P. 1
ALAT PELINDUNG DIRI

ALAT PELINDUNG DIRI

|Views: 714|Likes:
Published by rizqi_amaliyah

More info:

Published by: rizqi_amaliyah on Apr 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2012

pdf

text

original

POKOK BAHASAN KE -3

ALAT PELINDUNG DIRI (APD)
1

CARA MENGENDALIKAN BAHAYA LINGKUNGAN KERJA BAIK BAHAYA FISIK MAUPUN BAHAYA KIMIAWI
´ Pengendalian

secara teknik (Mechanical/Engineering Control) ´ Pengendalian secara administratif (Administrative Control) ´ Alat Pelindung Diri (Personal Protective Equipment)

2

tetapi kadang-kadang secara pengalaman tidak selalu bisa diterapkan di perusahaan-perusahaan.PENGENDALIAN SECARA TEKNIK ´ Adalah cara pengendalian yang paling efektif dan merupakan alternatif pertama yang dianjurkan. contohnya: desain dari sistem ventilasi yang salah. 3 .

4. 3.ALAT PELINDUNG DIRI PERLU DIPILIH AGAR DAPAT MEMENUHI BEBERAPA KETENTUAN YAITU : 1. 6. 2. 5. Harus dapat memberikan perlindungan terhadap bahaya yang spesifik oleh pekerja Beratnya harus seringan mungkin Harus dapat dipakai secara fleksibel Bentuknya harus cukup menarik Tidak mudah rusak Tidak menimbulkan bahaya-bahaya tambahan bagi pemakainya 4 .

8.7. Harus memenuhi ketentuan dari standart yang telah ada Tidak terlalu membatasi gerakan dan persepsi sensoris pemakainya Suku cadangnya harus mudah diperoleh sehingga pemeliharaan alat pelindung diri dapat dilakukan dengan mudah 5 . 9.

TERDAPAT 3 HAL PENTING YANG PERLU DIKETAHUI DAN DIPERTIMBANGKAN. sejauh manakah tingkat dari bahaya tersebut? Untuk ini perlu identifikasi bahaya melalui pengukuran di tempat kerja dan analisis di Lab Sejauh manakah perlindungan dibutuhkan oleh pekerja atau alat pelindung apa yang harus dipakai oleh pekerja? 6 . Apakah di tempat kerja dijumpai bahaya yang harus memakai APD? Bila YA.DENGAN MEMAKAI ALAT PELINDUNG DIRI. YAITU : 1. 2.

Bagaimanakah seseorang dapat menjamin bahwa APD tidak hanya dipakai tetapi digunakan secara tepat oleh pekerja? Dalam hal ini masalah kenyamanan dan kepercayaan pekerja terhadap APD yang disediakan oleh perusahaan akan menentukan dipakai tidaknya APD tersebut. 7 .3.

YANG WAJIB MEMAKAI APD BILA MEMASUKI SUATU TEMPAT KERJA YANG BERBAHAYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT: ´ ´ ´ ´ Pekerja Pimpinan perusahaan Pengawas Kepala bagian atau siapa saja yang akan memasuki tempat kerja 8 .

KEWAJIBAN PENGURUS DAN TENAGA KERJA DALAM MEMAKAI APD TELAH DIATUR DALAM UU NO. YAITU : ´ Pasal 9 ayat 1 sub 6 ´Pengurus diwajibkan menunjukkan dan menjelaskan kepada tenaga kerja baru tentang alat-alat pelindung diri bagi tenaga kerja yang bersangkutanµ ´ Pasal 9 ayat 2 ´ Pengurus hanya dapat memperkerjakan tenaga kerja yang bersangkutan setelah ia yakin bahwa tenaga kerja tersebut telah memahami syarat-syarat tersebut diatasµ 9 . 1 TAHUN 1970 TENTANG KESELAMATAN KERJA PASAL 9 DAN PASAL 12.

´ Pasal 12 sub C ´Dengan peraturan perundang-undangan diatur kewajiban dan atau hak tenaga kerja untuk memakai APD yang diwajibkanµ ´ Pasal 12 sub E ´Tenaga kerja berhak menyatakan keberatan kerja pada pekerjaan dimana syarat-syarat keselamatan dan kesehatan kerja serta APD yang diwajibkan diragukan olehnya kecuali dalam hal-hal khusus ditentukan lain oleh pegawai pengawas yang masih dapat dipertanggung jawabkanµ 10 .

MACAM-MACAM ALAT PELINDUNG DIRI 11 .

bahaya kejatuhan benda-benda atau terpukul oleh bendabenda yang melayang di udara d. api dan percikan bahan-bahan kimia korosif 12 .1. ALAT PELINDUNG KEPALA ´ Tujuan : a. panas radiasi. mencegah rambut pekerja agar tidak terjerat oleh mesin yang berputar b. bahaya terbentur oleh benda tajam/keras yang dapat menyebabkan luka gores c.

sangat tahan terhadap benturan atau pukulan benda-benda keras dan tidak menyalur listrik ´ SERAT GELAS (FIBER GLASS) Keuntungannya : sangat tahan terhadap asam atau basa kuat 13 .TOPI PENGAMAN Dapat dibuat dari berbagai bahan : ´ PLASTIK (BAKELITE) Keuntungannya : enak dipakai (karna ringan).

MENURUT BENTUKNYA DAPAT DIBEDAKAN MENJADI 3 YAITU : 1. terbentur dan terpukul oleh benda-benda keras/tajam 2. api. Hood Digunakan untuk melindungi kepala dari bahaya bahanbahan kimia. Safety Helmet Dipakai untuk melindungi kepala dari bahan bahaya kejatuhan. dan panas radiasi yang tinggi. 3. Hair Cap Digunakan untuk melindungi kepala dari kotoran/debu dan melindungi rambut dari bahaya terjerat oleh mesin-mesin yang berputar 14 .

SAFETY HELMET HARUS MEMENUHI KETENTUAN SEBAGAI BERIKUT: ´ ´ ´ ´ ´ ´ Tahan terhadap pukulan/benturan Tidak mudah terbakar Tahan terhadap perubahan cuaca (suhu dan kelembaban udara yang tinggi/rendah) Tidak menghantarkan listrik Ringan dan mudah dibersihkan Bagian dalam dari topi pengaman biasanya dilengkapi dengan anyaman penyangga yang berfungsi untuk menyerap keringat dan juga untuk mengatur pertukaran udara Khusus bagi pekerja tambang dan terowongan. 15 ´ . topi pengaman dilengkapi dengan lampu pada bagian depannya.

.Lekukan yang timbul pada topi tidak boleh melebihi jarak antara topi dan anyaman penyangga.CARA-CARA UNTUK MENGUJI: ´ KEKUATAN Topi pengaman harus tahan terhadap pukulan sebesar 4-8 kg.Topi dipasang pada kepala buatan dan dijatuhkan logam (besi) sebesar 4-8 kg. Caranya : . ´ KEKAKUAN Caranya : bagian tepi dari topi ditekan dengan kekuatan sebesar 90 newton selama 8-10 detik. per ubahan yang terjadi tidak boleh > dari 5 mm 16 .

´ DAYA HAMBAT HANTARAN LISTRIK Caranya : harus dapat menghambat aliran listrik sebesar 2.000 volt (arus bolak-balik) ´ KEBAKARAN Caranya : Topi tidak akan terbakar bila diletakkan pada jarak 80 mm dari sumber api selama 1 menit ´ SUHU Caranya : harus tahan terhadap suhu udara yang tinggi (4850°C) dan suhu udara yang rendah (4-8°C) selama 24 jam 17 .200 .15.

mata manusia telah dilengkapi dengan berbagai pelindung.Otot-otot yang terletak disekitar mata shock absorbers terhadap pukulan . misalnya: . NAMUN. 18 .Kelopak mata menutup secara gerak refleks bila terdapat cahaya yang menyilaukan.Alis mata untuk melindungi mata dari keringat yang mengalir dari atas kepala . ALAT PELINDUNG MATA ´ Secara alami.Bulu mata sebagai tirai pengaman .2. ´natural defenceµ ini tidak dapat melindungi mata dari ´man made environmentsµ seperti radiasi.Tulang untuk melindungi mata dari benturan/pukulan benda-benda keras . bahan kimia dan partikel lain yang melayang dengan cepat.

kemasukan debu/partikel kecil yang melayang di udara. dan benturan benda keras 19 .FUNGSI ´ Alat pelindung mata berfungsi untuk melindungi mata dari percikan bahan-bahan korosif. pemaparan gas-gas/uap yang dapat menyebabkan iritasi pada mata.

cellulose acetat. lensa dilapisi dengan suatu bahan hidrofil atau goggles dilengkapi dengan lubang-lubang ventilasi. ´ Tameng muka 20 . Lensa ini dapat dibuat dari bahan: Plastik (poly carbonat.MENURUT BENTUKNYA DIGOLONGKAN MENJADI: Kaca mata (spectacles) dengan atau tanpa pelindung samping ´ Goggles ´ Kurang disenangi karena selain tidak nyaman alat ini juga akan menutupi mata dengan ketat sehingga tidak terjadi pertukaran udara di dalamnya yang akibatnya lensa dari goggles mudah mengembun. poly carbonat vinyl) yang transparan atau kaca policarbonat jenis plastik yang mempunyai daya tahan yang paling besar terhadap benturan. Untuk mencegah terjadinya pengembunan.

ultra violet) lensa ini dilapisi dengan oksida dari cobal dan diberi warna BIRU atau HIJAU juga untuk mengurangi kesilauan. Sedangkan yang mengion (sinar x) lensa tersebut dilapisi oleh timah hitam (Pb) 21 .´ Untuk melindungi mata dari radiasi elektro magnetik yang tidak mengion (infra merah.

Alat pelindung ini bekerja sebagai penghalang antara sumber bising dan telinga dalam. Selain dapat berfungsi melindungi telinga dari ketulian akibat kebisingan tetapi juga untuk melindungi telinga dari percikan api atau logam-logam yang panas misalnya pada pengelasan Alat pelindung telinga dibedakan menjadi : Sumbat telinga (ear plug) Tutup telinga (ear muff) 22 . ALAT PELINDUNG TELINGA ´ ´ ´ 1.3. 2.

Sintetik 23 .SUMBAT TELINGA (ear plug) ‡ Ukuran dan bentuk dari saluran telinga untuk tiap-tiap individu dan bahkan untuk kedua telinga dari individu yang sama adalah berbeda diameter saluran telinga berkisar 3-14 mm dan umumnya ukuran 5-11 mm.Karet alami . ‡ Ear plug dapat dibuat dari : .Kapas .Malam (wax) . Sedangkan liang telinga berbentuk lonjong maupun bulat.Plastik .

Menurut cara pemakaiannya dibedakan menjadi : Semi insert type ear plug hanya menyumbat liang telinga luar saja 2. Non disposable ear plug dapat dibuat dari karet / plastik yang dicetak (molded rubber/plastics) 24 .´ 1. Insert type ear plug menutupi seluruh bagian dari saluran telinga 3. Disposable ear plug hanya digunakan sekali pakai saja dapat dibuat dari kapas/malam 4.

maka memungkinkan dapat mengakibatkan iritasi kulit pada saluran telinga 25 . tutup kepala dan anting-anting ´ ´ ´ ´ Untuk pemasangan yang tepat.KELEBIHAN EAR PLUG ´ ´ ´ ´ ´ KEKURANGAN EAR PLUG ´ Mudah dibawa karena ukurannya yang kecil Relatif lebih nyaman dipakai di tempat kerja yang panas Tidak membatasi gerakan kepala Harganya relatif murah Dapat dipakai dengan efektif dan tidak dipengaruhi oleh pemakaian kaca mata. diperlukan waktu yang lebih lama dari ear muff Tingkat proteksi yang diberikan oleh ear plug adalah lebih kecil dari ear muff Sulit dipantau oleh pengawas apakah pekerja memakai atau tidak karena ukurannya yang kecil Hanya dipakai oleh pekerja yang telinganya sehat Bila pekerja menggunakannya pada saat kondisi tangan kotor.

 Reaksi yang serupa dapat terjadi pada ear plug sehingga pada pemilihan ear plug disarankan agar memilih yang berukuran agak besar.Tutup telinga (cup) berisi cairan (liquid) dan busa (foam) - Head band Fungsi : menyerap suara yang frekuensinya tinggi Bila pemakaiannya terlalu lama.  26 .TUTUP TELINGA (ear muff) ´ Alat pelindung telinga terdiri dari 2 buah : . efektifitas dari ear muff dapat menurun karena bantalan dari ear muff menjadi keras dan mengkerut sebagai akibat dari reaksi bantalan dengan minyak dan keringat yang terdapat pada permukaan kulit.

KELEBIHAN EAR MUFF ´ KEKURANGAN EAR MUFF ´ ´ ´ ´ ´ ´ Atenuasi suara (besarnya intensitas suara yang direduksi) umumnya lebih besar dari ear plug Satu jenis dari ear muff dapat dipakai oleh semua pekerja dengan ukuran telinga yang berbeda Pemakainya mudah dipantau oleh pengawas Dapat dipakai oleh pekerja yang menderita infeksi telinga ringan Mudah dicari bila hilang karena ukurannya yang lebih besar dari ear plug ´ ´ ´ ´ Tidak nyaman dipakai di tempat kerja yang panas Efektifitas dari ear muff dapat dipengaruhi oleh pemakaian kaca mata. anting dan rambut yang menutupi kepala Penyimpanannya relatif lebih sulit dari ear plug Dapat membatasi gerakan kepala bila digunakan di tempat kerja yang sempit / sangat sempit Harganya relatif lebih mahal dari ear plug Bila dipakai terlalu sering/bila head band yang berpegas sering ditekuk oleh pemakainya. tutup kepala. hal ini akan menyebabkan atenuasi suara dari ear muff menurun 27 .

TUGAS ANDA« ´ Cari gambar APD. dan jelaskan fungsinya di tempat kerja tersebut! 28 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->