TUGAS MAKALAH ULUMUL QURAN

Di susun oleh : Kintari Ayunda Putri Nim : AS 101054 Dosen pembimbing : Abu Mansur Al-Maturidi .lc.M.Ed

JURUSAN SEJARAH PEADABAN ISLAM FAKULTAS SASTRA DAN KEBUDAYAAN ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SULTAN THAHA SAIFUDIN JAMBI 2011

Urgensi mempelajari surah al-makky dan al-madany .B B E L l k Judul-jdul dari semua surat Al-Quran mengisyaratkan adanya notasi apakah surat itu di wahyukan pada masa mekah atau madinah.Meskipun pemisahan hitoris ini sering di kaitkan dengan perbedaan sifat nabi dan karakter muslim di dua tempat.Mereka mengasumsikan bahwa sebagian besar unit Al-Quran dalam suatu surat di wahyukan pada masa yang sama.dan hal ini di masukan ke dalam muqadimah setiap surat dalam salinan -salinan AlQuran. Para sarjana muslim umumnya sepakat bahwa pada mulanya sebagian besar Al-Quran di turunkan atau di wahyukan dalam unit-unit pendek. B B l a.ia juga mengandung prinsip vital untuk L memahami kronologi pewahyuan Al-Quran.Ciri-ciri surah al-makky dan al-madani b.Sayang sekali umat muslim sudah mencabut kembali tugas untuk merumuskan Al-Quran secara utuh.Berdasarkan ini.mereka mengklasifikasikan suratsurat Al-Quran sebagai surat µ¶Makkiyyah¶¶ dan µ¶Madaniyyah¶¶.

alA¶raf (7):206.B B E B A. 3) Di mulai dengan ungkapan µ¶ya ayyuha an ±nas tidak ada ayat yang di mulai dengan ungkapan µ¶ya ayyha A l-ladzina µ¶. I. h.S.S. Lihat lebih jauh jalaluddin al-Suyuthiy.kecuali dalam surat Al-hajj [22]. Makkiyyah a.1 Q.24. Kemudian di antara ulama yang memandang bahwa surah al-Hijr (15): 98-99 juga termasuk katagori ayat-ayat sajadah.S.Shad(38). Q.S. al-Hajj (22): 18. Q.52.karena di penghujung surat itu 1 2 Khusus mengenai Q.di dalam al-Quran terdapat 15 ayat sajdah yang tersebar pada 14 surah.al-Itqan fi Ulum al-Qur`an. Lafal ³kalla´ di kemukakan sebanyak 33 kali dalam 15 surah. 1951).Satu-satunya surah yang mengemukakan dua ayat sajdah adalah surah al Hajj (22). yang sebagian besar berada pada surah-surah bagian akhir dari Al-Qur`an.77.Mereka mengajukan dua titi k tekan pertama. .mereka memformulasikan ciri-ciri makkiyyah dan madaniyyah sebagai berikut : 1. namun demikian hukumnya tidak wajib. Ci i Ci i kki i Para sarjana muslim telah merumuskan ciri-ciri spesifik makkiyyah dan madaniyyah dalam menguraikan kronologis al-qurajn.Kelima ayat sajdah di maksud di antaranya adalah sebagai berikut :Q. Hikmah lafal Kalla yang demikian itu adalah untuk menahan atau melarang orang-orang yang angkuh dan sombong serta berkeras kepala.al-Ra¶d (13):15.S. (kairo: Syarikah Maktaba al -Babi alHalabi. Ciri-ciri surah makkiyyah dari lafal adalah 1) Di dalamnya terdapat ayat sajdah. j. 2 2) Ayat-ayatnya di mulai dengan kata µ¶kalla¶. Al-Ra`d (13):15 terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama Khusus mengenai Surah sad di sunnatkan sujud bagi yang membaca maupun yang mendangarnya.

benar sebagai salah satu karakter Sadangkan mengenai lafal yaa ayyuha annas di katakana sebagai 3 Hlm. menjelaskan usaha dan ajakan para nabi dan rasul terdahulu. Al-zarkayi. Ciri-ciri surah makkiyyah dari segi gaya bahasa adalah : 1) Ayat-ayat danm surahnya pendek-pendek dan di barengi dengan nada-nada yang keras dan kuatnya pilihan diksi serta peristiwa yang banyak di hadirkan dalam kalimat. 5) Ayat-ayatnya menampilkan kisah mengenai peristiwa Adam dan Iblis sebagai antisipasi agar manusiah tidak tergoda dan terperdaya godaan syaitan . Ciri-ciri surah madaniyah dari segi lafal adalah : 1) a.terdapat sebuah ayat yang di mulaI dengan ungkapan µ¶ya ayuha Al-ladzina¶¶. 4) Menampilkan rincian kisah-kisah Nabi dan umat-umat terdahulu. pembuktian terhadap risalah ke Nabian.kecuali surat Al-Baqarah [2] dan Ali µ¶Imran [3].dari sekian banyak surah dalam Al-Qur`an terdapat 15 surah atau di dalamnya terdapat sumpah. menginformasikan mengenai hari kiamat dengan segala peristiwanya. Madaniyyah a. Setiap surah memut lafal yaa ayyuhalladziina aamanuu . 2) Mengajak tauhid kepad Allah. berdasarkan riwayat µ Alqoma yang diterimanya dari ibnu mas`ud mengatakan mengenai yaa ayyuhalladziina aamanuu adalah dari surah madanyyah. 63-64. Juga berisikan celaan-celaan terhadap kriminalitas yang di lakukan kelompok musyrikin. 4) Setiap Surah di buka dengan qasam (sumpah). b. 1997 . 3) Menetapkan fondasi-fondasi umum bagi pembentukan hukm syara` dan keutamaan-keutamaan ahklak yang harus dimiliki anggota masyarakat.13 2. jurnal kiblat .

8 5) Muhammad ibnu al-said al-kilbi juga mengemukakan .dalam kaitan ini Makki abn Abi Thalib al-Qaisi mengemukakan.(Beirut-Libanon:Dar al-Ma rifah. Ulum al-Quran : Studi komplekssitas al-Quran. H.Sesungguhnya di turunkan di madinah . h.cirri dari sutah makkiyyah tetapi kadang-kadang juga terdapat pada surah-surah madaniyyah. 1995).4 2) Surah-surahnya banyak memuat tentang orang-orang munafik dalam hal sifat dan perbuatan-perbuatan mereka. h.(Beirut-Libanon :Dar al-Fikr.1972). hlm 188 8 Badruddin al-Zakarsyi.terj.175. ayat-ayat yang mengandung hadd (hokum pidana )atau fara¶idl (kewajaiban-kewajiaban).Mujaz Ulum al-Quran. 86 7 Al-qaththan. 119-120 Dawud al.Bahwa setiap surah yang di dalamnya di sebutkan mengenai orang-orang munafik adalah madaniyyah .al-burhan fi Ulum al-Quran .setiap surah yang di sebutkan surah yang di sebutkan di dalamnya masalah masalah hudud(hukum-hukum pidana dan fara¶idl(kewajibankewajiban)adalah madaniyyah.j i.pencurian.kecuali surah al-¶Ankabut (29). 1979). 5 3) Ibnu Jarir al-Thabariy mengemukakan. Mengandung uraian tentang perdebatan dengan Ahli Kitabin. (Yogyakarta: Titian Ilahi press.pembunuhan. 188-189 9 Fadl ibn Abdir Rahman al-Rumi.(Beirut:Dar al-Ilmi Li al-Milayin. hlm 63-64.6. tindak ibnu al-zubair pidana. .Amrul Hasan & Muhammad al-Halabi.seperti .Sedangkan yang lain menambahkan. h-Libanon :Dar al-Fikr.¶Urwah mengatakan .bahwa permulaamn surah al-µAnkabut yang di dalamnya µ¶menyinggung mengenai orangorang munafik µ¶ adalah madaniyyah mernurut versiasbab alnuzul. j. 6 Ibnu Jarir al-Thabariy. (Beirut: al-Mu assasah al-A lami li al-Muthbu ah.h. 1972).dll.26. Al-zarakasyi.ii.7 4) dSetiap surah yang di dalamnya menampilkan batasan-batasan mengenai masalah-masalah hokum pidana.jami al Bayan an Ta wil Ayi al-Quran .Aththar.1996). h. 1995).9 4 5 Subhi al-Sahalihmabahids fi ulum al Qur`an.

6) . 5) Surah-surah madaniyyah berisi hokum-hukum keluarga mengenai masalah nikah. 3. .Al-Zarkasyi .10 b.dengan menguak rahasia-rahasianya.Dengan ilmu al-makki dan almadani dapat di resapai gaya bahasa al-Quran dalam metode berdakwah menuju jalan allah. 2. 4. 10 Al-Qaththan.a. B 1. 3) Surah-surah madaniyyah menampilkan sosok orang-orang ahl al ±kitab.nafkah dan sebagainya . i l j i ki i membantu dalam menafsirkan Al-Quran .hlm 188. 2) Surah-surah madaniyyah berbucara masalah orang-orang munafik dalam hal sifat-sifat mereka . Pedoman bagi langkah-langkah dakwah.w dengan cara mengikuti jejak langkah beliau dalam berdakwah baik ketika masih berada di makkah maupun ketika sudah berada di madinah.Selain itu juga berbicara mengenai hokum-hukum dalam bermuamalah.seperti mengutamakan musyawarah.63-64.kenegaraan berisi mengenai hokum-hukum prinsip . Dengan ilmu al-makki dan al-madani dapat di ketengahkan sejarah Nabi s. 4) Surah-surah kemsyarakatan madaniyyah .Sebab dengsan mengetahui mengenai tempat turunya suatu ayat dapat membantu untuk memahami maksud ayat tersebut. Ciri-ciri surah madaniyyah dari segi gaya bahasa adalah : 1) Surah-surah madaniyyah pada umumnya umumnya berisi atau berbicara mengenai penetapan hokum-hukum syari¶ah .Kebanyakan surah dan ayat-ayatnya panjang-panjang serta manjelaskan hokum dengan terang dan menggunakan ushlub yang terang pula. Melalui al-makki dan al-madani dapat di ketahui bentu dan sekaligus perbedaan terhadap gaya bahasa al-Quran dalam mengajak manusia menuju jalan yang benar.talak.

khususnya bila terdapat dua ayat yang menerangkann mengenai hokum-hukum suatu masalah .5. 7.dalam kondisi apa dan bagaimana ayat yang lebih di turunkan .dalam kondisi sebagaimana ayat yang lebih dahulu di turunkan . Dengan ilmu al-maki dan al-madani dapat di ketahui dan di jelaskan tingkat perhatian kaum muslimin terhadap al-Quran .begitu juga sebaliknya . 6. Melalui ilmu al-maki dan al-madani dapat di ketahui ayat yang lebih dahulu di turunkan belakangan .termasuk di dalamnya hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan tentang sejarah pembentukan sedsueatu hukum . . Dengan ilmu al-makki dan al-madani dapat lebih mudah di ketahui ayatayat al-Quran yang nasikh dan mansukh.

Anwar.DAFTAR PUSTAKA Usman.Ulumul Quran.Bandung : PUSTAKA SETIA Anwar Abu.Yogyakarta:TERAS Rosihin.Uumul Quransebuah pengantar.AMZAH .2009.2008.Ulum Al-Quran .2005.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful