PRAKTIKUM INSTRUMENTASI SENSOR CAHAYA (ALARM CAHAYA

)

Oleh :
FEBRYAN ANGGRIEAWAN PUTRA 05081006012

TEKNOLOGI PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA INDRALAYA 2010

Dari hari ke hari kecanggihan teknologi membuat manusia menjadi mudah dalam melakukan aktivitas bahkan mungkin manusia akan menjadi malas karena terus menerus dipermudah. Praktikum kali ini adalah membuat rangkaian sensor cahaya menggunakan LDR dengan tujuan mendapat pembelajaran mandiri mengenai rangkaian elektronika. Salah satu elemen sensitive cahaya adalah sensor cahaya. Komponen – komponen elektronik pun diciptakan untuk memanfaatkan energi cahaya tersebut. Salah satu perkembangan di bidang elektronik yaitu pemanfaatan energi cahaya. Rangkaian sensor cahaya ini menggunakan aplikasi LDR sebagai sensornya. Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut. Idealnya satu foton dapat membangkitkan satu elektron. Alat ini melebihi sensitivitas mata manusia terhadap semua spectrum warna dan juga bekerja dalam daerah-daerah ultraviolet dan infra merah. Prinsip kerja alat ini adalah mengubah energi dari foton menjadi elektron. missal elemen – elemen sensitive cahaya.BAB I PENDAHULUAN 1. bidang elektronika pun juga mengalami perkembangan banyak sekali industri melakukan pekerjaan dengan pengendalian secara otomatis walaupun juga ada yang masih manual atau juga menghasilkan benda .benda yang semakin kecil dan memilki daya yang lebih bagus.1 Latar Belakang Kemajuan teknologi semakin hari terus menunjukkan peningkatan. LDR bekerja saat keaadan gelap dan berhenti saat keadaan terang . Sensor cahaya adalah alat yang digunakan untuk merubah besaran cahaya menjadi besaran listrik.

Untuk mengetahui cara kerja sensor cahaya LDR dalam sebuah rangkaian. Manfaat Alat 1. 3. dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: a) b) Bagaimana bentuk gambar rangkaian sensor cahaya? Bagaimana cara kerja dari gambar rangkaian tersebut? 1. 1. Mampu membuat rangkaian sensor cahaya dengan LDR sebagai sensornya.Penggunaan praktis alat sensitif cahaya ditemukan dalam berbagai pemakaian teknik seperti halnya :  Tabung cahaya atau fototabung vakum (vaccum type phototubes). Contohnya adalah sel matahari (solar cell). Dari latar belakang di atas.  Sel-sel foto tegangan (photovoltatic cells). juga disebut tahanan cahaya (photo resistor) atau tahanan yang bergantung cahaya (LDR-light dependent resistor).2 Rumusan Masalah Dalam praktik perancangan dan pembuatan rangkaian ini rangakaian tersebut harus dapat dipahami cara kerjanya oleh pratikum. Mengaplikasikan komponen-komponen elektronika sesuai fungsinya 2. 2. . Tujuan Dari Pembuatan Alat 1.  Sel-sel fotokonduktif (photoconductive cell). Mempelajari cara pembuatan rangkaian sensor cahaya secara sederhana.3 Tujuan dan Manfaat Penulisan 1.

oleh energi cahaya. Memahami sistem kerja rangkaian yang memakai sensor khususnya sensor cahaya. Mempermudah pekerjaan manusia yang digantikan BAB II LANDASAN TEORI .2. 3.

maka hambatan akan kecil dan bila cahaya gelap maka hambatan besar. Dalam keadaan gelap resistansi LDR sekitar 10 MΩ dan dalam keadaan terang sebesar 1 KΩ atau kurang. Prisip kerja alat ini adalah mengubah energi dari foton menjadi elektron. Artinya resistensi bahan telah mengalami penurunan. Atau dengan kata lain.Sensor cahaya adalah alat yang digunakan untuk merubah besaran cahaya menjadi besaran listrik. Komponen ini akan berjalan apabila berada ditempat yang menjadi pulsa pulsa sinyal listrik. Sensor cahaya sangat yang digunakan pada praktikum ini adalah LDR (Light Dependent Resistor). Prinsip kerja dari LDR adalah resistansi LDR akan berubah seiring dengan perubahan intensitas cahaya yang mengenainya. dan jika intensitas cahaya yang diterimanya besar maka sinyal pulsa yang dihasilkan akan tidak ada. Fotoresistor atau Light Dependent Resistor (LDR) ketika dikenai cahaya akan berubah resistansinya. Semakin kecil intesitas cahaya yang diterima maka sinyal pulsa listrik akan baik. Dengan bahan ini energy dari cahaya yang jatuh menyebabkan lebih banyak muatan yang dilepas atau arus listrik meningkat. LDR terbuat dari bahan semi konduktor seperti cadmium sulfide. jika cahaya terang. ♪ LDR (Light Dependent Resistor) LDR (Light Dependent Resistor) adalah merupakan komponen yang peka cahaya. .

Saklar otomatis dan alarm pencuri adalah beberapa contoh alat yang menggunakan LDR. ada yang beberapa Ω (ohm) di belakang koma sampai beberapa MΩ (mega ohm) di depan koma. Resistor adalah salah satu komponen pasif yang berfungsi sebagai penahan atau penghambat adanya arus atau tegangan yang masuk pada rangkaian secara berlebihan. diperlukan agar tegangan jatuh yang tepat bias mengoperasikan transistor dan IC dengan sempuna. Rating dayanya sangat penting. sebab rating daya menunjukkan daya maximum yang bisa . • Karakteristik utama resistor yang perlu diketahui: Harga resistansinya Rating Dayanya Harga resistansi ini dapat dilihat dari kode warnanya. ♪ Resistor Resistor merupakan komponen yang paling sering digunakan dalam rangkaian – rangkaian elektronika. Resistor dengan harga yang teapt. Selain itu juga resistor merupakan suatu komponen pengatur tegangan dan alat pendeteksi sinyal yang mengatur jalannya operasi rangkaian.Sensor cahaya LDR LDR digunakan untuk mengubah energy cahaya menjadi energy listrik.

disipasi dayanya. Resistor yang paling umum digunakan dalam rangkaian elektronika adalah resistor tipe komposisi karbon. Disipasi artinya besar daya yang akan di buang. Lambangnya : . Resistor  Besarnya nilai dari sebuah resistor dinyatakan dalam satuan ohm (Ω). Pada umumnya nilai-nilai resistor tersebut ada yang langsung dituliskan pada badan resistor dan ada pula yang dituliskan dalam bentuk kode warna yang berbentuk gelang-gelang. pengaruh kondisi lingkungan dan umumnya. Tabel Kode Warna Resistor . harga resistansinya. Untuk memiliih resistor dalam pemakaian apapun dibutuhkan berbagai macam pertimbangan yatiu:  Ukuran fisiknya. perubahan resistansi terhadap frekuensi dan tegangan jatuh. cara pemasangan dan penyambungannya pada rangkaian. bentuknya.didisipasikan tanpa menimbulkan panas yang berlebihan yang mungkin dapat menyebabkan kerusakan akibat terbakar. ketahanan sebagai beban.

3. 10. 7. 5.No 1. . 11. 6. 9. Warna Hitam Coklat Merah Jingga Kuning Hijau Biru Ungu Abu-Abu Putih Emas Perak Angka 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 - Angka 2 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 - Pengali 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 10-1 10-2 Toleransi ±5% ± 10 % Biasanya penandaan dengan gelang terdiri dari 4 buah gelang yang dapat dibaca yang dimulai dari gelang pertama. dimana urutannya adalah sebagau berikut : ♪ Gelang 1 : menunjukkan angka pertama Gelang 2 : menunjukkan angka kedua Gelang 3 : menunjukkan pengali ( banyaknya nol setelah angka yang kedua) Gelang 4 : menunjukkan toleransi. 12. Sebagai rangkuman. warna emas 5 % dan perak 10 %. 2. 4. Telah disinggung juga sedikit tentang arus bias yang memungkinkan elektron dan hole berdifusi antara kolektor dan emitor menerjang lapisan base yang tipis itu. prinsip kerja transistor adalah arus bias base-emiter yang kecil mengatur besar arus kolektor-emiter. Bagian penting berikutnya adalah bagaimana caranya memberi arus bias yang tepat sehingga transistor dapat bekerja optimal. 8. Transistor Pada tulisan tentang semikonduktor telah dijelaskan bagaimana sambungan NPN maupun PNP menjadi sebuah transistor.

yang mana kolektor dan emitor sebagai penghubung untuk pemutus (short) atau sebagai pembuka rangkaian. sinyal inputnya adalah 1 atau 0 ini selalu dipakai pada basis transistor. Transistor biasanya dibuat dari bahan silikon atau germanium. Memberikan tegangan negatif atau 0 V dari . hubungan kolektor ke emitter terhubung singkat. Tiga kaki yang berlainan membentuk transistor bipolar adalah emitor. panah emitor berlawanan arah).Transistor bipolar biasanya digunakan sebagai saklar elektronik dan penguat pada rangkaian elektronika digital. yang menyebabkan menyebabkan transistor aktif (on). Gambar dan Simbol Transistor NPN dan PNP Pada rangkaian elektronik. basis dan kolektor. Aturan/prosedur transistor sebagai berikut: • Pada transistor NPN. memberikan tegangan positif dari basis ke emitor. Transistor memiliki 3 terminal. Gambar di bawah memperlihatkan bentuk dan simbol untuk jenis NPN. Mereka dapat dikombinasikan menjadi jenis N-P-N atau P-N-P yang menjadi satu sebagai tiga kaki transistor. (Pada transistor PNP.

dan sebagai pengendali masukan untuk sirkuit elektronik. sehingga potensiometer membuka sakelar saat penyapu berada pada posisi terendah. misalnya sebagai sensor joystick. . Sebagai contoh. Potensiometer jarang digunakan untuk mengendalikan daya tinggi (lebih dari 1 Watt) secara langsung.basis ke emitor menyebabkan hubungan kolektor dan emitor terbuka. Potensiometer biasanya digunakan untuk mengendalikan peranti elektronik seperti pengendali suara pada penguat. Potensiometer yang dioperasikan oleh suatu mekanisme dapat digunakan sebagai transduser. Potensiometer digunakan untuk menyetel taraf isyarat analog (misalnya pengendali suara pada peranti audio).Potensiometer yang digunakan sebagai pengendali volume kadang-kadang dilengkapi dengan sakelar yang terintegrasi. jadi secara tidak langsung mengendalikan kecerahan lampu. ♪ Potensiometer Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel. potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat. Dan memberikan tegangan positif atau 0 V dari basis ke emitor ini akan membuat transistor mati (off). memberikan tegangan negatif dari basis ke emitor ini akan menyalakan transistor (on ). sebuah peredup lampu menggunakan potensiometer untuk menendalikan pensakelaran sebuah TRIAC. Jika hanya dua terminal yang digunakan (salah satu terminal tetap dan terminal geser). yang disebut transistor mati (off) • Pada transistor PNP.

Gambar potensiometer ♪ Project Board Project board ini sama halnya dengan PCB yang digunakan untuk meletakkan komponen menjadi suatu rangkaian. Gambar project board ♪ Kapasitor . Hanya saja. Selain itu kita juga harus mengetahui aliran dari lubang – lubang yang tersedia. Seringkali terminal ketiga yang tidak digunakan disambungkan dengan terminal penyapu untuk mengurangi fluktuasi resistansi yang disebabkan oleh kotoran. project board ini sedikit lebih sulit untuk merangkai komponennya karena papan ini tidak bergambar seperti halnya PCB yang sudah tercetak sehingga rangkaian dapat mudah dibuat.Potensiometer terbuat dari suatu lapisan karbon tipis. Potensiometer tiga terminal dapat digunakan sebagai resistor variabel dua terminal dengan tidak menggunakan terminal ketiga.

adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik. kebanyakan berbentuk bulat pipih berwarna coklat. hijau dan lainnya seperti tablet atau kancing baju. merah. sehingga digunakan: . Satuan dari kapasitansi kapasitor adalah Farad (F). Kapasitor (capacitor) ataupun sebaliknya yang pada ilmu elektronika disingkat dengan huruf (C). tidak mempunyai kutub positif atau negatif pada kakinya. Lambang kondensator (mempunyai kutub) pada skema elektronika. dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Namun Farad adalah satuan yang terlalu besar. Kapasitor memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. • Sedangkan jenis yang satunya lagi kebanyakan nilai kapasitasnya lebih rendah. Lambang kapasitor (tidak mempunyai kutub) pada skema elektronika. ♪ Kondensator diidentikkan mempunyai dua kaki dan dua kutub yaitu positif dan negatif serta memiliki cairan elektrolit dan biasanya berbentuk tabung.

• • • Pikofarad (pF) = Nanofarad (nF) = Microfarad ( )= Kapasitansi dari kapasitor dapat ditentukan dengan rumus: C : Kapasitansi ε0 : permitivitas hampa εr : permitivitas relatif A : luas pelat d :jarak antar pelat/tebal dielektrik Adapun cara memperbesar kapasitansi kapasitor dengan jalan: 1. Memperluas permukaan variabel. 3. Speaker bergerak sesuai dengan variasi sinyal listrik dan . 2. Memakai bahan dengan daya tembus besar. Menyusunnya berlapis-lapis. ♪ Speaker Speaker adalah electroacoustic transduser yang mengubah suatu listrik sinyal menjadi suara.

BAB III PEMBAHASAN 3.menyebabkan gelombang suara untuk disebarkan melalui media seperti udara atau air. Speaker merupakan unsur yang paling penting dalam sistem audio modern dan biasanya bertanggung jawab atas sebagian besar distorsi dan perbedaan pendengaran ketika membandingkan sistem suara.1 Gambar Rangkaian Gambar Blok Diagram Rangkaian Alarm Cahaya Kondisi Terang Tegangan 0 Speaker Tidak berbunyi .

LDR (Light Dependent Resistor) adalah komponen elektronika yang pada dasarnya mempunyai sifat yang sama dengan resistor. Rangkaian sensor diatas menggunakan LDR sebagai alat perasa perubahan intensitas cahaya. Speaker ini berfungsi untuk menimbulkan suara jika LDR tidak terkena cahaya.Gelap 3. Rangkaian diatas merupakan rangkaian sensor cahaya yang sederhana.07 Berbunyi (5. speaker tidak akan berbunyi. sedangkan jika terkena cahaya.3 Cara Kerja Rangkaian Pada rangkaian alarm cahaya ini menggunakan speaker sebagai outputnya.6 K Ω) Resistor 6 (1 K Ω) (100 K Ω) (50 µF) (220 µF / 10 V) (FCS 9012 H) (EC 103 D) (Cds 05) (8 Ω / 2”) TR 1 & 3 (FCS 9014 D) 10 TR 2 11 SCR 12 LDR 13 SP 15 Kabel 16 Baterai 14 Project Board (6 V) 3. Rangkaian diatas bisa .2 Daftar Komponen 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Resistor 1 (47 KΩ) Resistor 2 (330 Ω) Resistor 3 (150 Ω) Resistor 4 & 5 VR C1 C2 0. hanya saja nilai resistansi dari LDR berubah-ubah sesuai dengan tingkat intensitas cahaya yang diterimanya.

Kita hanya perlu mengetahui bagaimana komponen dapat bekerja dan tidak salah dalam penghubungan komponen. Karena yang kami buat hanya skala kecil. Jadi.digunakan untuk alarm anti maling atau lainnya. Mungkin anda bisa memanfaatkan sensor infra merah atau komponen sensor yang lain. Cahaya infra merah bisa anda dapatkan dengan membuat rangkaian pemancar infra merah yang terdiri dari led infra merah yang berfungsi sebagai pengahasil cahaya infra merahnya. maka alarm akan berbunyi. Hal ini dikarenakan nilai resistansi LDR akan naik apabila intensitas cahaya semakin gelap. Hambatan Intensitas Cahaya . maka kita hanya perlu menyalakan lampu dan mengaktifkan alarm cahaya. mungkin untuk diterapkan di rumah bisa ditambahkan amplifier agar suara yang dihasilkan lebih kuat. Selanjutnya tergantung intensitas cahaya yang diberikan terhadap LDR. Sebagai catatan anda bahwa sensor cahaya yang menggunakan LDR sebagai komponen peng-indra atau perasa mempunyai respon yang relatif lambat. Sehingga jika anda ingin membangun rangkaian yang mempunyai respon yang cepat seperti untuk penghitungan pada rangkaian counter maka LDR tidak cocok untuk digunakan. Dan jika ada maling yang mematikan lampu untuk menutupi kejahatannya. jika kita meninggalkan rumah. Prinsip kerja dari rangkaian sensor cahaya diatas sebenarya sangat sederhana.

B. 3. Kesimpulan 1. Dapat digunakan sebagai anti maling (alarm maling). . Tahanan LDR akan membesar jika tidak terkena cahaya terang dan sebaliknya. Saran Sebaiknya dalam membuat rangkaian harus dimengerti dahulu fungsi komponen dan letaknya masing – masing agar rangkaian yang dibuat dapat berfungsi dengan baik. tahanan LDR mengecil akan membesar jika terkena cahaya 2.BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN A. Rangkaian pendeteksi cahaya akan bekerja apabila sensor cahaya LDR tidak terkena cahaya atau ditempat gelap. .

Prinsip-Prinsip Elektronika. Diakses pada 15 November 2010: Pukul 20.google.com.35 WIB http//www. 1985.DAFTAR PUSTAKA http//www. Komponen Elektronika. Jakarta: Erlangga .wikipedia. Jilid 1.15 WIB Malvino.com.Sensor Cahaya. Diakses pada 15 November 2010: Pukul 21. Albert Paul.

LAMPIRAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful