SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

MATERI 4 KELAS VIII  Merupakan proses perubahan atau pemecahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana dengan menggunakan enzyme dan organ-ogran pencernaan.  Zat makanan yang dicerna akan diserap dalam bentuk yang lebih sederhana.  Proses pencernaan makanan yang terjadi dalam tubuh dibantu dengan enzyme untuk mempercepat proses. Enzyme ini dihasilkan oleh organ–organ pencernaan dan jenisnya tergantung dari bahan makanan yang akan dicerna oleh tubuh.

 Proses menjadi :

pencernaan

makanan

berdasarkan

jenisnya

dibedakan

1. Pencernaan fisik yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan alat atau organ pencernaan. 2. Pencernaan kimiawi yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan zat kimia berupa enzim. 3. Pencernaan biologis yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul komplaeks menjadi molekul sederhana dengan bantuan mikrorganisme dalam tubuh.

 Macam pencernaan beradasarkan tempat terjadinya : 1. Pencernaan Intraseluler/intrasel yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan enzim di dalam sel organisme. Ex : pada Invertebrata seperti Amoeba sp, Paramaecium sp dll. 2. Pencernaan Ekstraseluler/ekstrasel yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan enzim yang ada di dalam saluran pencernaan. Setelah itu sari-sarinya akan diserap masuk dalam serap masuk dalam sel. Ex : pada Vertberata termasuk manusia.

 Sistem pencernaan manusia dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu : 1. Tractus digestivus/saluran pencernaan yang terdiri dari alat/organ-organ pencernaan.

2. Glandula digestivus/kelenjar pencernaan yang terdiri dari enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kelenjar/organ pencernaan. BAHAN MAKANAN  Makanan adalah bahan-bahan yang dapat dimakan dan diperlukan oleh tubuh agar makhluk hidupa dapat bertahan hidup. Bahan makanan yang dikonsumsi terdiri dari zat-zat makanan  Zat makanan berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi 2 yaitu : 1. Makronutrien yaitu zat makanan yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak/besar, seperti Karbohidrat, Protein, Lemak/Lipid dan Air. 2. Mikronutrien yaitu zat makanan yang diperluklan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit/kecil, seperti Vitamin dan Mineral.

 Zat makanan secara umum dibedakan menjadi 2 yaitu : 1. Zat makanan utama/pokok yaitu zat makanan yang dibutuhkan paling utama oleh tubuh, meliputi Karbohidrat, Proteind dan Lipid/Lemak. 2. Zat makanan tambahan yaitu zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh selain zat makanan pokok, meliputi Air, Vitamin dan Mineral.  Fungsi zat makanan bagi tubuh manusia : 1. 2. 3. 4. 5. Menghasilkan energy yang diperlukan untuk aktivitas tubuh. Pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru. Pemeliharan sel/jaringan dan penggantian sel-sel yang telah rusak. Pengaturan proses metabolisme dalam tubuh Pelindung tubuh dari berbagai macam penyakit.

 Syarat makanan yang baik adalah : 1. 2. 3. 4. Makanan Makanan Makanan Makanan harus harus harus harus higienis. bergizi. mudah dicerna. cukup mengandung vitamin dan mineral.

ZAT MAKANAN 1. KARBOHIDRAT   Tersusun dari Carbon (C), Hidrohen (H) dan Oksigen (O). Berdasarkan susunan molekulnya dibedakan menjadi : Monosakarida Satu gugus Disakarida Dua gugus Polisakarida Lebih dari 19

Hal Gugus gula

c. 2. Sering terjadi pada balita (umur 1 tahun). Setiap 1 gram karbohidrat mengandung sebesar 4. Dengan pemberian reagen Benedict (berupa larutan). Dengan pemberian reagen Amilum/iodium (berupa larutan). Merupakan penyakit bawaan. manosa maltosa gugus laktosa. b.  Kelainan yang dialami adalah : a. Kadar glukosa normal dalam tubuh berkisar 70 – 100 mg/100 ml darah. b. d. Bila kadar glukosa dibawah normal disebut hipoglikemia dan bila diatas batas normal disebut hiperglikemia. Berperan penting dalam metabolisme tubuh. Penyusun paling sederhana adalah asam amino yang akan mudah diserap oleh tubuh. galaktosa. selulosa. merasa kelaparan. dan abanyak menangis/cengeng.  Diserap dengan mudah oleh tubuh dalam bentuk yang paling sederhana yaitu glukosa (C6H10O6). Dapat menyebabkan rendahnya tingkat kecerdasan anak serta gangguan dlam berbicara. fruktosa. Galaktosemia merupakan penyakit kelebihan karbohiodrat dari jenis galaktosa yabg tinggi dalam darah. Dengan cirri berkurangnya kandungan lemak dibagian bawh kulit. Beberapa protein juga mengandung Phosphor (P). Bahanpembentuk senyawa organik lain. seperti Protein dan Lipid/Lemak. H. Menjaga keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh. Marasmus merupakan penyakit kekurangan karbohidrat. Amilum (tepung/pati). O dan Nitogen (N). dan Sulfur/belerang (S). glikogen  Berfungsi sebagai : a. Zat makanan akan berubah menjadi ungu kehitaman bila mengandung amilum.  Kelebihan glukosa akan disimpan dalam hepar/hati dalam bentuk glikogen.1 kalori.  Pengujian zat makanan : a. Penghasil energy.Contoh Glukosa. PROTEIN    Tersusun dari unsur-unsur C. Sukrosa. Berdasarkan macam asam amino dibedakan menjadi : Kriteria Asam amino Asam amino . Setelah melalui proses pemanasan akan menunjukkan warna merah batabila zat makanan mengandung glukosa. b.

nonesensial Dapat diproses dalam tubuh secara alami. penjaga keseimbangan asam-basa dan cairan dalam jaringan dan pembuluh darah. Ada 2 macam HO yaitu : a.  Dalam 1 gram protein mengandung 4. Dikenal sebagai First Class Protein. Protein nabati yaitu protein yang berasal dari tumbuhan. Penghasil substansi penting seperti hemoglobin. glisin. fenilalanin.  Kelebihan asam amino tidak dapat disimpan karena bersifat racun yaitu Ureum (NH3). Telur. Pengatur.1 kalori. Kebutuhan rata-rata orang Indonesia adalah 46. isolisin. Membantu tubuh dalam menghancurkan atau menetralkan zat asing yang masuk dalam tubuh. Pengatur dan melaksanakan metabolisme tubuh. prolin. Ex : kacangkacangan dan sayuran. Alanin. e. c. karena memiliki asam amino yang lengkap.  Kekurangan kalori dan protein (KKP) yang terberat adalah HO (hunger oedema )/busung lapar.Proses Jenis esensial Tidak dapat diproses secara alami oleh tubuh. Triptofan. Kebutuhan protein manusia adalah 1gr/kg berat badan.  Berdasarkan sumbernya dibedakan menjadi : a. asam aspartat. Berat badan kurang dari 60% berat normal. threonin.antibody dan hormone. tirosin. sistein. serin. enzim. asparagin. metionin. leusin.2 gram/orang/hari. Dan diolah dengan cepat oleh hati serta dikeluarkan oleh ginjal dalam bentuk urine. . Marasmus gizi dengan gejala : • • • • Atrofi (otot mengecil). Raut muka lebih tua. Penghasil energy b. b. valin. keju. Harus dibantu dari makanan. khusus untuk bayi yaitu arginin dan histidin. Perbaikan dan pemelihraan sel yang rusak dan pembangun sel. f.  Fungsi protein yaitu : a. glutamine. daging dll). susu. Ex : Ikan. d. Hampir tidak ada lemak dalam lapisan bawah kulit. Protein hewani yaitu protein yang berasal dari hewan.

kehamilan.  Faktor yang mempengaruhi kebutuhan protein adalah berat badan. Kwashiorkor dengan gejala : • • • • • • Terjadi oedema pada kaki. keju. O. asam kaprilat dll. durian. biji bunga matahari. Asam lemak tidak jenuh yaitu asam lemak yang tidak dapat disintesis sendiri oleh tubuh. 3. Otot tidak berkembang dengan baik. asam palmitat. sehingga harus diperoleh dari luar/bahan makanan. Ex : daing. Raut muka tampak memelas.  Dapat diuji dengan pemberian reagen Biuret (larutan) dan akan memperlihatkan perubahan warna ungu muda jika mngandung protein.    Berdasarkan sumbernya dibagi menjadi : a. susu. mentega dll. Merupakan sumber energy yang terbesar bagi tubuh. sedang menyusui. . Umumnya berbentuk padat dan terdapat pada hewan. Diserap oleh tubuh dalam bentuk asam lemak dan gliserol. asam linoleat. Umumnya berbentuk cair dan terdapat pada lemak nabati Ex : asam oleat.b. Rambut mudah rontok dan berwarna pirang. LIPID/LEMAK  Tersusun dari unsure C. jenis kelamin. Asam lemak jenuh yaitu asam lemak yang dapat disintesis sendiri oleh tubuh dengan bahan baku dari makanan. H. sifat protein yang dikonsumsi. Lemak hewani yaitu lemak yang berasal dari hewan. Bentuk muka bundar mengilap. Dapat disimpan oleh tubuh bila kelebihan lemak. ikan segar. Sumber energy terbesar. Ex : kelapa. Perut buncit. dibagian bawah kulit. Lipid disimpan di bawah kulit dan setiap 1 gram mengandung 9. dll. alpukat. b. telur. b. Lemak nabati yaitu lemak yang berasal dari tumbuhan.  Fungsi lemak yaitu : a.  Berdasarkan tingkat kejenuhannya dibagi menjadi : a. Perbedaan dengan karbohidrat adalah kandungan Oksigennya lebih sedikit dan jumlah Hidrogennya lebih banyak. keadaan sakit. kemiri. kacang tanah. usia. Ex : asam stearat.3 kalori.

Pengujian zat makanan : a. Mempertahankan suhu tubuh. d. Tetapi bila pengeluaran cairan terlalu berlebihan akan mengakibatkan dehidrasi yaitu keadaan kekurangan cairan dengan tanda rasa haus yang sangat. VITAMIN  Merupakan senyawa organic yang berasal dari makanan dan sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan. makanan. Mempertahankan fungsi jaringan supaya normal. Pelindung dan pengatur kerja alat-alat tubuh. d. 5.  Mengaktifkan biokatalisator (enzim). 4. Membantu metabolisme tubuh. Lemak sederhana dengan pemberian larutan zat makanan dalam kertas minyak. sayuran dan buah. Cadangan makanan yang disimpan di bagian bawah kulit.  Pengeluaran air dari tubuh dalam bentuk keringat dan urine. Pelarut zat-zat sisa metabolisme. b. Pelindung organ dalam tubuh. Jumlah lemak yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 20 – 25 % dari jumlah kalori yang dibutuhkan tiap hari. e. Pertumbuhan dan pembentukan sel. Bila bagian kertas yang ditetesi tersebut tembus cahaya maka mengandung lemak sederhana. Setiap hari tubuh membutuhkan sekitar 4 liter air atau 16 gelas ukuran sedang (250 ml). b. D. f.  Fungsi vitamin yaitu : a. Setelah dikocok/aduk maka akan terlihat endapan putih keabu-abuan yang merupakan indicator adanya lemak kompleks. Komponen bagian sel tertentu seperti membrane sel. Fungsi air yaitu : a. Pengangkut hasil metabolisme ke seluruh tubuh. d. e. sekitar 60-70% dari berat badan. E dan K. walaupun dalam jumlah sedikit. b. c. Pelindung tubuh dari suhu rendah.b. Berdasarkan kelarutannya dibagi menjadi : . c. Lemak kompleks dengan pemberian larutan etanol dalam zat makanan. c. AIR     Merupakan komponen terbesar penyusun tubuh manusia.   Pelarut vitamin A. Sumber air didapatkan dari minuman. Pelarut zat makanan dalam tubuh.

 Kekurangan vitamin akan menyebabkan avitaminosis dan kelebihan vitamin akan menyebabkan hipervitaminosis yaitu penimbunan vitamin di dalam tubuh dan akan menyebabkan gejala keracunan. kacang tanah. Terdapat 4 jenis gigi yaitu gigi taring (dens caninus) berfungsi untuk merobek/mencabik makanan. Akan ada perubahan warna biru menjadi merah muda dan akhirnya tidak berwarna. Terdapat gigi. ORGAN PENCERNAAN MANUSIA 1. dan K. SERAT MAKANAN    Fungsi serat makanan yaitu merangsang aktivitas saluran pencernaan sehingga memperlancar proses pembuangan sisa-sisa pencernaan. 7. Fluor (F). Semakin banyak larutan blue indofenol yang diberikan maka semakin sedikit kandungan vitamin C. Natrium (Na). Kalium (K). jeruk. ercis. kimiawi. Serat makanan banyak dijumpai di sayur-sayuran seperti buncis. Makroelemen yaitu mineral yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Mulut/cavum oris   Terjadi pencernaan secara mekanik. Juga terdapat di dalam kacang-kacangan seperti kacang hijau. papaya.a. b. Larut dalam lemak yaitu vitamin A. semangka. Gigi seri (dens inscisivus) berfungsi . Ex : Calcium (Ca). tetapi kehadirannya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serta buah-buahan seperti apel. Ex : Ferum (Fe). Chlorida (Cl). E. pisang. b. Phosphor (P).  Uji vitamin C dapat dengan pemberian larutan blue indofenol. dan kelenjar ludah. Mikrolemen yaitu mineral yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. a. kacang kedelai. MINERAL  Merupakan zat kimia yang terdapat di dalam bahan makanan dan diperlukan oleh tubuh. Serat makanan banyak menyerap air sehingga membuat makanan menjadi lebih lunak dan mudah dicerna. iodium (I). Sulfur (S). Zenc (Z). Larut dalam air yaitu vitamin B dan C. bayam. Gigi /dens • • Merupakan alat pencernaan yang bertugas secara mekanik.  Fungsi mineral yaitu pengatur dan pembangun metabolisme tubuh. lidah. Magnesium (Mg). 6. kangkung dan sawi. D. dan kacang merah.  Berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi : a.

pembuluh darah.• untuk memotong makanan. Meliputi email gigi dan tulang gigi (yang tersusun atas zat dentin). Meliputi sumsum gigi/pulpa. gusi dan pembuluh saraf.  Leher gigi/kolum yaitu merupakan bagian gigi yang terlindung dari dalam gusi. Terdapat 2 macam rumus gigi yaitu : Rumus gigi orang dewasa : M 3 P 2 C 1 I 2 I 2 C 1 P 2 M 3 atas ka/ki _______________________________________________________ 3 2 1 2 2 1 2 3 bawah ka/ki Rumus gigi anak-anak : P 2 C 1 I 2 I 2 C 1 P 2 atas ka/ki ____________________________________________ 2 1 2 2 1 2 bawah ka/ki Catatan : ka = kanan dan ki = kiri • Struktur anatomi gigi terdiri dari :  Mahkota gigi/korona yaitu merupakan bagian yang tampak dari luar. Gigi geraham depan (dens premolare) dan geraham belakang (dens molare) yang keduanya berfungsi untuk menghaluskan makanan. .

Permukaannya kaya akan papilla/tonjolan lidah yang sangat banyak mengandung kuncup pengecap. • Berfungsi untuk :      Pengaduk makanan. manis. Sebagai alat/organ pengecap. Merupakan kelenjar ludah terbesar.0 dengan suhu 37o C. Saliva ini banyak mengandung lendir atau musin dan enzim ptyalin/amylase. • • Terdiri dari 3 macam kelenjar ludah berdasarkana letaknya :  Glandula parotis yaitu kelenjar ludah yang terletak di belakang telinga.  Mencerna makanan secara kimiawi.8 – 7.  Melindungi selaput mulut. Lidah/lingua • • Merupakan organ yang terletak di dasar mulut yang kaya akan otot. Meliputi pembuluh darah. Membantu untuk berbicara/bercakap-cakap. Membantu membersihkan rongga mulut. Membantu proses penelanan makanan. • Terbagi menjadi beberapa daerah rasa antara lain asin. . b. c. Menghasilkan ludah berbentuk cair yang disebut serosa. Akar gigi merupakan bagian yang tertanan dalam rahang. Fungsi air liur/saliva :  Mempermudah proses penelanan dan pencernaan makanan. tulang gigi dan pembuluh saraf. Kelenjar ludah/glandula salivales • Menghasilkan air liur/air ludah/salivayang bersifat pekat dan licin. asam dan pahit. Enzim ptialin memiliki pH sekitar 6.

Ventriculus/lambung   Merupakan organ kantung besar yang terletak di rongga perut agak ke kiri. Pada bagian yang menuju trachea ada klep yang namanya epiglottis dan lubangnya disebut dengan glotis. Di bagian dalam terdapat amandel/tonsil yaitu merupakan kumpulan kelenjar limpayang banyak mengandung limfosit. Gerakan menelan makanan yang terjadi di esophagus merupakan gerakan peristaltic/peristalsis yaitu gerakan otot dinding saluran pencernaan (kaya akan otot polos) yang berupa gerakan kembang kempis atau gerak meremas-remas makanan dalam bentuk bolus. Terbagi menjadi 3 bagian utama : . Serta merupakan pertemuan antara tractus digestivus dengan saluran respirasi. Dikenal dengan penyakti gondongan.    3. Disebut juga sebagai pangkal esophagus. Yang diakibatkan oleh infeksi virus sehingga menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri. Menghasilkan getah yang sama dengan glandula submandibularis. 2.  Glandula sublingualis yaitu kelenjar ludah yang terletak di bawah lidah. Menghasilkan air dan lendir yang disebut seromucus. Farink  Merupakan organ penghubung antara rongga mulut dengan kerongkongan/oesophagus. 4. Glandula submandibularis yaitu kelenjar ludah yang terletak di bawah rahang bawah. Oesophagus/kerongkongan   Merupakan saluran yang menghubungkan tekak dengan ventriculus dengan panjang sekitar 20 – 25 cm.  Kelainan yang dialami adalah Parotitis merupakan penyakit peradangan pada mulut yaitu pada kelenjar ludah.

 Makanan yang masuk dari oesophagus adalam bentuk bolus akan dicerna dengan bantuan enzim menjadi bubur makanan/chime/kim. b. Otot memanjang yang terletak berdekatan dengan cardiac. b. Kasein akan diubah oleh pepsin menjadi pepton.a. memanjang. Mengaduk makanan (dengan gerakan meremas). Fundus merupakan bagian tengah ventriculus yang bentuknya membulat. HCl/asam chlorida/asam lambung berfungsi sebagai desinfektan yaitu membunuh kuman-kuman. b. Pylorus merupakan bagian bawah ventriculus yang berhubungan dengan intestinum tenue. akan aktif bila dalam bentuk pepsin. Otot lingkar/sfingter pylorus yang berfungsi mengatur makanan agar ke luar dari ventriculus dan masuk ke intestinum tenue tepatnya duodenum. c. Menyimpan makanan dalam kurun waktu 2 – 5 jam. melingkar dan menyerong menyebabkan ventriculus berkontraksi. Mencerna makanan dengan bantuan enzim.  Fungsi ventriculus yaitu : a. Otot lingkar/sfingter cardiac yang berfungsi menjaga makanan agar tetap berada di dalam ventriculus dan tidak kembali ke esophagus dan cavum oris. Renin berfungsi untuk mengendapkan kasein (protein susu). . Otot melingkar yang bersebelahan dengan otot memanjang. Pepsin berfungsi untuk mencerna protein menjadi pepton dan proteosa. Otot ini terletak diujung ventriculus di daerah cardiac. Ketiga otot ini. c.  Enzim yang dihasilkan : a. d. mengasamkan makanan dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Otot menyerong yang bersebelahan dengan otot melingkar. Kapasitas lambung orang dewasa adalah 1 liter /hari. Cardiac merupakan bagian atas ventriculus yang berhubungan dengan esophagus dan hepar. c. e.  Otot pada ventriculus : a. c. Untuk mempermudah penyerapan. Pepsinogen. b.

c.25 m dan dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu : a. 5. Enzim tersebut yaitu :   a. Salmonella thyphosa. f. sehingga penghasilan asam lambung menjadi meningkat. Enterokinase yaitu berfungsi untuk mengubah enzim tripsonogen menjadi tripsin dan erepsinogen menjadi erepsin. Terjadi proses oemecahan lemak dan karbohidrat. Menurunnya produksi getah lambung. Panjangnya sekitar 1 m. Hormone gastrin berfungsi untuk sekresi getah lambung. Dapat juga disebabkan oelh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Memiliki struktur yang berlekuk yang disebut dengan vili atau jonjot usus. Gastritis kronis (maag) adalah peradangan pada ventriculus yang disebabkan oleh tekanan jiwa serta waktu makan yang tidak teratur. Disini tidak terjadi proses penyerapan dan pencernaaan makanan.  Terjadi proses pencernaan secara kimiawi. vitamin dan mineral ke seluruh tubuh. . e. b. Disinilah terjadi penyerapan sari-sari makanan. asam amino. c. Penyebab racun pada makanan adalah bakteri Clsotridium botulinum. Panjangnya sekitar 25 cm/0. b. Dinding usus halus menghasilkan getah usus halus yang bersifat basa dan dihasilkan setiap hari sebanyak 3 liter. Vili berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan sari-sari makanan. Ileum/usus penyerapan merupakan usus halus yang berbatasan dengan jejunum dan intestinum crassum. Gastritis akut adalah peradangan pada vebtriculus yang disebabkan oleh keracunan makanan. Jejunum/usus kosong merupakan usus halus yang berbatasan langsung dengan duodenum dan ileum. Lendir/musin berfungsi melindungi sel-sel di permukaan lambung terhadap kerusakan akibat kerja dari HCl. Panjangnya sekitar 7 m. Intestinum tenue/usus halus  Merupakan saluran panjang sekitar 8.25 m. Duodenum/usus duabelas jari merupakan usus halus yang berbatasan dengan ventriculus. Selain itu juga terdapat pembuluh kil/pembuluh limfe/pembuluh getah bening yang berfungsi untuk mengangkut asam lemak dan gliserol menuju vena cava bawah tulang selangka.  Kelainan yang dialami : a.d. Di dalam vili terdapat pembuluh darah yang berfungsi untuk mengangkut glukosa. Dalam duodenum memiliki dua saluran yaitu saluran empedu dan saluran pancreas yang banyak mengandung enzim. Lipase berfungsi untuk mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol. dan Staphyllopcoccus sp.

Maltase berfungsi mengubah maltosa menjadi glukosa dan glukosa. Disakarida yang penting adalah maltase. Contohnya adalah bakteri Clsotridium botulinum. Kelenjar Pankreas  Terletak dekat ventriculus (rongga perut sebelah kiri) yaitu diantara duodenum dan limpa. Macamnya sukrase berfungsi untuk mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Sindroma malabsorbsi meruapakan defisiensi/kekurangan daya serap terhadap asam amino akbiat usus yang dipotong. Garam NaHCO3 dan bersifat basa yang berfungsi untuk menetralkan keasamaan kim/chyme yang keluar dari ventriculus. Salmonella thyphosa. Dengan apanjang sekitar 15 cm dan lebar 5 cm. e. c. Lactase berfungsi untuk mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa. d.  Berfungsi untuk menghasilkan getah pancreas yang banyak mengandung enzim. Amylopsin/amylase pancreas berfungsi untuk mengubah amilum menjadi maltose. b. Hepar/hati . lactase. Lipase usus berfungsi untuk memecahkan lemak menjadi asam lemak dan gliserin/gliserol. Tripsinogen dengan bantuan enterokinase akan diubah menjadi tripsin.b. b. 6. 7. d. Erepsin yaitu berfungsi untuk mengubah pepton menjadi asam amino. c. Karbohidrase pancreas berfungsi mengubah disakarida menjadi monosakarida.  Kelainan yang dialami adalah : a. Tripsin berfungsi untuk memecahkan pepton menjadi asam amino.  Kelenjar pancreas menghasilkan hormone insulin yang berfungsi untuk mengatur (menurunkan) kadar gula dalam darah. Disakarase yaitu berfungsi untuk mengubah disakarida menjadi monosakarida. dan Staphyllopcoccus sp. Disentri yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti Mycobacterium dysentriae atau Amoeba histolytica yang terdapat pada makanan atau minuman yang tercemar. Enzim tersebut yaitu : a. Tifus adalah penyakit peradangan pada intestinum tenue karena infeksi dari bakteri. c. sukrase. Steapsin/lipase pancreas berfungsi untuk mengubah lipid menjadi asam lemak dan gliserol.

Menawarkan racun. b. Untuk mengemulsikan/memecahkan lemak. • Bersenyawa dengan asam lemak membentuk senyawa yang mudah larut dalam air dan mudah diserap.  a.  Menghasilkan cairan empedu (bilus) yang ditampung dalam kantung empedu (vesica felea). Menghasilkan garam empedu. c. Menyimpan gula dalam bentuk glikogen (gula otot).  Empedu berfungsi : a. b. Kolesterol merupakan lemak netral yang memiliki daya larut sangat kecil dalam air. Merupakan kelenjar pencernaan yang terbesar dalam tubuh dengan berat sekitar 2 kg dan berwarna kemerahan. . c. b.  Empedu mengandung : a. Merupakan prekusor dari aktivitas steroid seperti vitamin dan hormone. b. Mengubah provitamin A menjadi vitamin A. Natrium karbonat berfungsi mengatur keasaman empedu sehingga membuat pH empedu menjadi 7. Menjaga keseimbangan zat makanan dalam darah.5 liter cairan empedu. Garam kholat yang berfungsi : • Mengaktifkan lipase pancreas. Membunuh kuman-kuman dalam saluran pencernaan bagian atas.  a. d.5.  Terletak di dalam rongga perut sebelah kanan. Setiap hari vesica felea menghasilkan 0. Empedu menghasilkan : Menghasilkan zat warna empedu (bilirubin an biliverdin). • Menurunkan tekanan permukaan butir-butir lemak sehingga dapat diemulsikan dalam pencernaan. Hepar berfungsi : Menghasilkan cairan empedu. e. di bawak sekat rongga dada. 1 – 8.

 Proses yang terjadi di rectum adalah pergerakan feces secara peristaltic yang dikendalikan oleh otot polos dan akhirnya akan menuju anus (lubang pelepasan akhir). Intestinum crassum/usus besar  Merupakan saluran panjang dengan permukaan dinding yang mengalami penyempitan dan penonjolan serta merupakan terusan dari usus halus. Mengubah kelebihan asam amino menjadi urea untuk dikeluarkan dari tubuh. • Bagian mendatar.  Proses yang terjadi di Colon adalah adanya pencernaan secara biologis dengan bantuan bakteri Escherichia coli yang bertugas untuk membusukkan makanan. Rectum/rectum/poros usus merupakan bagian terakhir dari usus besar. Pada bagianujung sekum terdapat tonjolan kecil yang disebut umbai cacing/appendiks b.  Kelainan yang dialami : . 8. Sisa makanan yang telah dibusukkan akan dibentuk menajdi feces dan akan masuk dalam rectum. Caecum/sekum merupakan pertemuan antara usus halus dan usus besar. • Intestinum pars descendens/bagian yang menurun. Colon/kolon/usus tebal merupakan bagian yang lebih tebal dan menyempit dengan banyak tonjolan pada bagian pemukaannya.f.  Proses perjalanan makanan untuk sampai di usus besar membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam. Usus besar dapat menyimpan makanan dalam kurun waktu 24 jam. c. membentuk vitamin K dan menghambat pertumbuhan bakteri yang bersifat pathogen.  Dibedakan menjadi 3 bagian besar yaitu : a. Terbagi menjadi 3 bagian/daerah yaitu : • Intestinum pars ascendens/bagian yang naik.

Diare merupakan buang air besar yang terlalu encer karena adanya/masuknya kuman/mikroba dalam intestinum crassum.  Macam otot yang dimiliki oleh anus adalah : a. Anus/lubang pelepasan  Merupakan lubang pada ujung saluran pencernaan. ZAT ADITIF  Pengertian menurut WHO dan FAO yaitu bahan-bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan dalam jumlah yang sedikit. Jenis Zat Aditif secara umum . Konstipasi/sembelit merupakan kesulitan buang air besar karena kerja intestinum crassum yang terlalu cepat dalam menyerap air. c. sehingga intestinum crassum tidak dapat menyerap air dengan baik/penyerapam air berjalan lambat. warna. Otot sphincter eksternus merupakan otot bagian luar yang kerjanya dipengaruhi oleh kehendak/secara sadar.a.  Pengertian menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. Hal ini mengakibatkan feces menjadi lebih lunak dan berair. Kontraksi otot ini dapat menahan feces untuk keluar tetapi dalam waktu yang pendek/tidak lama. 9. b.  Proses pengeluaran feces melalui anus disebut Defekasi.329/Menkes/PER/XII/76 yaitu bahan yang ditambahkan dan dicampurkan sewaktu pengolahan makanan untuk meningkatkan mutu serta kualitas makanan. bentuk. sehingga menyebabkan feces menjadi keras. Tujuannya adalah untuk menambahkan cita rasa. tekstur serta mempertahannkan lamanya penyimpanan. Appendicitis merupakan peradangan yang terjadi pada umbai cacing akibat adanya sisa makanan yang masuk atau zat makanan yang tidak tercerna dengan baik masuk ke dalamnya. b.  Terjadi proses perjalanan terakhir dari feces yang telah dibentuk di colon. Otot sphincter internus merupakan otot bagian dalam yang kerjanya tidak dipengaruhi oleh kehendak/diluar kesadaran.

. Pemanis yaitu untuk memberikan rasa manis pada makanan. Kunyit untuk memberikan warna kuning. sehingga memerlukan banyak bahan. Daun suji untuk memberikan warna hijau.1.      Kekurangan pewarna alami : Sering memberikan rasa khas yang tidak diinginkan.   Pigmen alami yang sering digunakan : Antosianin • Memberikan warna merah. orange dan biru. Pewarna yaitu digunakan untuk memberikan warna yang menarik untuk makanan. Zat Aditif Alami    Merupakan zat yang ditambahkan pada makanan yangh berasal dari bahan alami/alam. 3. Cabai untuk memberikan warna merah. sperti kunyit. Konsentrasi pigmen rendah. Penyedap yaitu memberikan cita rasa yang lebih baik pada makanan. Gula merah/gula aren untuk memberikan warna coklat. Macam Zat Aditif 1. Stabilitas pigmen rendah. Pewarna       Ex : Wortle untuk memberikan warna jingga atau orange. 4. Keseragaman warna kurang baik. 2. Kelebihannya adalah lebih aman untuk dikonsumsi Macamnya : a. Pengawet yaitu untuk memberikan waktu yang lama dalam penyimpanan makanan.

• Peka terhadap proses oksidasi. jagung. Pengawet   Ex : Es berguna untuk mengawetkan daging danikan. tomat. stroberi.  Karetenoid • Memberikan warna kuning. Pemanis  Ex :  Gula merah/gula aren yang bebas dari zat tambahan/zat kimia. Mudah larut dalam air dan stabil dalam asam. apel dan bunga. Banyak terdapat dalam kunyit. b. • Tidak larut dalam air tetapi dalam lemak.• • Banyak terdapat pada anggur. cabai. .  Kurkumin • • • Memberikan warna kuning. c. • Banyak terdapata pada wortel.  Klorofil • • • Membrikan warna hijau. Banyak terdapat pada daun daunan berwarna hijau. Digunakan untuk makanan dan minuman yang tidak beralkohol. minyak sawit. merah dan orange. ikan salmon. rasberi. daun-daunan. Peka terhadap cahaya dan asam.

•  Cengkih • • • Adalah kuncup kering dari pohon cengkih. . Dipakai untuk kaldu yang lezat dan masakan manis.  Pala dan fuli • • • Keduanya merempah yang berasal dari Maluku.  Garam digunakan untuk mengawetkan ikan dan telur.  Jahe • • Adalah rimpang dengan sensasi pedas. kering serta bentuk bubuk. sirup dan manisan. Sedangkan merica putih diproduksi dari buah merica yang hampir masak dan kulitnya yang kering dikupas. Gula digunakan untuk mengawetkan buah buahan yang sudah diolah seperti selai. Pala segar dibungkus oleh cangkang segar yang berwarna coklat dan daging buah berwarna kemerahan yang disebut fuli. Ada 2 macam yaitu merica hitam yang diproduksi dari buah merica yang setengah masak dan setengah kering. Dapat juga untuk obat pencernaan dan sakit gigi. harum dan segar. Memiliki rasa pedas/hangat. Memiliki sensai agak pedas. Pemberian garam ini bertujuan untuk membunuh mikroorganisme sehingga makanan tidak cepat busuk. Dipakai dalam keadaan segar. Penyedap rasa  Ex :  Merica/lada • • Disebut juga sebagai raja rempah-rempah. d.

 Macamnya : .• Digunakan untuk masakan manis serta gurih. 2. Kelemahannya bila digunakan dalam jumlah yang banyakakan membahayakan kesehatan manusia.  Kayu manis • • • Adalah bagian kulit kayu yang kering dan tergulung pada tunas pohon kayu manis. Zat Aditif Buatan   Merupakan zat yang senagaja dibuat/sintetis dari bahan kimia yang hampir mirip dengan yang alami. Digunakan untuk pembuatan kue. biscuit serta makanan yang manis. cabai merah dan hijau. Harganya relative murah.  Cabai • • • Terdiri dari 2 macam. Memberikan sensasi pedas dan merangsang.  Kelebihan zat ini :     Lebih praktis dan mudah didapat. Memiliki tingkat kemurnian yang tinggi. Lebih tahan lama. Digunakan dalam bentuk segar dan kering. Dipakai dalam bentuk batangan serta bubuk.

Amaranth memberikan warna merah. Pewarna  Zat pewarna yang diijinkan di Amerika Serikat (sesuai dengan peraturan Food and Drug Act pada tahun 1906) yaitu :        Orange no 1 Erythroosin Ponceau 3R Amaranth Indiigotine Napthtol-Yellow Light green            Zat pewarna yang diijinkan di Indonesia yaitu : Carmoisine memberikan warna merah. b. Sunsetyellow FCF memberikan warna orange. Brilliant blue FCF memberikan warna biru.     Penggolongan zat warna : FD & C Color adalah pewarna untuk makanan. Quineline Yellow memberikan warna kuning. East green FCF memberikan warna hijau. Indigocarmine (indigotine) memberikan warna biru.a. Erythrosine memberikan warna merah. Tartrazine memberikan warna kuning. D & C adalah pewarna untuk obat-obatan dan kosmetik. Violet GB memberikan warna ungu. Pemanis   Ex : Sakarin • Berbentuk kriistal putih. . obatobatan dan kosmetik. Ext D & C (dalam jumlah terbatas) yang digunakan untuk obat-obatan luar dan kosmetik.

 Dulsin • • Memiliki tingkat rasa manis 250 kali dari rasa manis gula pasir. Pengawet  Bahan pengawet organic .  Aspartam • • • • Berbentuk serbuk putih. ADI (Acceptable Daily Intake) adalah 1 gram. pir. tidak berbau dan bersifat higroskopik Memiliki tingkat rasa manis 200 kali dari rasa manis gula pasir. pengguanaan siklamat sudah dilarang karena bersifat karsinogenik.• • Memiliki tingkat rasa manis 500 kali dari manis gula pasir. lumut dan rumput laut.  Sorbitol • Diolah dari buah cherry. Pemakaian zat ini sudah dilarang oleh Departemen Kesehatan RI. c. Di Amerika Serikat. apel. plum. ADI adalah 40 mg .  Siklamat • • Memiliki tingkat rasa manis 50 kali dari rasa manis gula pasir. Tidak boleh dicampur dengan makanan yang mengandung MSG (Monosodium Glutamat).

Dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme.  Garam propionate • • Berbentuk Natriumd an Kalium propionate. .  Zat pengawet anorganik  Sulfit • • • Sulfit berbentuk Natrium sulfit dan Kalium sulfit. Digunakan untuk mencegah pertumbuhan kapang. Asam sorbat • • Digunakan untuk mencegah pertumbuhan kapang dan bakteri. Aktif dalam larutan asam. Digunakan untuk mengawetkan roti dan kue kering.  Asam benzoate • • • Benzoate aktif dalam larutan asam. Berbentuk natrium sorbat dan Kalium sorbat karena lebih mudah larut dalam air. Bila digunakan lebih dari 250 ppm akan menimbulkan alergi serta iritasi lambung. Berbentuk garam yaitu natrium benzoate karena kelarutannya lebih besar. karena lebih mudah larut dalam air.  Cuka • • Merupakanlarutan 4% asam asetat dalam air.

Penyedap rasa   Pemberi cita rasa Pemberi cita rasa Senyawa flavormatik (rasa mirip buah) Vanillin Benzaldehide Aldehida sinamat Mentol Diasetil Eugenol Benzilasetat Amil asetat Amil kaproat Propil asetat Etil asetat Aroma Vanili Cherry. kola Mint Mentega Rempah-rempah Stroberi Pisang Apel. almond Kayu manis. • Akan berikatan dengan asam amino atau amida dan membentuk turunan nitrosoamina yang bersifat toksik. Untuk menghambat pertumbuhan bakteri.  Natrium nitrit (NaNO3) • Digunakan untuk mempertahankan warna daging agar tetap merah dan segar. • Untuk mencegah dapat digunakan dalam dosis rendah (sekitar 40 ppm) dan menambahkan vitamin C atau vitamin E akan menghambat pembentukan nitrosoamina.akan • Dapat bereaksi dengan gugus karbonil dan hasilnya mengikat melanoidin sehingg adapat mencegah warna coklat pada makanan. d. nenas Pir Arbei  Penguat cita rasa   Dapat menimbulkan rasa enak (flavor potentiator) Ex : .

Ex :  . Asidulan (pengatur keasaman)    Digunakan untuk mengasamkan. Zat antigumpal   Digunakan untuk mencegah penggumpalan makanan yang berupa bubuk. asam malat. sitrat. Bahan makanan yang sering menggunakan bahan pemutih adalah gula pasir. f. menetralkan dan mempertahankan derajat keasaman. e. benzoil peroksida (C6H5CO)2. h. Pengembang adonan   Bahan pengembang yang dipakai ini menggunakan bahan-bahan kimia untuk menghasilkan CO2. Biasanya ditambahkan pada bahan makanan yang berbentuk tepung atau butiran yang bersifat higroskopis untuk mempertahankan sifat butirannya. Berbentuk Kristal monohidrat. Pemutih    Digunakan untuk memutihkan makanan agar terlihat bersih.  g. oksida klor. asam suksinat dan asam tartrat. Bahan ini bersifat sinergis terhadap antioksidan dalam mencegah ketengikand an reaksi pencokelatan. keju. laktat. asam fumarat. Ex : hydrogen peroksida. Ex : natrium bikarbonat (NaHCO3). Terdiri dari asam organic seperti asam asetat.• MSG (Monosodium Glutamat) merupakan garam natrium dari asam glutamate. terigu. Dan satu-satunya asam anorganik yang dipakai adalah asam fosfat.

j. yaitu : • • • • Kalsium fosfat. Digunakan untuk mencegah oksidasi yang dapat menyebabkan perubahan warna dan aroma. natrium dan kalsium) pada buah kalengan.  Ex : • • • dan menghambat Butil hidroksi anisol (BHA) pada makanan kaleng. kalsium sitrat (pada es krim). Asam askorbat (atau dalam bentuk garam kalium. Butil hidroksi toluene (BHT) pada makanan kaleng. daging olahan dan kaldu. Natrium silikoaluminat. Kalsium silikat efektif menyerap minyak. sering juga dipakai untuk camouran tepung atau rempahrempah yang mengandung minyak atsiri. kentang. fosfat. i.  Contoh bahan yang tidaklarut dalam air tetapi mempunyai daya serap air yang besar. Sekuestran    Merupakan bahan yang dapat mengikat ion logam yang tidak dikehendaki dalam makanan. Kalium stearat digunakan pada tepung dalam proses pengolahan. Zat pengeras . Magnesium silikat. Aluminium silikat digunakan pada susu. minyak goring dan lemak. minyak goreng. Magnesium karbonat.• • • • Kalium aluminium silikat digunakana pada garam meja. kentang. Ex : asam sitrat. k. mentega dan lemak. Antioksidan  Digunakan untuk mencegah oksidasi oleh oksigen di udara.

acar . Ex : • • atau mencegah Ammonium aluminium sulfat pada mentimun botol. Kalium glukonat pada buah kaleng.  Digunakan untuk mengeraskan melunakan bahan makanan.

Longman Scientific & Technical. dan Nugroho. Belajar Ilmu Alam dan Sekitarnya 2. ☺ ©♥ ea/materi4/bio 8/october/08 ♥☺ . B. Caturwulan 1. Penerbit Esis dari Penerbit Erlangga-Jakarta. S. Prawirohartono. Purwanto. Omegawati. PT. Gitamedia Press-Surabaya. Sains BIOLOGI SMP Untuk Kelas VIII. Kadaryanto et al.H. Furqonita. SMP Kelas VIII. Penerbit Bumi Aksara-Jakarta. dan Kusumawati. Tim IPA SMP/MTs. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam 2 Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Penerbit Quadra dari YudhistiraJakarta. Henderson’s Dictionary of : Biological Terms Tenth Edition. 1997. Penerbit Tiga Serangkai Pustaka Mandiri-Solo. Penerbit Yudhistira-Jakarta. 2004. 1994. Kamus Lengkap Kedokteran Edisi Revisi. Lawrence. Galaxy Mega Puspa-Bekasi. 2 dan 3. Penerbit Intan Pariwara-Klaten. 2007. 2007. Tim BIOLOGI SMU. 2007. Galaxy Puspa Mega-Bekasi. Pegangan Belajar BIOLOGI 2 Untuk SMU 2. Lestari.DAFTAR PUSTAKA Ahmad. 1999. Longman Group UK Limited-England. Sains BIOLOGI-2b Untuk Kelas 2 Tengah Tahun Kedua Sesuai Kurikulu. A. dan Hadisumarto. D. Mengungkap Rahasia Alam Kehidupan. R. 2003. W. Saktiyono. 2006. IPA BIOLOGI Eksplorasi Kelas VII untuk SMP dan MTs. S. Seri PIA BIOLOGI SMP Kelas VIII. Berdasarkan Kurikulum 1994. 1991. S. BIOLOGI 2. E. PT.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful