Standar Kompetensi: 3.

Menggunakan sifat dan aturan geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang; jarak; sudut; dan volume. Aspek: Geometri Kompetensi Dasar: 3.2 Menggunakan abstraksi ruang untuk menggambar dan menghitung jarak dan sudut antara. Indikator: Mengambar irisan suatu bidang dengan bangun ruang.

1

2 .Melukis Irisan Antara Bidang dan Bangun Ruang dengan Menggunakan Sumbu Afinitas   Sumbu afinitas adalah garis potong antara bidang irisan dengan alas bangun ruang yang diirisnya.  Bidang dapat diperluas. Aksioma yang diperlukan dalam melukis bidang irisan:  Dua titik menentukan garis.  Garis dapat diperpanjang pada kedua ujungnya.

1. 2. Perpanjang garis-garis pada alas bangun ruang sehingga memotong garis pada langkah 2. 3 . 5. Garis yang diperoleh adalah sumbu afinitas. 4. Hubungkan 2 titik baru pada bidang alas bangun ruang. Pilih dua titik pada bidang irisan yang terletak sebidang pada bangun ruang. Lukislah garis yang melalui dua titik tersebut. 3. Lengkapi gambar irisan bidang tersebut.

Q. 2. Lukis garis melalui titik R dan Q. CG. dan R! Jawab: Gambar kubus ABCD. 6. Garis MK adalah sumbu afinitas. Lukis garis melalui P dan K E 4.Contoh: Diketahui kubus ABCD. dan GH. 1. Perpanjang garis DC pada bidang alas kubus sehingga memotong garis RQ. 3.EFGH dengan titik-titik P. Lukislah bidang irisan kubus ABCD. Lengkapi gambar sehingga diperoleh irisan bidang yang melalui titik P. Perpanjang garis DH sehingga memotong garis RQ. Q. 5. Q. Perpanjang garis AD sehingga memotong garis PK. 7. Q dan R A dengan kubus.dan R seperti pada soal.EFGH yang melalui titik P. Tarik garis melalui titik L dan M.EFGH dengan titik-titik P. M L H R F G Q D C K P B 4 . dan R berturut±turut terletak pada pertengahan AB.

Latihan : 1. Lukislah bidang irisan kubus ABCD. dan R! H G E R F Q D C P A B 5 .EFGH yang melalui titik P. Q.

H G E R F Q D S C T P A B 6 .

2. Q. dan R! H G E F R D Q C A P B 7 . Lukislah bidang irisan kubus ABCD.EFGH yang melalui titik P.

H G S E F R K Q D T B L C A P 8 .