KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayat-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ekonomi yang mengangkat tema tentang “BANK”.

Dalam proses penyusunan makalah ini,penyusun mengalami berbagai macam hambatan dalam menyelesaikannya dan dalam penyusunan makalah ini kami selaku penyusun langsung mengunjungi sumber-sumber yang berkaitan dengan tema tersebut.

Penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna,oleh sebab itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang bisa membangun dalam penyusunan makalah ini.Dan semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca.

Krian, 05 April 2011

TIM PENYUSUN

……………………………………………7 2.1 Sejarah Singkat Bank Jatim …………………………………………….1 Latar Belakang ……………………………………………………………1 1.5 2.1.2 Pelayanan di Bank Jatim.8 BAB III PENUTUP 3...2 Perumusan Masalah ………………………………………………………2 1..Kesimpulan………………………………………………………………9 3.………………………………………………6 2. …………………………………………………. .10 .3 Tujuan dan Manfaat Penelitian……………………………………………3 1.2 Saran…………………………………………………………………….3 Produk-produk Bank Jatim .DAFTAR ISI KATA PENGANTAR …………………………………………………………………i DAFTAR ISI………………………………………………………………………….ii BAB I PENDAHULUAN 1.4 Transaksi Bank Jatim.4 Pembatasan Suatu Pengumpulan Data…………………………………… 4 BAB II DASAR TEORI 2.

1 Latar Belakang Kebutuhan setiap manusia pastilah berbeda.. Bank Jatim berkantor pusat di Surabaya.3 Daftar Pustaka…………… ……………………………………………. dalam upayanya untuk meningkatkan profesionalitas dan independensi sebagai pelayan masyarakat di bidang jasa keuangan. Pada tanggal 1 Mei 1999.beda oleh sebab itu dunia ekonomi telah menciptakan sebuah tempat penyimpanan uang yang berfasilitas yang biasa di sebut BANK dengan adanya materi bank di kbm Guru pembimbing ekonomi kami meminta untuk membuat makalah ini demi keberlangsungan KBM dan ini sekilas informasi tentang bank yang kami kunjungi. .11 BAB I PENDAHULUAN 1. Bank Jatim mengubah bentuk badan hukum dari BUMD menjadi Perseroan Terbatas (PT). PT Bank Jatim menjadi bank devisa sejak tanggal 2 Agustus 1990. Bank ini didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT).3. Bank Jatim (dahulu bernama Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur) adalah sebuah BUMD Provinsi Jawa Timur. Dirut Bank Jatim saat ini adalah Mulyanto. kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Siapakah Dirut bank Jatim ? 1.3 TUJUAN dan MANFAAT PENELITIAN 1. Agar kami mengetahui bagaimana cara menabung 4. Kapankah bank Jatim didirikan ? 4.1. Kapankah bank Jatim menjadi bank devisa ? 6. Apakah pengertian dari bank ? 3. Agar kami mendapatkan pengalaman dari berkunjung ke bank 3. Demi keberlangsungan proses KBM 2. Apa tujuan didirikannya bank Jatim ? 7.4 PEMBATASAN SUATU PENGUMPULAN DATA Saat kami mengerjakan makalah ini kami merasa makalah kami ini tidak begitu lengkap karena kami memperolehnya hanya dari sumber yang seminim mungkin karena sumber- . Agar kami mengetahui bagaimana cara membuat rekening 5. Dimanakah kantor pusat bank Jatim ? 8. Apa nama lain dari bank Jatim ? 5.2 PERUMUSAN MASALAH 2. Agar kami mengetahui bagaimana cara mentransfer uang 1.

maka pada tahun 1994 dilakukan perubahan terhadap Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 1992 tanggal 28 Desember 1992 menjadi Peraturan Daerah Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur Nomor 26 Tahun 1994 tanggal 29 Desember 1994 yaitu merubah Struktur Permodalan/Kepemilikan dengan diijinkannya Modal Saham dari Pihak Ketiga sebagai salah satu unsur kepemilikan dengan komposisi maksimal 30%. pada tahun 1967 dilakukan penyempurnaan melalui Peraturan Daerah Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur Nomor 2 Tahun 1976 yang menyangkut Status Bank Pembangunan Daerah dari bentuk Perseroan Terbatas(PT) menjadi Badan Usaha Milik Daerah(BUMD). didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 di Surabaya.sumber yang kami dapatkan terbatas itu semua kami sadari karena ini semua adalah salah satu privasi perusahaan tersebut. Untuk memperkuat permodalan.1 SEJARAH SINGKAT BANK JATIM Sejarah Bank Jatim Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur. maka pada tahun 1990 Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur meningkatkan statusnya dari Bank Umum menjadi Bank Umum Devisa. hal ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Bank Indonesia Nomor 23/28/KEP/DIR tanggal 2 Agustus 1990. maka sesuai dengan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 1997 telah disetujui perubahan bentuk Badan Hukum Bank Pembangunan Daerah menjadi Perseroan Terbatas. Jadi sekiranya jika kurang lengkap tolong dimaklumi. Berdasarkan Pasal 2 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 1998 tentang Bentuk Badan Hukum Bank Pembangunan Daerah. Landasan hukum pendirian adalah Akte Notaris Anwar Mahajudin Nomor 91 tanggal 17 Agustus 1961 dan dilengkapi dengan landasan operasional Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor BUM. Selanjutnya berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1962 tentang Ketentuan Pokok Bank Pembangunan Daerah dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1967 tentang Pokok-Pokok Perbankan.9-4-5 tanggal 15 Agustus 1961. BAB II DASAR TEORI 2. Secara operasional dan seiring dengan perkembangannya. Dalam rangka mempertahankan eksistensi dan mengimbangi tuntutan perbankan saat itu. maka pada tanggal 20 Maret 1999 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur . yang dikenal dengan sebutan Bank JATIM.

Dapat digunakan untuk bertransaksi antara lain : • • Informasi Saldo Informasi Transaksi . 2. Sesuai dengan Akte Notaris R. Layanan yang diberikan “Info Bank Jatim” 1. Hemat : Anda bisa menghemat waktu dan tenaga karena anda tidak perlu berkunjung ke Kantor pada hari kerja. S.H. Call Center INFO BANK JATIM 14044 Apa info Bank Jatim ? Adalah Call Centernya Bank Jatim dengan dial 14044. selanjutnya secara resmi menjadi PT.01. Cukup dengan sarana Telepon Rumah sambil istirahat. Sonny Hidayat Yulistyo. di mobil. Keuntungan : Keuntungan memanfaatkan “Info Bank Jatim” adalah HEMAT dan BEBAS 1.Th tanggal 5 Mei 1999 dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 25 Mei 1999 Nomor 42 Tambahan Berita Negara Republik Indonesia Nomor 3008.telah mensahkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 1999 tentang Perubahan Bentuk Hukum Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perseroan Terbatas (PT) Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur.01. Nomor 1 tanggal 1 Mei 1999 yang telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Kehakiman Nomor C28227.HT. Memberi Informasi tentang semua produk Bank Jatim antara lain : • • • • • • Tabungan Giro Deposito Kredit Safe Deposit Box Jasa-jasa lainnya 2. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur. Bebas : Anda bisa menghubungi jam berapapun karena “Info Bank Jatim” buka 24 jam sehari dan 7 hari se-minggu dimanapun posisi anda. di mall dan dimanapun saja dengan menggunakan HP anda bisa memperoleh informasi tentang produk-produk Bank Jatim maupun bertransaksi dengan mitra anda. 2.2 PELAYANAN DI BANK JATIM 1.

Bank Jatim/ATM Bersama maupun ATM Bank yang tergabung dalam MEPS. dan Southern Bank Berhad. Manfaatkan layanan otomatis yang tersedia Jika bantuan yang anda butuhkan tidak terdapat dalam layanan otomatis. karena Bank tidak pernah mensyaratkannya. Pastikan anda dengan data-data yang dibutuhkan untuk diverifikasi. Leong Bank Berhad. Selain kemudahan penarikan dana tunai. Artajasa telah menjalin kerja sama dengan MEPS sebagai bentuk usaha kami untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Jawa Timur yang berada di Malaysia maupun warga Malaysia yang berkunjung ke Jawa Timur untuk melakukan penarikan dana tunai pada ATM PT. MEPS MEPS (Malaysian Electronic Payment System) Merupakan sebuah perusahan penyedia jasa pembayaran yang berpusat di Malaysia. begitu pula sebaliknya bahwa setia nasabah Bank yang . segera diblokir kartunya.Melakukan pengamanan dini atas rekening nasabah. missal hilang kartu ATM. Sejak nopember 2006 PT. sehingga nasabah tabungan Bank Jatim dapat melakukan transaksi penarikan tunai di terminal ATM milik bank-bank tersebut. Menampung keluhan nasabah terhadap layanan yang kurang memuaskan Petunjuk menghubungi “Info Bank Jatim” • • • • • • Pastikan anda telah melakukan dial telepon call center Bank Jatim 14044 Pastikan anda mengetahui nomor rekening atau nomor kartu anda.• Transfer Antar Rekening 3. Jangan member nomor PIN anda kepada staff call center atau siapapun dengan alas an apapun. Pastikan anda mengetahui dan mencatat nama staff call center yang melayani anda. Hal yang perlu diperhatikan : • • Pastikan anda mencatat dan mengetahui nomor call center resmi Bank Jatim 14044. Salah satu produknya adalah jasa jaringan ATM yang dimanfaatkan oleh beberapa bank di Malaysia yaitu Affin Bank Berhad. jangan ragu memilih layanan berbicara langsung dengan staff cll center. 4. Bank Jatim melalui PT. 2. Maybank Berhad. lebih lanjut adalah tidak dibutuhkan Money Changer dikarenakan mata uang sesuai Negara pada lokasi ATM bersangkutan.

- 3. KEUNTUNGAN : * mudah untuk dioperasikan * keamanan terjamin karena mendapatkan Telephone Identification Number (TIN) * lebih praktis. kecuali bila lebih dari 3%. dengan ketentuan : • • • • Transaksi nasabah anggota ATM Bersama yang terjadi di terminal anggota MEPS akan langsung dikonversi dari mata uang ringgit ke mata uang rupiah dan demikian pula sebaliknya. tanpa perlu harus ke ATM atau kantor bank * layanan transaksi perbankan yang dapat diakses dimana saja seperti : info saldo.FITUR SMS BANKING : * informasi saldo * pembelian pulsa * informasi transaksi * informasi suku bunga * transfer antar rekening BANK JATIM * pembayaran tagihan handphone untuk pasca bayar * notifikasi tagihan handphone (sementara khusus bagi pengguna kartu telkomsel.fren) PENDAFTARAN : * Pendaftaran layanan SMS Banking dapat dilakukan di ATM dan Service Assistance * Pendaftaran informasi layanan tagihan pasca bayar dapat melalui ATM dan Customer Service * Perubahan Telephone Identification Number (TIN) dan nomor handphone dapat dilakukan di ATM 4.esia. Nilai kurs akan di-update satu kali per hari. FITUR .XL.000.dll.pembayaran. Nilai kurs didasarkan pada kurs harian yang berlaku pada saat transaksi dilakukan dan mengacu pada kurs bank yang ditunjuk MEPS dan Artajasa. Western Union .ada di Malaysia (untuk saat ini ada 4 Bank tersebut di atas) dapat melakukan penarikan di ATM Bank Jatim. Besarnya biaya transaksi setiap melakukan penarikan tunai adalah Rp 11. SMS Banking Bank Jatim SMS Banking BANK JATIM adalah layanan perbankan elektronik dari BANK JATIM untuk mengakses informasi rekening nasabah dan melakukan transaksi dengan menggunakan handphone (HP).

2.bebas biaya Non Nasabah . 10. 2. 4. 9. jumlah uang dikirim.Waktu pengiriman cepat. Manfaat : 1. 6.Tidak ada jumlah minimal untuk uang akan yang dikirim. dalam hitungan detik dana sudah dapat diambil oleh Penerima 5. Pengirim/Penerima/kuasa Badan Usaha wajib menyerahkan asli bukti identitas. jumlah uang dikirim. Diperuntukkan perorangan dan badan usaha/hukum pemegang rekening atau bukan rekening di Bank Jatim Syariah. . kecuali dalam kondisi tertentu dan hanya berlaku secara temporary. nama Pengirim.Biaya pengiriman terjangkau. Agen pembayar membayarkan transfer kepada Penerima dalam mata uang lokal negara tujuan atau mata uang yang disepakati pada saat pengiriman. rekening Bank lain atau diambil tunai.Memberitahukan data transfer kepada Penerima yang meliputi nama Pengirim.Menyerahkan dana (valuta rupiah) dan asli bukti identitas yang masih berlaku. 3.Mengisi dan menandatangani aplikasi pengiriman uang.biaya materai.Diskripsi Produk : Adalah jasa pengiriman uang/penerimaan kiriman uang secara cepat (real time on line) yang dilakukan lintas negara atau dalam satu negara. 3. negara asal transfer dan nomor referensi pengiriman (diperlukan hanya untuk kondisi tertentu). Setoran tunai atau non tunai. Dilayani di semua negara. 3. 7.Pengiriman hanya dalam bentuk mata uang Rupiah.Mengetahui data transfer yang meliputi nama Penerima. 2.Nasabah menerima kiriman uang dalam mata uang rupiah. Batas waktu transfer sesuai jadwal yang ditentukan Bank Jatim Syariah. 4.Pengirim/penerima tidak harus memiliki rekening di bank atau tidak harus berdomisili tetap di negara pengirim atau di negara tujuan transfer. Persyaratan : Pengiriman Uang 1. 3. Karakteristik : 1. Penerimaan Uang 1. negara asal transfer dan nomor referensi pengiriman. 5. 8.Pemindahan dana dengan aman dan mudah. Penerima transfer adalah pemegang rekening Bank Jatim Syariah. Pengirim dikenakan biaya pengiriman. 2. Penerima kiriman uang : Nasabah .Mengisi dan menandatangani aplikasi penerimaan uang dan menyerahkan buktiidentitas yang masih berlaku.

begitu juga sebaliknya. Kartu ATM BANK JATIM juga sudah interkoneksi dan dapat digunakan di ATM Bank-Bank anggota Malaysian Electronic Payment System (MEPS) di Malaysia yang bertanda Bankcard. dimana kartu ATM BANK JATIM telah tergabung dengan jaringan Prima sehingga nasabah .FASILITAS 1. pembayaran telepon. On Line / Realtime Merupakan salah satu bentuk kemudahan yang kami berikan kepada para nasabah. cek saldo dan transfer antar Bank sesama anggota ATM Bersama. Tabungan SIKLUS dapat dijadikan jaminan kredit . Memberikan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi 2. Dengan fasilitas ini transaksi penyetoran dan penarikan dapat dilakukan dari dan ke seluruh Kantor Cabang/ Kantor Kas BANK JATIM karena BANK JATIM sudah On Line ke seluruh Kantor Cabang. Kartu ATM BANK JATIM dapat digunakan untuk transaksi penarikan tunai. Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas. listrik. 2.3 Produk-produk Bank Jatim 1. Kartu ATM BANK JATIM juga tergabung dalam jaringan ATM Bersama dengan fasilitas yang dimiliki antara lain berupa penarikan tunai. ATM BANK JATIM Anda dapat menggunakan kartu ATM BANK JATIM sebagai sarana transaksi Anda 24 jam sehari. Saat ini kartu ATM BANK JATIM juga dapat berfungsi sebagai kartu debit. Tabungan SIKLUS (Tradisi Keluarga Sejahtera) Manfaatkan berbagai fasilitas dan keuntungan tabungan SIKLUS (Tradisi Keluarga Sejahtera) yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan ganda badi anda dalam melakukan transaksi perbankan sesuai keinginan kami untuk selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.2. PBB. KEUNTUNGAN 1. Bunga tabungan dihitung berdasarkan saldo harian 3. SMS Banking dan transfer antar rekening BANK JATIM. air.

serta Cek Saldo. Kartu ATM BANK JATIM dapat digunakan untuk transaksi penarikan tunai. 3. SMS Banking dan transfer antar rekening BANK JATIM. PBB. Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas. listrik. KEUNTUNGAN 1. ATM BANK JATIM Anda berhak untuk mendapatkan kartu ATM BANK JATIM sebagai sarana transaksi Anda 24 jam sehari. antar rekening sesama anggota ATM Bersama dan ATM Prima. . Dengan fasilitas ini transaksi penyetoran dan penarikan dapat dilakukan dari dan ke seluruh Unit Kerja BANK JATIM sebab BANK JATIM sudah On Line ke seluruh Kantor Cabang. 3. Tabungan SIMPEDA (Simpanan Pembangunan Daerah) Manfaatkan berbagai fasilitas dan keuntungan tabungan SIMPEDA yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan ganda bagi Anda dalam melakukan transaksi perbankan sesuai keinginan kami untuk selalu mengutamakan kepuasan pelanggan. 3. Memberikan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi Bunga tabungan dihitung berdasarkan saldo harian Tabungan SIMPEDA dapat dijadikan jaminan kredit Tabungan SIMPEDA berhadiah yang diundi 3 x dalam setahun yaitu tingkat Regional dan tingkat Nasional. TabunganKu TabunganKu adalah tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh bank .BANK JATIM dapat menggunakan layanan debit untuk setiap transaksi ditempat tempat yang berlogo Prima 2. 4.bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. FASILITAS 1. pembayaran telepon. 11 milyar yang diundi sebanyak 3 x dalam satu tahun yaitu 2 x untuk tingkat Nasional dan 1 x untuk tingkat Regional. Undian tabungan SIMPEDA Setiap penabung SIMPEDA yang memenuhi syarat diikutsertakan dalam undian tabungan SIMPEDA dengan hadiah yang sangat menarik sebesar Rp. 2. On Line / Realtime Merupakan salah satu bentuk kemudahan yang kami berikan kepada para pelanggan. 2. air.

2. Bunga dibayarkan setiap bulan pada tanggal 16. 4. Fasilitas • • • • • • • Penyetoran dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang/ Cabang Pembantu/ Kantor Kas karena BANK JATIM telah On . Deposito DEPOSITO BERJANGKA Deposito berjangka merupakan salah Satu diantara jenis simpanan yang mempunyai spesifikasi yang tidak dimiliki oleh produk simpanan lainnya. Tabungan Haji Dengan Tabungan Haji BANK JATIM. Tanpa biaya administrasi bulanan. Tabungan Haji BANK JATIM juga memberikan kemudahan dan perasaan aman di hati dalam menunaikan ibadah haji.Line System BANK JATIM sudah tergabung dengan jaringan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Departemen Agama (on-line) Diprioritaskan untuk mendapatkan porsi haji jika saldo tabungan telah mencukupi sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Departemen Agama Merupakan langkah yang paling mudah dan tepat bagi anda untuk memenuhi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Diberikan souvenir yang menarik Jasa manfaat diberikan pada saat penabung akan menunaikan ibadah haji Bebas biaya administrasi bulanan dan penutupan rekening 5. Sehingga spesifikasi inilah yang memberikan keuntungan bagi anda yaitu berupa pilihan jangka waktu dan suku bunga yang pasti akan sesuai dengan yang anda pilih. JANGKA WAKTU Anda dapat memilih waktu yang sesuai dengan kekinginan anda : • • • Jangka waktu 1bulan Jangka waktu 3bulan Jangka waktu 6bulan .KEUNTUNGAN 1. 3. keteguhan hati anda menyambut dan memenuhi panggilan Ilahi menuju tanah suci Mekkah Al Mukaromah semakin mantap. Bunga dihitung berdasarkan saldo harian. .

dan bunga Deposito berjalan hapus.000.• Jangka waktu 12bulan Masing-masing jangka waktu memberikan keuntungan tersendiri dengan suku bunga kompetitif yang menarik. Cukup menggunakan Cek/Bilyet Giro atas Rekening Giro Bank Jatim yang telah disediakan. UNTUK JAMINAN KREDIT Anda perlu tambahan modal usaha. Produk ini banyak memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam setiap transaksi keuangan anda.Deposito Berjangka dapat dibuka dengan mata uang rupiah & valas (USD) Apabila Deposito Berjangka dicairkan sebelum jatuh tempo. SIM. keuntungan yang diperoleh lebih besar jika Deposito Berjangka anda nominalnya semakin besar. anda akan memperoleh buku Cek dan Bilyet Giro sebagai sarana untuk melakukan transaksi bersama mitra bisnis anda.. Dengan Deposito Berjangka Otomatis (ARO) akan lebih praktis dan hemat waktu.000. DEPOSITO BERJANGKA OTOMATIS (ARO) Anda tidak perlu datang ke kantor Bank untuk memperpanjang jangka waktu bila Deposito Berjangka sudah jatuh tempo. Sebagai usahawan. PERSYARATAN MUDAH • • • • • Anda cukup mengisi formulir permohonan yang telah disediakan Lampirkan foto copy Identitas diri (KTP. Papor/lainnya) yang masih berlaku Setoran minimal Deposito Berjangka sebesar Rp 1. Dengan Rekening Giro Bank Jatim.000. 6. Deposito Berjangka dapat digunakan sebagai jaminan kredit di Bank Jatim sesuai ketentuan yang berlaku. untuk kebutuhkan transaksi sehari-hari tentu lebih aman bila tanpa harus membawa uang tunai ke mana-mana. Oleh karena itu Deposito Berjangka Bank Jatim sangat tepat sebagai Simpanan Berjangka bagi perorangan maupun perusahaan. KEUNTUNGAN GANDA Keuntungan dapat anda peroleh jika bunga Deposito Berjangka yang anda terima setiap bulan dimasukkan ke Rekening Tabungan Bank Jatim yang telah dan sebaiknya anda miliki. . Giro Rekening GIRO Merupakan produk simpanan bank yang sudah lama dikenal masyarakat. maka akan dikenakan penalty sebesar Rp 50.

100. 5. Penerimaan Uang 1. jumlah uang dikirim.Mengisi dan menandatangani aplikasi penerimaan uang dan menyerahkan buktiidentitas yang masih berlaku.000. dan tentunya keuntungan anda adalah prioritas kami. Biaya administrasi ATM per bulan Rp. 100.4 TRANSAKSI BANK JATIM PERSYARATAN 1. Setoran anda juga bisa berupa Cek/Bilyet Giro melalui kliring atau pemindahbukuan. Biaya administrasi per bulan Rp.(non ATM) 8. Bebas melakukan penyetoran dan pengambilan tunai. negara asal transfer dan nomor referensi pengiriman.5. 50. 2.- Persyaratan : Pengiriman Uang 1.000.Menyerahkan dana (valuta rupiah) dan asli bukti identitas yang masih berlaku.000. Setoran pertama minimal Rp.6. 2.Jasa GIRO Kami memberikan Jasa Giro secara bersaing.000. Setiap bulan rekening Giro anda dikenakan biaya administrasi yang sangat ringan. 3.Mengisi dan menandatangani aplikasi pengiriman uang. Mengisi formulir data nasabah (CIF) 2. Setoran selanjutnya minimal Rp. .000. Bank Jatim sudah On-line di seluruh Cabang/ Cabang Pembantu dan Kantor Kas..7. Mengisi formulir permohonan rekening tabungan 3. Saldo yang tersisa setiap dilakukan pengambilan minimal Rp. Kemudahan Rekening Giro Bank Jatim 1. 3. Fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar/lainnya) yang masih berlaku 4.Memberitahukan data transfer kepada Penerima yang meliputi nama Pengirim. 2. 4. 3.

1 KESIMPULAN Dari terbuatnya makalah ini kami telah menyimpulkan bahwa bank adalah badan usaha yang menghimpun dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. 3. BAB III PENUTUP 3. jumlah uang dikirim. . 3.Nasabah menerima kiriman uang dalam mata uang rupiah. negara asal transfer dan nomor referensi pengiriman (diperlukan hanya untuk kondisi tertentu).2. nama Pengirim.2 Saran Kami memaklumi bahwa makalah kami ini memeng kurang sempurna maka dari itu kami mengharap kritik dan saran dari pembaca jadi jika ada salah informasi atau salah tulis kami memohon maaf karena manusia tidak ada yang sempurna dan kesempurnaan hanya dimiliki oleh oleh Allah swt maka dari itu kami meminta kritik dan saran dari pembaca agar makalah kami ini menjadi makalah yang sempurna.Mengetahui data transfer yang meliputi nama Penerima.

MAKALAH EKONOMI PERBANKAN .

SMA AL-ISLAM KRIAN .

INUN FITRIANI (14) 4. MARINI CANDRA M. DWI MARGA LESTARI (06) 2.MAKALAH EKONOMI PERBANKAN DISUSUN OLEH: KELAS X-01 1. FENI ATIK CAHYANTI (08) 3. SISKA YULIANENGSEH (35) .A (17) 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful