P. 1
bab 3 n bab 4

bab 3 n bab 4

|Views: 186|Likes:
Published by payungku

More info:

Published by: payungku on Apr 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/29/2012

pdf

text

original

44

BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

A. Sejarah Singkat Perusahaan Sesuai dengan Akta pendirian Perusahaan No. 29 September 2006 pada tanggal 29 YUNUS, SH

yang dibuat dihadapan Notaris H. ASMAN

Notaris di Pekanbaru, Perusahaan berdiri dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT. SYNERGY USAHA MAJU bergerak dalam bidang perbengkelan dan jasa pengangkutan darat. Dengan Akta No. 29 dinyatakan modal dasar perusahaan berjumlah Rp.2.000.000.000,00,- (Dua milyar rupiah) dengan jumlah 2.000 (dua ribu)

lembar saham dengan nilai nominal per lembar saham senilai Rp.1.000.000,00,(Satu Juta rupiah).

B. Struktur Organisasi Perusahaan Struktur organisasi PT. Synergy Usaha Maju sebagai gambaran pendelegasian wewenang, dimana setiap karyawan dalam melaksanakan kegiatannya mengenal satu pimpinan yang dibawahinya. Berikut ini akan diuraikan tugas dan tanggungjawab serta wewenang masing-masing bagian dalam struktur organisasi perusahaan adalah sebagai berikut : 1. Direktur Seseorang profesional yang ditunjuk oleh pemilik perusahaan untuk menjalankan dan memimpin perusahaan tersebut.

Menjalankan program perusahaan umtuk mencapai target perusahaan. d. Memilih. Kepala mekanik bertugas mengepalai mekanik-mekanik lainnya. c. d. Menyetujui anggaran tahunan perusahaan. c. . e. b. mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian. Mengambil tindakan yang diperlukan untuk kemajuan perusahaan. Mengawasi dan mengurus staf-staf operasional didalam menjalankan operasional perusahaan. Menyampaikan laporan kepada pemegang saham atas kinerja perusahaan. c.45 Pada umumnya Direktur memiliki tugas antara lain: a. b. Mewakili direksi menjalankan perusahaan di operasional perusahaan. menetapkan. Memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan. Kepala Operasional Tugas. 3. Memberikan laporan kemajuan operasional perusahaan kepada direksi. Melakukan pengawasan terhadap kinerja bawahannya. wewenang dan tanggungjawab kepala operasional a. jika ada mobilmobil yang rusak kepala mekanik yang bertanggungjawab untuk memperbaiki kerusakan pada mobil. b. 2. Kepala Mekanik Tugas dan tanggung jawab Kepala Mekanik: a. mengurus semua hal yang mengenai perbengkelan.

Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kas perusahaan. hutang dan modal perusahaan. Membagikan gaji karyawan perusahaan. C. masalah dan keluhan sopir ditangani oleh staf operasional. Mencatat perubahan aset/harta. Aktivitas Perusahaan PT.46 4. wewenang dan tanggungjawab seorang akunting adalah: a. 5. Staf Akunting Tugas. d. c. Synergy Usaha Maju terlebih dahulu. Staf Operasional Dalam PT. Synergy Usaha Maju merupakan perseroan terbatas yang bergerak dibidang distribusi jasa. wewenang dan tanggungjawab terhadap para-para sopir. Semua urusan. Menyusun laporan keungan pada akhir periode akuntansi. e. yaitu mendistribusikan BBM dari depot BBM kepada perusahaan-perusahaan industri yang membutuhkan BBM dengan cara pemesanan kepada PT. . Synergy Usaha Maju staf operasional diberi tugas. Mengumpulkan semua data keuangan dari staf administrasi. b.

dimana perusahaan melakukan penggantian kabin (terlampir dirincian daftar biaya operasi) sebesar Rp. secara umum perusahaan mengeluarkan biaya selama pemakaian atau penggunaan aktiva tetap tersebut. Dalam hal pengeluaran perbaikan (reparasi besar) dan pemeliharaan ini.25. Hal ini dapat dilihat pada laporan keuangan perusahaan tahun 2009. Berdasarkan hasil penelitian tersebut.. penulis mencoba untuk menganalisis dan mengevaluasi kebijaksanaan akuntansi aktiva tetap yang diterapkan oleh perusahaan meliputi: A. Oleh perusahaan dimasukkan kedalam . Pengeluaran Setelah Masa Perolehan Aktiva Tetap Untuk menjaga agar aktiva tetap yang sedang dipakai dapat beroperasi sebagaimana mestinya.500. biaya reparasi dan perbaikan. perusahaan tidak membedakan antara pengeluaran modal (Capital Expenditure) dengan pengeluaran pendapatan (Revenue Expenditure).terhadap mobil Mitsubishi Fuso Ganjoo yang diperoleh tahun 2008 karena kecelakan.000. Ha ini tentu saja akan mengakibatkan kesalahan pencatatan pada laporan keuangan yang menyebabkan laba dilaporkan tidak wajar.47 BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Pada bab ini akan diuraikan hasil penelitian penulis tentang penerapan akuntansi aktiva tetap pada PT. Synergy Usaha Maju Pekanbaru. Biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan antara lain berupa biaya perawatan.

Untuk itu pencatatan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai berikut : Biaya pemeliharaan dan perbaikan Kas Rp.000 Kas Rp.25.48 perkiraan biaya (Revenue Expenditure) yakni biaya pemiliharaan dan perbaikan.25.25. maka sebaiknya perusahaan memasukan biaya tersebut sebagai penambah harga perolehan aktiva tetap tersebut atau dikapitalisasi (capital expenditure). Karena pengeluaran tersebut merupakan pengeluaran yang menambah umur atau masa manfaat dari mobil Mitsubishi Fuso Ganjoo tersebut maka pengeluaran tersebut dikapitalisasi dengan jurnal sebgai berikut : Kendaraan-Mitsubishi Fuso Ganjoo Rp.500.500.500.000 Rp.25.500.000 Dari jurnal diatas dapat dilihat perusahaan tidak memperhatikan biaya yang sangat materil yang dikeluarkan. dan pengeluaran tersebut menambah umur atau masa manfaat aktiva.000 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->