1.

Tekanan Statik Prinsip dari tekanan statik ini baru saja dijelaskan pada paragraf diatas, dimana prinsip ini untuk fluida yang tidak bergerak, yang mana tidak ada pompa dari pipa atau aliran dari sebuah kanal. Tekanan yang terjadi pada fluida yang tidak bergerak disebut tekanan statik. 2. Tekanan Dinamik Jika fluida tersebut dalam keadaan bergerak, maka tekanan yang timbul pada setiap sekelilingnya akan bergantung pada pergerakannya. Sehingga, jika kita mengukur besarnya tekanan dari air yang mengalir pada pipa yang ditutup, kita mungkin mendapatkan besarnya tekanan tersebut, katakanlah 40 gaya persatuan luas. Jika pipa tersebut kita buka, tekanan pada aliran air tersebut akan memiliki nilai yang berbeda, katakanlah, 30 gaya per satuan luas. Jawaban ini, diberikan dimana pengukuran tekanan harus mencatat setiap keadaan yang diukur. Tekanan dapat bergantung kepada aliran fluida, pengompressan fluida, gaya luar, dan faktor lainnya.

3. Tekanan Hidrostatik Tekanan ini merupakan tekanan yang terjadi di bawah air. Hal ini disebabkan adanya berat air yang membuat cairan tersebut mengeluarkan tekanan. Tekanan sebuah cairan bergantung pada kedalaman cairan di dalam sebuah ruang dan gravitasi juga menentukan tekanan air tersebut. Hubungan ini dapat kita jabarkan dengan : P = gh dimana adalah masa jenis cairan, g (10 m/s2) adalah gravitasi, dan h adalah kedalaman cairan. 4. Tekanan Atmosfer Tekanan udara atau atmosfer merupakan tekanan yang terjadi pada tiap titik manapun di atmosfer bumi. Tekanan atmosfer ini sama halnya dengan tekanan hidrostatik yang mana terjadi akibat berat udara di atas titik pengukuran. Pada daerah yang bertekanan rendah, massa yang ada lebih sedikit daripada daerah yang bertekanan tinggi. Atmosfer adalah lapisan yang melindungi bumi. Massa atmosfir yang menekan permukaan inilah yang disebut dengan tekanan atmosferik. Tekanan atmosferik di permukaan laut adalah 76 cmHg. B. Alat Ukur Tekanan 1. Manometer

Bila tekanan positif diterapkan pada salah satu sisi kaki tabung. cairan ditekan kebawah pada kaki tabung tersebut dan naik pada sisi tabung yang lainnya.shiintaanakpresiden. Merupakan gambaran sederhana manometer tabung U yang diisi cairan setengahnya. Tabung Bourdon yang biasa berisi tabung melengkung yang terbuka tekanan eksternal input pada salah satu ujungnya dan digabungkan secara mekanis ke jarum menunjukkan di ujung sana. dengan kedua ujung tabung terbuka berisi cairan sama tinggi. Hal ini dapat dilihat dari indikator dial yang tertera pada alat Bourdon Tube. Bourdon Tube ini terbuat dari Pipa pendek lengkung yang mana salah satu ujungnya tertutup. ³h´. Perbedaan ketinggian cairan memperlihatkan tekanan yang diterapkan. Saat bourdon tube diberikan tekanan. Bourdon Tube Tabung Bourdon adalah perangkat pengukuran tekanan non-liquid .com Prinsip kerja manometer adalah sebagai berikut Gambar a. sementara tekanan (yang mungkin terjadi karena atmosfir) diterapkan pada tabung yang lainnya. Perbedaan pada ketinggian. merupakan penjumlahan hasil pembacaan diatas dan dibawah angka nol yang menunjukkan adanya tekanan.blogspot. Gambar c. 2. .Manometer adalah alat yang digunakan secara luas pada audit energi untuk mengukur perbedaan tekanan di dua titik yang berlawanan. Versi manometer sederhana kolom cairan adalah bentuk pipa U (lihat Gambar 4-4) yang diisi cairan setengahnya (biasanya berisi minyak. maka ia akan ³menegang´. Jenis manometer tertua adalah manometer kolom cairan. Bila keadaan vakum diterapkan pada satu sisi kaki tabung. seperti yang ditunjukkan skema di bawah ini. www. Gambar b. Perbedaan ketinggian ³h´ merupakan hasil penjumlahan pembacaan diatas dan dibawah nol yang menunjukkan jumlah tekanan vakum. Hal ini banyak digunakan dalam aplikasi yang murah pengukuran tekanan statis diperlukan. cairan akan meningkat pada sisi tersebut dan cairan akan turun pada sisi lainnya. air atau air raksa) dimana pengukuran dilakukan pada satu sisi pipa. Perubahan yang dihasilkannya akan sebanding dengan besarnya tekanan yang diberikan.

3 Prinsip Kerja Bourdon Tube (http://webserver. Gambar 2.dmt.itrademarket.com/pdimage/01/s_1641701_400_500pressuregauges.jpg) Gambar 2.2 Bourdon Tube (http://wb9.upm.A.es/~isidoro/lab1/Piezometry/Piezometry.htm) Prinsip Kerja Bourdon Tube : .

sebagian besar bellow memiliki alat pengukur tekanan diterapkan pada bagian luar bellow (Gambar2. Tekanan yang akan diukur dapat diterapkan pada bagian luar atau bagian dalam bellow. atau logam lainnya yang cocok untuk tujuan dimaksud gauge. kPa. Tekanan gauge merupakan ukuran relatif. Namun. sehingga mencegah perluasan penuh bellow. Bellow Gauge Beberapa proses. Kebanyakan bellow pengukur adalah pegas.Perubahan tekanan yang dideteksi oleh tabung Bourdon akan menyebabkan tabungnya bergerak. Ini bukan berarti di dalam bejana yang diukurnya vakum atau tidak ada gas. Dari fenomena tersebut maka dapat ditentukan hubungan antara tekanan gauge dan tekanan absolut. meningkatkan laju pembakaran dan keluaran panas. Misalnya meter gauge menunjukkan skala : 0 PSI. stainless steel. Bar ad Kg/cm2. aplikasi utama mereka di atas kapal adalah dalam pengukuran tekanan rendah atau perbedaan tekanan kecil . yaitu menentang pegas bellow. fosfor perunggu. Membatasi perluasan bellow dengan cara ini bellow melindungi dan memperpanjang kehidupannya. Bellow digunakan untuk memberikan udara tambahan untuk bahan bakar. Dalam bellow pegas elemen.4 a). Biasanya skala meter tekanan ini dikalibrasi dalam beberapa ukuran antara lain : PSI. seperti peleburan besi metalurgi dan pengelasan. memerlukan begitu banyak panas yang mereka hanya dapat dikembangkan setelah penemuan bellow. defleksi adalah hasil dari gaya yang bekerja pada bellow dan gaya lawan pegas. Kemudian gerakan tabung tersebut ditransmisikan untuk menggerakkan jarum meter. elemen-elemen elastis di bellow alat pengukur yang terbuat dari kuningan. Meskipun beberapa instrumen bellow dapat dirancang untuk mengukur tekanan sampai 800 psig. Sebuah alat pengukur bellow berisi elemen elastis yang merupakan unit yang berbelit-belit mengembang dan kontrak axially dengan perubahan tekanan. Secara absolut di dalam bejana yang diukurnya masih ada gas tetapi tekanannya sama dengan tekanan atmosfir atau 1 Bar. berilium-tembaga. Tekanan tersebut disebut sebagai tekanan absolut. Seperti tabung Bourdon-elemen. yaitu : Tekanan (absolut) = Tekanan (atmosfir) + Tekanan (gauge) 3. dalam praktiknya.

barometer jenis ini sebaiknya diguncang dulu sebelum digunakan.Gambar 2.. sehingga perlu selalu pensettingan awal. terdapat pemberat kecil yang mengapung di atas merkuri.Barometer Barometer merupakan alat pengukur tekanan dalam satuan MB (megabyte). Barometer termasuk peralatan meteorologi golongan non recording yang pada waktu tertentu harus dibaca agar mendapat data yang diinginkan. mengingat tekanan udara akan berkurang seiring pertambahan ketinggian. Gambar Barometer Raksa Prinsip kerja barometer raksa : peningkatan tekanan udara akan berpengaruh pada kolom merkuri menyebabkan ketinggian raksa di tuba sebelah kiri meningkat dan di sebelah kanan menurun. Barometer ada dua jenis yaitu barometer raksa dan barometer aneroid. Tetapi kegunaan mereka tetap sama yaitu mengukur tekanan udara. yang mengikuti pergerakan turun naik merkuri ini dan menyebabkan dorongan yang terhubung pada pointer dimana akan mengindikasikan kenaikan tekanan. . Barometer baik raksa maupun anaeroid dipengaruhi oleh ketinggian. jika terjadi penurunan tekanan maka akan terjadi proses sebaliknya.4 Bellows gauge 4.

FAKTOR PERMASALAHAN PENGUKURAN TEKANAN Suhu/ Temperatur Lingkungan Pengukuran a.uk/barometer%20info. Terjadinya pemuaian zat padat atau gas sehingga saat kita melakukan beberapa pengukuran.co. terdiri dari satu kapsul vacum yang bereaksi terhadap perubahan tekanan udara dan meneruskan pergerakan ringan pada ujung pengungkit B. Barometer ini perlu sedikit pengaturan untuk menyesuaikannya dengan ketinggian dan level muka laut.. sama seperti barometer yang lain. dan mendorong pegas E kepada pointer F yang disesuaikan. Untuk lebih jelasnya sambil membaca cara kerja ini perhatikan gambar yang saya sertakan ya. Intinya barometer didasarkan pemahaman bahwa tekanan udara akan berkurang dengan penambahan ketinggian.html#wks) C. ( http://www. b.Gambar Barometer Anaeroid Prinsip Kerja Barometer Anaeroid : Barometer anaeroid. G merupakan tuas yang digunakan untuk mengatur pointer yang akan dibaca. akan didapat perbedaan hasil pengukuran karena zat pada atau gas yang kita ukur tekanannya mengalami pemuaian.quicksilver-barometers. .. Suatu seri kumparan C melanjutkan pergerakan ini pada rantai D. Tinggi Permukaan Laut Posisi pengukuran yang berbeda tekanan dengan atmosfir yang berbeda-beda sesuai dengan keadaan permukaan air laut dengan dataran tinggi. Karakteristik sensor suhu dengan persentase error nya.

Kalibrasi Hal ini dimaksudkan karena kita telah melakukan bebarapa pengukuran. . namun tidak melaksanakan kalibrasi untuk mengatur agar alat ukur kembali lebih akurat dalam pengukuran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful