USULAN PROGRAM KREATIF MAHASISWA JUDUL PROGRAM

DESAIN ALAT PENGERING JAMUR BERTENAGA SURYA

BIDANG KEGIATAN : PKM-T

DIUSULKAN OLEH : Alex C Sipahutar Suci Maharani Reylinton Saragih (05081006030) 2008 (05081006015) 2008 (05081006024) 2008

UNIVERSITAS SRIWIJAYA INDRALAYA 2011

co. Jurusan d. NIP c. Sumber lainya Jangka Waktu Pelaksanaan : : : : : Rp : Rp : Menyetujui Ketua Jurusan / Program Studi / Departemen / Pembimbing Unit Kegiatan Mahasisiwa Ketua Pelaksana Kegiatan ( Hilda Agustina S. Nama Lengkap b. Nama Lengkap b.id Anggota Pelaksana Kegiatan : 3 orang Dosen Pendamping a.HALAMAN PENGE AHAN Judul Kegiatan Bidang Kegiatan Bidang Ilmu Ketua Pelaksana : : PKM-T : Pertanian a. 05081006030 Dosen Pendamping ( NIP : ) . DIKTI b. Alamat Rumah Biaya Kegiatan Total a. NIM c. Universitas Alamat rumah e.Si ) NIP Pembantu atau Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan ( NIP : ) ( Alex Candra Sipahutar ) NIM. Alamat email : Alex Candra Sipahutar : 05081006030 : Teknologi Pertanian : Universitas Sriwijaya : Lorong LDI Timbangan KM 32 : Alex.TP. M.sipahutar@yahoo.

Jamur merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki bentuk. cita rasa. Jamur tiram merupakan jenis jamur yang dapat dikonsumsi oleh manusian karena tidak mengandung zat racun yang terdapat pada jenis jamur liar yang tumbuh di pohon mati. Salah satu cara untuk menjaga sayuran tetap segar dalam waktu yang relatif lama yaitu dengan menekan aktivitas enzim. Suci Maharani. dengan cara mengurangi kadar air pada batas yang telah ditentukan dengan maksud .dan kualitasnya. Pada industry pangan proses pengeringan digunakan untuk pengawetan makanan.DE AIN ALAT PENGE ING JAMUR DENGAN TENAGA SURYA Alex Candra Sipahutar. 2000). nilai jual dari jamur tiram ini tinggi. Jamur yang di simpan dalam keadaan kering tahan sampai 1 tahun. Jamur tiram yang merupakan makanan berprotein tinggi yang hanya dapat hidup di daerah dataran tinggi dengan temperatur dan kelembaban tertentu. Jamur akan lebih lama jika disimpan dalam keadaan kering (Sumoprastowo. Dalam dunia industri. susu. ikan. Dalam hal ini melalui proses pengeringan. Jamur tiram ini mudah rusak jika terlalu lama disimpan di udara terbuka. Selain itu. dan daging. Reylinton Saragih Universitas Sriwijaya LATAR BELAKANG Indonesia sangat kaya akan akan hasil sayur-sayuran. pengeringan memiliki peranan yang sangat penting. sayuran segar berlangsung perubahan kimiawi yang akan mengubah penampilan. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh enzim. tergantung pada kebutuhan dimana system ini diterapkan. Hal ini memberikan inspirasi aplikatif pembudidayaan jamur tiram di daerah dataran rendah. jamur tiram ini adalah jamur yang mengandung protein walaupun tidak sebanyak protein yang terdapat di dalam daging. Sistem pengeringan dan aplikasinya dapat dilakukan dengan cara berbeda-beda. Semua jenis makanan ini mudah rusak selama perjalanan. Jamur tiram merupakan salah satu tumbuhan yang hidupnya sapropit. warna sangat beragam dan rasa yang lezat jika dimasak. Selama proses penyimpanan. walaupun dalam lemari pendingin. buah-buahan.

Dari sekian banyak jenis jamur. ampas tahu. KEGUNAAN ALAT Alat ini berguna untuk membantu petani jamur dalam proses pengeringan jamur sehingga memudahkan dan mempercepat tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas dari jamur tersebut. secara umum jamur dikelompokkan dalam duan kategori yaitu jamur kayu dan bukan jamur kayu. sehingga petani mendapatkan keuntungan yang lebih baik. TINJAUAN PUSTAKA Jamur Jamur adalah organisme yang selnya berintiyang dapat membentuk spora. dan berupa benang ± benang tunggal atau benang ± benang yang becabang dengan dingding dari selulosa atau khitin.PERUMUSAN MASALAH Para petani jamur sering mengalami kerugian akibat tanaman jamur yang mudah membusuk karena tanaman jamur cepat mengalami kelayuan. Oleh karena itu petani jamur memerlukan alat pengering jamur. jamur tersebut dapat tahan lebih lama dan tidak cepat membusuk dan. Karena dengan mengeringkan jamur. . TUJUAN Alat ini dibuat bertujuan untuk mempermudah petani dalam proses pengeringan jamur tiram. jerami. tidak berklorofil. seperti serbuk gergaji. sedangkan jamur bukan kayu adalah jamur yang dapat tumbuh dan hidup pada media lain . Jamur kayu adalah jenis jamur yang tumbuh pada pohon kayu yang telah mati. Pengeringan Proses pengeringan merupakan proses pemindahan sejumlah masa uap air secara simultan dengan membutuhkan energi untuk menguapkan kandungan air yang dipindahkan dari permukaan bahan kemedia pengering hal ini terjadi karena adanya perbedaan konsentrasi uap air antara suatu bahan dengan lingkungannya. LUARAN YANG DIHARAPKAN Luaran yang diharapkan berupa prototipe. eceng gondok. sabut kelapa dan lain ± lain.

Stainless steel g. Kaca jenis ordinary clear lime glass.000. Plat kolektor terbuat dari Aluminium yang dicat hitam buram c.100. b. Baut RINGKASAN DAFTAR PUSTAKA . tebal 3 mm. TV-45 18´ Pure alumunium 1.(Sesuai hasil penelitian Purnawarman (2001)) d. Alumunium foil e. Insulator yang dipakai adalah glass wool dengan tebal 5 cm.MET DE PELAKSANAAN RANCANGAN BIAYA a. Kayu f.h.