P. 1
3_landasan-pengembangan-kurikulum

3_landasan-pengembangan-kurikulum

|Views: 34|Likes:
Published by Dayu Widia Wati

More info:

Published by: Dayu Widia Wati on Apr 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

Oleh Fauzan

HAKIKAT PENGEMBANGAN KURIKULUM
• Pengembangan kurikulum pada hakikatnya adalah proses penyusunan rencana tentang isi dan bahan pelajaran yang harus dipelajari beserta cara mempelajarinya • Pengembangan kurikulum adalah p g g proses atau kegiatan g yang disengaja dan dipikirkan untuk menghasilkan sebuah kurikulum sebagai pedoman dalam proses dan penyelenggaraan pembelajaran oleh guru di sekolah. l b l j l h k l h

3/3/2011

PERAN LANDASAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM • Pengembangan kurikulum harus memiliki pandangan yang jelas tentang hakikat ilmu pengetahuan dan hakikat nilai (sebagai landasan filosofis • Pandangan filosofis tersebut kemudian disusun dalam konteks pemahaman kurikulum tentang masyarakat dan kebudayaannya serta kebutuhan masyarakat pada masa yang akan d t k datang (l d (landasan sosiologis b d ) i l i budaya) 3/3/2011 .

PERAN LANDASAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM • H kik siswa d b i Hakikat i dan bagaimana mereka b l j d k belajar dan berkontribusi dalam membangun suatu kurikulum (landasan psikologi) • Landasan tersebut menjadi sumber bagi pengembang dalam menentukan keputusan tentang kurikulum yang akan disusun • Untuk menentukan keputusan tentang tugas.tugas kurikulum • Penentuan hasil akhir kurikulum yang dibutuhkan 3/3/2011 .

LANDASAN 3/3/2011 .

L LANDASA PENG AN GEMBAN NGAN KU URIKULU UM FILOSOFIS PSIKOLOGIS SOSIAL BUDAYA IPTEK KURIKULUM TUJUAN SUMBANGAN MASING-MASING LANDASAN TERHADAP KURIKULUM TUJUAN PEND. ISI PEND. PEND EVALUASI FILOSOFIS PSIKOLOGIS SOSIAL BUDAYA ILMU TEKNOLOGI 3/3/2011 . PROSES PEND.

bijak para ahli pendidikan untuk menentukan arah pengembangan kurikulumnya 3/3/2011 • . yakni keputusan bijak dan strategis bangsa yang menentukan mau ke mana arah pendidikan bangsa ini akan dibawa Basic philosophy of education yang juga merupakan pilihan education. y p p yy g p g . yakni: • Nation philosophyyang dianut dan disepakati bangsa.LANDASAN FILOSOFIS Ada dua aspek yang harus diperhatikan dalam pengembangan kurikulum terkait dengan landasan filosofis.

LANDASAN FILOSOFIS • Filsafat dapat menentukan arah dan tujuan pendidikan • Filsafat dapat menentukan isi atau materi pelajaran yang harus diberikan • Filsafat dapat menentukan strategi pencapaian tujuan • Filsafat dapat menentukan tolak ukur keberhasilan pendidikan 3/3/2011 .

pelajaran lainnya y dianggap sebagai dasar-dasar substansi kurikulum yang berharga untuk hidup di masyarakat. sehari hari. essesialisme juga lebih berorientasi pada masa lalu. kebenaran universal yang tidak terikat pada tempat dan waktu. Perenialisme lebih menekankan pada keabadian. 3/3/2011 . Essensialisme menekankan pentingnya pewarisan budaya dan pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik agar dapat menjadi anggota masyarakat y g berguna. Pengetahuan dianggap lebih penting dan kurang memperhatikan kegiatan sehari-hari. Pendidikan yang menganut faham ini menekankan pada kebenaran absolut . Matematika. keidealan. Sama halnya dengan perenialisme.NEXT. kebenaran dan keindahan dari pada warisan budaya dan dampak sosial tertentu.. sains dan mata p j y yang g . Aliran ini lebih berorientasi ke masa lalu.

variasi pengalaman belajar dan proses. • Eksistensialisme menekankan pada individu sebagai sumber pengetahuan tentang hidup dan makna.NEXT. Untuk memahami kehidupan seseorang mesti memahamii di i k hid ti h dirinya sendiri. 3/3/2011 . berpusat pada peserta didik. Ali iinii di i Aliran mempertanyakan: bagaimana saya hidup di dunia ? Apa p g pengalaman itu? • Progresivisme menekankan pada pentingnya melayani perbedaan individual.. Progresivisme merupakan proses landasan bagi pengembangan belajar peserta didik aktif.

rekonstruktivisme lebih jauh menekankan tentang p j g pemecahan masalah. Aliran ini akan mempertanyakan untuk apa berfikir kritis.. peradaban manusia masa depan sangat ditekankan. • Rekonstruktivisme merupakan elaborasi lanjut dari aliran progresivisme. 3/3/2011 . dan melakukan sesuatu ? Penganut aliran ini menekankan pada hasil belajar dari pada proses. berfikir kritis dan sejenisnya. memecahkan masalah. Di samping menekankan t t d t dit k k i k k tentang perbedaan individual seperti pada progresivisme. Pada rekonstruktivisme.NEXT.

. dan (5) Bagaimana sebaiknya proses pendidikan itu berlangsung? berlangsung?. 3/3/2011 . Masyarakat yang b i k t bagaimana yang h harus diciptakan melalui usaha pendidikan itu.NEXT. (4) Normay g j ( ) norma atau sistem nilai yang bagaimana yang harus diwariskan kepada anak didik sebagai generasi penerus?. (3) Apa hakikat p g pengetahuan yang harus diketahui dan dikaji siswa?. Filsafat sebagai landasan pengembangan kurikulum menjawab pertanyaan-pertanyaan pokok seperti: (1) Hendak dibawa ke mana siswa yang dididik it ? (2) M i itu?.

LANDASAN PSIKOLOGIS 3/3/2011 .

Sebagai individu dia mempunyai sifat yang unik yaitu memiliki b iliki banyak aspek membentuk k t k k b t k kesatuan kh khas dan setiap individu selalu dalam proses perkembangan dan bersifat dinamis dinamis. 3/3/2011 .Peserta didik adalah individu yang merupakan kesatuan psiko-fisik yang selalu beraktifitas dan p y g berintegrasi dengan lingkungan dimana dia berada.

tugas-tugas p g . g g perkembangan g individu. Psikologi belajar merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dalam konteks belajar. Psikologi k b P ik l i perkembangan merupakan il yang mempelajarii t t k ilmu l j tentang perilaku individu berkenaan dengan perkembangannya. serta hal-hal lainnya yang berhubungan perkembangan individu. yang semuanya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan mendasari pengembangan kurikulum. Psikologi belajar mengkaji tentang hakekat belajar dan teori-teori belajar. 3/3/2011 . pentahapan p perkembangan.dua bidang psikologi yang mendasari pengembangan kurikulum yaitu (1) psikologi perkembangan dan (2) psikologi belajar. aspek-aspek p g . Dalam psikologi perkembangan dikaji tentang hakekat perkembangan. yang semuanya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan belajar sekaligus mendasari pengembangan kurikulum. p p perkembangan. serta berbagai aspek perilaku individu lainnya dalam belajar.

pengingatan. penerapan. pemahaman.ANAK / SISWA PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Karakteristik perilaku / pola2 perkembangan untuk menyesuaikan apa yang dididik dan bagaimana cara mendidik LANDA L ASAN PSIKO GIS OLOG PENDIDIKAN PSIKOLOGI BELAJAR BERKEMBANG OPTIMAL Perkembangan belajar melalui proses peniruan. pembiasaan. latihan. pemecahan h h masalah 3/3/2011 .

LANDASAN SOSIOLOGIS 3/3/2011 .

tiap p gy g p p golongan sosial 3/3/2011 .• Masyarakat yang dinamis. selalu mengalami perubahan • Kekuatan kelompok yang dapat memberi tekanan • Cara pandang yang berbeda dari tiap.

Pendidikan bukan hanya untuk pendidikan semata. namun memberikan bekal pengetahuan. Sebagai suatu rancangan. Kita maklumi bahwa pendidikan merupakan usaha mempersiapkan peserta didik untuk terjun ke lingkungan masyarakat. bekerja dan mencapai perkembangan lebih lanjut di masyarakat. keterampilan serta nilai-nilai untuk hidup. 3/3/2011 .Kurikulum dapat dipandang sebagai suatu rancangan pendidikan. kurikulum menentukan pelaksanaan dan hasil pendidikan.

LANDASAN IPTEK 3/3/2011 .

diperlukan masyarakat yang berpengetahuan melalui belajar sepanjang hayat dengan standar mutu yang tinggi. Selain itu.Kemajuan cepat dunia dalam bidang informasi dan teknologi dalam dua dasa warsa terakhir telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya.. dalam abad pengetahuan sekarang ini. pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal. Sifat pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai masyarakat sangat beragam dan canggih. 3/3/2011 . memilih dan menilai pengetahuan. sehingga diperlukan kurikulum y g yang disertai dengan kemampuan meta-kognisi dan kompetensi untuk g p g p berfikir dan belajar bagaimana belajar (learning to learn) dalam mengakses. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial. ekonomi dan politik yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai. serta mengatasi siatuasi yang ambigu dan antisipatif terhadap ketidakpastian.

IPTEK 3/3/2011 . sehingga menghasilkan materi pembelajaran berupa struktur ilmu perkembangan IPTEK. • Pemutakhiran isi kurikulum atas dasar pengembangan IPTEK . • Pemanfaatan IPTEK sebagai salah satu pengembangan kurikulum memang harus diterapkan mengikuti jaman yang serba moderen Pada hakekatnya inovasi kurikulum terus moderen. berjalan mengiringi kemajuan jaman.Landasan IPTEK dalam pengembangan kurikulum berupa • Pengemnagan Topik-topik inti g g p p • Dalam semua pokok-pokok bahasan pembelajaran dikembangkan dalam proses belajar mengajar berupa topiktopik inti yang berdasarkan IPTEK.

p g pengembangan diawali dengan unit-unit belajar g g j yang melibatkan berbagai langkah disertai g g j j g dengan pengujian/uji coba diteruskan dengan unit-unit lain. 3/3/2011 . sistem penyampaian.• Pengembangan IPTEK bagai pengembangan g g g p g g program pengembangan kurikulumm harus g p dilakukan oleh guru melalui pemanfaatan media/sumber belajar.

TERIMAKSIH 3/3/2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->