yang terlalu percaya diri (over convidence) dengan suara yang pas-pasan. pherasering. percaya diri yang kuat bahwa kita mampu menyanyi. kurang gereget. improvisasi. Setiap manusia mempunyai AMBITUS SUARA yang berbeda-beda. karena kita menggunakan teknik vocal yang benar. sehingga suara yang keluar akan terasa merdu. diksi. vibrasi. kelihatan ketika dia menyanyi dengan nada yang pas/maksimal.Di alam yang modern ini. Dua permasalahan tersebut di atas sebenarnya bisa diatasi dan saling mengisi satu sama lain apa kekurangan/kelemahannya. sebab akibatnya akan sangat fatal. karena setiap orang mempunyai TIMBRE yang berbeda-beda. jelas. sehingga dia bisa mengontrol suaranya dengan benar. dia berani nyanyi di depan umum. yang sudah percaya diri. buatlah audiens terkesima. Sebenarnya menyanyi bukanlah pekerjaan yang susah. tetapi banyak orang yang takut/miris duluan ketika mereka disuruh nyanyi. BAS. Misalnya. karena sesungguhnya karakter suara seseorang akan muncul.

tanpa ada rasa sakit hati. 2 Komentar .tapi dalam tempo yang lama. memiliki rasa musical tapi tidak menonjol. juga jangan terlalu sering begadang . dan disiplin yang tinggi. MUSICAL . tidak memerlukan waktu lama untuk belajar musik. apalagi yang dingin atau yang terlalu panas. Yang paling baik adalah jika kita baru selesai menyanyi. artikulasi yang tidak jelas. serak. saran dari orang lain. Cara lain. Orang seperti ini akan sangat lama/susah dalam mempelajari materi music. lalu putar ulang dan simak dengan teliti dimana kelebihan dan kelemahan vocal kita. kelemahan yang paling banyak dilakukan oleh penyanyi pemula adalah. suara yang tipis/nyempreng. dan jangan lupa mintalah masukan.dan terlalu pedas. untuk kepentingan Festival) Disiplin Waktu Posted 19/03/2011 by Mister Ade in Inspirasi Diri. dan kalau sudah menyanyi jangan langsung minum. caranya adalah menyanyi dengan teknik nafas yang benar. kritik. bicara saja sudah tidak bisa. Berdasarkan pengalaman. Hal lain yang perlu kita hindari adalah memakan makanan yang mengadung minyak. kita harus sering berlatih vocal. SELAMAT MENCOBA !!! BERLATIHLAH DENGAN TEKUN !!! (Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman Penulis dalam melatih Vocal. usaha yang keras. cobalah bernyanyi disetiap ada kesempatan.kritik dan saran adalah obat yang paling ampuh untuk meperbaiki vocal kita. apalagi marah dengan kritik.menyanyi. orang yang sedang-sedang saja. jangn pernah alergi. tunggulah sekitar 3-4 menit atau hingga tenggorokan kita lebih nyaman. kapan berhenti.karena daya tahan tubuh dan pita suara akan berkurang jika kita sering begadang. Kalau kita lihat sebenarnya manusia mempunyai tiga sifat musical : MUSICAL ABSOLUTE. dia hanya bermodalkan keberanian. Mungkin bisa berhasil. orang yang memiliki kecerdasa luar biasa dalam bidang musik. A MUSICAL. saran dari teman atau guru vocal kita. bisa menguasai lagu. kapan mulai masuk. Hal ini bisa kita hindari. setelah itu silahkan minum air putih yang tidak dingin. Kalau kita ingin cepat bisa bernyanyi dengan baik dan benar. karena bakat yang dimilikinya sangat kurang. maupun penyanyi professional. dan memiliki feeling yang kuat dan berbakat. Cara ini akan sangat membantu ketahanan suara kita agar tidak cepat lelah. atau tidak terlalu panas. tetapi memerlukan waktu yang cukup untuk belajar terlebih dahulu. bisa juga dengan merekam suara kita ketika sedang menyanyi. takut. orang seperti ini yang susah untuk bisa secara normal menguasai lagu. dan tempo yang tidak menentu. baik yang iseng. Semua masukan . hal itu akan membuat pita suara kita rusak. diskusikan dengan teman atau guru vocal kita. bahkan tidak ada. Itulah cara yang paling ampuh untuk mengetahui kemampuan menyanyi kita.

malu aja kalau diusir dari kelas karena telat. jadinya malah begadang karena tugas itu harus selesai besoknya. Waktu terus berjalan dan ketidakdisiplinan dan ketidaktegasan terhadap waktu tersebut akan berdampak ke jadwal di waktu berikutnya. ternyata bapaknya udah dalam kelas. Nyesel banget kan akhirnya. Suatu peristiwa lagi di lain hari ketika menentukan waktu ngumpul atau rapat suatu kelompok. nilainya tidak begitu besar seperti nilai jam kuliah. Selesai mandi jam 06:20 siap2 berangkat jam 06. jadi nambah lgi sampai 06:10.25 untuk ke kampus jam 07 tepat (kebetulan karna dosennya disiplin jadi klo bapaknya udah ada dlam kelas kita ngga boleh masuk lagi). sy masi pengen nambah waktu tidur 5 menit lg sebelum siap2 ke kampus. Ini menyebabkan kerugian waktu kerja yang sangat besar dan bisa membuat pekerjaan menjadi tidak efektif dan akhirnya menghasilkan hasil pekerjaan yang dibawah standar. Ini membuat sy sadar kalau 5 menit saja waktu disia2an di pagi hari membuat kita dapat membuang banyak waktu di siang hari. Di tengah perjalanan sy bergejolak antara masuk dan tidak. malah ditunda sampai jam 10 baru mau mulai ngerjain. waktu untuk itu malah ngga kerasa terpakai untuk hal2 yang sifatnya wasting time seperti online Facebook atau nonton tv. Ditentukan rapat akan dimulai jam 10:30 sampai jam 11:00 (30 menit) tapi karena banyak kepentingan dan alasan maka hanya beberapa orang yang datang.Suatu peristiwa pagi2 di tempat tidur melihat jam masih 06:00. atau bahkan cuma ketua dan sekertaris kelompok yang datang. Tapi kalau ngga masuk brarti sy mengingkari janji sy di awal semester buat mengusahakan kehadiran kuliah 100%. Hal tersebut membuat otak malah rileks duluan dan buat ngerjain tugas malah ditunda2 dan tidak konsentrasi. Suatu peristiwa lain hari dimalam hari. Ternyata di jalan macet parah. dengan segala upaya sy buru2 nyampe kampus jam 7 pas. Namun karena bapaknya jg telat jadi sy beranikan buat masuk dan boleh. Misalnya kalau saya telat dan tidak diperbolehkan masuk maka saya menyia2kan waktu 2 jam kuliah tersebut buat ngerjain hal lain yang bila dinilai. Dari parkiran ke dalam kelas yg lari2an sampe kira2 dapat waktu 07:10. Malah tidak jadi ngumpulin tugas. Setelah bangun lagi jam 06.10 baru memaksakan diri bangun dan mandi. Karena begadang jadinya bangun kesiangan dan tidak masuk kuliah. Bangun jam 06:05. Misal waktu ngerjain tugas di plot jam 7-9. . karena tidak tegas menentukan waktu belajar atau ngerjain tugas. ternyata keinginan untuk beranjak dari tempat tidur jg belum ada.

Dalam menyusun jadwal harian. Memulai suatu kegiatan dengan terlambat menyebabkan kita menjadi menegrjakan pekerjaan dengan terburu2 dan tidak maksimal (karena tidak menggunakan waktu dengan efektif sesuai yg ditentukan ataupun tidak konsentrasi .Ini merupakan kebiasaan buruk yang sangat merugikan. Menghilangkan kebiasaan buruk ini harus dimulai dengan niat yg baik dan dimilai sejak dini. kerjakan kegiatan tersebut sesuai prioritasnya. capai. Mau tidak . Kebiasaan telat dan tidak menghargai waktu ini yang dapat menurunkan harkat dan kepercayaan seseorang kepada kita. dll). kelelahan. Lingkungan tinggal jg harus di dirubah dengan tegas. semakin sering kita terlena dan membiarkan kebiasaan telat itu menjalar di kehidupan kita makin sering kita melakukannya dan akan berdampak sangat buruk bagi keseharian hidup kita.

“Demi Indonesia yang Gemilang. Waktu dipagi hari merupakan waktu yang sangat singkat jadi kita harus dapat mengendalikannya dengan baik. yang banyak terbuang untuk hal-hal hiburan. manusia memiliki kepandaian intelegensia. Tapi buruknya adalah. harus tegas pada diri sendiri dan buat kesepakatan dengan deri sendiri. Saat kita ingin memecah ritual tersebut.” Membaca tulisan Andry tentang disiplin diri. ataupun secara mendadak dan langsung diubah. lebih banyak karya yang kita buat. Itu menghemat banyak waktu untuk mencari saat mendadak kita perlu memakainya lagi. di mana apa yang sering kita lakukan akan terprogram secara otomatis pada otak kita sebagai suatu ritual. • Buat menghilangkan kebiasaan telat di pagi hari. Hal ini lah yang harus ditanamkan ke anak2 Indonesia sebelum beranjak dan membangun masa depan. otak akan . Kita. Kemudian datang tepat waktu. Karena sifat menyia2an waktu akan berdampak kerugian bagi banyak hal. contoh nyalain tv buat nonton bukan empat mata saja ketika acara itu udah selesai langsung matikan tv). Tidak ada untungnya kita menyia2an waktu. Mendisiplinkan diri sendiri memang paling susah. bagi diri sendiri dan orang lain. aku jadi tersenyum sendiri. misal waktu kerja kelompok yang banyak terbuang kia bias buat janji dan uraian tugas yang jelas bagi masing2 anggota. dan bahwa kadangkala kita harus melatih diri sendiri. tapi justru di situlah kita membangun kebiasaan itu. Ketika waktu tidur langsug tidur atau sebelumnya bisa nyiapin barang2 dan jadwal yg akan dilakukan esok harinya. • Buat mengendalikan waktu di malam hari. Bisa juga mengisi waktu luang di siang hari dengan baca buku yang selalu di bawa di dalam tas.hal kecil lainnya yg tak terasa dan sering terlewatkan. melainkan dibangun dari sedikit demi sedikit kebiasaan kecil dalam kegiatan sehari . otak kita yang jadi memprogram setiap hal yg kita lakukan. disiplin bukan sesuatu yg bisa secara otomatis diubah. ngga cari2 lagi yg akan membuang waktu banyak. Dan yang lebih susah lagi. yang ada malah kerugian yang besar yang harus ditanggung di depannya. dan banyak hal .mau manajemen waktu yang baik harus dilakukan dan wajib dilakukan. sehingga pas ngumpul waktunya bisa lebih efektif.hari yang harus dilakukan secara kontinu. Dengan manajemen waktu dan disiplin waktu yang baik kita akan dapat mengerjakan banyak hal dalam hidup kita. menepati janji. sama seperti bagaimana kita melatih disiplin pada binatang peliharaan. • Buat menghilangkan waktu terbuang di siang hari. Tapi itu memang ada benarnya juga. Dan akhirnya kta menjadi pribadi yang dapat menjaga kepercayaan dan meningkatkan harkat hidup kita dimata orang. lebih banyak pengalaman. mulai dengan menyetel waktu alarm lebih pagi atau sudah menyiapkan segala kebutuhan dari malamnya jadi tinggal langsung pakai aja. Hal paling mudah adalah meletakkan barang pada tempat asalnya setelah dipakai. yang terjadi adalah sebaliknya. Misal waktu nonton dan online setengah jam (ambil waktu untuk acara2 tertentu aja sesuai kegemaran. saat kita telah terprogram secara otomatis.

dan pada akhirnya menjadi sebuah program otomatis yang disebut kebiasaan. Kebetulan. tapi mungkin memang terlalu bebas sehingga banyak kedisiplinan yg hilang. Terus . Aku sendiri merasa belakangan ini aku sangat bertoleransi terhadap diriku dan ketidak disiplinanku. .hal yang membuat diri semakin baik. Jadi awalnya adalah melakukan terus menerus sehingga menjadi terbiasa. saat itu kita harus merubah kesadaran untuk mulai menerapkan disiplin itu agar kembali menjadi ritual. Sehingga saat kita sudah kehilangan disiplin diri dan secara otomatis terprogram menjadi tidak disiplin. susah dilakukan.menerus melakukan hal . Tentunya antara pihak pendidik dan pihak yang dididik. Ini bukan salah otak. Dari hal . dari diri sendiri. dan mulai sekarang. Saat kita sudah terprogram untuk menjadi tidak disiplin. Meskipun sebulan kemarin aku memang sengaja melonggarkan jadwalku. Mudah dikatakan. dan dari terbiasa menjadi sebuah kebiasaan. karena dengan banyaknya ketidakdisiplinan yg terjadi. maka disiplin yang ada di otak kita adalah ketidak disiplinan itu. dapat disesuaikan dengan setiap mapel karena pada dasarnya sama saja.hal kecil. Siswa dilibatkan langsung ketika proses pembuatan kontrak belajr berlangsung. tetapi sekedar penggambaran bahwa seharusnya kitalah yg memprogram otak kita dan bukan sebaliknya. Jia you! Kontrak belajar ialah salah satu aturan yang diciptakan sendiri atas dasar kesepakatan. Sehingga kita menjadi terprogram untuk terus menerus menerapkan ketidak disiplinan itu. Berikut contoh kontrak belajar yang saya buat dengan siswa MAN 2 Madiun ketika berPPL. kontrak belajar ini berlaku untuk mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Tetapi.secara otomatis merefer kita pada ritual tersebut kembali. sehingga menjadi perilaku dan kepribadian. aku jadi begitu rindu untuk kembali menjadi disiplin. tetapi pasti bisa dilakukan semudah yang dikatakan apabila ada kesungguhan. Tapi ada bagusnya juga.