P. 1
Kapasitor Dan Dielektrik

Kapasitor Dan Dielektrik

|Views: 244|Likes:
Published by Haris Susena

More info:

Published by: Haris Susena on Apr 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2014

pdf

text

original

Kelompok III 1. Sudibyo 2.

Wandias Purnomo

A11.2010.05433 A11.2010.05420

Gambar kapasitor

A.Pengertian Kapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik.

Struktur Kapasitor

y Struktur sebuah kapasitor terbuat dari 2 buah

plat metal yang dipisahkan oleh suatu bahan dielektrik. y Bahan dielektrik adalah bahan isolator yang diselipkan diantara keping kapasitor. Bahanbahan dielektrik yang umum digunakan misalnya udara vakum, keramik, gelas dan lainlain.

B. Definisi Kapasitas (Kapasitansi) Kapasitor ‡ Kapasitansi didefinisikan sebagai kemampuan dari suatu kapasitor untuk dapat menampung muatan elektron untuk level tegangan tertentu. Dengan rumus dapat ditulis : Q = CV Q = muatan elektron dalam C (coulombs) C = nilai kapasitansi dalam F (farads) V = besar tegangan dalam V (volt)

Dari rumus tersebut dapat diturunkan rumus kapasitansi kapasitor, yaitu :

C. Kapasitor Keping Sejajar Kapasitor keping sejajar adalah kapasitor yang terdiri dari dua keping konduktor yang dipisahkan oleh bahan dielektrik.
+q -q

d

y Kedua keping kapasitor dihubungkan dengan baterai.

Baterai akan memberikan muatan +q pada keping pertama dan q pada keping kedua. Dalam celah antara kedua keping akan timbul medan listrik.
+q -q

E

y Perhitungan Kapasitansi :

1. Medan listrik

2. Tegangan

3. Kapasitas

y Kapasitas kapasitor keping sejajar

y C = Kapasitas kapasitor (F)

Permitivitas vakum (8,85x10-12 C2 N-1 m2 ) y A = Luas penampang masing-masing keping (m2) y d = Jarak antar keping (m)
y
0=

Contoh soal : Sebuah kapasitor keping sejajar berbentuk empat persegi panjang dengan panjang 20 cm dan lebar 5 cm serta jarak pemisah 1 mm. (a). Hitung kapasitasnya (b). Jika kapasitor ini dimuati sampai 10 volt, berapa banyak muatan yang dipindahkan dari satu keping ke yang lain

Penyeselesaian : (a) . Luas A = 20 cm x 5 cm = 100 cm² = 0,1 m². Jarak pisah d = 0,001 m. Kapasitas kapasitor keping sejajar

(b) . Muatan yang dipindahkan adalah Q =CV = (88,5 x 10¯¹² F) x (10 V) = 885 pC Ini adalah besar muatan pada tiap-tiap keping.

D. Kapasitor silinder
_ _

+a + b _ +

kapasitor silinder terdiri dari suatu konduktor silinder kecil berjari-jari a diberi muatan +Q dan lapisan konduktor berbentuk silinder konsentrik dengan jarijari (b>a) diberi muatan Q.

Bila panjang kapasitor L dan jumlah muatan per satuan panjang P, maka medan listrk diluar silinder bermuatan adalah

Potensialnya adalah

Dan kapasitasnya adalah

Contoh soal Sebuah kabel koaksial terdiri dari kabel bagian dalam dengan jari-jari 0,5 mm dan lapisan bagian luar berjarijari 1,5 mm. Kabel ini dapat berfungsi sebagai kapasitor silinder.Bila panjang kabel 10 m, tentukan kapasitas kapasitor kabel tersebut.

Penyelesaian

E. Kapasitor Bola

E

a r

R

Kapasitor bola Kapasitor bola adalah kapasitor yang berbentuk bola berongga dengan jari-jari tertentu.

Tegangan antara kedua bola (a < r < b)dapat dihitung dengan mengintegralkan medan listrik sepanjang garis radial .

Berdasarkan definisi kapasitansi maka

Perhitungan kapasitansi 1. Bedapotensial pada bola

2. Kapasitas kapasitor bola

3. Kapasitas kapasitor bola

Kapasitas kapasitor bola tidak tergantung pada muatan dan beda potensial kapasitor.

F. Dielektrik y Dielektrik adalah bahan isolator yang disisipkan dalam ruang antara keping-keping sebuah kapasitor. Contoh bahan dielektrik adalah kertas, karet, kaca,dan udara. y Bahan dielektrik pada suatu kapasitor menghambat aliran arus antar plat nya. y Kekuatan Dielektrik adalah kuat medan listrik maximum yang dapat dihasilkan dalam dielektrik sebelum dielektrik tersebut tembus / rusak dan mulai konduksi (menghantarkan muatan listrik).

y Keuntungan pemasangan dielektrik adalah peningkatan kapasitas kapasitor . Besarnya kapasitas kapasitor setelah penyisipan dielektrik adalah :

y

Dengan setelah penyisipan dielektrik, besarnya permitivitas bahan adalah hasil perkalian antara permitivitas relatif dielektrik dengan permitivitas vakum.

y Permitivitas relatif dielektrik tergantung dari jenis

bahan. Permitivitas dielektrik adalah pebandingan antara kapasitas kapasitor dengan dielektrik dan dengan kapasitas kapasitor dalam vakum. y Contoh nilai permitivitas relatif beberapa bahan : Udara 1,00059 Bakelit 4,9 Kertas 3,7 Kaca pyrex 5,6 Air 80 Polystyrene 2,56 Nilon 3,4 Kuarsa Lebur 3,78 Teflon 2,1 Karet Neoprene 6,7

. Penyimpanan Energi Listrik Saat kapasitor dimuati, maka terjadi perpindahan muatan positif yaitu dari konduktor bermuatan negative berpindah ke konduktor bermuatan positif. Akibatnya energi potensial muatan ini bertambah karena konduktor positif memiliki potensial yang lebih tinggi dari pada konduktor negative.

Jika sejumlah muatan kecil dq dipindahkan dari konduktor bermuatan negative yang berpotensial nol kekonduktor bermuatan positif dengan potensial V, maka beda energi potensial dari muatan naik sebesar

Kenaikan total energi potensial U adalah seiring dengan naiknya muatan q dari nol hingga menjadi muatan akhir Q.

Ini adalah energi yang tersimpan dalam kapasitor. Kita dapat menuliska energi ini dengan beberapa cara, yaitu

Persamaan diatas adalah bentuk umum untuk energi yang tersimpan pada kapasitor.

Contoh soal Sebuah kapasitor 100 QF mempunyai jarak antara keping = 4 mm dimuati sampai 20 V. Kemudian kapasitor dilepaskan dari baterai dan jarak pisah antar keping dinaikan hingga menjadi = 6mm. (a) Berapa muatan pada kapasitor itu?(b) Berapa banyak energi yang tersimpan dalam kapasitor sebelum jarak antar keping dinaikkan? (c) Berapa kenaikan energi ketika jarak antar keping dinaikkan?

Penyelesaian (a) Q = CV (100 QF)(20V) = 2000 QC (b) W = ½ QV = ½ (2000 QC)(20 V) = 20.000 QJ (C) setelah kapasitor dilepas dari baterai dan jarak antar keping dinaikkan , muatan pada keping dan medan E tetap konstan. Akan tetapi beda potensial antar keping berubah. Beda potensial antar keping adalah V = Ed. Ketika jarak antar keping = 4 mm beda potensialnya V1 = 20 V.

Maka ketika jarak menjadi = 6mm beda potensialny a menjadi V2. Oleh karena medan E konstan maka

Pada saat jarak pisahnya dalam kapasitor menjadi

= 6mm, energi yang tersimpan

W = ½ QV = ½ (2000 QC)(30V) = 30.000 QJ Kenaikan energi yang tersimpan adalah 30.000 QJ - 20.000 QJ = 10.000 QJ

H. Kombinasi Kapasitor a. Kombinasi Seri Muatan masing-masing kapasitor sama. Tegangan masing-masing kapasitor berbeda.

b. Kombinasi Paralel

Q1 ! C1V ;

Q2 ! C2V ;

Q3 ! C3V ;

Q ! C V;

C p ! C1  C2  C3
Kapasitor yang dihubungkan paralel, tegangan antara ujung2 kapasitor adalah sama, sebesar V.

Tugas:
1.

2. 3.

Sebuah kapasitor keping sejajar berbentuk persegi panjang dengan panjang 40 cm dan lebar 5 cm serta jarak pemisah 3 mm. a. hitung kapasitasnya b. jika kapasitor ini dimuati sampai 15 v, berapa banyak muatan yang dipindahkan dari satu keping ke keping lain. Soal no 3 halaman 67 Soal no halaman

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->