P. 1
jobsheet 1 pengenalan komputer

jobsheet 1 pengenalan komputer

|Views: 206|Likes:
Published by arif muttaqin

More info:

Published by: arif muttaqin on Apr 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2015

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM

PENGENALAN KOMPUTER

Disusun oleh :

Nama NIM Kelas Prodi

: Arif Mutaqin : 09520249031 : F2 : PT Informatika

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
TAHUN 2009

I. TUJUAN 1. Mahasiswa mampu menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing. 2. Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi semua panel yang ada di depan PC. 3. Mahasiswa mampu menjelaskan ciri-ciri dan fungsi port-port yang ada di belakang PC.

II. ALAT DAN BAHAN 1. Komputer PC 1 unit lengkap dengan multi media. 2. Buku manual reference untuk PC yang sesuai. 3. Tools set.

III. KESELAMATAN KERJA 1. Gunakanlah peralatan sesuai dengan fungsinya. 2. Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan.

IV. TEORI DASAR Komputer berasal dari bahasa latin dari kata Computare, yang berarti menghitung (dalam bahasa Inggris to compute). Secara umum defenisi komputer tersebut adalah suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu. Kita tentu sepaham, komputer tidak mengerti bahasa manusia. Lalu bagaimana perintah manusia tersebut bisa dimengerti oleh komputer? Sedangkan mesin komputer bekerja berdasarkan arus listrik yang ada padanya. Disinilah dibuat suatu aturan tertentu bagaimana keinginan manusia tersebut bisa diterjemahkan agar mesin bisa memahaminya. Mesin secara elektronik dapat memahami perintah ini dengan beberapa perintah dasar yang dia miliki (instruction set). Manusia membuat perintah ke komputer melalui sebuah program, dimana program ini berisi instruction set itu tadi. Sehingga secara otomatis melalui program yang telah disusun tersebut komputer bisa mengerti apa yang harus dikerjakannya. Dengan keterangan di atas, jelaslah bahwa wujud komputer tersebut bisa saja berupa kalkulator , notebook , komputer pribadi , dan lain-lainnya. Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.

Bentuk komputer yang dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (perangkat lunak/software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna. Sebuah komputer yang hanya memiliki perlengkapan elektronik saja atau software saja tidak akan berfungsi. Dengan ada keduanya maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna.

V. LANGKAH KERJA 1. Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini 2. Mengamati bagian front panel pada bagian depan casing PC. 3. Mencatat hasil pengamatan pada tabel. 4. Mengamati bagian back panel pada bagian belakang casing PC. 5. Mencatat hasil pengamatan pada tabel. 6. Membuat laporan dari hasil pengamatan secara kelompok dan individu 7. Melaporkan hasil pekerjaan pada Dosen Pengampu. 8. Mengembalikan alat dan bahan ke tempat semula setelah pengamatan selesai.

VI. HASIL PRAKTEK Panel Depan No Nama Panel Fungsi Membaca dan menulis data (RW) pada keping CD/DVD Keterangan

1.

Optical Drive

2.

Floppy A

Membaca dan menulis data pada disket 3½´ Membaca dan menulis data pada disket 5¼ Menghidupkan dan mematikan komputer

3.

Floppy B

4.

Tombol Power

5.

Tombol Reset

Merestart komputer

6.

Lampu Power

Indikator

Indikator on atau off power

7.

Lampu HDD

Indikator

Indikator proses HDD

8.

Port USB

Meginput data

Panel Belakang No 1. Nama Port Port AC Bentuk Jumlah Pin 3 (male) hitam Input Fungsi arus ke

power supply Membuang panas Sirkulasi pada PC Input keyboard udara

2.

Kipas PSU

3.

Lubang Sirkulasi

7 (female) ungu 7 (female) hijau 25 (female) merah muda 9 (male) hijau 15 (female) biru tua -

4.

PS2 Keyboard

5.

PS/2 Mouse

Input mouse

6.

Paralel Port

Input Printer Input mouse Output monitor Input data Penghubung antar computer Menghubungkan modem &

7.

Serial Port (com A)

8. 9. 10.

VGA Port USB Port LAN

11.

Line In Jack

Biru muda

ke tape player dan audio lainnya Output

12.

Line Out Jack

Hijau

speaker

atau earphone Input audio dari

13.

MIC In Jack

Merah muda 15 (female) kuning

microphone Input joystick

14.

Game

VII. ANALISA DATA Diperoleh dari hasil pengamatan, sebuah komputer atau PC memiliki berbagai macam dan jenis panel. Beberapa panel tersebut merupakan piranti input dan output pada sebuah komputer yang digunakan untuk memasukkan data (input) dan menampilkan data yang telah diproses (output). Tanpa adanya panel ± panel input dan utput tersebut, sebuah komputer tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

VIII. JAWABAN TEST FORMATIF 1. Terlampir 2. Komponen pada sebuah komputer a. Perangkat input 1) Keyboard 2) Pointing device (mouse, joystick, trackball, touch pad, track point, graphics tablet, touch screen) 3) Floppy Disk Drive 4) Microphone 5) Scanner 6) Flashdisk 7) Webcam 8) Optical Drive (CD ROM, CD RW, DVD ROM, DVD RW) b. Perangkat Output 1) Video (monitor, proyektor) 2) Audio (speakaer, earphone) 3) Output cetakan (printer, plotter) 3. a. Yang terjadi jika tombol reset hubung singkat adalah komputer akan merestart terus menerus jika komputer dalam keadaan hidup. b. Yang terjadi jika tombol power switch hubung singkat adalah komputer akan tetap menyala tidak dapat dimatikan dari power switch,saat soket power terkoneksi ke power maka komputer akan langsung hidup tanpa kita harus menekan tombol power switch. Jika putus kabel power switch maka tombol power tidak dapat berfungsi. 4. Pengaruhpada PC jika Led indicator Power dan HDD mati dalam kondisi PC normal adalah kita tidak mengetahui HDD bekerja atau tidak.

KESIMPULAN

Kesimpulan dari hasil pengamatan yang saya lakukan adalah komputer memiliki bagian-bagian yang mempunyai fungsi tersendiri yang digunakan untuk memasukkan (input), mengolah, dan mengeluarkan hasil (output) dari sebuah data. Bagian ± bagian tersebut terangkai menjadi suatu sistem yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

DAFTAR PUSTAKA didownload pada 11 Oktober 2009 pukul http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer didownload pada 11 Oktober 2009 pukul 14.21

http://www.unm.edu/~tbeach/terms/inputoutput.html didownload pada 11 Oktober 2009 pukul 14.23

http://go-kerja.com/komponen-komputer/ didownload pada 11 Oktober 2009 pukul 14.24

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080814231533AAd40lg didownload pada 11 Oktober 2009 pukul 14.54

http://usaha-onlines.blogspot.com/2009/09/kenali-dan-atasi-masalah-pada-pcanda_21.html didownload pada 11 Oktober 2009 pukul 14.56

http://www.ziplink.net/users/teachcte/comp-rel/misc/in-out1.htm didownload pada 11 Oktober 2009 pukul 14.57

http://calltech.wordpress.com/2008/07/04/pengertian-sistem-komputer/ didownload pada 11 Oktober 2009 pukul 15.03

Yogyakarta, 11 Oktober 2009 Mahasiswa Dosen Pengampu

Arif Muttaqin

Untung S., S.Pd

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->