ISTILAH ­ISTILAH

a. Entalpi adalah energi kalor yang dimiliki oleh suatu zat pada temperatur tertentu. b. Entropi adalah setiap system mempunyai entropi, entropi mengukur derajat diorganisasi mikroskopik atau ketidakpastian manusia akan tingkat keadaan mikroskopik, entropi dalam system adalah jumlah berbagai entropi dari bagian-bagiannya. c. Proses Reversibel dan Ir-Revesibel adalah suatu proses yang setelah berlangsung, arahnya dapat dibalik kembali ke kondisi semula tanpa meninggalkan bekas pada sistem dan lingkungan, atau suatu proses yang jika arahnya dibalik akan tetap melalui lintasan yang sama (berimpit), begitu pula sebaliknya dengan Ir-Revesibel. d. Proses Volume Konstan (Isovolum atau Isokoris) Volume spesifik akhir = Volume spesifik awal proses. e. Proses Adiabatis adalah suatu proses dimana tidak ada panas yang dipindahkan dari atau ke sistem sepanjang proses berlangsung, Q=0. f. Refrigerasi adalah suatu sistem yang memungkinkan untuk mengatur suhu sampai mencapai suhu di bawah suhu lingkungan. Penggunaan refrigerasi sangat dikenal pada sistem pendingin udara pada bangunan, transportasi, dan pengawetan suatu bahan makanan dan minuman. g. Panas didefinisikan sebagai bentuk energy yang berpindah antara dua sistem (atau suatu system dan sekelilingnya) yang dikarenakan perbedaan temperatur. h. Titik embun adalah temperatur air pada keadaan dimana tekanan uapnya sama dengan tekanan uap air dari udara. i. Kelembaban relatif didefinisikan sebagai perbandingan molekul uap air di dalam udara basah terhadap molekul uap air jenuh pada suhu dan tekanan yang sama. j. Temperatur bola kering merupakan temperatur yang terbaca pada termometer sensor kering dan terbuka. k. Temperatur bola basah merupakan temperatur yang terbaca pada termometer dengan sensor yang dibalut dengan kain basah. Kelembaban spesifik (rasio kelembaban) adalah berat atau massa air yang terkandung didalam setiap kilogram udara kering, atau perbandingan antara massa uap air dengan massa udara kering yang ada didalam atmosfir. m. Volume spesifik adalah volume udara campuran dengan satuan meter-kubik per kilogram udara kering. l.

Proses Ekspansi adalah Tahap ini terjadi di katup ekspansi dimana refrigerant diturunkan tekanannya yang diikuti dengan turunnya temperatur. Pada tahap ini terjadi perubahan fasa dari dari fasa uap superheat menjadi fasa cair jenuh. p. q.n. Proses Kompresi adalah Tahap ini terjadi di kompresor dimana refrigerant yang berfasa uap dengan temperatur dan tekanan rendah dikompresi secara isentropic sehingga temperatur dan tekanannya menjadi tinggi. Oleh karena itu fungsi linier sering disebut dengan persamaan garis lurus (pgl) dengan bentuk umumnya sbb: f : x mx + c atau f(x) = mx + c atau y = mx + c m adalah gradien / kemiringan / kecondongan dan c adalah konstanta t. Proses Kondensasi adalah Tahap ini terjadi di dalam kondensor. dimana panas dari refrigerant yang berfasa uap dari kompresor dibuang ke lingkungan sehingga refrigerant tersebut mengalami kondensasi. s. Proses Evaporasi adalah Pada tahap ini terjadi pertukaran kalor di evaporator. Pengertian fungsi linier Fungsi linier adalah suatu fungsi yang variabelnya berpangkat satu atau suatu fungsi yang grafiknya merupakan garis lurus. Tekanan adalah merupakan gaya per satuan luas bidang yang ditekan secara tegak lurus. o. . dimana kalor dari lingkungan atau media yang didinginkan diserap oleh refrigerant cair dalam evaporator sehingga refrigerant cair yang berasal dari katup ekspansi yang bertekanan dan bertemperatur rendah berubah fasa dari fasa cair menjadi uap yang mempunyai tekanan dan temperatur tinggi. r. pada fasa cair jenuh ini tekanan dan temperaturnya masih tinggi.

6) Fungsi modulus Suatu fungsi f(x) disebut fungsi modulus (mutlak) apabila fungsi ini memetakan setiap bilangan real pada domain fungsi ke unsur harga mutlaknya. dan c bilangan konstan dan grafiknya berupa parabola. 4) Fungsi identitas Suatu fungsi f(x) disebut fungsi identitas apabila setiap anggota domain fungsi berlaku f(x) = x atau setiap anggota domain fungsi dipetakan pada dirinya sendiri. dengan c suatu konstanta. di mana a 0. 2) Fungsi linear Suatu fungsi f(x) disebut fungsi linear apabila fungsi itu ditentukan oleh f(x) = ax + b. Grafik fungsi identitas berupa garis lurus yang melalui titik asal dan semua titik absis maupun ordinatnya sama. . 3) Fungsi kuadrat Suatu fungsi f(x) disebut fungsi kuadrat apabila fungsi itu ditentukan oleh f(x) = ax2 + bx + c. a dan b bilangan konstan dan grafiknya berupa garis lurus.Macam-Macam Fungsi 1) Fungsi konstan (fungsi tetap) Fungsi konstan adalah fungsi f yang dinyatakan dalam rumus f(x) = c. 5) Fungsi tangga (bertingkat) Suatu fungsi f(x) disebut fungsi tangga apabila grafik fungsi f(x) berbentuk interval-interval yang sejajar. di mana a 0 dan a. Grafiknya jika dilukis dalam suatu sumbu koordinat dimana domainnya sumbu x merupakan garis yang sejajar dengan sumbu x. Fungsi identitas ditentukan oleh f(x) = x. b.

7) Fungsi ganjil dan fungsi genap Suatu fungsi f(x) disebut fungsi ganjil apabila berlaku f( x) = f(x) dan disebut fungsi genap apabila berlaku f( x) = f(x). 8. A2 x 2 + a1 x a0 f(x) maka fungsi ini Jika n = 1 maka terbentuk fungsi linier (grafiknya berbentuk garis lurus). Jika n = 2 maka terbentuk fungsi kuadrat( grafiknya berbentuk parabola). Jika f( x) tidak genap dan tidak ganjil. Fungsi Polinomial Fungsi Polinomial adalah fungsi f yang dinyatakan dalam bentuk : f(x) = an x n + an-1 x n-1 + . .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful