Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Keperawatan Kebidanan Universitas Indonesia Timur Komisariat

“METODE PERSIDANGAN”
1. SEBUAH PENGANTAR (BRAINSTORMING) :

 Realitas Manusia dalam Musyawarah  Masalah sebagai substansi sebuah persidangan  Konfrontasi Palu Sidang dan Pimpinan Sidang.
2. SEBUAH KAJIAN TEMATIS (BRAINWHOSING) :

“Metode persidangan” Sentosa

Zulfikar

Interupsi : Pemotongan Pembicaraan Orang Lain Solution : Tawaran Akhir terhadap permasalahan yang berkembang Klarifikasi : Memberikan penjelasan terhadap pernyataan sebelumnya Personality : Komunikasi 2 arah dengan seseorang karena ketersinggungan Order : Pernyataan/asumsi terhadap wacana yang berkembang.3. Walk Out : Sikap keluar dari forum karena ketidaksepakatan pembahasaan sidang i. Aklamasi : Pengambilan keputusan secara lisan dengan berbagai asumsi e.Chaos : Kondisi Forum dalam keadaan kacau karena tidak terorganisir dengan baik. Qourum : Pengambilan keputusan berdasarkan suara terbanyak : Jumlah peserta minimal 50. Votting f. • Bentuk-bentuk Persidangan : .1 % (Quota forum dikondisionalkan) g. SEBUAH REFLEKSI PEMAHAMAN (SEMIDOKTRIN) : • Istilah dalam Persidangan : a. Skorsing : Memberhentikan sidang dalam waktu yang ditentukan c. b. Pending : Memberhentikan sidang dalam waktu yang tidak ditentukan d.

Bentuk Shaf : “Garis Hitam adalah Posisi Pimpinan Sidang” “Metode persidangan” Sentosa Zulfikar .Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Keperawatan Kebidanan Universitas Indonesia Timur Komisariat a.

3 1 3 : . SEBUAH PENEGASAN KOMITMEN (DOKTRINASI) : • Proses Pengambilan Keputusan dengan menggunakan Palu Sidang : Ketukan Palu Sidang Secara Umum menggunkan metode 3 1 3. .Memutuskan dan Menetapkan Hasil-hasil sidang : . hanya digunakan manakala forum dalam keadaan kacau dengan fungsi untuk menetralisir forum.Menskrorsing/Mempending Sidang . Bentuk Tapal Kuda : 4. Bentuk Huruf U : c.b. Bentuk Lingkaran : d.Membuka Sidang .Menutup Sidang Untuk ketukan palu sidang yang lebih.Mengalihkan Pimpinan Sidang Lama ke Pimpinan Sidang Baru : .

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Keperawatan Kebidanan Universitas Indonesia Timur Komisariat “Metode persidangan” Sentosa Zulfikar .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful