PERANG DUNIA PERTAMA

Penyusun:
-Junias Pascal -Komang Ary Sandy -Kyeren Octaviano -M. Catur -M.Fathur Rahman -M. Rizqy -Nur Fajrina -Nur Maftuhah Fairuz -Putri P. -Raditya Yudika P.

Perang Dunia Pertama  Lataar Belakang Penyebab  Tokoh-Tokoh yang Terlibat  Efek dari Perang Dunia 1  Perjanjian Versailles .

Tidak pernah terjadi sebelumnya konflik sebesar ini.The Great War) adalah sebuah konflik dunia yang berlangsung dari 1914 hingga 1918. Perang Besar. dan banyak dari pembunuhan massal berskala besar pertama abad ini berlangsung saat perang ini. baik dari jumlah tentara yang dikerahkan dan dilibatkan. pemboman massal warga sipil dari udara dilakukan. yang mempunyai akar kekuasaan hingga zaman Perang Salib. Empat dinasti. maupun jumlah korbannya. . Gavrilo Princip di Sarajevo. Senjata kimia digunakan untuk pertama kalinya.Latar Belakang Perang Dunia 1 Perang Dunia I (disingkat PDI atau PD1. Perang ini dimulai setelah Pangeran Franz Ferdinand dari AustriaHongaria (sekarang Austria) dibunuh anggota kelompok teroris Serbia. Perang Negara-Negara. Habsburg. Ottoman dan Hohenzollern. Romanov. seluruhnya jatuh setelah perang. juga dinamakan Perang Dunia Pertama.

Latar Belakang Perang Dunia 1 Perang Dunia I menjadi saat pecahnya orde dunia lama. Ia juga menjadi pemicu Revolusi Rusia. menandai berakhirnya monarki absolutisme di Eropa. dan dengan itu pecahnya Perang Dunia II pada 1939. Kekalahan Jerman dalam perang ini dan kegagalan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang masih menggantung yang telah menjadi sebab terjadinya Perang Dunia I akan menjadi dasar kebangkitan Nazi. yang akan menginspirasi revolusi lainnya di negara lainnya seperti Tiongkok dan Kuba. dan akan menjadi basis bagi Perang Dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat. .

dia terpilih lagi menjadi presiden. Perjanjian rahasia tidak diperbolehkan. . Semua bangsa mempunyai kedudukan yang sama. (3).Tokoh Tokoh yg Terlibat 1. Diadakan pengurusan persenjataan. (2). Woodrow Wilson [Amerika Serikat] mengusulkan untuk mengakhiri perang dan menjamin perdamaian dunia supaya melaksanakan kebijakan yang disebut Peace Without Victory yang berisi hal-hal berikut: (1). Partainya sendiri mempunyai slogan untuk kampanye dirinya. yaitu He kept us out of war. Kebijakan itu membuat Woodrow Wilson semakin populer di kalangan rakyat dan pada tahun 1917.

Namun seruanseruan damainya untuk negara-negara yang berperang itu tidak membuahkan hasil.Tokoh Tokoh yg Terlibat Setelah memulai masa jabatan keduanya. Count von Bernstoff. Jerman melakukan perang kapal selam tak terbatas yang turut memakan korban kapal-kapal Amerika. enam kapal Amerika ditenggelamkan. Presiden Wilson langsung mengusir duta besar Jerman untuk Amerika. . Presiden Wilson terus melannjutkan kebijakan netralitasnya. Pada tahun 1917. Tanpa basa-basi lagi. hak-hak tiap negara untuk bebas dan memiliki pemerintahan sendiri: kemerdekaan Polandia. dan memutuskan hubungan dengan negara itu. Dalam pidatonya di Senat .Presiden Wilson menekankan pentingnya Amerika dalam perdamaian dunia dalam prinsip peace without victory . dan penolakan terhadap persekutuan untuk perang. Lalu dalam dua bulan.

Lalu dengan cepat diputuskan bahwa pasukan sukarelawan tidak diperlukan dan angkatan perang diperbesar dengan perekrutan lelaki-lelaki yang mampu. Setelah mengadopsi resolusi perang. Kongres mulai membentuk dan membuat perencanaan untuk memenangkan perang. Segeralah Amerika melakukan mobilisasi massa untuk berperang di Eropa.Tokoh Tokoh yg Terlibat Melihat bahwa Jerman mulai menantang Amerika. Presiden Wilson mendesak konggres untuk menyatakan peran. .

Kebebasan untuk berbicara dan bertindak saat itu sangat dibatasi dalam Espionage and Sedition Act. industri.Tokoh Tokoh yg Terlibat Untuk mendukung hal tersebut. . Undang-undang paling ketat sepanjang sejarah Amerika. mengatur. Tidak pernah terjadi sebelumnya bahwa seluruh aspek kehidupan di Amerika diatur sedemikian ketatnya. Kongres memberi kekuatan lebih luas pada presiden untuk mengontrol. penjualan dan distribusi suplai makanan untuk resimen pasukan. Pajak dinaikkan disemua sisi. perburuhan. semua propfesi dialihkan untuk tujuan kemenangan dalam perang. dan memberi komando pada hal-hal seperti sumber daya alam. Kongres meningkatkan anggaran militer mereka sampai angka milliaran.

.Tokoh Tokoh yg Terlibat 2. Clemencau [Perancis] Georges Clemenceaumerupakan perdana menteri Perancis periode 1906-1909 dan 1917-1920.

Loyd George [United Kingdom] adalah seorang politisi Inggris yang menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris selama Perang Dunia Pertama dari tahun 1916-1922 .Tokoh Tokoh yg Terlibat 3.

. Oleh karena itu.Efek dari PD1 Bidang Politik:  Terjadinya perubahan teritorial. serta terjadi krisis ekonomi (melaise) Bidang Sosial  Timbulnya paham Materialisme dan terjadi gerakan buruh serta munculnya undang-undang social. Bidang Kerohanian  Perang menimbulkan perasaan takut dan khawatir. daerah jajahan Jerman dikuasai sekutu. Bidang Ekonomi  Terjadi kekacauan ekonomi dan terjadi Nasionalisme ekonomi.  Berkembangnya paham-paham baru seperti Fasisme. Demokrasi dan Diktatorisme. bangsa-bangsa menginginkan adanya organisasi perdamaian dunia agar dapat terbebas dari perasaan takut. Nasionalisme.

Setelah enam bulan negosiasi melalui Konferensi Perdamaian Paris. perjanjian ini akhirnya ditandatangani sebagai tindak lanjut dari perlucutan senjata yang ditandatangani pada bulan November 1918 di Compigne Forest. yang mengakhiri perseturuan sesungguhnya. harus melakukan perbaikan-perbaikan pada negara-negara tertentu yang tergabung dalam Sekutu.Perjanjian Versailles Perjanjian Versailles (1919) adalah suatu perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. . melalui aturan dari pasal 231-247. Salah satu hal paling penting yang dihasilkan oleh perjanjian ini adalah bahwa Jerman menerima tanggung jawab penuh sebagai penyebab peperangan dan.

Pelepasan koloni seberang lautan dan afrika milik Jerman 4.Perjanjian Versailles Isi dari Perjanjian Versailles adalah sebagai berikut: 1. Jerman menerima tanggung jawab penuh sebagai penyebab peperangan melalui aturan pasal 231-247 harus melakukan perbaikan di negara-negara di dunia 2. Penyerahan sebagian wilayah Jerman kepada beberapa negara tetangga 3. Pembatasan pasukan militer milik Jerman yang diharap menghambat Jerman kembali perang Akibatnya Jerman protes karena tidak diperkenankan ambil bagian dalam perjanjian ini. .

The End ‡ tamat .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful