BAB I PENDAHULUAN Manusia adalah makhluk Alloh yang paling sempurna dan dimuliakan.

Mereka diciptakan untuk melakukan sesuatu yang baik yang diperintahkan oleh Alloh swt. Salah satunya adalah untuk meneruskan kehidupan. Manusia diciptakan berpasang-pasangan (laki-laki dan perempuan) untuk melestarikan keturunan melalui pernikahan. Dalam aqidah, pernikahan merupakan proses awal untuk menjaga fitrah. Setiap orang yang memasuki pintu gerbang kehidupan berkeluarga melalui pernikahan, tentu menginginkan terciptanya suaatu keluarga atau rumah tangga yang sakinah lahir dan bathin serta memperoleh keselamatan hidup di dunia dan di akherat nantinya. Dari keluarga sakinah inilah kelak akan terwujud masyarakat yang rukun, damai, serta adil, makmur, material dan spiritual.

1

BAB II ISI A. Pengertian Nikah Nikah adalah akad yang menghalalkan pasangan suami istri untuk saling menikmati satu sama lain. B. Hukum Nikah Nikah disyariatkan berdasarkan firman Alloh swt : ‫فنكحوأما طاب لكم من النسآء مثنى وثلث وربع فإن خفطم أل تعدلوافواحدۃ‬ ‫ٲوماملكت أيمنكم ذلك أدنى ألتعولوا‬ ‫وأنكحواال يمى منكم والصلحين من عبادكم وإمآئكم‬ 1. Wajib bagi orang yang mampu membiayainya dan khawatir akan terjerumus ke dalam perbuatan yang diharamkan 2. sunnah jika orang yang mampu membiayainya tapi tidak merasa khawatir akan terjerumus ke dalam perbuatan yang diharamkan. ‫يامعﺸﺭالﺸﺑاﺏ,مﻥاﺴﺘﻁاﻉمنكماباﺀﺓﻔليتﺯوﺝ,ﻔﺈﻪأﻏﺾللبﺻﺮوأحصﻥللﻓﺭﺝ‬

‫.تﺯوﺠواالوﺪوﺪالولوﺪ,ﻔانﻲمكاﺛﺮبكمالمميوﻡالﻗيامﺔ‬ C. Hikmah Nikah Diantara hikmah nikah adalah sebagai berikut : 1. Melestarikan manusia dengan perkembangan biak yang dihasilkan melalui nikah. 2. kebutuhan pasangan suami istri terhadap pasangannya untuk memelihara kemaluannya dengan melakukan hubungan seks yang fitriyah. 3. kerja sama pasangan suami istri di dalam mendidik anak dan menjaga kehidupannya.

2

keturunan umat manusia akan tetap berlangsung dan berkesinambungan sehingga bumi tetap akan ada yang mengelola sampai saatnya nanti baru Allah SWT akan memusnahkannya Seperti yang telah difirmankan Allah SWT dalam surat: ‫وﷲﺠعﻞلكﻡمنأنﻔﺴكﻡ اﺯواﺠاوﺟعﻞ لكممناﺯواﺠكﻡﺑنيﻥوحﻔﺪﺓ‬ “Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu. dan dari padanya Allah menciptakan isterinya. Tujuan menikah 1. bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri.4. dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak (An-Nisaa:1) 2. mengatur hubungan seorang laki-laki dengan seorang wanita berdasarkan prinsip pertukaran hak dan bekerja sama yang produktif dalam suasana yang penuh cinta kasih serta perasaan saling menghormati satu sama lainnya. 3 . anak-anak dan cucu-cucu. dan memberimu rezki dari yang baik-baik. Tiadak diragukan lagi bahwa dalam keturunan ini terdapat penghargaan diri.kemantapan jiwa dan penghormatan terhadap kemanusiaan mereka. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah ?" ( An-Nahl:72) ‫ياأيﻬاالناﺵاﺘﻗواﺭﺑكﻡالﺬﻱﺨلﻘكﻡمننﻔﺲواحﺪﺓوﺨلﻘمنﻬاﺯوﺨﻬا وﺑﺚمنﻬماﺭﺨالكﺜيﺭاونﺴاع‬ Hai sekalian manusia. D.dengan perkawinan. Memelihara keturunan Dengan perkawinan yang disyariatkan allah maka anak anak akan merasa bangga dengan bapak bapaknya. Memelihara kelangsungan jenis manusia Manusia memiliki tugas sebagai pengelola bumi.

supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya.” (Ar-Ruum:21) 6.Jama’ah) 4.3.syphilis. Dan barang siapa belum mampu untuk kawin. Keselamatan masyarakat dari penyakit Dengan menikah . dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang.وأحصن للﻔﺮﺝ ﻔمنلﻡيﺴتﻄﻊ ﻔعليﻪ‬ ‫ﺑالصوﻡ ﻔﺈنﻪ لﻪ وﺟاع‬ “wahai sekalian pemuda.masyarakat akan selamat dari penyakityang sangat berbahaya dan dapat membunuh yang tersebar di kalangan anggota masyarakat akibat perzinaan . maki hendaklah ia berpuasa.dan lebih dapat menjaga pandangan ‫يامعﺸﺭالﺸﺑاﺐ: مناﺴتﻄاﻉمنكﻡالﺑاع ﺓ ﻔليتﺯوﺝ. Saling bahu membahunya pasangan suami istri dalam membina dan mendidk anak anak 4 . Karena sesungguhnya berpuasa itu dapatr mengalahkan hawa nafsu. penyakit tersebut diantaranya HIV. (H. Keselamatan masyarakat dari dekadensi moral Menikah dapat menghindari fitnah.perkawinan itu akan dapat lebih memelihara pandangan dan lebih dapat menjaga kemaluan. kencing nanah dll. 5.maka kawinlah.ﻔانﻪ أﻏﺾللﺑصﺮ. Sebab. Ketentraman jiwa Seperti yang tercantum dalam firman Allah: ‫ومنﺁياﺘﻚﻚﻚﻚ أنﺨلﻖلكﻡمنﻚﻚﻚﻚ أنﻔﺴكﻡأﺯواﺠالﺘﺴكنوااليﻬاوﺠعﻞﺑينكﻡموﺪﺓوﺭحمﺔإنﻑذلكﻚﻚﻚﻚ ﻵياتلﻗوﻡيﺘﻔكﺮو‬ “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri.barang siapa diantara kamu sudah mampu kawin.R. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfiki.

ومنتﺯوﺝامﺮأﺓلﻡيﺮﺪﺑﻬاإلأنﻐﺾﺑصﺮﻩ. Perkawinan hendaknya dengan cara memilih 1.ﺑﺭكاﷲﻔيﻬا‬ ‫وﺑاﺮكلﻫاﻔيﻪ‬ 5 . dan apabila suami pergi darinya .maka ia memelihara diri dan harta (suami)nya.AlBukhari dan Muslim) ‫منتﺯوﺝامﺮأﺓلعﺯﻫالميﺯﺪﻩاﷲإلﺬل.dan sebaik-baik perhiasaan adalah wanita yang shalehah(H. maka ia menyenagkannya.ومنﺘﺯوﺠﻬالمالﻬالﻡيﺭﺪﻩاﷲإلﻔﻗﺮا.perasaan perasaan akan lebih halus didalam jiwa kedua orang tua ‫مااﺴﺘﻔا ﺪالمومﻥ ﺑعﺪﺘﻘوﻯ اﷲعﺯو ﺠﻝﺨيﺮ الﻪمن ﺯوﺠﺔصالحﺔ.Muslim) ‫الﺪ نيامتاﻉ وﺨيﺮمﺘاعﻬاالمﺭأ ﺓ الﺻالحﺔ‬ dunia ini adalah perhiasan.maka ia mematuhinya. (H. Muslim) E. Memilih berdasarkan Ad-din ‫ﺘنكﺢﻚﻚﻚﻚ المﺮأﺓلﺮﺑﻊ:ﻚﻚﻚﻚ لمالﻬاوﻚﻚﻚﻚ لحﺴﺑﻬاوﻚﻚﻚﻚ لﺠمالﻬاوﻚﻚﻚﻚ لﺪينﻬا. Menghaluskan rasa kebapakan dan keibuan Dengan perkawinan. إنأمﺮﻫا أﻄاعﺘﻪ. وإنﻏاﺏعنﻬانﺻحﺘﻪ ﻒ نﻔﺴﻬاومالﻪ‬ tidak ada sesuatu yang diambil faedahnya oleh orang muslim setelah taqwa kepada allah yang lebih baik baginya daripada seorang istri shalihah yang apabila suami memerintahkannya.niscaya kedua tanganmu akan penah dengan debu (H. apabila suami menggilirnya .R. Dapatkanlah wanita yang memiliki ad-din.Dengan menikah suami istri akan bahu membahu untuk membina keluarga dan berusaha memikul tanggung jawab masing masing 7. apabila suami memandangnya. وإنأ‬ ‫ﻗﺴﻡ عليﻬا أﺑﺭتﻪ.karena kecantikannya dank arena din-nya.ويحصنﻔﺭﺠﻪ.R.أويصﻞﺭحمﻪ. ia mematuhinya .R. وإننﻆﺮاليﻬاﺴﺮﺘﻪ.ﻚﻚﻚﻚ ﻔاﻇﻔﺮﺑﺬاتﻚﻚﻚﻚ لﺪينﺘﺭﺑﺕيﺪاﻙ‬ Wanita itu dinikahi karena emoat perkara: karena hartanya.ومنﺘﺰو‬ .‫ﺟﻬالحﺴﺑﻬالﻡيﺰﺪﻩاﷲإلﺪناﺀﺓ.karena keturunannnya.

maka kepada setiap orang yang ingin menikah Nabi saw menganjurkan untuk memilih pasangan atas dasar kebaikan. Mereka saling berlomba lomba dalam kehinaan dan kemuliaan. Barang siapa mengawininya karena hartanya. Nabi saw telah menyebutkan bahwa manusia adalah pusat penyimpanan. maka Allah akan memberkatinya pada wanita itu dan akan memberkati wanita itu padanya. Beliau bersabda: ‫الناﺲمعاﺪنﻒالﺧيﺭوالﺸﺭ. Ath-Thabrani) 2.akhlak dan keturunan terhormat.kebaikan dan kerusakan.R.maka Allah tidak akan menambahkan kepadanya selain dari pada kemiskinan. Memilih berdasarkan keturunan dan kemuliaan Diantara sendi sendi yang telah diletakkan oleh islam didalam memilih pasangan hidup itu adalah memilih jodoh dari keturunan atau keluarga mulia yang dikenal mempunyai kebaikan. Dan barang siapa mengawini seorang wanita hanya karena ia menginginkan dengan wanita itu untuk menjaga pandangannya. Pilihan mereka dalam jahiliyyah adalah pilihan mereka dalam islam.Barang siapa yang mengawini seorang wanita karena kemuliannya. memelihara kemaluannya atau menyambungkan ikatan kekeluargaannya. (H.إﺬاﻔﻗﻬ و‬ Manusia adalah pusat penyimpanan tentang kebaikan dan kejahatan.ibnu mani’ dan Al-askari dari Abu Hurairah) Untuk itu.ﺨياﺭﻫﻡﻒالﺟاﻫليﺔﺨياﺭﻫﻡﻒاﻹﺴﻼﻡ. maka Allah tidak akan menambahkan kepadanya selain dari pada kerendahan. barang siapamengawininya karena kedudukannya.kemuliaan dan kemaslahatan 6 .apabila mereka memahami (ajarannya) (Ath-thayalis. maka Allah akan menambahkan kepadanya selain kepada kehinaan.

Nabi saw bersabda: ‫ل تنكحوا الﻘﺭاﺑﺔ ﻔﺈن الولﺪ يﺨلﻖ ﺿاويا‬ Janganlah kamu sekalian menikahi kaum kerabat .gadis itu akan memberikan 7 anak itu akan . sebab mewariskan anak yang lemah jasmani dan bodoh Dan sabdanya: ‫اﻏتﺭﺑواولﺘﺿووا‬ Carilah oleh kamu sekalian wanita wanita yang jauh. Di dalam hal ini.disamping untuk memperluas cakrawala perkenalan kekeluargaan dan mempercepat ikatan ikatan social.pada waktu yang sama akan mengeratkan tali cinta kasih suami istri. Sebab..dan janganlah mencari wanita wanita dekat(yang lemah badannya dan lemah otaknya) 4. Mengutamakan orang jauh (dari kekerabatan) dalam perkawinan Di antara pengarahan islam yang bijaksana didalam memilih istri adalah mengutamakan wanita yang jauh atas wanita yang seketurunan atau kaum kerabat. Yang demikian itu dimaksudkan untuk mencapai hikmah secara sempurna dan manfaat yang agung.kesatuan mereka bertasmbah luas. Hal ini dimaksudkan untuk dasar anak dan keselamatan fisik dari penyakit penyakit yang menular atau cacat secara hereditas. Sehingga anak anak mereka tidak tumbuh dalam keadaan lemah atau mewarisi cacat kedua orang tuanya dan penyakit penyakit nenek moyangnya. Mengutamakan gadis gadis Diantara pengarahan islam yang lurus didalam memilih istri adalah mengutamakan gadis dibandingkan janda.fisik mereka akan bertambah kuat.menjerumuskan kedalam berbagai perselisihan dan menyebarkan polusi kesulitan dan permusuhan. Di antara manfaat tersebut adalah memelihara keluarga dari hal hal yang akan menyusahkan kehidupannya.3. Tidak aneh bila Nabi saw memberikan peringatan agar sebaiknya tidak mengawini wanita wanita seketurunan atau kerabat.

Rukun-rukun Nikah Keabsahan nikah dibutuhkan empat rukun.R.وأﻘﻞﺨﺑا. Sebagaimana yang telah diketahui secara klinis.lebih banyak melahirkan anak.kewajiban kewajiban mendidik anak dan memikul hak hak sebagai istri secara sempurna.bahwa wanita jika ia termasuk yang banyak melahirkan anak baisanya mempunyai kesehatan yang baik dan fisik yang kuat. yaitu : 1.sepenuh kehalusan dan kelembutannya kepada lelaki pertama yang melindunginya. Karena sesungguhnya aku ingin mempunyai banyak umat denagn kamu sekalian (H.dengan sabdanya: ‫عليكﻡبالﺑكاﺭﻔانﻬﻥ أعذﺏ أﻓواﻫا. Abu Daud. Mengutamakan perkawinan dengan wanita yang banyak melahirkan Di antara pengarahan islam di dalam memilih istri adalah memilih wanita yang banyak melahirkan anak. وأنﻘﻖأﺭحاما.R. Rasulullah saw menjelaskan sebagian hikmah mengawini gadis. Wanita yang mempunyai tanda tanda seperti itu dapat memikul beban rumahnya. Sebab mereka itu lebih manis pembicaraannya. An-Nasa’I dan Al-Hakim) F. Ibnu Majah dan Al-Baihaqi) 5. Wali 8 . Nabi saw bersabda: ‫تﺯوﺠواالولوﺪالوﺪوﺪﻔﺈنﻲمكاﺛﺮبكﻡالمحﻪ‬ Kawinilah olehmu sekalian wanita wanita yang banyak melahirkan anak dan penuh kecintaan. وأﺭﺿىﺑاليﺴيﺮ‬ Kawinilah oleh kamu sekalian gadis gadis.lebih sedikit tuntutan dan tipuan serta lebih menyukai kemudahan(H.menemuinya dan megenalinya.

Dua orang saksi Pernikahan hendaklah dihadiri dua orang saksi atau lebih dari kaum laki-laki yang adil dari kaum muslimin. atau orang bijak dari keluarga wanita tersebut. Jika seorang wanita mengizinkan kepada kedua orang kerabatnyasupaya menikahkan dirinya dan masing-masing dari keduanya menikahkannya dengan orang lain. Malik dalam al-Muwaththa’. Jadi tdak sah perwalian saudara sebapak dengan adanya saudara sekandung. Rosululloh bersabda : ‫لنكاﺡإلﺑولى‬ ”tidak ada nikah. berakal sehat dan merdeka bukan budak. atau pemimpin setempat. Malik dengan sanad yang shahih. dan gadis harus dimintai izinnya dan izinnya itu adalah diamnya. berdasar sabda Rosululloh SAW. kecuali dengan wali. maka wanita itu menjadi istri dari laki-laki yang lebih dulu dinikahkan dengannya dan jika akad dilakukan pada waktu yang sama. b. : ‫اليمأحﻖبنﻔﺴﮫمﻥوليﻬاوالﺑكﺮﮅﺴتﺄذﻥوإﺬنﻬاصماتﻬا‬ ’janda lebih berhak atas dirinya daripada walinya. yaitu laki-laki. ”wanita tidak boleh dinikahi kecuali atas izin walinya atau orang bijak dari keluraganya atau seorang pemimpin. 2. atau seorang gadis tapi walinya bukan bapaknya sendiri. penerima wasiat. Berdasarkan firman Alloh SWT.” (HR. Adapun hukum-hukum bagi wali adalah sebagai berikut : a. : 9 . orang yang layak menjadi wali. kitabun nikah: 1).” (HR. d. maka pernikahan wanita itu dengan kedua laki-laki tersebut dihukumi batal.Yaitu bapak kandung wanita. atau kerabat terdekat dan seterusnya sesuai dengan urutan ashabah wanita tersebut. Hendaklah ia meminta izin kepada walinya jika wanit itu seorang gadis dan walinya bapaknya sendiri. Perwalian seorang kerabat dihukumi tidak sah dengan adanya wali yang lebih dekat dengan wanita tersebut.” Umar bin Khathab berkata. perwalian anak saudara dengan adanya saudara. atau meminta pendapatnya jika wanita itu seorang janda.[muslim: 1421]) c. baligh.

sebaiknya jumlah saksi diperbanyak karena sedikitnya orang adil. dimasa sekarang ini.” (At-Thalaq : 2) Dan berdasarkan sabda Rosululloh SAW. meminum minuman keras atau memakan harta riba. kedua orang saksi nikah hendaklah orang yang adil. : ”Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil diantara kalian. 3. c. sehingga kesaksiannya dihukum tidak sah. misalnya mempelai laki-laki meminta kepada walinya. Berdasar firman Alloh SWT. saksi nikah terdiri dari dua orang atau lebih b.”Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil diantara kalian. : ”tidak ada nikah. sedang perkataan mempelai laki-laki :”Aku terima nikahnya putrimu denganku.” Ketentuan hukum bagi kedua orang saksi adalah sebagai berikut : a.” 10 . seraya dia berkata. perkataan wali: ”Aku nikahkan kamu dengan putriku yang bernama fulanah (A)”. Al-Baihaqi [7/125] dan ad-daruquthni [3/226]). kecuali dengan wali dan dua orang saksi yang adil.” (HR. Shigat akad nikah Adapun yang dimaksud dengan shigat akad nikah adalah perkataan dari mempelai laki-laki atau wakilnya ketika akad nikah. ”Nikahkanlah aku dengan putrimu atau putri yang diwasiatkan kepadamu yang bernama fulanah (A)”.” (At-Thalaq : 2) Dan sabda Rosul : ”tidak ada nikah kecuali dengan wali dan dua orang saksi yang adil. Sedang orang fasik adalah orang yang biasa melakukan zina. yang dibuktikannya dengan meninggalkan dosa-dosa besar dan kebanyakan dosa kecil.

4. Mahar (maskawin) Mahar adalah sesuatu yang diberikan calon suami kepada calon istri untuk menghalalkan menikmatinya. b. bereakhlak mulia. Jika tidak. At-Tirmidzi[1085]. maka walinya adalah orang yang melangsungkan akad nikahnya.niscaya akan terjadi fitnah dan kerusakan yang besar di bumi. maka nikahilah dia (dengan putrimu). beragama serta amanah (jujur).” (An-Nisa:4) Rasulullah saw bersabda : 11 . Setaranya calon suami dengan calon istri. Jadi calon suami diperbolehkan mewakilkan kepada siapa saja yang dikehendakinya di dalam akad nikah. Sedangkan calon istri. dan hukumnya wajib. berdasarkan firman Allah : ”Dan berikanlah mas kawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan panuh kerelaan.Beberapa ketentuan hukum shigat : a.” (HR. Perwakilan dibolehkan di dalam akad nikah. berdasarkan sabda Rasulullah saw : ”Jika telah datang kepadamu seorang (laki-laki) yang kamu senangi akhlaknya dan agamanya.Hadits ini termasuk hadits hasan gharib). dimana calon suaminya adalah seorang yang merdeka (bukan budak).

c. Mahar disunnahkan disebutkan ketika akad. padahal sesungguhnya kamu sudah menentukan maharnya. Baqarah:237). Mahar disunnahkan murah (ringan). Mahar diperbolehkan dengan setiap barang yang mubah (dibolehkan) yang harganya lebih dari ¼ (seperempat) dinar.”Carilah mahar walau cincin dari besi.” (Muttafaq ’alaih. Muslim[142]).” Rasulullah saw bersabda. atau ditangguhkan (dihutang). (HR. Akan tetapi sebelum suami menggauli istrinya disunnahkan memberikan sesuatu kepada istrinya. berdasarkan sabda Rasulullah saw ”Wanita yang paling besar berkahnya adalah wanita yang paling murah (ringan) maharnya. Ahmad [24595]. maka bayarlah seperdua (separoh)dari mahar yang telah kalian tentukan itu. ”Carilah mahar meski hanya cincin dari besi.Muslim:1425]).” (Mutaqaf ’alaih. Beberapa ketentuan hukum tentang mahar : a.[al- Bukhari:5121.[alBukhari:5121.” (HR. ”Dimanakah baju 12 . Muslim:1425]).” (HR. ”aku tidak mempunyai sesuatu apapun. atau hanya sebagiannya saja yang ditangguhkan. Juga karena mahar putri-putri Rasulullah saw hanya sebesar 400 atau 500 dirham. berdasarekan firman Allah SWT ”Jika kalian menceraikan istri-istri kalian sebelum kalian bercampur dengan mereka. berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abu Daud:2125 dan An-nasa’i:3376. al-Hakim[2/194] dan alBaihaqi[7/235] dengan sanad yang sahih). Mahar boleh dibayar kuntan ketika akad nikah. bahwa Rasulullah saw telah memerintahkan Ali bin Abi Thalib ra supaya memberikan sesuatu kepada Fatimah ra sebelum berhubungan dengannya. b. berdasarkan sabda Rasulullah saw. d. Ali bin Abi Thalib ra berkata .

f. Khutbah Nikah Isi khutbah nikah berisi. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah niscaya tidak ada yang bias menyesatkannya dan barang siapa yang disesatkan oleh Allah niscaya tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya”. Jiak seorang suami menceraikan istrinya sebelum menggaulinya. Aku bersaksi. maka istri berhak mendapatkan mahar sebesar . maka bayarlah seperdua (separoh) dari mahar yang telah kamu tentukan itu.besimu?” Kemudian Ali bin Abi Thalib ra pun memberikan baju besinya kepada Fatimah ra sebelum menggaulinya. Mahar merupakan tanggungan suami ketika akad nikah dan merupakan kewajiban ketika suami telah menggauli istrinya. memohon ampunan kepadaNya. maka istri berhak mewarisinya serta berhak mendapatkan mahar secara utuh. e. E. Hal itu berlaku jika maharnya telah ditentukan.mahar wanita yang sederajat dengannya. yang artinya : “ Sesungguhnya segala puji bagi Allah. Tetapi jika maharnya belum ditentukan. Jika suami meninggal dunia. sebelum mereka menggauli istrinya dan setelah akad. Adab Nikah dan Sunah-Sunahnya 1.mak separuh mahar dianggap gugur darinya dan ia hanya berkewajiban membayar separohnya lagi. padahal sesungguhnya kamu sudah menentukan maharnya. memohon perlindungan kepadaNya dari keburukan diri kita dan kejelekan amal kita. 13 . lalu menjalani masa iddah setelahnya. itu berdasarkan firman Allah SWT ”Jika kamu menceraikan istri-istrimu sebelum kamu bercampur dengan mereka. selayaknya kita memohon pertolongan kepadaNya. sebagaimana hal itu telah ditetapkan oleh Rasulullah saw.” (ALBaqarah:237).

dalam pernikahan. maka beliau bersabda: ‫ﺑﺮﻙ ١ﷲ لك وﺑﺮﻙ عليك وﺟمﻊ ﺑينكم ﻓﻲ الﺨيﺮ‬ “Semoga Allah memberkahimu. Pengumuman Pernikahan dengan Rebana dan Nyanyian yang Dibolehkan. Adakah istri-istri beliau yang lebih beruntung dari padaku?” Aisyah menganjurkan supaya suami menggauli istrinya untuk pertama kalinya dibulan syawal.” (HR. hendaklah ia pegang ubun-ubunnya dan berdoa: ‫اللﻬم إنﻲ أسالك من ﺧيﺮ ﻫا وﺧيﺮ ما ﺟبلﺘﻬا عليﻪ ،وأعوذﺑك من شﺮﻫاوشﺮماﺟبلﺘﻬاعليﻪ‬ 14 . Demikian ini berdasarkan sabda Rasulullah saw.” (HR. Ketka suami menemui istrinya. “Pemisah diantara yang halal dan yang haram adalah rebana serta suara (nyanyian). Muslim [1423]) 6. menghadiri walimah bagi orang yang diundang menghadirinya. Sebagaimana sabda Rasulullah . Jika salah seorang dari kamu ingin berkhutbah untuk salah satu keperluan pernikahan atau keperluan lainnya..Ahzab:70-71. Tirmidzi [1105] dan menshahihkannya) 2. Walimah (Jamuan) Walimah adalah jamuan atau makanan dalam pernikahan. Ali Imran:102 . “Rasulullah saw menikahiku di bulan syawal dan menggauliku di bulan syawal. Tirmidzi [1088]) 4.Kemudian membaca QS. hendaklah ia berkata. Menggauli Istri Untuk Pertama Kalinya di Bulan Syawal Berdasarkan keterangan yang dituturkan Aisyah ra. Mendoakan Kedua Mempelai Abu Hurairah ra. “Segala puji bagi Allah…. dst. dalam kebahagiaan dan kesedihan dan mengumpulkan kamu berdua didalam kebaikan. Al.” (HR. (HR. lalu membaca ayat An-Nisa’:1 dan QS. Muslim [1423]) 5. ‫من د عﻲ إلﻲ عﺮ س أو نحو ﻩ ﻓليحﺐ‬ Diwajibkan 3. berkata Rasulullah saw apabila mengucapkan selamat dan mendokan orang yang menikah.

aku memohon kepadaMu kebaikan wanita ini serta kebaikan yang Engkau ciptakan padanya. Dimakruhkan menceritakan hubungan seksual. Muslim[1434]. Jika pasangan suami istri akan melakukan hubungan. hadits shahih) 8.“Ya Allah. Ibnu Majah [1918] dan Abu Daud [2160]) dengan maknanya. bahwa Rasulullah saw bersabda. Aku berlindung kepadaMu dari keburukannya dan keburukan apa yang Engkau ciptakan padanya. Pernikahan yang Tidak Sah 15 . ‫من ﻗاﻝ)ﺑﺴماﷲ،اللﻬم ﺟنبنا اشيﻄاﻥ وﺟنﺐ اشيﻄاﻥ ما ﺭﺯﻗﺘنا( ﻓﺈﻥ ﻗﺪﺭ ﺑينﻬما ﻓﻲ ذ لك ولﺪ لن يظﺮذ لك الو لﺪ اشيﻄاﻥ‬ ‫أﺑﺪا‬ “Jika salah seorang diantara kamu mendatangi (menggauli) istrinya dan berdoa: “ya Allah.” Berdasarkan sebuah riwayat. jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau berikan kepada kami. maka masing-masing dari keduanya hendaklah berdoa dengan doa berikut ini: ‫ﺑﺴماﷲ اللﻬم ﺟنبنا اشيﻄا ﻥ وﺟنبﺐ اشيﻄا ﻥ ما ﺭ ﺯ ﻗﺘن‬ “Ya Allah. jauhkan kami dari setan dan jauhkan setan dari apa yang Engkau berikan kepada kami”.” (HR. Muslim[1434]. kemudian ia menceritakan rahasia (hubungan) keduanya” (Muttafaq ‘alaih.[HR. hadits shahih) 7. hal ini berdasarkan sabda Nabi saw: “Sesungguhnya manusia yang paling buruk kedudukannya disisi Allah pada hari kiamat adalah seorang suami yang berhubungan dengan istrinya dan istrinyapun berhubungan dengannya. Berdoa sebelum berhubungan.” (HR. Ibnu Majah [1918] dan Abu Daud [2160]) dengan maknanya.Muslim:1437) F. maka jika keduanya ditakdirkan mendapatkan anak dari hasil hubungan keduanya tersebut niscaya anaknya tidak akan diganggu setan untuk selama-lamanya. . Bagi pasangan suami istri dimakruhkan menceritakan hubungan seksualnya kepada orang lain.

Sedang jika suamai telah menggauli istrinya maka pernikahannya tersebuttetap dibatalkan jika tnapa mahar. bik sebentar atau lama. Jika pernikahan syighar terjadi. yaitu sebuah pernikahan hingga waktu tretentu. yaitu pernikahan dimana fulan (A) menikahkan putrinya dengan fulan (B) dengan satu syarat bahwa fulan (B) harus menikahkan putrinya dengannya (A). Adapun nikah syighar ialah seorang bapak menikahkan dengan seseorang dengan putrinya dengan syarat bahwa orang itu harus menikahkan dirinya dengan putrinya. 16 . baik keduanya memberikan maharnya kepada pihak yanag satunya ataupun tidak memberikannya.(HR. maka wajib dibatalkan sebelum suami menggauli istrinya. Jadi pernikahan tersebut wajib dibatalkan kapan asaja terjadi. sedangklan mahar harus tetap diberikan jiak orang tersebut telah menggauli istrinya. berdAsarkan hadist dari Ali. Abu Hiarirah berkata”. dan tidak wajib memberikan mahar jika ia belum menggauli istrinya. bahwa Rosullah melarang pernikahan mut’ah serta daging keledai liar pada saat perang khaibar. sesungguhnya Rosullah melarang nikah syighar. 2. [al-Bikhari:5122. Abdullah bin Umar berakata “. Perniakahan mut’ah. (Muttafaq’alaih. adapun yang dimaksud dengan nikah syighar adalah seseorang berkata”.Diantara pernikahan yang tidak sah yang dilarang oleh Rosullah adalah pernikahan sebagai berikut: 1. nikahkanlah aku dengan putrimu niscaya aku akan menikahkanmu dengan putriku”. Pernikahan mut’ah hukumnya tidak sah.Muslim:1415]). maka pernikahan itu todak dibatalkan. Rosullah melarang nikah Syighar . Pernikahan syighar. atau dia berakata “ nikahkanlah aku dengan saudara perempuanmu niscaya aku akan menikahkanmu dengan saudara perempuanku”. sebulan atau setahun. Muslim 1416). Misalnya: seorang laki – laki menikahi seorang wanita selama waktu tertentu. tanpa mahar diantara keduanya”. ada[pun jika masing – masing memebri mhar .

dengan talak tigaserta mahar tetap menjadi milik wanita tersebut jika telah digauli. yang karena talak tersebut suaminya diharamkan untuk rujuk kepadanya. Pernikahan muhallil. sedangkan wanita tetap mendapat mahar jika suaminya telah menggaulinya. karen Abdullah Bin Mas’ud berkata “. dan laki-laki tersebut diharamkan menikahi wanita tersebut meski masa iddahnya habis sebagai suatu hukuman baginya. karena rukun – rukunnya tidak terpenuhi secara sempurna. 6.. Pernikahan orang yang ihram.3. maka ia harus mengulangi akadnya setelah selesai melakukan ibadah haji atau umrah. Pernikahan tersebut dianggap batal. Pernikahan tersebut tidak sah. yaitu pernikahan yang dilakukan seorang laki-laki dengan seorang wanita tanpa seizin walinya. yaitu pernialkahan seorang wanita yang telah ditalak tiga oleh suaminya . Pernikahan tanpa wali. Pernikahan itu dianggapa batal atau tidak sa. dan pasangans uami istri tersebut harus dipisahkan karena kad keduanya tidak sa. yaitu perniakahan orang yang sedang melaksanakan ihram haji atau umrah serta belum memasuki waktu tahallul. 4. berdasarkan sabda rasullah 5. hal itu beradasrkan firman Allah Kemudian wanita itu dinikahi oleh laki – laki lain dengan tujuan menghalalkannya dinikahi lagi oleh suaminya yang pertama. Pernikahan tersebut dihukumi tidak sah dan jika laki – laki itu tetap ingin menikahi wanita yang dinikahinya pada saat ihram. Pernikahan dalam masa iddah yaitu pernikahan dimana seorang laki-laki menikah dengan seorang wanita yang sedang menjalani masa iddah baik karena percaraian dengan suaminya atau karena suaminya meninggal dunia. dan keduanya wajib dipisahkan. At-Tirmidzi {1120] dan mensahihkannya) Perniakan muhallil itu wajib dibatalkan dan wanita tersebut tidak halal bagi suami yang telah mentalaknya. Rasullah malaknat muhallil(orang yang menikahi mantan istrinya) dan muhallil lahu (orang yang menjadi perantaranya)”> (HR. yaotu tidak adanya 17 .

misalnya suaminya masuk islam. Jika ia masuk islam setelah digauli suaminya. beradsalkan firman Alah Diantara ketentuan hukum mengenai maslah ini adalah sebagai berikut: a. maka keduanya tetap pada pernikahan pertama keduanya.wali”. maka perniakahan keduanya menjadi batal.maka ia harus memilih empat orang saja dari mereka serta menceraikan sisanya. Pernikahan dengan wanita kafir selain wanita – wanita ahli kitab Jadi irang islam haram menikahi wanita kafir dari kalangan agama majusi. b. Jika seorang istri yang kafir masuk islam sebalum digauli suaminya yang kafir. atau istri-istrinya itu dari ahli kitab meski tidak masuk islam bersamanya. dan ia beristri lebih dari empat orang yang juga ikut masuk islam bersamanya. tetapi jika istrinya masuk islam setelah masa iddahnya habis maka harus dilangsungkan akad nikah baru dengan mahar batu jika direstuo walinya sebagaimana pendapat jumhur ulama. maka ia berhak mendapatkan separuh mahar. maka ia tidak berhak atas mahar karena perceraiannya disebabkan oleh dirinya. dan setelh wanita itu suci dari haidnya maka laki-laki itu boleh menikahinya dengan akad baru dan mahar baru jika direstui oleh wali wanita tersebut. Jika kemudian istrinya juga masuk islam sebalum masa iddahnyanhabis. Hal itu berdasarkan sabda 18 . komunis atau penyembah berhala dan wanita muslimah pun diharamkan secara mutlak menikah dengan laki-laki dari kalangan aghli kitab atau orang kafir dari kalangan non ahli kirab. 7. Hukum kemurtadan salah satu dari suami istri sama dengan hukum masuk islam salah satu dari keduanya tanpa ada perbedaan sedikitpun c. Pasangan suami istri yang melaksanakan oernikahan tersebut harus dipisahkan dan wanita berhak atas mahar yang diberikan kepadanya jika ia telah digauli. Jika seorang suami yang kafir masuk islam. Jika salah seorang dari suami istri masuk islam. Jika suaminya amsuk islam. maka ia berhak mendapatkan mahar secara utuh.

anak perempuan dari saudara lakilaki dan jalur kebawahnya. maka ia harus menceraikan salah satu dari keduanya sesuai dengan kehendaknya. anak perempuannya dan jalur ke bawahnya. Hadis ini dishahihkan Ibnu Hibban dan diamalkan oleh seluruh kaum Muslim) Begitu juga orang yang beristrikan dua orang wanita yang bersaudara dan masuk islam.” (HR.Ahmad dan dishshihkan oleh Ibnu Hibban) 8. saudara perempuan secara mutlak. “Ceraikan salah satu dari keduanya menurut kehendakmu. firman Allah SWT: “(Dan diharamkan) menghimpunkan (dalam perkawinan) dua perempuan yang bersaudara .sedangkan ia beristri sebanyak sepuluh orang: ”Pilihlah empat orang dari mereka.” (HR. Kelompok wanita yang haram dinikahi untuk selamanya: 1).” (An-Nisa’:23) Juga sabda Rasulullah SAW yang ditujukan kepada seseorang yang beristri dua orang yang bersaudara. lalu ia akan masuk islam. Wanita yang haram dinikahi untuk selama-lamanya: Ibu dan nenek secara mutlak dan jalur ke atasnya. Menikahi mahrom (wanita yang haram dinikahi) a. bibi dari jalur bapak secara mutlak dan jalur ke 19 .Rasulullah SAW yang ditunjukan kepada seseorang yang masuk islam. karena memperistri dua wanita yang bersaudara hukumnya tidak halal. Ahmad dan at-Tirmidzi. juga anak perempuan dari saudara perempuannya.

” (An-Nisa’: 23). anak perempuan dari anak laki-lakinya. anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki. bibi dari jalur ibu secara mutlak danjalur ke atasnya. anak-anakmu yang perempuan. saudara-saudara bapakmu yang perempuan.atasnya. tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan) maka tidaklah berdosa kamu mengawininya. firman Allah SWT: “(Diharamkan atas kamu mengawini) ibu-ibu istrimu (ibu mertua). anak-anak perempuan . anak-anak istrimu yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang telah kamu campuri. Wanita yang haram dinikahi karena susuan: Wanita yang haram dinikahi karena susuan adalah seluruh ibu yang dinikahi karena nasab. bibi-bibi dari jalur ibu. saudara-saudaramu yang perempuan. Firman Allah SWT: “ Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu. 3).” (An-Nisa’: 23). anak perempuan dari anak perempuannya dan jalur ke bawahnya. anak-anak perempuan dari saudara laki-lakidan anak-anak 20 . saudara bibi-bibi dari jalur bapak. anak-anak perempuan. 2). saudara-saudara ibumu yang perempuan. Wanita yang haram dinikahi karena pernikahan: Wanita-wanita yang haram dinikahi karena sebab pernikahan adalah: istri bapak dan istri kakek serta jalur ke atasnya. anak perempuan dari saudaralaki-laki secara mutlak.

atau ia meninggal dunia.perempuan dari saudara perempuan (kemenakan). berdasarkan sabda Rasulullah SAW: “(Wanita) yang haram (dinikahi) Karena susuan adalah sepertiyang haram (dinikahi) karena nasab. Firman Allah: 21 . Sabda Rasulullah SAW: “Suami istri yang telah saling meli’an (melaknat) jika keduanya telah cerai. Wanita yang telah dili’an Suami diharamkan menikahi mantan istrinya yang telah dili’annya untuk selama-lamanya.”(HR. sehingga hal itu bisa jadi tidak masuk ke dalam perut anak yang menyusu. maka tidak boleh menikah lagi selama-lamanya” b.” (al-Bukhari dan Muslim). 4). sabda Rasulullah: “Satu hisapan atau dua hisapan tidak mengharamkan (pernikahan).Muslim) Karena satu hisapan atau dua hisapan sangat sedikit sekali. Sedangkan batasan wanita sesusuan yang haram dinikahi adalah sesusuan di bawah 2 tahun dan air susu betul-betul masuk ke dalam perut anak yang menyusu sebagai mana lazimnya di dalam menyusui. Wanita yang haram dinikahi untuk sementara waktu adalah: Saudara perempuan istri hingga istrinya dicerai dahulu dan masa iddahnya habis. Wanita-wanita yang haram dinikahi untuk sementara waktu: 1).

dan janganlah kamu ber’azam (berketetapan hati) untuk berakad nikah sebelum masa habis iddahnya. Jadi ia tidak boleh dinikahinya hingga istri dicerai dahulu dan masa idahnya habis. kecuali sekedar mengucapkan (kepada mereka) perkataan yang ma’ruf. 22 . 3).berdasarkan firman Allah “Dan (diharamkan juga kamu menikahi) wanita yang bersuami.“(Diharamkan atas kamu) menghimpun (dalam perkawinan) dua perempuan yang bersaudara.” (An-Nisa:23) 2). Wanita tersebut boleh dinikahi hingga ia dicerai suaminya ataumenjanda dan masa iddahnya telah habis. Kemudian bibi istri baikdari jalur bapaknya maupun dari jalur ibunya. Hal itu berdasarakan hadist Abu Hurairah bahwa rasullah melarang seorang wanita dinikahi bersama-sama dengan bibinya.”berdasarkan firman allah “Dan janganlah kamu mengadakan janji kawin dengan mereka secara rahasia.” (Al-Baqarah:235). baik dari jalur bapaknya atau dari jalur ibunya. (Muttafaq ‘alaih. [al-Bukhairi: 5108. Wanita yang sedang menjalani masa iddahnya karena perceraian atau suaminya meninggal dunia. Wanita yang bersuami.” (An-Nisa:24) 4).misalnya ia mengatakan kepadanya: “Aku tertarik padamu. atau ia meninggal dunia. Jadi wanita yang seperti itu haram dinikahi dan dilamar hingga masa iddahnya habis. Ibunya. Muslim: 1408]). Tetapi tidak ada salahnya menyindrnya.

” (An-Nur:3). Anggapan seperti ini adalah anggapan yang salah dan keliru. Dalam berpacaran sudah pasti tidak bisa dihindarkan dari berintim-intim dua insan yang berlainan jenis.Ahmad [8101] dan Abu Daud [2502]). hal ini biasanya dianggap sebagai masa perkenalan individu. G. Hal itu berdasarkan firman Allah 6). terjadi pandang memandang dan terjadi sentuh menyentuh.” (HR. Juga sabda Rasullah “Laki-laki penzina yang telah dicambuk tidak boleh menikah . yang sudah jelas semuanya haram hukumnya menurut syari’at Islam.5). berdasarkan firman Allah “Dan perempuan yang berzina tidakboleh dinikahi melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang Mukmin. atau masa penjajakan atau dianggap sebagai perwujudan rasa cinta kasih terhadap lawan jenisnya. kecuali dengan wanita yang seperti dirinya. Wanita yang telah ditalak tiga hingga ia menikah dengan suami lain dan berpisah dengannya karena perceraian atau suaminya meninggal dunia dan masa iddahnya habis. 23 . Pacaran Kebanyakan orang sebelum melangsungkan perkawinan biasanya “Berpacaran” terlebih dahulu. Sebagian Penyelewengan yang Terjadi Dalam Pernikahan yang Wajib Dihindarkan 1. Wanita itu yang berzina hingga bertaubat dan diketahui benar-benar bertaubat dan selesai masa iddahnya.

dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”. maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya. Mengikuti Upacara Adat Ajaran dan peraturan Islam harus lebih tinggi dari segalanya. Umumnya umat Islam dalam cara perkawinan selalu meninggikan dan menyanjung adat istiadat setempat. maka semuanya tidak akan diterima oleh Allah dan kelak di Akhirat mereka akan menjadi orang-orang yang merugi. (Lihat Adabuz-Zafat. ketika mengucapkan selamat kepada kedua mempelai. 24 . dan tata cara selain Islam. Dari Al-Hasan. sehingga sunnah-sunnah Nabi saw yang benar dan shahih telah mereka matikan dan padamkan. Menuntut Mahar Yang Tinggi Menurut Islam sebaik-baik mahar adalah yang murah dan mudah. Mengucapkan Ucapan Selamat Ala Kaum Jahiliyah Kaum jahiliyah selalu menggunakan kata-kata Birafa’ Wal Banin. Nashiruddin Al-Bani) 3. maka wajib untuk dihilangkan. bahwa ‘Aqil bin Abi Thalib nikah dengan seorang wanita dari Jasyam. Para tamu mengucapkan selamat dengan ucapan jahiliyah : Birafa’ Wal Banin. Ucapan Birafa’ Wal Banin (=semoga mempelai murah rezeki dan banyak anak) dilarang oleh Islam. Orang-orang yang mencari konsep. Memang mahar itu hak wanita. 4. tidak mempersulit atau mahal. Adanya Ikhtilath Ikhtilath adalah bercampurnya laki-laki dan wanita hingga terjadi pandang memandang.2. Setiap acara. Do’a yang biasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ucapkan kepada seorang mempelai ialah : “Baarakallahu laka wa baarakaa ‘alaiyka wa jama’a baiynakumaa fii khoir” 6. Tukar Cincin Dalam peminangan biasanya ada tukar cincin sebagai tanda ikatan. upacara dan adat istiadat yang bertentangan dengan Islam. 5. sebagaimana firman Allah Ta’ala : Artinya : “Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam. peraturan. (Ali-Imran : 85). hal ini bukan dari ajaran Islam. tetapi Islam menyarankan agar mempermudah dan melarang menuntut mahar yang tinggi.

Pelanggaran Lain Pelanggaran-pelanggaran lain yang sering dilakukan di antaranya adalah musik yang hingar bingar. keselamatan masyarakat dari dekadensi moral. memilih berdasarkan keturunan dan kemuliaan. sehingga apa yang kita sebutkan di atas dapat dihindari semuanya. keselamatan masyarakat dari penyakit. dan yang terakhir yaitu mengutamakan perkawinan dengan wanita yang banyak melahirkan (subur) 4. memelihara keturunan. saling bahu membahunya pasangan suami istri dalam membina dan mendidk anak anak dan terakhir adalah menghaluskan rasa kebapakan dan keibuan 3. BAB III KESIMPULAN DAN PENUTUP A. 25 . memberi ketentraman jiwa. 2. mengutamakan orang jauh (dari kekerabatan) dalam perkawinan. mengutamakan gadis gadis. 7. KESIMPULAN 1. Cara memilih perkawinan adalah berdasarkan Ad-din. jabat tangan antara laki-laki dan wanita. 5. Tujuan menikah diantaranya ialah emelihara kelangsungan jenis manusia.sentuh menyentuh. Menurut Islam antara mempelai laki-laki dan wanita harus dipisah. Nikah adalah akad yang menghalalkan pasangan suami istri untuk saling menikmati satu sama lain.

9. B.6. PENUTUP Alhamcdulillahirrobil ’alamin. 8. 26 . 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful