P. 1
Jobsheet 8 Instalasi 98 Dan Xp Dan Multi Sistem

Jobsheet 8 Instalasi 98 Dan Xp Dan Multi Sistem

|Views: 616|Likes:
Published by arif muttaqin

More info:

Published by: arif muttaqin on Apr 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM

INSTALASI SISTEM OPERASI WINDOWS 98SE & WINDOWS XP

Oleh : Nama NIM Prodi Kelas : Arif Muttaqin : 09520244031 : PT Informatika : F2

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2009

A. TUJUAN 1. Mahasiswa dapat mengenal berbagai sistem operasi yang dibutuhkan dalam sebuah PC 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan sistem operasi sesuai dengan spesifikasi hardware PC 3. Mahasiswa mampu menyebutkan persyaratan hardware yang diperlukan sesuai dengan sistem operasi yang akan diinstal 4. Mahasiswa dapat melakukan prosedur instalasi sistem operasi Windows 98SE dan Windows XP dengan benar dan optimal sesuai kebutuhan pemakai 5. Peserta dapat melakukan instalasi multi sistem operasi dalam sebuah PC

B. ALAT DAN BAHAN 1. PC 1 unit lengkap dengan multi media. 2. Startup Disk Windows 98SE 3. CD Program Windows 98SE dan Windows XP 4. Tools set.

C. KESELAMATAN KERJA 1. Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya. 2. Bekerjalah sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan.

D. TEORI DASAR Pada dasarnya setiap PC minimal harus mempunyai satu sistem operasi untuk dapat bekerja dengan baik. Namun ada beberapa alasan sebuah PC terdapat dua sistem operasi. PC dengan dua sistem operasi ini disebut dual boot. Dual boot memungkinkan sebuiah PC bisa mengakses dua sistem operasi secara bergantian (misalnya Windows XP dan Windows Vista)

E. LANGKAH KERJA INSTALASI WINDOWS 98SE 1) Siapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini. Pastikan CDROM dan Harddisk sudah terpasang dengan benar serta pastikan semua kabel data dan powernya sudah terkoneksi dengan sempurna. 2) Hidupkan komputer dan tekan tombol Del (atau yang lain sesuai dengan petunjuk yang ada atau pesan yang ditampilkan dilayar) untuk menuju menu setting BIOS. Lakukan seting pilihan urutanbooting pertama lewat floppy

3) Masukkan disket startup win98 ke drive A: selanjutnya booting ulang atau restart PC 4) Pilih menu nomor 1 pada tampilan dilayar, agar driver Cdrom dijalankan yang nantinya dapat mengenal drive Cdrom. 5) Selanjutnya dari prompt A ubahlah ke drive Cdrom, misalnya ada 2 partisi C dan D berarti drive Cdrom sebagai F (ingat ada virtual drive E yang dibuat dari startup disk win 98se) dengan langkah sebagai berikut ini : # Berpindah ke drive F (drive Cdrom) A:\> F: <enter> # Berpindah ke direktori master windows 98se F:\> cd win98se <enter> # Melihat isi file serial number F:\win98se> type serialno.txt <enter> # Memulai menjalankan file instalasi windows 98se dengan menambahkan opsi menonaktifkan proses scandisk (pengecekan integritas CDROM)

F:\win98se> setup ±is <enter>

Kemudian ikuti petunjuk berikutnya sampai selesai, yang secara umum dipilih yang bernilai positif.

INSTALASI WINDOWS XP 1) Masukkan CD master Windows XP ke Cdrom drive 2) Jalankan instalasi windows XP langsung dari CD Windows XP dengan masuk setup BIOS untuk mengubah urutan booting pertama ke CDROM, dilanjutkan dengan merestart ulang PC. 3) Ikuti petunjuk instalasi Windows XP pada layar monitor, dimana secara umum sama dengan proses instalasi pada sistem operasi yang lainnya, yaitu ikuti yang bernilai positif.

INSTALASI MULTI SISTEM OPERASI

Dalam praktek ini akan dilakukan instalasi 2 sistem operasi, yaitu Windows 98SE dan Windows XP 1) Buat 2 partisi atau lebih pada CDROM yang terpasang pada PC. Partisi C digunakan untuk Windows 98SE dan partisi D untuk Windows XP 2) Pertama kali lakukanlah instalasi Windows 98SE pada partisi C sebagai mana pada prosedur instalasi Windows 98SE di atas sampai selesai 3) Selanjutnya lakukanlah instalasi Windows XP pada partisi D dengan prosedur instalasi seperti pada praktek instalasi Windows XP sebelumnya sampai selesai. Cara kedua dengan melakukan instalasi Windows XP lewat Windows 98SE dengan pilihan NEW (bukan Upgrade). 4) Jika sudah selesai melakukan praktek secara keseluruhan, kembalikan alat dan bahan ke tempat semula. 5) Buat laporan dari hasil praktek ini secara kelompok dan individu dengan menyertakan gambarnya. Laporkan hasil pekerjaan anda kepada Dosen Pengampu.

F. HASIL PRAKTIKUM 1. Instalasi Windows 98

G. ANALISA DATA Dari praktikum diatas diperoleh bahwa dalam proses penginstalan dibutuhkan product key/serial key untuk dapat menginstal sistem perasi. Product key berfungsi sebagai pembuka segel sistem operasi. Saat penginstalan sistem operasi, pilih opsi yang positif (misal next, I Agree, I Accept) agar dapat melanjutkan ke sesi selanjutnya.

H. TEST 1) Sebutkan 5 buah contoh sistem operasi buatan Microsoft yang umumnya digunakan sampai yang terkini ! 2) Tuliskan kebutuhan minimal hardware yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi Windows 98SE, Windows XP Professional dan Windows Vista ! 3) Apa yang terjadi jika sebuah PC yang sebelumnya terinstal dengan sistem operasi Windows 98SE kemudian diupgrade ke Windows XP ? Sebutkan 2 kemungkinan yang akan terjadi dari kasus di atas ! 4) Kapan seorang pemilik PC mengharuskan upgrade sistem operasinya ke level yang lebih baru/tinggi ? Jelaskan !

I. JAWAB 1. 5 sistem operasi buatan Microsoft yang masih digunakan :
y y y y y

Windows 7 Windows Server 2008 Windows Home Server Windows Vista Windows XP

2. Kebutuhan minimal hardware untuk : a. Windows 98 SE
y Processor 486DX-2/66 MHz,processor Pentium direkomendasikan y 16 MB RAM, 24 MB direkomendasikan y 500 MB ruang kosong Harddisk. y VGA atau resolusi monitor lebih tinggi y CD-ROM atau DVD-ROM y Microsoft Mouse atau pointing device yang kompatibel b. Windows XP Professional

y y y y y y y

Processor minimal 233 MHz, 300 MHz atau lebih direkomendasikan 64 MB RAM minimal, 128 MB atau lebih tinggi direkomendasikan Super VGA (800 x 600) atau resolusi lebih tinggi Harddisk 1,5 GB kosong CD ROM atau DVD ROM Keyboard dan Mouse Microsoft atau pointing device yang kompatibel Soundcard, speaker, atau headphones

c. Windows Vista Processor minimal 800 MHz, 1 GHz atau lebih direkomendasikan RAM 512 MB minimal, 1 GB atau lebih direkomendasikan DirectX 9.0 minimal, DirectX 9.0 dan WDDM 1.0 driver support direkomendasikan y Video card 32 MB minimal, 128 MB atau lebih direkomendasikan y Harddisk 20 GB minimal, 40 GB atau lebih direkomendasikan y Ruang harddisk kosong minimal 15 GB y DVD ROM 3. Kemungkinan jika dari Windows 98 SE diupgrade ke Windows XP adalah :
y y y

a. Adanya program dalam Windows 98 SE yang tidak kompatibel dengan sistem operasi baru di Windows XP Professional b. PC akan menjadi lebih baik performanya atau malah lebih buruk. Misal jika PC direkomendasikan untuk Windows XP maka tentunya akan lebih bagus performanya. Namun jika PC hanya mampu diinstal Windows 98 SE maka performa PC akan semakin buruk. 4. Seorang pemilik PC harus mengupgrade sistem operasi ke sistem operasi yang lebih tinggi jika PC mampu diinstal sistem operasi yang lebih tinggi tersebut dan PC tersebut memang direkomendasikan untuk sistem operasi tersebut agar lebih memaksimalkan hardware PC.

J. KESIMPULAN Darai praktikum di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sebuah PC minimal terdapat satu sistem operasi. Sedangkan sebuah PC dapat juga diinstal lebih dari satu sistem operasi (dual boot).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->