Sejarah Pendidikan Islam - Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 POLA

PENDIDIKAN ISLAM PRIODE RASULULLAH (MEKAH DAN MADINAH) DAN POLA PENDIDIKAN ISLAM PADA PRIODE KHULAFAURRASYIDIN
Diajukan Sebagai Tugas Mata Kuliah “Sejarah Pendidikan Islam”

Dosen : Bapak Prof. Dr. H. Samsul Nizar. M.Ag
O L E H

1. SYAHRI 2. SURATIN 3. RUKAMAH

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BENGKALIS-RIAU 2011
www.kosmaext2010.com
disusun oleh Syahri, Suratin dan Rukamah

Sejarah Pendidikan Islam - Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011
KATA PENGANTAR Al-Khamdulillah, segala puji dan syukur hanyalah milik Allah yang telah memudahkan segala urusan hambanya, sehingga selesailah makalah kami ini yang berjudul : “Pola Pendidikan Islam Priode Rasulullah (Mekah dan Madinah) dan Pola Pendidikan Islam Pada Priode Khulafaurrasyidin”. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjunan Nabi besar Muhammad SAW beserta sahabat, keluarga, dan seluruh pengikut beliau hingga akhir zaman. Makalah ini dibuat untuk diajukan sebagai tugas kelompok yang selanjutnya dijadikan sebagai bahan untuk dipresentasikan pada mata kuliah “Sejarah Pendidikan Islam” Kami menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini banyak terdapat kesalahan dan kekurangan, untuk itu kami mengharapkan saran dan kritikan dari semua pihak untuk penyempurnaan makalah ini dimasa mendatang. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya dan mudah-mudahan Allah SWT meridhoinya kepada Bapak Prof. Dr. H. Samsul Nizar. M.Ag, yang telah banyak membantu kami sehingga makalah ini dapat kami selesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya, Amin….

Bengkalis, April 2011 Kelompok I

www.kosmaext2010.com
disusun oleh Syahri, Suratin dan Rukamah

................ 2 1................ 4 1....... Pola Pendidikan Islam Masa Rasulullah ...........................5 Kegunan Pembahasan .......................... 5 3.................................................................................. ii BAB I PENDAHULUAN ........Sejarah Pendidikan Islam ................................................................................................................................................................................... Pola Pendidikan Islam Masa Khulafaurrasyidin ................. i DAFTAR ISI ....Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ...................4 Tujuan Pembahasan .....................com disusun oleh Syahri..................................................................................... 3 BAB II PEMBAHASAN .............3 Tujuan Pembahasan ............................................. 2 1................1 Latar Belakang ..kosmaext2010........................................ 1 1......... Suratin dan Rukamah .................2 Pembatasan Masalah ............................................ 1 1....................................................................... 17 DAFTAR KEPUSTAKAAN www................... Ruang Lingkup Ajaran Islam ....................... 11 BAB III PENUTUP ........... 2 1................................................................................ 4 2.......................................................................

Kita dapat membuat sejarah yang gilang gemilang dalam pendidikan yang kita usahakan untuk anak-anak dan pemuda-pemuda kita.kosmaext2010. Mudah-mudahan dengan mempelajari sejarah pendidikan islam itu. bukan semata-mata untuk menghafal tanggal. Karena salah cara didikan dan ajarannya. dapatlah kita ketahui sebab terang benderangnya didikan dan ajaran islam dan sebab gelap gulitanya. Suratin dan Rukamah . dapat kita ketahui sebab kemajuan islam.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 BAB I PENDAHULUAN 1. Dengan mempelajari sejarah pendidikan islam.Sejarah Pendidikan Islam . dan apabila kita ketahui sebab-sebab kemunduran itu. www. Dengan mengetahui sejarah pendidikan islam. Demikianlah faedah mempelajari sejarah pendidikan islam. Demikianlah halnya pendidikan dan pengajaran islam dizaman keemasan dalam sejarah pendidikan islam. dan pendidikan islam turut tercemar dan terjajah pula. Sedangkan inti dan api islam tidakdipentingkan sama sekali. yaitu mengambil mana-mana yang baik dan membuang manamana yang buruk.1 Latar Belakang Mempelajari sejarah pendidikan islam umat penting terutama bagi pelajarpelajar agama dan pemimpin-pemimpin islam. bertambah mundur sehingga pendidikan itu hanya mementingkan kulit dan abu islam saja. tahun.com disusun oleh Syahri. Apabila kita ketahui dalam sejarah sebab-sebab kemajuan islam. dan abad suatu kejadian dalam sejarah. tentunya kita usahakan sebab-sebab kemajuan itu. Akhirnya umat islam lemah. kita dapat mengambil faedah. Tetapi kemudian pendidikan islam. Dengan mempelajari sejarah pendidikan islam. Ulama islam dahulu telah melaksanakan pendidikan yang gilang gemilang dari mereka telah mempelajari dan mengembangkan berbagi macam ilmu pengetahuan. lemah jasmani dan rohani sampai dijajah oleh bangsa barat.

Mengetahui ruang lingkup ajaran islam 2.2 Identifikasi dan Pembatasan Masalah Dikarenakan luasnya bahasan mengenai sejarah pendidikan islam ini. maka perlu kiranya kami membatasi masalah yang akan kami sampaikan nantinya.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 1.com disusun oleh Syahri. 1. 2. Untuk mengetahui letak kunci keberhasilan pendidikan islam pada masa Rasulullah SAW 3. Mengetahui pola pendidikan islam pada masa Rasulullah 3. www. Suratin dan Rukamah . maka perlu adanya pemahaman tetang sejarah pendidikan islam yang dirumuskan sebagai berikut : 1.Sejarah Pendidikan Islam . Untuk mengetahui perkembangan pendidikan islam pada masa khulafaur rasyidin.3 Rumusan Masalah Seperti yang telah kami paparkan diatas.4 Tujuan Pembatasan Tujuan dari diadakannya pembahasan ini adalah sebagai berikut : 1. secara garis besar. Untuk mengetahui secara jelas masa pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam dari masa ke masa. Mengetahui pola pendidikan islam pada masa khulafaur rasyidin 1. Mengetahui pola pendidikan islam priode Mekah dan Madinah 4. batasan masalah kelompok kami seputar pola pendidikan islam pada masa Rasulullah (mekah dan madinah) dan pola pendidikan islam pada masa khulafaur rosyidin.kosmaext2010.

Suratin dan Rukamah .kosmaext2010. www. Bagi kami pembahasan ini merupakan wahana latihan pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan karya tulis ilmiah.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 1. b.Sejarah Pendidikan Islam . Dengan adanya pembahasan ini tentunya demi semua akan semakin memperkaya ilmu pengetahuan kami khususnya tentang sejarah pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam dan pola pendidikannya dari masa Rasuullah SAW sampai pada masa khulafaur rasyidin.5 Kegunaan pembahasan Kegunaan dari pembahasan ini adalah : a.com disusun oleh Syahri.

1 yaitu : 1. kemudian tuntutan pertama kalinya adalah 1 Ali Anwar Yusuf. dan akhlak masing-masing saling berkaitan. Suratin dan Rukamah . Antara akidah. 1998) h. Syariah 3. kesempurnaan itu meliputi segi-segi fudemental tentang berbagai aspek kehidupan manusia berupa hukuman dan norma. Norma-norma atau aturan tersebut secara garis besarnya terhimpun dalam tiga hal pokok. maka dengan sendirinya akidah tidak dapat menopang keislaman seseorang.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 BAB II PEMBAHASAN 1. Akidah yang mempunyai mempunyai sumber yang asasi dari Al-Qur’an merupakan sesuatu yang bersifat teoritis. Semua unsur yang termasuk dalam ruang lingkup ajaran islam tersebut tidaklah berdiri sendiri. Akidah merupakan suatu keyakinan yang mendorong seseorang muslim untuk melaksanakan syariah. Akidah 2.com disusun oleh Syahri. ajaran-ajaran islam bersifat internal dan universal sesuai dengan fitrah manusia sebagai makhluk ciptaan-nya. Akidah sebagai unsur keyakinan mempunyai sifat dinamis. tetapi menjadi satu pembentuk keperibadian yang utuh pada diri seorang muslim. Oleh sebab itu.kosmaext2010. 107 www. maka ia akan kuat dan sebaiknya bila diberikan kering. Untuk mengantarkannya kepintu gerbang kebahagiaan dunia dan akhirat. Apabila akidah dibina dengan baik. Ruang Lingkup Ajaran Islam Allah saw mewahyukan agama islam kepada Nabi Muhammad SAW dalam nilai kesempurnaan tertinggi.Sejarah Pendidikan Islam . Akhlak Ketiga pokok tersebut sekaligus sebagai ruang lingkup dalam ajaran islam. Artinya kuat atau lemahnya akidah akan bergantung pada perlakuan yang datang kepadanya. syariah. Pustaka Setia. Studi Agama Islam (Jakarta.

Hidakarya Agung.Sejarah Pendidikan Islam . 2 3 Ibid. h 108 Mahmud Yunus. Zubair bin Awam. Kemudian diangkat menjadi anak angkatnya). berlindung dan berkeluh kesah. Suratin dan Rukamah . Mengingat kondisi sosial politik yang belum stabil. Kemudian sahabat karibnya Abu Bakar Siddiq secara berangsurangsur ajakan tersebut disampaikan secara meluas tetapi masih terbatas dikalangan keluarga dekat dari suku Quraisy saja. Seperti Usman bin Affan. tidak boleh dicampuri keragu-raguan dan dipengaruhi oleh prasangka.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 segala sesuatu yang dipercayai dengan suatu keimanan. Jadilah ia laksana pohon besar yang rimbun. Pola ini dilakukan selama kurang lebih 3 tahun.kosmaext2010. tetapi Rasulullah SAW beristirahat. sehingga ia menjadi orang pertama yang mendapat hidayah dari Allah masuk agama islam dari golongan permpuan.ula Rasulullah SAW mendidik istri tercintanya.3 Pola pendidikan yang dilakukan adalah secara sirri (sembunyi-sembunyi).A. Dimulai dari dirinya sendiri dan keluarga dekatnya.4 Mula-. Fase Mekah Nabi Muhammad menerima wahyu yang pertama digua hira’ di mekkah pada tahun 610 M Al-Qur’an surat 96 ayat 5.com disusun oleh Syahri. Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta. 2008) h 66 www. berteduk. Pola Pendidikan Islam Pada Masa Rasulullah SAW 1. 1989) h 5 4 Fauzi Ibrahin. Muhammad Mkhluk Paling Mulia (Yogyakarta. 2 Adapun hakikat aqidah diterangkan oleh rasulullah saw sebagaimana sabdanya : Artinya : “Iman adalah engkau percaya (memberikan dan mengakui) kepada Allah dan malaikatnya dan dengan rasul-rasulnya dan engkau percaya dengan hari berbangkit” 2. PT. Khadijah R. Citra Risalah.

yaitu dipendidikan hendaklah suka memberi / mengajar tenpa mengharapkan balasan dari orang yang menerima pemberian itu. hingga kemudian turun perintah dari dzat yang maha mengetahui rahasia dan segala perkara yang amat tersembunyi agar Muhammad melakukan dakwah secara terbuka dan terang-terangan. Seruan tersebut dijawab oleh Abu Lahab. beliau mengundang keluarga dekatnya untuk berkumpul dibukit shafa. yaitu mempelajari kejadian manusia dari segumpal darah dan kejadian alam semesta. Sebagai lembaga pendidikan dan pusat kegiatan pendidikan islam yang pertama pada era awal ini adalah rumah Arqam bin Arqam.5 Pola pendidikan secara rahasia ini berlangsung selama kurang lebih tiga tahun. c.? Saat itu turun wahyu menjelaskan perihal Abu Lahab dan istrinya. Pendidikan akliyah dan ilmiyah. Fatimah binti Khattab. sedangkan mereka dahulu belum mengetahuinya. yaitu hendaklah membaca dengan nama Allah semata-mata. Arqam bin Arqam.Sejarah Pendidikan Islam . Jangan dipersekutukan dengan nama berhala. b. menyerukan agar berhati-hati terhadap azab Allah yang keras dihari kiamat. Abdurrahman bin Auf. Suratin dan Rukamah .kosmaext2010. Pendidikan akhlak dan budi pekerti.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 Sa’ad bin Abi Wagos. Said bin Zaid dan beberapa orang lainnya. Pendidikan keagamaan. Thalhah bin Ubidillah. Bagi orang-orang yang tidak mengakui Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa dan Muhammad sebagai utusannya. Ketika wahyu tersebut turun. h 6 www. Alam akan mengajarkamn demikian itu kepada orang-orang yang mau menyelidiki dan membahasnya. 5 6 Samsul Nizar. Karena Tuhan itu Maha Besar dan Maha Pemurah. Sejarah Pendidikan islam Mahmud Yunus. Abu Ubaidillah bin Jahrah.com disusun oleh Syahri. Mereka semua tahap awal ini disebut assabiqunal awwalun. celakalah kamu Muhammad! Untuk inikah kamu mengumpulkan kami. Dari kedua wahyu yang mula-mula turun kepada Rasulullah SAW itu terdapat diambil suatu kesimpulan bahwa pendidikan dalam islam terdiri dari empat macam :6 a. artinya orang-orang yang mula-mula masuk islam. melainkan karena Allah semata-mata.

dengan materi ini diharapkan agar kebiasaan orang arab yang sering membaca syair-syair indah. memperhatikan memikirkan kekuasaan dan kebesaran Allah dan diri manusia sendiri. bersih badan dan bersih tempat kedamaian. tujuan materi ini adalah untuk meluruskan pola piker umat islam yang dipengaruhi oleh pola piker jahiliah. 2. yaitu :7 Pertama. A. Pendidikan jasmani (kesehatan) yaitu mementingkan kebersihan. kebiasaan masyarakat arab yang memulai perbuatan atas nama berhala. h 34 www.Sejarah Pendidikan Islam . Rasul langsung menjadi contoh bagi umatnya. Materi ini dapat dirinci kepada : 1. materi pendidikan tauhid. digantikan dengan mengagungkan dan menyebah Allah SAW. Materi pendidikan islam para fase mekkah dapat dibagi menjadi dua bagian. Kedua. digantikan dengan membaca Al-Qur’an sebagai bacaan yang indang tinggi nilai sastranya. Hasilnya. Kemudian beliau mengajarkan cara bagaimana mengaplikasikan pengertian tauhid tersebut dalam kehiduapan sehari-hari. Disinilah letaknya fungsi hadits sebagai penjelasan Al-Qur’an. yang telah diselewengkan oleh masyarakat Jahiliah. Materi pemahaman Al-Qur’an. Rasulullah mengajak umatnya untuk membaca.kosmaext2010. Suratin dan Rukamah . Materi baca tulis Al-Qur’an.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 d. Kebiasan menyembah berhala. Materi menghafal ayat-ayat Al-Qur’an 3. bersih pakaian. Materi ini lebih difokuskan untuk menurunkan ajaran agama tauhid yang dibawa Nabi Ibrahim. 7 Samsul Nizar. digantikan dengan ucapan bismillahirrohmanirrohim.com disusun oleh Syahri. materi pengajaran Al-Qur’an. Materi Pendidikan Islam.

2. Metode ceramah. Metode hafalan C.com disusun oleh Syahri. 8 8 Mahmud Yunus. Metode diskusi atau Tanya jawab 4. Lambaga Pendidikan Islam Setelah pemeluk islam mulai banyak. lalu Nabi menyediakan rumah Al-Arwam bin Abil Arqam untuk tempat pertemuan dengan sahabat-sahabat dan pengikutpengikutnya. misalnya kisah beliau dalam perjalanan isra’ dan mi’raj. Rumah Al-Arqam itulah tempat pendidikan islam yang pertama dalam sejarah pendidikan islam. kejadian dan peristiwa yang dialami umat islam pada saat itu.Sejarah Pendidikan Islam . h 6 www. Bekas rumah itu masih dikenal sampai sekarang di mekkah.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 B. Misalnya orang mukmin itu diumpamakan satu tubuh apabila sakit salah satu anggota tubuh maka anggota yang lain akan turut merasakannya. 5. Kurikulum Pendidikan Islam Kurikulum pendidikan islam pada periode Rasulullah SAW baik di mekkah maupun di madinah adalah Al-Qur’an yang Allah wahyukan sesuai dengan kondisi dan situasi. D. Metode Pendidikan Islam Metode pendidikan yang dilakukan rasulullah dalam membidik sahabtanya antara lain : 1. Metode kisah. Metode pembiasaan. Metode pengumpulan. Mislanya pembiasaan kaum muslimin untuk sholawat berjamaah 7. Suratin dan Rukamah . Disanalah Nabi mnembacakan wahyu-wahyu Al-Qur’an kepada pengikutpengikutnya. Disanalah Nabi menerima tamu dan orang-orang yang hendak masuk islam atau menanyakan hal-hal yang bersangkutan dengan agama islam. menyampaikan wahyu yang baru diterimanya dan memberikan penjelasan-penjelasan serta keterangan-keterangannya.kosmaext2010. 6. Metode dialog 3.

Iman kepada malaikat 3.Sejarah Pendidikan Islam . Masa di mekah diantarnya adalah :9 I. Setelah selesai pembangunan itu. Membacakan ayat-ayat Al-Qur’an dan memberikan pendidikan dan pengjaran islam. usaha Nabi yang pertama ialah mendirikan masjid disimpang masjid didirikan rumah tempat tinggal Nabi. 16 www. Pada masa Nabi SAW di madinah diturunkan Al-Qur’an sebanyak 22 surat yaitu kira 1/3 (sepertiga) Al-Qur’an. Suratin dan Rukamah . Iman kepada Allah 2. Pendidikan Agama a. serta sabda beliau sendiri. disalah satu penjuru masjid disediakan untuk tempat tinggal orang-orang miskin yang tiada mempunyai rumah. maka dimasjid itulah Nabi mendirikan sholat berjamaah. Tentang Keimanan Tentang keimanan diperkuat dan pertebal dengan keterangan-keterangan yang dibacakan oleh Nabi dari ayat-ayat Al-Qur’an. Diantara pendidikan dan pengajaran islam yang diberikan Nabi SAW. Pendidikan partama yang dilakukan oleh Nabi. dimadinah ditetapkan keimanan itu terdiri dari enam perkara : 1. A.com disusun oleh Syahri.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 2.kosmaext2010. Fase Madinah Setelah Nabi serta sahabat-sahabatnya (muhajirin) hijrah ke madinah. atau dari tahun 622-632 M. h. ialah memperkuat persatuan kaum muslimin dan mengikis habis-habisan sisa-sisa permusuhan dan persukuan. Iman kepada rasul / nabi-nabi 4. Pendidikan Dan Pengajaran Islam Yang Diberikan Nabi Masa Di Madinah Kurang lebih 10 tahun lemanya daritahun 1-11 H. Iman kepada kitab-kitab Allah 9 Ibid.

Iman kepada hari akhir 6. Haji. Begitu juga disyariatkan sembahyang takut (khauf) yang dilakukan dalam peperangan dan sholat hari raya (idul fitri dan idul adha) serta sholat-sholat sunah yang lain. puasa disyariatkan dimadinah pada tahun 2 H. (632M) yaitu puasa bulan Ramadan 3.Sejarah Pendidikan Islam . 4. haji disyariatkan pada tahun 6 H. Puasa. mandi. sholat. adab bertetangga. Pendidikan Akhlak Kependidikan akhlak yang telah diberikan dimekkah diperkuat dan diperinci di madinah. adab berbicara. III. Senbahyang.com disusun oleh Syahri. haji. 2. Suratin dan Rukamah . Zakat. puasa. seperti wudhu. Hal yang berhubungan dengan rumah tangga yang dinamakan hal-hal perseorangan.kosmaext2010. Syariat Yang Berhubungan Dengan Masyarakat Syari yang berhubungan dengan masyarakat ada empat macam : 1. dimadinah diperlukan sholah jum’at sebagai ganti sholat dzuhur pada hari jum’at. seperti hukum perkawinan dan hukum warisan www. II. adab bergaul dalam masyarakat dan lain-lain. IV.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 5. selain sembahyang lima waktu yang telah disyariatkan dimekkah. iman kepaa qodo dan qadar Allah swt b. Tentang Ibadah 1. seperti adab masuk rumah orang. dalam Al-Qur’an tidak diperincikan soal zakat hanya nabilh yang menerangkan perinciannya. terselip pendidikan kesehatan (jasmani) secara amliyah (praktek). Pendidikan Kesehatan (Jasmani) Sesungguhnya dalamamal ibadah.

1997. Sejarah Kebudayan Islam.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 2.Sejarah Pendidikan Islam . direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka. Abu Bakar Shiddiq 2. 3. 10 Adapun yang dimaksud dari kata “khulafaurrasyidin” disini adalah “para pemimpin pengganti rasulullah dalam urusan kehidupan kaum muslimin yang sangat adil dan bijaksana. bahwa pengertian khulafaur rasyidin adalah “Pengertian yang cerdik dan benar serta senantiasa mendapat petunjuk”. Suratin dan Rukamah . dan dalam menjalankan tugasnya senantiasa berjalan pada jalur yang benar serta senantiasa mendapat hidayah dari Allah SWT. Pengertian Khulafaur Rasyidin Khulafaur rasyidin adalah pecahan dari kata “khulafa” dan “Ar-Rasyidin” kata “Khulafa” merupakan bentuk jamak dari kata “Khulafah” kata ini dalam bahasa arab mengandung pengertian cerdik.com disusun oleh Syahri. Utsman Bin Affan 4. Ali Bin Abi Thalib 10 Hafizh Dasuki. Pola Pendidikan Pada Masa Khulafaur Rasyidin A. 3. pandai dan cantik. Hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi dan pemerintah. sedangkan kata “Ar-Rasyidin” merupakan bentuk jamak dari kata “Rosyada” yang mengandung pengertian : lurus. h 281 www. Berangkat dari pengertian-pengertian diatas maka dapatlah kita mengambil pengertian. Para pemimpin yang dimaksud dengan khulafaurrasyidin terdiri dari empat orang sahabat Rasulullah yang sangat terkenal yaitu : 1. Hal-hal yang berhubungan dengan pergaulan manusia sesama manusia.kosmaext2010. Ta’zir yaitu hal-hal yang berhubungan dengan hukum pidana 4. (Jakarta. Hal-hal yang berhubungan dengan Qisas. benar dan mendapat petunjuk. Umar Bin Khattab 3. pandai dan mengganti. seperti hal-hal yang berhubungan dengan hukum perdata.

berangkat ketempat-tempat pemukiman baru dan kota-kota lainnya untuk mengajarkan agama islam kepada penduduk setempat. Abdullah bin Mas’ud dan Abdullah bin Ka’ab.Sejarah Pendidikan Islam . Tafsir Al-Qur’an. Ilmu pendidikan klasik islam dibedakan menjadi dua macam yaitu : ulumulNaqliyah (ilmu yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadits) atau disebut ilmu syariat dan ulumul-aqliyah (ilmu yang bersumber dari akal) pada masa priode khalifaur rasyidin sebagai awal priode dari sesudah wafatnya rasulullah masih didominasi oleh pengembangan ilmu-ilmu naqliyah. Pada masa permulaan islam. Apalagi pada masa itu Al-Qur’an belum ada syakal sehingga menimbulkan kesulitan dalam membacanya. 3.11 Ilmu yang lahir pada priode khulfaur rasyidin antara lain sebagai berikut : 1. para sahabat yang utama baik dalam kedudukannya sebagai pejabat maupun suka rela. maka pada waktu itu pada sahabat dalam memutuskan masalah tidak bisa dilepaskan dari Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai sumber utama. 2. untuk memahami Al-Qur’an tidak bisa lepas dari pemahaman terhadap hadits. Ilmu ini muncul pada masa khalifah Usman bin Affan. Sebab munculnya adalah karena adanya beberapa dialog bahasa dalam membaca dan memahaminya dan dikhawatirkan terjadi kesalahan dalam membaca dan memahaminya. yaitu ilmu yang memahami ayat-ayat Al-Qur’an diantara sahabat yang mempelajari ilmu tafsir sesuai dengan apa yang diterima dari Rasulullah adalah : Ali bin Abi Thalib. Suratin dan Rukamah . Abdullah bin Abbas.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 B. 153 www. Perkembangan Ilmu Pengetahuan Masa Khulafaur Rasyidin Pertumbuhan ilmu pengetahuan masa khulafaurrasyidin erat kaitannya dengan perluasan daerah islam. Aneka Ilmu.kosmaext2010.com disusun oleh Syahri. Ilmu qiro’at. 2007) h. Oleh karena itu diperlukan standarisasi bacaan dengan kaidahkaidah tersendiri. Pendidikan Agama Islam 2 (Semarang. Ilmu hadits. 11 Asy’ari. yaitu ilmu yang erat kaitannya dengan membaca dan memahami Al-Qur’an.

h 44 13 www. 14 12 Ibid. 154 Ibid. Pelopor pertama dalam bidang ini adalah Ali bin Abi Thalib. 12 5. Ilmu Nahwu. Masa Khalifah Abu Bakar As-Shiddiq (632-634) Setelah nabi wafat. Arsitektur dalam islam dimulai tumbuhnya dari masjid. Abdullah bin Abb (mekah) Abdullah bin Masud (kufah) Anas bin Malik (basrah) Muaz bin Jabal (Syira) dan Abudllah bin Amr’ bin Ash (Mesir) 7. sehingga syair dan sastra kurang berkembang b. Al-Qur’an pada masa khulafaurrasyidin ditulis dengan menggunakan khat kufi dan Irak. Ilmu fikih. ada dua pendapat tentang perkembangan sastra pada masa khulafaurrasyidin.kosmaext2010. 6. h. 8.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 4. ilmu ini berkembang dibasrah dan kufah. sebagai pemimpin umat islam adalah Abu Bakar Siddiq sebagai khalifah. Zaid bin Tsabit (madinah). Khat Al-Qur’an yaitu ilmu yang berkaitan dengan penulisan Al-Qur’an dan penyebarannya. h. Dimulai dari masjid Quba yang dibangun oleh Rasulullah SAW. 13 C. karena dalam berdakwah diperlukan bahasa yang indah. Islam pada masa itu. ilmu ini berkembang seiring dengan semakin luasnya wilayah. Ilmu Arsitektur. para sahabat yang menguasai ilmu tersebut antara lain Umar bin Khattab. karena di kota ini bermukim beberapa kabilah arab dan juga orang persia yang berdialog dengan beberapa bahasa. Suratin dan Rukamah .com disusun oleh Syahri. 145 14 Samsul Nizar. yaitu : a. Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi untuk kegiatan sastra.Sejarah Pendidikan Islam . Sastra mengalami stagnasi keluar pengertian yang lebih kepada bahasa AlQur’an. Masa Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin 1. Ilmu sastra.

Masa Umar bin Khattab (634-644M) Umar bin Khattab diangkat menjadi khalifah setelah wafatnya khalifah Abu Bakar Siddiq. (Murtad) golongan kedua golongan yang tidak puas terhadap islam. Mereka ini mengakui dirinya sebagai nabi setelah Nabi Muhammad Saw.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 Di awal pemerintahnya muncul tiga golongan pertama adalah golongan yang keluar dari islam. al-aswad al ansi dari yaman dan thulaihah bin khawalid dari bani asad. Membentuk lembaga kepentingan masyarakat c. diantaranya : 1.Sejarah Pendidikan Islam . Memperbaikai struktur dan lembaga negera b. Membebaskan Baitul Maqdis 3. Suratin dan Rukamah . 15 dari segi pendidikan pada masa ini masih menekankan beda bidang : a. Menaklukan mesir 15 Hafizh Dasuki.com disusun oleh Syahri. Sehingga keadaan bangsa arab tenang kembali dan suasana menjadi damai kembali. h 285 www. Pendidikan kesehatan 2. Melakkan beberapa negara kedalam islam. sejak dari bani tamim. Usaha-usaha perjuangan khalifah Umar pada masa pemerintahannya adalah : a. Maka muncul musailamah Al-kazzabdi yamah. Pendidikan keimanan b. Menaklukan Damaskus 2. dan golongan-golongan ini dapat tiumpas oleh khalifah abu bakar siddiq. Kemudian golongan ketiga adalah orang yang salah dalam memahami Al-Qur’an. Pendidikan akhlak c. Menaklukan Persia 4.kosmaext2010.

h 292 Samsul Nizar.com disusun oleh Syahri. Masa Khalifah Ali bin Abi Thalib (656-661 M) Ali adalah khalifah yang keempat setelah Usman bin Affan. Pada saat itu Ali tidak sempat lagi memikirikan masalah pendidikan karena semua tertumpu pada maslah keamanan dan kedamaian bagi masyarakat islam.Sejarah Pendidikan Islam . Perang ini dikenal dengan perang Siffin.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 Sementara dibidang pendidikan pada masa ini pelaksanaannya sudah semakin lebiuh maju. kebijakan ini sangat besar pengaruhnya bagi pelaksanaan penidikan didaerah-daerah.kosmaext2010. h 50 www. Masa Khalifah Utsman Bin Affan (644-656 M) Usman diangkat menjadi khalifah hasil dari pemilihan panitia enam yang ditunjuk oleh khalifah Umar bin Khattab menjelang beliau wafat. sebab selama umar memerintah Negara berada dalam keadaan stabil dan aman. kegiatan pendidikan islam mendapat sambutan dan gangguan. pelaksanaan pendidikan islam tidak jauh berbeda dengan masa sebelumnya. perang ini terkenal dengan istilah perang Jamal. Sementera Muawiyah selaku gubernur di Damaskus memberontak untuk menggulingkan kekuasaannya. Pada masa kalifah Usman bin Affan.16 3. Dimana para sahabat yang berpengaruh diberi kelonggaran untuk keluar dan menetap didaerah-daerah yang mereka sukai. Dengan tidak stabilnya pemerintahan dan kericuhan politik pada masa pemerintahan Ali. Suratin dan Rukamah . 18 16 17 Ibid. hanya sedikit mengalami perubahan yang mewarnai pendidikan islam. Pada masa pemerintahannya sudah duguncang peperangan dengan aisyah (istri nabi) beserta Talhah dan Abdullah bin zubair karena kesalah pahaman dalam menyikapi pembunuhan terhadap Usman bin Affan. 17 4. h 49 18 Ibid.

sahabat yang termasyhur diantaranya : Abu Musa Al Asy’ary dia adalah ahli fiqih dan Al-Qur’an. sahabat-sahabat yang terkenal diantaranya : Ali bin Abi Thalib dan Abdullah bin Masud. 2. ketiga sahabat ini mengajar disyam pada tempat yang berbeda. Setelah syam menjadi bagian negera islam maka khalifah umar mengirim Muaz bin Jabal. Muaz bin Jabal di Palestina dan Ubaidah di Hims. Abdulah bin Masud adalah ahli Tafsir. Mesir. Usman bin Affan. Basrah. Madinah. Ali bin Abi Thalib dan yang lainnya.com disusun oleh Syahri. Kufah. Mekkah. 5. guru pertama adalah Muaz bin Jabal yang mengajarkan Al-Qur’an dan fikih. Suratin dan Rukamah . Abu Darda’ di Damsyik. h. 6. 4. Ubaidah dan abu darda. sahabat yang pertama kali mendirikan madrasah dan menjadi guru dimesir adalah Abdullah bin Amru bin Ash ia adalah seorang ahli hadits. 3. 51 www.kosmaext2010.Sejarah Pendidikan Islam . hadits dan fiqih.19 19 Ibid. Pusat-Pusat Pendidikan Pada Masa Khulafaur Rasyidin 1. sahabat yang terkenal diantaranya : Abu Bakar.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 D. Damsyik (syam).

Fase Mekkah dan Madinah memiliki persamaan dan perbedaan. www. Suratin dan Rukamah . Arqam dan Kuttab. Dari masa khalifah Abu Bakar sampai khalifah Usman pendidikan berangsurangsur mengalami kemajuan hanya saja pada masa pemerintah khalifah Ali bin Abi Thalib pendidikan kurang mendapat perhatian. Materi tauhid 2.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 BAB III PENUTUP Pola pendidikan islam priode Rasulullah SAW. Sedangkan di madinah lembaga pedidikan dirumah para sahabat dan masjid. karena pada masa ini pemerintah selalu dilanda konflik yang berujung pada kekacauan. Pendidikan syariat yang berhubungan dengan masyarakat Kurikulum yang digunakan adalah Al-Qur’an yang dijelaskan oleh hadits Nabi Muhammad SAW. Pendidikan pada masa khulafaurrasyidin tidak jauh berbeda dengan pendidikan pada masa Rasulullah SAW.com disusun oleh Syahri.kosmaext2010. Pendidikan akhlak 4. Pendidikan kesehatan 5. Fase Mekkah ada dua lembaga pendidik yaitu ramai. Materi pengajaran Al-Qur’an 3.Sejarah Pendidikan Islam . 1.

Semarang.kosmaext2010. Pustaka Setia. 1997. PT. Citra Risalah. Sejarah Kebudayaan Islam Jakarta. Fauzi Ibrahim. Sejarah Pendidikan Islam. Sejarah Pendidikan Islam. 2009 Mahmud Yunus. cet. 2007 www. Yogyakarta. Kencana. Asy’ari. 5 Jakarta. Jakarta. 1998. Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka. 1989 Hafizh Dasuki.Pola pendidikan Islam pada periode Rasulullah dan Khulafaurrasyidin STAI Bengkalis 2011 DAFTAR KEPUSTAKAAN Samsul Nizar.com disusun oleh Syahri. Muhammad Makhluk Paling Mulia.Sejarah Pendidikan Islam . Hidakarya Agung. cet. 2008. Suratin dan Rukamah . Ali Anwar Yusuf. Pendidikan Agama Islam 2. Aneka Ilmu. Studi Agama Islam. 3 Jakarta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful