P. 1
peradaban lembah sungai

peradaban lembah sungai

|Views: 435|Likes:

More info:

Published by: Tisdale Kachina Erline on Apr 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/18/2011

pdf

text

original

Mesopotamia berasal dari kata mesos= tengah dan potamas = sungai.

Mesopotamia artinya daerah yang terletak di antara dua sungai, yakni Euprat dan Tigris. Sumber air kedua sungai itu dari Pegunungan Armenia (Turki), mengalir ke arah tenggara menuju Teluk Persia. Daerah-daerah yang terletak di sepanjang Sungai Eufrat dan Tigris, merupakan daerah yang subur. Karena bentuknya seperti bulan sabit, maka daerahnya disebut The Fertille Crescent Moon.Penduduk Mesopotamia termasuk bangsa Semit. Kehidupannya bersifat seminomadik. Mereka hidup dari beternak dan berdagang. Namun setelah mendapat tanah-tanah yang subur, mereka mulai hidup dari pertanian. Kirakira tahun 3000 SM, daerah Mesopotamia didiami oleh bangsa Semit. 1. Ilmu pengetahuan bidang arsitektur ziggurat, bangunan perkotaan Bangsa Sumeria telah membangun kota dengan tata kota yang rapi dan tiap bangunan menggunakan model Zigurat. Selain itu, bangsa Sumeria sangat terampil dalam pengolahan logam untuk dibuat peralatan pembuatan senjata. Bangsa Sumeria telah mengenal ilmu hitung, lingkaran 360 derajat, dan bangunan dari tanah liat yang dikeringkan dengan panas matahari. Bangsa Assyria pada masa Ashru Bhanifal telah membuat perpustakaan tertua di dunia. Dibangunnya perpustakaan merupakan suatu ciri kepedulian seorang pemimpin akan pentingnya ilmu pengetahuan. Begitu juga Bangsa Khaldea pada masa kerajaan Babylonia Baru berhasil membangun taman Gantung yang merupakan salah satu keajaiban dunia. 2. Sumber tulisan Huruf yang digunakan yaitu berupa Cuneiform writing/Pytograph 250 jenis (tulisan huruf paku). 3. Sistem kalender Orang-orang Sumeria sudah mengenal sistem penanggalan dan pembagian waktu. Pengetahuan tentang waktu sangat mereka butuhkan untuk kepentingan perdagangan dan pertanian, sehingga mereka akan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menanam dan berdagang. Pembagian waktu yang telah mereka lakukan adalah membagi satu hari menjadi 24 jam, satu bulan terdiri atas 30 hari, dan satu tahun terdiri dari 12 bulan sama dengan 354 hari. 4. Perekonomian Daerah ini juga merupakan lalu lintas perdagangan yang strategis antara Laut Tengah dan Sungai Shindu. Dengan demikian aktivitas perdagangan di Mesopotamia sangat ramai. Begitu pula sistem pertanian dijalankan dengan baik dan sudah terdapat irigasi yang teratur, hasil utamanya yaitu gandum dan kapas. 5. Pemerintahan Pemerintahan di Mesopotamia berbentuk negara kota. Raja merangkap sebagai kepala negara. Kronologis bangsa-bangsa yang mendiami Mesopotamia sampai dengan tahun 323 SM yaitu sebagai berikut: a. Bangsa Ubaidian 5000 – 4500 SM b. Bangsa Sumeria I 3800 – 3200 SM c. Bangsa Jamdet Nasr 3200 – 3000 SM

Bangsa Yunani (Alexander the Great) 326 – 323 SM 6. Kedua negara besar tersebut memperebutkan wilayah Levannt dan Bulan Sabit. 1.d. Bangsa Akkadia 2900 – 2250 SM e. Banyak agama yang menyimpang dan muncul kembali pemujaan terhadap berhala. Dekadensi (kemunduran) dalam masalah keagamaan. Peradaban Mesopotamia pada akhirnya beralih kepada Islam setelah jatuhnya Persia ke tangan kaum muslim Arab. Bangsa Amolia (Babilonia I) 1850 – 1600 SM h. Hukum Pada masa ini diberlakukan undang-undang yang dikenal dengan sebutan Undang-Undang Hammurabi (Codex Hammurabi). Karena pertikaian tersebut dua rakyat menjadi korban politik sehingga menyebabkan kerajaan masing-masing menjadi lemah. Menurut Lothrop Stoddard. Bangsa Asyria 1300 – 612 SM j. Situasi umum di kawasan Asia Barat Daya ada dua negara besar yang bertikai. Bangsa Persia 500 – 326 SM l. akan terbentuk dunia baru yaitu dunia Islam. yaitu Kekaisaran Byzantium (Romawi Timur) dan Kesultanan Persia (Dinasti Sasanid). Ada tiga faktor yang mendukung terciptanya dunia baru Islam. Hakikat dari agama Islam itu sendiri. 3. 2. Bangsa Sumeria II 2250 – 2200 SM f. Di Ka’bah banyak disimpan patung-patung berhala. Bangsa Hittit 1600 – 1300 SM i. Hal tersebut menyebabkan masyarakat pada umumnya kehilangan pegangan. . Bangsa Guti 2200 – 2100 SM g. di antaranya sebagai berikut. Bangsa Khaldea (Babilonia II) 612 – 500 SM k.

. Pembuatan saluran irigasi dan pembangunan daerah-daerah pertanian menunjukkan bahwa masyarakat Lembah Sungai Indus telah memiliki peradaban yang tinggi. 2. dan lain-lain. gula/tebu. 4. 5. Tata Kota Di Kota Mohenjodaro dan terdapat gedung-gedung dan rumah tinggal serta pertokoan dibangun secara teratur dan berdiri kukuh. Mohenjodaro dan Harappa merupakan pusat peradaban bangsa India pada masa lampau. Hasil-hasil pertanian yang utama adalah padi. Sistem Pertanian dan Pengairan Daerah Lembah Sungai Indus merupakan daerah yang subur. Kota Mohenjodaro diperkirakan sebagai ibukota daerah Lembah Sungai Indus bagian selatan dan Kota Harappa sebagai ibukota Lembah Sungai Indus bagian utara. Pusat Peradaban Peradaban Lembah Sungai Indus diketahui melalui penemuanpenemuan arkeologi-di Kota Harappa dan Mohenjodaro. Pada perkembangan selanjutnya. berbagai macam patung. seperti bangunan Kota Mohenjodaro dan Harappa. kapas. Teknologi Masyarakat Lembah Sungai Indus sudah memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi. teh. gandum.Peradaban Lembah Sungai Indus 1. Kemampuan mereka dapat diketahui melalui peninggalan-peninggalan budaya yang ditemukan. Gedung-gedung dan rumah tinggal dan pertokoan itu sudah terbuat dari batu bata lumpur. Teknik-teknik atau cara-cara pembangunan rumah yang telah memperhatikan faktor-faktor kesehatan dan kebersihan lingkungan yaitu rumah mereka sudah dilengkapi oleh jendela. 3. masyarakat telah berhasil menyalurkan air yang mengalir dari Lembah Sungai Indus sampai jauh ke daerah pedalaman. Wilayah kota dibagi atas beberapa bagian atau blok yang dilengkapi jalan yang ada aliran airnya. Sanitasi (Kesehatan) Masyarakat Mohenjodaro dan Harappa telah memperhatikan sanitasi (kesehatan) lingkungannya. Pertanian menjadi mata pencaharian utama masyarakat India.

Ashoka Ashoka memerintah. b. daerah kekuasaan Kerajaan Maurya diperluas ke arah timur.perhiasan emas. Setelah Ashoka meninggal. tetapi kemudian menjadi pengikut agama Buddha. Maka berdirilah Kerajaan Gupta dengan Candragupta I sebagai rajanya. Pemerintahan Raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Maurya antara lain sebagai berikut : a. kerajaan terpecah-belah menjadi kerajaan kecil. timbul penyesalan dan tidak lagi melakukan peperangan. Kepercayaan . Pada tahun 324 SM muncul gerakan di bawah Candragupta.Kerajaan Maurya dari tahun 268-282 SM. Kalingga dan Dekkan berhasil dikuasainya. pedang. 7. Namun. sehingga sebagian besar daerah India bagian utara menjadi bagian dari kekuasaannya. Pada masa pemerintahannya. pasukannya berhasil diusir dari daerah Punjab dan selanjutnya berdirilah Kerajaan Maurya dengan ibu kota di Pattaliputra. Pada masa pemerintahannya. Peperangan sering terjadi dan baru pada abad ke-4 M muncul seorang raja yang berhasil mempersatukan kerajaan yang terpecah belah itu. Dalam waktu singkat. Setelah Iskandar Zulkarnaen meninggal tahun 322 SM. Mula-mula Ashoka beragama Hindu. Kerajaan Maurya mengalami masa yang gemilang. Candragupta Maurya menjadi raja pertama Kerajaan Maurya. wilayah Kerajaan Maurya sudah mencapai daerah yang sangat iuas. Pendudukan yang dilakukan oleh pasukan Iskandar Zulkarnaen hanya sampai di daerah Punjab. perak. Ashoka merupakan cucu dari Candragupta Maurya. Sejak saat itu Ashoka menjadikan agama Buddha sebagai agama resmi negara. Candragupta Maurya Setelah berhasil menguasai Persia. yaitu daerah Kashmir di sebelah barat dan Lembah Sungai Gangga di sebelah timur. setelah ia menyaksikan korban bencana perang yang maha dahsyat di Kalingga. pasukan Iskandar Zulkarnaen melanjutkan ekspansi dan menduduki India pada tahun 327 SM melalui Celah Kaibar di Pegunungan Himalaya. dan berbagai macam meterai dengan lukisannya yang bermutu tinggi dan alat-alat peperangan seperti tombak. dan anak panah 6.

Di sekitar sungai itu terdapat dua pusat kebudayaan yaitu Mohenjo Daro dan Harappa. karena kota penggalian pertamanya disebut Harappa. Mereka sudah menetap di sana dengan mata pencaharian bercocok tanam dengan memanfaatkan aliran sungai dan kesuburan tanah di sekitarnya. merupakan sebuah peradaban kuno yang hidup sepanjang Sungai Indus dan Sungai Ghaggar-Hakra yang sekarang Pakistan dan India barat. Pemujaan tersebut dimaksudkan sebagai tanda terima kasih terhadap kehidupan yang dinikmatinya. Berdasarkan hasil penggalian yang dilakukan oleh RD Bannerji dan Sir Jhon Marshall tahun 1922 di kota Mohenjodaro dan Harappa ditemukan antara lain . Penduduk asli Lembah sungai Indus adalah bangsa Dravida yang berkulit hitam. BAB V PERADABAN AWAL MASYARAKAT DI INDONESIA YANG BERPENGARUH TERHADAP PERADABAN INDONESIA A. kebudayaannya disebut kebudayaan Hindu. Menurut teori kehidupan bangsa Dravida mulai berubah sejak tahun 2000-an SM karena adanya pendatang baru. Dewa-dewa tersebut misalnya dewa kesuburan dan kemakmuran (Dewi Ibu). bangsa Arya. Oleh karena itu.Sistem kepercayaan masyarakat Lembah Sungai Indus bersifat politeisme atau memuja banyak dewa. Bangsa Arya ini mendesak bangsa Dravida ke bagian selatan India dan membentuk Kebudayaan Dravida namun. PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS. 2800 SM–1800 SM. atau juga Peradaban Indus Sarasvati karena Sungai Sarasvati yang mungkin kering pada akhir 1900 SM. Masyarakat lembah Sungai Indus juga menyembah binatangbinatang seperti buaya dan gajah serta menyembah pohon seperti pohon pipal (beringin). dekat wilayah yang dulunya merupakan Sungai Sarasvati kuno yang pernah mengalir. Pemusatan terbesar dari Lembah Indus berada di timur Indus. Peradaban ini sering juga disebut sebagai Peradaban Harappan Lembah Indus. berupa kesejahteraan dan perdamaian. Lembah sungai Indus terletak di Pakistan. sebagian lagi ada yang bercampur antara bangsa Arya dan Dravida yang kemudian disebut bangsa Hindu. Peradaban Lembah Sungai Indus. Mereka termasuk rumpun berbahasa Indo-Eropa dan berkulit putih.

Juga lahir ajaran Taoisme oleh Laotze yang mengatakan bahwa ada kekuatan gaib yang mengatur keadilan dan ketertiban di alam semesta yang disebut TAO. Ajaran ini lahir karena terjadi pertentangan antara para vazal dan manusia terlena dengan urusan keduaniaan. C. gandum. Ditemukan meterai yang berfungsi sebagai hiasan keagamaan dan dianggap mempunyai kesaktian 4. Dua buah patung yang coraknya berbeda yaitu : • Patung laki-laki sebatas dada • Patung seorang penari 2. Terdapat bekas bangunan rumah bertingkat yang sudah beberapa kali mengalami kehancuran ( 6 – 7 lapis ) 3. Untuk membalas kebaikan mereka maka kaisar memberikan pinjaman tanah yang pada akhirnya melahirkan system Feodal. Keadilan dan ketenteraman akan tercapai apabila orang akan tunduk pada ajaran TAO. seperti : Dewa Air ( Enki ). Dewa Hujan. lembu dsb ) dan perdagangan ( antara Laut tengah. padi. dewa Bumi. Kehidupan masyarakatnya bercocok tanam dengan memanfaatkan aliran sungai Kuning seperti . keluarga dan leluhur. Bangsa yang mendiami daerah tersebut adalah suku DRAVIDA yang pada tahun 1500 SM diserbu oleh suku bangsa ARYA ( Indo German ) sehingga suku asli terdesak ke Selatan yaitu dataran tinggi Dekhan 6. dan tingginya : 11 meter. Teh dan kedelai. Dewa langit ( Anu ). PERADABAN LEMBAH SUNGAI TIGRIS DAN EUFRAT ( MESOPOTAMIA ) Wilayahnya sangat subur karena diapit oleh dua sungai besar yaitu Tigris dan Eufrat. India. Dewa Bumi ( Enlil ). dewa Api dan dewa Kesuburan ( Marduk ). Dewa sungai dsb. Ditemukan patung Dewi Ibu / Dewi Kesuburan 5. Jawabannya : Karena serangan yang terus menerus maka kaisar China membangun tembok besar ( The Great Wall Of china ) panjangnya : 2000 mil. Khusus untuk dewa Marduk dibuatkan patung wanita yang menggambarkan . Kepercayaan masyarakatnya Polytheisme. Mata pencaharian penduduknay adalah pertanian ( Enjelai dan jewawut ). Pada masa pemerintahan Dinasti Chou hubungan antara daerah satu sama lain belum lancer sehingga tugas pengawasan di daerah diserahkan pada para bangsawan rendahan ( Vazal ).1. Karena daerahnya yang subur menjadi pusat perhatian bangsa Asia Tengah ( Mongol ) sehingga berlaku hokum tantangan dan jawaban. Peternakan ( domba. PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING ( HOANGHO ) Kepercayaan masyarakatnya adalah Polytheisme ( Percaya pada banyak Dewa ) seperti : Dewa Angin. Asia Tengah. jagung. Teluk Persia dan laut Merah ). Tantangannya yaitu : Bangsa-bangsa ganas di asia Tengah selalu memusatkan perhatiannya pada lembah sungai Kuning yang subur. Mengenal ajaran Karma Samsara B. Dewa Langit. Lebar : 5 meter. Selain itu terdapat ajaran filsafat Kong Hu Chu yang pada prinsipnya adalah pembinaan kehidupan yang selaras dengan alam.

menit. Menurut CF Gorman bahwa penemuan alat darii batu banyak ditemukan di Vietnam bagian Utara yaitu di daerah Bacson pegunungan Hoabinh. sedangkan di gua Xom Trai ditemukan alat dari batu yang sudah diasah pada sisi yang tajam. Issis ( dewa Sungai Nil ). dewa Anubis( kematian ). dewa Bulan ( Amon ) lalu disatukan menjadi dewa AMONRA. D. Kepercayaan masyarakatnya adalah Polytheisme seperti Dewa RA ( matahari ). Persia memerintah di atas wilayah Mesopotamia yang subur dengan raja I R Cyrus ( 550 SM ) dilanjutkan oleh Darius Agung 521-485 SM ). E. Dalam bidang lain .dewi kesuburan dan dibuatkan Ziggurat ( bangunan dari tanah liat yang dibangun di atas gundukan tanah ). Dalam bidang pemerintahan dipimpin oleh Fir'aun ( Pharaos ) yang dipuja sebagai Tuhan. Tahun 612 SM bangsa Assyria dikalahkan oleh bangsa Kaldea yang membangun kerajaan Babylonia II dengan raja Nebukadnezar. Tahun 750 SM dikalahkan oleh bangsa Assyria dengan raja Ashurbanipal. PERADABAN LEMBAH SUNGAI NIL Corak kehidupan masyarakatnya agraris dengan hasil utamanya adalah gandum dan kapas. Untuk memuja dewa ini dibuatkan Obelisk ( Tugu batu runcing berbentuk segitiga yang dihiasi dengan tulisan gambar ) juga percaya pada dewa Thot ( pengetahuan ). Mereka juga percaya pada roh-roh leluhur yang akan mengubah bentuk pemakaman menjadi pengawetan mayat ( MUMMIA ) yang disimpan dalam Pyramida. Juga ditemukan alat serpih. Rakyat harus taat dalam membayar pajak dan wajib kerja untuk pengabdian terhadap Fir'aun. Osiris ( pengadilan ). Dalam Pyramida terdapat patung singa berkepala manusia ( Sphinx ). Dalam bidang lain mereka mengenal : • Tulisan Paku pada lempengan batu tentang UU Hammurabbi yang berisi 280 pasal • Dalam bidang astronomi mengenal khatulistiwa dibagi menjadi 3600 mengenal bintang dan planit • Mengenal system kalender berdasarkan perhitungan bulan • Mengenal pembagian waktu ( jam. mengenal tulisan gambar. PERADABAN BACSON HOABINH Hasil Kebudayaan Bacson Hoabinh ditemukan hampir di seluruh wilayah Asia Tenggara. Dewa Ibis berbentuk burung. . Namun pada akhirnya Fir'aun dianggap sebagai manusia biasa dan kepercayaan mereka monotheisme dengan dewa Matahari sebagai dewa yang tunggal. mengenal ilmu perbintangan dan system kalender. Dewa Apis berbentuk sapi. detik ) dan menghitung dengan satuan 60-an ( sixagesimal ) Bangsa yang mendiami daerah ini adalah bangsa Sumeria lalu di kalahkan oleh suku Amoria dari Indo German dan mendirikan kerajaan Babylonia I dengan raja Hammurabbi. batu giling dari berbagai ukuran. Tahun 536 SM menjadi rebutan bangsa Media dan Persia yang dimenangkan oleh Persia. selain pengawetan mayat juga mengenal penguburan mayat dengan cara jongkok.

2 Sistem kalender o 7.1 Tulisan o 7.1 Kerajaan Mesir Tua (2660 – 2180 SM) o 5. F . Jawa Tengah ( Lembah Bengawan Solo ). Daftar isi [sembunyikan] • • • • • • • • • 1 Peradaban lembah sungai Nil 2 Kehidupan masyarakat Mesir kuno 3 Peradaban lembah sungai Nil 4 Kehidupan masyarakat Mesir kuno 5 Sistem kekuasaan raja-raja Mesir kuno o 5. hasil kebudayaannya adalah alat-alat dari logam ( jenis Perunggu ).3 Kerajaan Mesir Baru (1570 . Peradaban lembah sungai Nil dibangun oleh masyarakat mesir kuno. Hal inilah yang menarik perhatian manusia untuk mulai hidup dan membangun peradaban ditempat tersebut. genta. Sulawesi Selatan ( Cabbenge ). mata panah dan mata tombak bertangkai/bercorong. cangkul bercorong. Peradaban lembah sungai Nil di Mesir. Flores Maluku Utara dsb. Afrika. Sementara itu hasil kebudayaan yang banyak ditemukan didaerah Dongson berupa alat-alat rumah tangga. KEBUDAYAAN DONGSON Kebudayaan ini berasal dari Vietnam Utara. Semenanjung Minahasa.2 Kerajaan Mesir Tengah (1640 – 1570 SM) o 5.3 Seni bangunan (arsitektur) 8 Lihat pula 9 Pranala luar [sunting] Peradaban lembah sungai Nil . misalnya Nekara buatan Indonesia tapi bergaya Dongson (Nekara jenis Heger I memiliki banyak kesamaan dengan Nekara yang paling bagus dan paling tua dii Vietnam). kapak corong. lahir disebabkan kesuburan tanah disekitar lembah sungai yang diakibatkan oleh banjir yang membawa lumpur.Di Indonesia alat-alat batu dari kebudayaan Bacson Hoabinh banyak ditemukan di Sumatera ( Lhokseumawe dan Medan ).1075 SM) 6 Sistem kepercayaan bangsa Mesir kuno 7 Ilmu Pengetahuan dan Teknologi o 7. miniatur nekara.

Afrika. Peranan sungai Nil adalah sebagai sarana transportasi perdagangan. Air sungai dialirkan ke ladang-ladang milik penduduk dengan distribusi yang merata. Namun secara ilmiah. lahir disebabkan kesuburan tanah disekitar lembah sungai yang diakibatkan oleh banjir yang membawa lumpur. Batas timur adalah gurun Arabia di tepi Laut Merah. Peradaban lembah sungai Nil dibangun oleh masyarakat mesir kuno [sunting] Kehidupan masyarakat Mesir kuno Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia yaitu mencapai 6400 kilometer. Ada empat negara yang dilewati sungai Nil yaitu Uganda. Hasil pertanian Mesir adalah gandum. maka dijalinlah hubungan dagang dengan Funisia. Mesopotamia dan Yunani di kawasan Laut Tengah. Sudan. Di sekeliling lembah sungai adalah gurun. Air sungai Nil dimanfaatkan untuk irigasi dengan membangun saluran air. air sungai yang mengalir terus tersebut adalah air mata Dewi Isis yang selalu sibuk menangis dan menyusuri sungai Nil untuk mencari jenazah puteranya yang gugur dalam pertempuran. sekoi atau jamawut dan jelai yaitu padi-padian yang biji atau buahnya keras seperti jagung. Menurut mitos. Sungai Nil mengalir dari arah selatan ke utara bermuara ke Laut Tengah. Ethiopia dan Mesir. sehingga menjadi lembah yang subur selebar antara 15 sampai 50 kilometer. Kemudian batas utara Mesir adalah Laut Tengah.Peradaban lembah sungai Nil di Mesir. Batas selatan terdapat gurun Nubia di Sudan. Hal inilah yang menarik perhatian manusia untuk mulai hidup dan membangun peradaban ditempat tersebut. Setiap tahun sungai Nil selalu banjir . Sungai Nil bersumber dari mata air di dataran tinggi (pegunungan) Kilimanjaro di Afrika Timur. terusan-terusan dan waduk. Maka tepatlah jika Herodotus menyebutkan “Mesir adalah hadiah sungai Nil” (Egypt is the gift of the Nile) Lembah sungai Nil yang subur mendorong masyarakat untuk bertani. Untuk memenuhi kebutuhan barang-barang serta untuk menjual hasil produksi rakyat Mesir. batas barat adalah gurun Libya. Peranan sungai Nil begitu penting bagi lahirnya kehidupan masyarakat di lembah sungai tersebut. air tersebut berasal dari gletsyer yang mencair dari pegunungan Kilimanjaro sebagai hulu sungai Nil. Banyak perahu-perahu dagang yang melintasi sungai Nil. Untuk keperluan irigasi dibuatlah organisasi pengairan yang biasanya diketuai oleh para tuan tanah atau golongan feodal. Luapan banjir itu menggenangi daerah di kiri kanan sungai. [sunting] Peradaban lembah sungai Nil .

Batas selatan terdapat gurun Nubia di Sudan. Ada empat negara yang dilewati sungai Nil yaitu Uganda. Mesopotamia dan Yunani di kawasan Laut Tengah. maka dijalinlah hubungan dagang dengan Funisia. Setiap tahun sungai Nil selalu banjir. Batas timur adalah gurun Arabia di tepi Laut Merah. Sungai Nil bersumber dari mata air di dataran tinggi (pegunungan) Kilimanjaro di Afrika Timur. air sungai yang mengalir terus tersebut adalah air mata Dewi Isis yang selalu sibuk menangis dan menyusuri sungai Nil untuk mencari jenazah puteranya yang gugur dalam pertempuran. Air sungai Nil dimanfaatkan untuk irigasi dengan membangun saluran air. Namun secara ilmiah. air tersebut berasal dari gletsyer yang mencair dari pegunungan Kilimanjaro sebagai hulu sungai Nil. Untuk memenuhi kebutuhan barang-barang serta untuk menjual hasil produksi rakyat Mesir. Menurut mitos. lahir disebabkan kesuburan tanah disekitar lembah sungai yang diakibatkan oleh banjir yang membawa lumpur.Peradaban lembah sungai Nil di Mesir. sehingga menjadi lembah yang subur selebar antara 15 sampai 50 kilometer. Peranan sungai Nil begitu penting bagi lahirnya kehidupan masyarakat di lembah sungai tersebut. Peranan sungai Nil adalah sebagai sarana transportasi perdagangan. [sunting] Sistem kekuasaan raja-raja Mesir kuno . terusan-terusan dan waduk. sekoi atau jamawut dan jelai yaitu padi-padian yang biji atau buahnya keras seperti jagung. Sudan. Sungai Nil mengalir dari arah selatan ke utara bermuara ke Laut Tengah. Di sekeliling lembah sungai adalah gurun. Peradaban lembah sungai Nil dibangun oleh masyarakat mesir kuno [sunting] Kehidupan masyarakat Mesir kuno Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia yaitu mencapai 6400 kilometer. Kemudian batas utara Mesir adalah Laut Tengah. Hasil pertanian Mesir adalah gandum. batas barat adalah gurun Libya. Air sungai dialirkan ke ladang-ladang milik penduduk dengan distribusi yang merata. Hal inilah yang menarik perhatian manusia untuk mulai hidup dan membangun peradaban ditempat tersebut. Maka tepatlah jika Herodotus menyebutkan “Mesir adalah hadiah sungai Nil” (Egypt is the gift of the Nile) Lembah sungai Nil yang subur mendorong masyarakat untuk bertani. Ethiopia dan Mesir. Luapan banjir itu menggenangi daerah di kiri kanan sungai. Untuk keperluan irigasi dibuatlah organisasi pengairan yang biasanya diketuai oleh para tuan tanah atau golongan feodal. Banyak perahu-perahu dagang yang melintasi sungai Nil. Afrika.

Sejarah politik di Mesir berawal dari terbentuknya komunitas-komunitas di desa-desa sebagai kerajaan-kerajaan kecil dengan pemerintahan desa. Ia berkuasa secara mutlak. Chifren dan Menkawa. militer maupun agama. Kerajaan Mesir Tua disebut zaman piramida karena pada masa inilah dibangun piramidapiramida terkenal misalnya piramida Sakarah dari Firaun Joser. Untuk keperluan tersebut Firaun memerintahkan untuk sensus penduduk. Kerajaan Tengah di Awaris dan Mesir Baru di Thebe. panglima ketentaraan. Akhirnya terjadilah perpecahan antara Mesir Hilir dan Mesir Hulu. Desa itu disebut nomen. . Rakyat yang tinggal di wilayah kerajaan harus membayar pajak. Para bangsawan banyak yang melepaskan diri dan ingin berkuasa sendiri-sendiri. Firaun dianggap dewa dan dipercaya sebagai putera Dewa Osiris. [sunting] Kerajaan Mesir Tua (2660 – 2180 SM) Lahirnya kerajaan Mesir Tua setelah Menes berhasil mempersatukan Mesir Hulu dan Mesir Hilir. Mesir merupakan sebuah kerajaan yang diperintah oleh raja yang bergelar Firaun. Proses tersebut berawal dari tahun 4000 SM namun pada tahun 3400 SM seorang penguasa bernama Menes mempersatukan kedua kerajaan tersebut menjadi satu kerjaan Mesir yang besar. Seluruh kekuasaan berada ditangannya baik sipil. Salah satu jabatan penting adalah Wazir atau Perdana Menteri yang umumnya dijabat oleh putra mahkota. Piramida di Gizeh adalah makam Firaun Cheops. Runtuhnya Mesir Tua disebabkan karena sejak tahun 2500 SM pemerintahan mengalami kekacauan. sedangkan pada waktu damai ia memerintahkan tentaranya untuk membangun kanal-kanal dan jalan raya. Dari desa-desa kecil berkembanglah menjadi kota yang kemudian disatukan menjadi kerajaan Mesir Hilir dan Mesir Hulu. Ia membuat undangundang dan karena itu menguasai pengadilan. Firaun mengklaim atas seluruh tanah kerajaan. Ada pejabat gubernur yang memerintah propinsi. Secara garis besar keadaan pemerintahan raja-raja Mesir adalah sebagai berikut. Untuk menjalankan pemerintahannya Firaun mengangkat para pejabat yang pada umumnya berasal dari golongan bangsawan. Bangsa-bangsa dari luar misalnya dari Asia Kecil melancarkan serangan ke Mesir. tanah dan binatang ternak. Sebagai penguasa. Sebagai penguasa militer Firaun berperan sebagai panglima perang. Sejak tahun 3400 SM sejarah Mesir diperintah oleh 30 dinasti yang berbeda yang terdiri dari tiga zaman yaitu Kerajaan Mesir Tua yang berpusat di Memphis. Sebagai pemersatu ia digelari Nesutbiti dan digambarkan memakai mahkota kembar. hakim di pengadilan dan pendeta untuk melaksanakan upacara keagamaan.

Funisia dan Syria. di selatan sampai Nubia.Pada waktu itu kerajaan Mesir Tengah sedang mengalami kehancuran yang sangat signifikan. Mesir memasuki zaman kerajaan baru atau zaman imperium.1075 SM) Patung Raja/Firaun Thutmosis III Sesudah diduduki bangsa Hyksos. Ia meningkatkan perdagangan serta membuka hubungan dagang dengan Palestina. Disebut zaman imperium karena para Firaun Mesir berhasil merebut wilayah/daerah di Asia barat termasuk Palestina. Thutmosis III. Ia berhasil mengusir bangsa Hyksos dari Mesir sehingga berkuasalah dinasti ke 18. Syria dan pulau Kreta. Merupakan raja terbesar di Mesir. Raja-raja yang memerintah zaman Mesir Baru antara lain: 1. Sesotris III juga berhasil memperluas wilayah ke selatan sampai Nubia (kini Ethiopia). Ahmosis I. Thutmosis I. di barat sampai Lybia dan di utara sampai pulau Kreta dan Sicilia. pembuatan waduk dan lain-lain. Karena . [sunting] Kerajaan Mesir Baru (1570 . Pada masa pemerintahannya Mesir berhasil menguasai Mesopotamia yang subur. Ia berhasil memulihkan persatuan dan membangun kembali Mesir. 3. Sejak tahun 1800 SM kerajaan Mesir Tengah diserbu dan ditaklukkan oleh bangsa Hyksos. Tindakannya antara lain membuka tanah pertanian. Ia memerintah bersama istrinya Hatshepsut.[sunting] Kerajaan Mesir Tengah (1640 – 1570 SM) Kerajaan Mesir Tengah dikenal dengan tampilnya Sesotris III. membangun proyek irigasi. Batas wilayah kekuasaannya di timur sampai Syria. 2. ke 19 dan ke 20.

[sunting] Sistem kepercayaan bangsa Mesir kuno Masyarakat Mesir mengenal pemujaan terhadap dewa-dewa. Ada dewa yang bersifat nasional yaitu Ra (Dewa Matahari). Wujud kepercayaan yang berkembang di Mesir berdasarkan pemahaman sebagai berikut: 1. 2. Mesir ditaklukkan Assyria pada tahun 670 SM dan pada tahun 525 SM Mesir menjadi bagian imperium Persia. Jadi dengan taat menyembah pada dewa masyarakat lembah sungai Nil mengharap jangan menjadi sasaran maut. Penyembahan terhadap dewa berangkat dari ide/gagasan bahwa manusia tidak berdaya dalam menaklukkan alam. Selain dewa nasional maka ada dewa-dewa lokal yang dipuja pada daerah-daerah tertentu seperti Dewa Osiris yaitu hakim alam baka. Sebagai lambang pemujaan kepada Ra didirikan obelisk yaitu tiang batu yang ujungnya runcing. 5. Ramses II. 4. Imhotep IV.tindakannya tersebut ia digelari “Napoleon dari Mesir”. Setelah pemerintahan Ramses II kekuasaan di Mesir mengalami kemunduran. Kaisar ini dikenal seorang raja yang pertama kali memperkenalkan kepercayaan yang bersifat monotheis kepada rakyat Mesir kuno yaitu hanya menyembah dewa Aton (dewa matahari) yang merupakan roh dan tidak berbentuk. Dewi Isis yaitu dewi kecantikan isteri Osiris. Kepercayaan yang kedua berkaitan dengan pengawetan jenazah yang disebut mummi. Yang disembah adalah dewa/dewi yang menakutkan seperti dewa Anubis atau yang memberi sumber kehidupan. Ia juga menyatakan sebagai manusia biasa dan bukan dewa. Thutmosis III juga dikenal karena memerintahkan pembangunan Kuil Karnak dan Luxor. Obelisk juga dipakai sebagai tempat mencatat kejadian-kejadian. Untuk pemujaan terhadap dewa Amon Ra dibangunlah Kuil Karnak yang sangat indah pada masa Raja Thutmosis III. Dasarnya membuat mummi adalah bahwa manusia tidak dapat menghindari dari . Mesir dikuasai oleh Iskandar Zulkarnaen dan para penggantinya dari Yunani dengan dinasti terakhir Ptolemeus. Salah satu keturunan dinasti Ptolemeus adalah Ratu Cleopatra dan sejak tahun 27 SM Mesir menjadi wilayah Romawi. Amon (Dewa Bulan) kemudian menjadi Amon Ra. Dewa Aris sebagai dewa kesuburan dan dewa Anubis yaitu dewa kematian. Ramses II dikenal membangun bangunan besar bernama Ramesseum dan Kuil serta makamnya di Abusimbel. Setelah Persia. Masa Ramses II diperkirakan sezaman dengan kehidupan nabi Musa. Ia juga pernah memerintahkan penggalian sebuah terusan yang menghubungkan daerah sungai Nil dengan Laut Merah namun belum berhasil.

Karena dianggap kurang tetap kemudian mereka menetapkan kalender berdasarkan kemunculan bintang anjing (Sirius) yang muncul setiap tahun. [sunting] Ilmu Pengetahuan dan Teknologi [sunting] Tulisan Masyarakat Mesir mengenal bentuk tulisan yang disebu Hieroglyph berbentuk gambar. Cara membuat kertas dari gelagah papirus adalah dengan memotongnya. Demotis adalah tulisan rakyat yang dipergunakan untuk urusan keduniawian misalnya jual beli.kehendak dewa maut. Champollion telah menemukan arti dari isi tulisan batu Rosetta dengan membandingkan tiga bentuk tulisan yang digunakan yaitu Hieroglyph. Selain di batu. Pada tahun 1822 J. tugu obelisk maupun daun papirus. Tulisan hieratik atau tulisan suci dipergunakan oleh para pendeta. Dokumen Papirus sudah digunakan sejak dinasti yang pertama. Tulisan Hieroglyph berkembang menjadi lebih sederhana kemudian dikenal dengan tulisan hieratik dan demotis. Huruf Hieroglyph terdiri dari gambar dan lambang berbentuk manusia. Mereka juga mengenal tahun kabisat. Manusia ingin tetap hidup abadi. Dengan terbacanya isi batu Rosetta terbukalah tabir mengenai pengetahuan Mesir kuno (Egyptologi) yang Anda kenal sampai sekarang. Demotik dan Yunani. Setiap lambang memiliki makna. Batu itu kemudian dikenal dengan batu Rosetta memuat inskripsi dalam tiga bahasa. Huruf-huruf Mesir itu semula menimbulkan teka-teki karena tidak diketahui maknanya. hewan dan bendabenda. satu bulan 30 hari dan lamanya setahun adalah 365 hari yaitu 12 x 30 hari lalu ditambahkan 5 hari. Sedangkan bangsa . tulisan Hieroglyph juga ditemukan di kertas yang terbuat dari batang Papirus.F. Penghitungan kalender Mesir dengan sistem Solar kemudian diadopsi (diambil alih) oleh bangsa Romawi menjadi kalender Romawi dengan sistem Gregorian. [sunting] Sistem kalender Masyarakat Mesir mula-mula membuat kalender bulan berdasarkan siklus (peredaran) bulan selama 291/2 hari. Mereka menghitung satu tahun adalah 12 bulan. Secara kebetulan pada waktu Napoleon menyerbu Mesir pada tahun 1799 salah satu anggota pasukannya menemukan sebuah batu besar berwarna hitam di daerah Rosetta. Penghitungan ini sama dengan kalender yang kita gunakan sekarang yang disebut Tahun Syamsiah (sistem Solar). Kemudian kulitnya dikupas dan intinya diiris/disayat tipis-tipis. Tulisan Hieroglyph ditemukan di dinding piramida. Agar roh tetap hidup maka jasad sebagai lambang roh harus tetap utuh.

Mesir Dari peninggalan bangunan-bangunan yang masih bisa disaksikan sampai sekarang menunjukkan bahwa bangsa Mesir telah memiliki kemampuan yang menonjol di bidang matematika. Kuil terbesar dan terindah adalah Kuil Karnak untuk pemujaan Dewa Amon Ra. yang tingginya mencapai 137 meter di Gizeh. Tembok. . Bangunan kedua adalah kuil yang berfungsi sebagai tempat pemujaan dewa-dewa. Di Sakarah terdapat piramida firaun Joser. Piramida dibangun untuk tempat pemakaman Firaun. Ada pula pemakaman yang disebut mastaba untuk golongan bangsawan. Fungsi spinx adalah penjaga piramida.6 m (20 kaki). tiang-tiangnya setinggi 23. lubang angin dan ruang jenazah raja. geometri dan arsitektur. Selain piramida apakah ada tempat pemakaman yang lain di Mesir? Berdasarkan penggalian di daerah El Badari ditemukan pemakaman yang disebut Hockerbestattung (Hocker artinya jongkok dan bestattung artinya pemakaman) karena orang yang meninggal dimasukkan dengan cara didudukkan menjongkok. pekarangan dan kuil kecil di bagian luarnya. di Gizeh juga terdapat piramida Chefren dan Menkaure. Peninggalan bangunan Mesir yang terkenal adalah piramida dan kuil yang erat kaitannya dengan kehidupan keagamaan. Tiang-tiang dan dindingnya dihiasi dengan hiasan yang indah.Arab kuno mengambil alih penghitungan sistem lunar (peredaran bulan) menjadi tarik Hijriah. Di bagian dalam terdapat lorong-lorong. Kuil Karnak panjangnya ±433 m (1300 kaki). [sunting] Seni bangunan (arsitektur) Piramida dan Spinx di Gizeh.5 m dengan diameter ±6. Piramida terbesar adalah makam raja Cheops. Selain Cheops. Bangunan ini biasanya memiliki kamar bawah tanah. tiang dan pintu gerbang dipenuhi dengan lukisan dan tulisan yang menceritakan pemerintahan raja. Arsitek terkenal pembuat piramida adalah Imhotep. Di depan piramida terdapat spinx yaitu patung singa berkepala manusia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->