P. 1
SISTEM ORGAN

SISTEM ORGAN

|Views: 447|Likes:

More info:

Published by: Widya 'dykie' Arizky on Apr 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2012

pdf

text

original

SISTEM ORGAN

HUBUNGANNYA DENGAN SISTEM REPRODUKSI

´ ´ ´ ´ ´ ´ ´ ´ ´ ´ ´ ´

Sistem tubuh manusia Sistem kardiovaskular: memompa darah ke seluruh tubuh Sistem pencernaan: pemrosesan makanan yang terjadi di dalam mulut, perut, dan usus Sistem endokrin: komunikasi dalam tubuh dengan hormon Sistem integumen: kulit, rambut Sistem limfatik: struktur yang terlibat dalam transfer limfa antara jaringan dan aliran darah Sistem otot: menggerakkan tubuh Sistem saraf: mengumpulkan, mengirim, dan memproses informasi dalam otak dan saraf Sistem reproduksi: organ seks Sistem pernafasan: organ yang digunakan bernafas, paru-paru Sistem rangka: sokongan dan perlindungan struktural dengan tulang Sistem urin: ginjal dan struktur yang dihubungkan dalam produksi dan ekskresi urin

Sistem limfatik = Sistem yang tersusun oleh organ limfoid dan sel-sel yang tersebar di seluruh tubuh yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh .

Atau jika kena infeksi lama sembuhnya.SISTEM REPRODUKSI DAN SISTEM LIMFATIK ´ Akibat kelainan sistem limfatik sistem pertahanan tubuh juga terganggu seperti pada penyakit AIDS. .

´ . kelenjar keringat dan produknya (keringat atau lendir). Sistem ini seringkali merupakan bagian sistem organ yang terbesar yang mencakup kulit. Kata ini berasal dari bahasa Latin "integumentum". melindungi. memisahkan. dan menginformasikan hewan terhadap lingkungan sekitarnya. sisik. yang berarti "penutup". kuku. bulu.´ Sistem integumen adalah sistem organ yang membedakan. rambut.

SISTEM REPRODUKSI DAN SISTEM INTEGUMENTUM ´ Jika terdapat kerusakan pada kulit di sistem reproduksi menyebabkan aktivitas organ juga terganggu. seperti jamur pada kulit fgenetalia wanita keputihan kanker serviks .

sistem sirkulasi pulomonal dan sistem sirkulasi portal. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis).. Ada tiga jenis sistem sirkulasi: sistem sirkulasi sistemik.´ Sistem kardiovaskular atau sistem sirkulasi adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. .

. dengan sentral pada jantung. sehingga jika terdapat kelainan ada jantung maka akan berakibat juga pada organ-organ reproduksi. ketidak mamuan dalam melakukan hubungan seksual karena penambahan beban jantung saat aktifitas coitus.SISTEM REPRODUKSI DAN SISTEM KARDIOVASKULAR Sistem reproduksi wanita dan laki-laki diperdarahi oleh pembuluh darah yang merupakan cabangcabang dari pembuluh darah besar dalam tubuh. misalnya pada laki-laki sering terjadi disfungsi ereksi.

dan penyakit jatung tersebut akan mengakibatkan komplikasi pada kehamilannya sehingga bisa terjasi abrtus.´ Dan jika seorang wanita hamil maka beban jantung bertambah berat. akibatnya jika sudah ada penyakit janutng maka penyakitnya jantungnya akan bertambah parah. kematian janin dan ibu saat hamil dan bersalin . BBLR.

Diafragma menarik udara masuk dan juga mengeluarkannya. sistem pernapasan umumnya termasuk saluran yang digunakan untuk membawa udara ke dalam paru-paru di mana terjadi pertukaran gas. Berbagai variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup. .´ Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Pada hewan berkaki empat.

tidak terjadi hipoksia jaringan. Dengan oksigen yang cukup maka metabolisme sel pada sistem reproduksi ini berjalan dengan baik.SISTEM REPRODUKSI DAN SISTEM PERNAPASAN ´ Sistem reproduksi wanita dan laki-laki diperdarahi oleh pembuluh darah yang mengangkut darah yang berisi oksigen. .

. Sistem reproduksi pada suatu organisme berbeda antara jantan dan betina.´ Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak.

´ ´ ´ ´ ´ Congenital Infeksi Neoplasma Trauna Add other : kelainan metabolik dan metabolisme .

´ Sistem saraf pada manusia dibagi menjadi tiga. yaitu saraf otak. Saraf otak ibarat chip dalam komputer. Sistem saraf sendiri merupakan cabang dari sistem koordinasi selain sistem hormon dan sistem otot. saraf menghubungkan antara saraf pusat dengan indera dan otot. Saraf otak dan saraf sumsum tulang belakang adalah saraf pusat. ´ . saraf sumsum tulang belakang. Pada saraf tepi. dan saraf tepi.

dan gangguan ejakulasi. misalnya disfungsi ereksi. .SISTEM REPRODUKSI DAN SISTEM SYARAF Sistem reproduksi dipersyarafi oleh syaraf yang merupakan cabang dari saraf yang keluar dari tulang belakang dengan koordinasi pada otak. Jika terjadi kelainan ada syarat tersebut maka akan mengakibatkan gangguan pada sistem reporduksi.

sari makanan yang terjadi di dalam usus.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari .´ Sistem pencernaan atau sistem gastroinstestin. adalah sistem organ dalam hewan multisel yang menerima makanan.sisa makanan melalui anus . Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia dibagi menjadi 3 bagian. Kemudian proses pengeluaran sisa . mencernanya menjadi energi dan nutrien. yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung. serta mengeluarkan sisa proses tersebut. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda.

berongga. Namun.2 g kalsium dan fosfor dalam jumlah yang kira-kira sama setyiap hari selama ia hamil. Namun. dan membengkak. Gigi ´ Wanita hamil memerlukan sekitar 1.4 g daripada kebutuhan saat ia tidak hamil. Hygiene gigi yang burukj selama masa hamil atau pada setiap waktu dan gingivitis dapat menimbulkan karies gigi yang dapat menyebabkan gigi hilang. 2.1. Tidak ada peningkatan sekresi saliva. Kebutuhan kalsium dan fosfor ini lebih tinggi sekitar 0. defisiensi diet yang berat dapat mengurangi simpanan unsur-unsur ini di dalam tulang. . Mulut ´ Gusi hiperemi. Gusi cenderung mudah berdarah karena kadar estrogen yang meningkat menyebabkan peningkatan vaskularitas selektif dan poliferasi jaringan ikat (gingivitis tidak spesifik). Oleh karena itu. pepatah kuno yang mengatakan ´satu gigi untuk setiap anakµ tidaklah benar. tetapi tidak menarik kalsium dari giginya. Demineralisasi gigi tidak terjadi selama masa hamil. Diet yang seimbang memenuhi kebutuhan ini. wanita mengeluhkan ptialisme (kelebihan saliva) perasaan ini diduga akibat wanita secara tidak sadar jarang menelan saat merasa mual.

Keadaan ini disebabkan pergeseran lambung keatas. besi siap di absorpsi di usus halus.3. konstipasi merupakan akibat hiperistalsis (perlambatan usus). Sebagai respons terhadap peningkatan kebutuhan selama masa hamil. dan pergeseran khusus akibat kompresi. wanita yang gemuk. Akibatnya. sehingga terjdi regergitasiesofagus. wanita ´tidak mampu mencerna asamµ atau mengalami nyeri ulu hati (pirosis). ´ Peningkatan produksi estrogen menyebabkan penurunan sekresi asam hydrochloride. pilihan makanan yang tidak lazim. heniasi bagian atas lambung (hiatus hernia) terjadi setelah bulan ke tuijuh atau ke delapan kehamilan. dan Usus Halu ´ Pada sekitar 15% sampai 20% wanita hamil. Lambung. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita multi para. atau wanita yang lebih tua. Esofagus. Kebiasaan buang air tipe khas tinja terbentuk pada awal kehidupan . absorpsi meningkat. Hemoroid (varises vena di rectum dan anus) dapat semakin menonjol keluar atu berdarah saat buang air besar. dan peristalsis balik. Pada umumnya. Selain itu. kurang cairan. ´ Peningkatan progesterone yang menyebabkan kehilangan tonus otot dan penurunan peristaltis menyebabkan absorpsi air di usus besar meningkat sehingga dapat terjadi konstipasi. peningkatan waktu pengosongan lambung. distensi abdomen akibat kehamilan. yang menyebabkan hiatus diafragma melebar. Peningkatan produksi progesterone menyebabkan tonus dan motilitas otot polos menurun. jika individu kekurangan besi.

ureter.Mengatur keseimbangan cairan tubuh. elektrolit dan asam basa ´ .Mengekskresikan sisa-sia metabolisme . vesica urinaria dan uretra ´ Fungsi : .Sistem uropoetik = ´ Komponen : Ginjal.

Jika terjadi infeksi pada saluran kencing maka akan mudah pula terjadi infeksi pada sistem reproduksi atau sebaliknya. pada wanita uretra berdekatan dengan vagina dan terletak padavestibulum di vulva. .SISTEM REPRODUKSI DAN SISTEM URINARIA Keduanya sangat berhubungan khususnya secara anatomi. selain itu vesica urinaria berada didepan uterus. pada laki-laki uretra bergabung dengan tempat penyaluran keluar sperma.

Manusia sendiri memiliki sekitar 650 jenis otot rangka.´ ´ Sistem otot adalah sistem organ pada hewan yang mengizinkan makhluk tersebut bergerak.Otot terbagi menjadi 3. yaitu 1)Otot Lurik 2)Otot Jantung 3)Otot Polos . walaupun beberapa otot (seperti otot jantung) dapat bergerak secara otonom. Sistem otot pada vertebrata dikontrol oleh sistem saraf.

´ ´ Sistem rangka = Tulang-tulang yang menyusun tubuh manusia dapat dibedakan menjadi tulang tengkorak. yang terdiri atas tulang dengan berbagai bentuk & ukuran. Otot mempunyai kemampuan untuk berkerut (kontraksi) sehingga dpt menggerakkan tulang . tulang badan & tulang anggota gerak.

akan mempengaruhi fungsi sistem reproduksi. Seperti pada wanita sempitnya PAP dan PBP yang menyebabkan CPD .SISTEM REPRODUKSI DAN SISTEM MUSCOLUSKLETAL ´ Jika terdapat kelainan tulang panggul.

Hormon bertindak sebagai "pembawa pesan" dan dibawa oleh aliran darah ke berbagai sel dalam tubuh. yang selanjutnya akan menerjemahkan "pesan" tersebut menjadi suatu tindakan .´ Sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk mempengaruhi organ-organ lain.

Rambut menipis dan tumbuh bulu diatas bibir. selaput lendir pada mulut kering dan mudah terjadi luka. menipis. kuku rapuh. mata kering.SISTEM REPRODUKSI DAN SISTEM ENDOKRIN ´ Gangguan yang dapat terjadi pada Sistem Integumen jika seorang wanita tidak menghasilkan estrogen dan progesteron antara lain kulit menjadi kering. gatal-gatal. keriput. mukosa vagina menjadi kering sehingga sakit saat berhubungan. .

. otot mengendor.´ Gangguan yang dapat terjadi pada pada Sistem Muskoloskeletal yaitu terjadinya kerapuhan pada tulang (osteoporosis). selain itu terjadi nyeri sendi dan otot mengendor. Semuanya ini terjadi karena estrogen berperan dalam pengaruh regenerasi sel tulang pada wanita sehingga pada menopause terjadi kerapuhan pada tulang (osteoporosis). gigi rapuh. gigi rapuh. selain itu sering terjadi nyeri sendi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->