P. 1
Alat Output Komputer

Alat Output Komputer

|Views: 27|Likes:

More info:

Published by: Athirah Leginta Simon on Apr 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

Alat Output Komputer/PC

1.Monitor

Tray ialah tempat menaruh kertas. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas.Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. jenis Daisy Wheel. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix. . sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan. jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet. Kabel ini tipis dan fleksibel. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer. di atas kertas. baik berupa teks maupun gambar/grafik. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian.2. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya. namun kuat.Pencetak modem merupakan alat canggih. jenis Drum dan jenis Laser. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem. Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan. toner atau laser butuh pemanasan. jenis Chain. hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.

atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.Keyboard.3. Alat Input Komputer/PC 1. Tidak perlu membeli speaker yang wah. kecuali kita menggeluti bidang rekaman yang membutuhkan kualitas suara yang sangat bagus.Speaker adalah alat untuk mendengarkan suara dari sinyal elektrik yang dikirim oleh kartu suara. Dua speaker dihubungkan dengan sebuah kabel yang dipasang di komputer bagian belakang setelah instalasinya selesai dilakukan.. angka.Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf. .

Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Tetikus berbentuk seperti seekor tikus sehingga dalam bahasa Inggris peranti ini disebut mouse. masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. maupun bluetooth. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi. seperti dokumen.mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel. komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. 3. Pada tahun 1970. sinar inframerah.Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda. Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer. Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol. baik yang berbasis radio.2. foto. gelombang. tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Walaupun demikian. Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Selain itu. suhu dan lain-lain. . tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol.

800 titik per inci. Dengan menggeser mouse di bidang yang datar. Biasanya tetikus semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video. bahkan ada yang bisa mencapai 4. .Saat ini. Mouse adalah pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor di layar.000 titik per inci (dpi). teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2. cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dan pergeseran mouse. misalnya meja.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->