BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Hal yang melatarbelakangi penulis untuk mengikuti perjalanan BogorYogyakarta dan Jawa Tengah yang telah berlangsung selama 3 hari adalah untuk Melengkapi Persyaratan Ujian Praktik Bahasa Indonesia.

1.2

Tujuan Penulisan
Tujuan penulis membuat dan menyelesaikan laporan perjalanan ini adalah

untuk mengikuti dan menikmati karya wisata yang terdapat di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Di mana Wisata yang penulis kunjungi penuh dengan pengalaman yang berkesan bagi penulis.

1.3

Metode Penulisan

Penulisan laporan perjalanan ini disusun dengan menggunakan metode karangan berbentuk narasi, karangan yang menceritakan semua hal yang penulis amati dan dapatkan dari karya wisata di Yogyakarta dan Jawa tengah baik berupa pengalaman, kesan, serta hasil-hasil pengamatan penulis.

1

sehingga saya harus menginap di rumah paman yang berada di pemda. kami mulai memasuki daerah brebes. sehingga paman saya mengantarkan saya dengan motornya sampai ke sekolah.30 WIB saya sudah bergegas untuk berangkat ke sekolah.BAB II PEMBAHASAN 2. saya mempersiapkan segala sesuatu yang akan saya bawa dalam perjalanan tersebut dan saya mempersiapkan agar datang ke sekolah tepat pada waktu yang telah ditetapkan untuk berkumpul pada pukul lima pagi. Setelah itu kami langsung menuju bus kelas XI IPA 3. Ketika itu tidak ada angkutan umum yang lewat karena waktunya masih sangat pagi sekali. saya bercanda ria dengan teman-teman.. Di sekolah saya hanya terdiam menunggu teman-teman saya datang ke sekolah. Bus mulai berangkat kembali dan kami semua segera bergegas untuk beraada didalam bus. saya duduk paling belakang karena kursi paling depan adalah kursi buat guru-guru. Dibelakang. ternyata hanya ada beberapa orang saja. Setibanya di sekolah. Kami semua diberi waktu untuk istirahat dan buang air kecil / besar. Pada saat itu. kemudian berdoa kembali.00 sudah banyak teman-teman saya yang berdatangan. Satu hari sebelum saya berangkat ke Yogyakarta dan Jawa Tengah yaitu pada tanggal 30 Juni 2007. Beberapa jam kemudian saya terbangun dan ternyata kami sudah melewati perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sekitar pukul 06. Disana bus yang kami tumpangi berhenti dirumah makan 2 . karena terlalu lelah saya pun tertidur dan ada teman saya yang jahil. Dia mengambil gambar saya ketika tidur.1 Hari Pertama Saya telah mengikuti perjalanan Bogor-Yogyakarta dan Jawa Tengah yang telah berlangsung selama tiga hari pada tanggal 1-3 Juli 2007. saya merasa sedih karena saya akan meninggalkan kota Bogor dan rumah. Didalam bus. Sekitar pukul 07. Pada hari minggu tanggal 1 juli 2007 tepatnya pukul 04. dan tidak lama kemudian bus berhenti di pom bensin. lima belas menit telah berlalu dan pada akhirnya kami semua dikumpulkan dan berbaris sesuai kelas untuk diberi pengarahan dan berdoa. tetapi kebersamaan bersama teman-teman sekelas membuat saya senang. Bus mulai berangkat dan pemberian makanan untuk sarapan dibus sudah di bagikan.00 saya memakan sarapan yang telah dibagikan. paman saya lekas pergi setelah saya berpamitan untuk masuk ke dalam sekolah.

dan makan siang.28 bus berhenti disamping jalan. Saya beserta kawan-kawan sempat bingung karena tiba-tiba berhenti disamping jalan. kami segera turun ke lantai bawah hotel untuk mengikuti sholat isya berjamaah. karena mereka tidak suka dengan kamar hotel yang mereka tempati.PANORAMA untuk istirahat. Sekitar pukul 21. Pada waktu itu saya tidur pada pukul 23.33 kami sudah sampai di parkiran hotel. 3 . karena Ibu Tintin mendapat sms yang berisi bus yang ditumpangi kepala sekolah mogok. bus kembali berangkat. Satu jam sudah berlalu dan akhirnya bus berangkat kembali.30. Sekitar pukul 20. Setelah selesai istirahat. Setelah saya dan teman-teman saya membereskan barang-barang bawaan kami untuk diletakkan di kamar hotel. maka teman saya yang satu tidur di lantai dan yang satunya lagi tidur di tempat tidur teman saya. Saya dan ketiga teman saya langsung pergi mengambil kunci kamar hotel. Tak lama kemudian kami melanjutkan perjalan menuju hotel yang berada di dekat malioboro. dan tidur. sholat. Setelah selesai sholat berjamaah kami langsung menuju kamar hotel untuk beristirahat dan tidur. Pada awalnya satu kamar hanya kami berempat tetapi ada dua orang teman sekelas kami yang ingin ikut dalam kamar kami. Tak lama kemudian bus mampir ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar.35 bus berhenti di pom bensin untuk istirahat sejenak dan buang air kecil. Didalam kamar hotel yang saya tempati terdapat empat tempat tidur. tetapi ada juga teman saya yang bercanda. Sekitar pukul 17. Saya hanya terdiam mendengarkan musik yang berasal dari hp. karena di kamar ada enam orang.

tetapi ada tiga bus yang tertinggal karena ke pom bensin. Disana kami dipandu oleh orang yang berasal dari UGM untuk masuk ke Aula karena akan ada persentasi mengenai UGM. Setelah selesai sholat saya beserta teman-teman pergi ke lantai bawah untuk sarapan pagi. Kemudian kami pergi ke lapangan parkir untuk naik bus dan berangkat ke AAU. Disana acara dimulai dengan menonton film AAU. karena di dalam kamar hotel yang saya tempati tidak ada kamar mandinya. dan mobil bus yang sudah sangat tua. maka saya harus mandi di kamar mandi yang ada di luar dan harus mengantri apabila mau mandi. Dalam acara tersebut saya jadi mengerti bagaimana caranya agar dapat melanjutkan pendidikan saya ke perguruan tinggi tersebut. Akhirnya bus kami sudah sampai di gerbang kedua AAU dan harus melewati pemeriksaan yang sangat ketat.00 dan pada waktu itu saya bergegas untuk mandi pagi.2. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan karbol-karbol dan tanya jawab dengan mereka. mobil truk. Di 4 . Setelah selesai berpoto-poto kami segera masuk ke dalam bus karena kami akan segera menuju Kraton Yogyakarta. Dalam acara ini tanya jawab pun terjadi seperti di AAU.00 kami sudah sampai di fakultas pertanian UGM. Bus kami sudah sampai di depan gerbang AAU. karena banyaknya bus dari SMAN 2 Cibinong yang ingin masuk ke dalam AAU.2 Hari Kedua Tanggal 2 Juli saya terbangun sekitar pukul 05. karena kami sangat mengantuk berada di dalam aula. Setelah puas berkeliling dengan didampingi para karbol. Disana saya melihat pesawatpesawat. kami pun bergegas segera menuju UGM. Kami mulai masuk ke dalam AAU dan saya kaget karena AAU ada di sebelah bandara Adi Sucipto. tetapi kali ini bukan hanya siswa yang bertanya guru-guru dan kepala sekolah pun ikut bertanya. Setelah selesai acara di aula kami diajak untuk berkeliling kampus AAU dengan bus. Setelah itu kami berpoto-poto di depan bangunan Universitas UGM. Setelah itu saya bergegas memakai seragam sekolah karena pada saat itu kami akan mengunjungi AAU. Kami menunggu sangat lama di gerbang kedua AAU ini. Para karbol pun mendampingi kami dengan masuknya para karbol kedalam masing-masing bus. Setelah memakai seragam sekolah saya langsung sholat shubuh berjamaah bersama teman-teman yang ada di kamar. Sesudah acara tersebut saya beserta teman-teman saya pergi ke kamar mandi untuk mencuci muka. Setelah bus sampai di lapangan parkir AAU kami semua turun dan masuk kedalam aula. Sekitar pukul 10.

30. Dengan menyesal kami tidak dapat masuk ke dalam Kraton dan setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke pantai Parang Tritis. tetapi saya menolaknya dengan alasan takut basah. Setelah selesai sholat kami berangkat untuk masuk ke dalam Kraton. tapi ternyata Kraton tersebut sudah tutup karena jam bukanya sudah habis. dan saya langsung menunaikan sholat maghrib berjamaah bersama teman-teman saya. saya segera sholat ashar. Sesampainya di pantai saya melihat air laut yang begitu tinggi. Dan pada akhirnya guru-guru memutuskan untuk segera bergegas ke hotel karena hari sudah sore. Teman-teman mengajak saya untuk berpoto-potonya di bibir pantai. kami pergi ke masjid yang ada di Kraton tersebut untuk menunaikan sholat dzuhur berjamaah. Kami tiba di hotel sekitar pukul 17.47. Di Malioboro saya membeli baju.dalam bus saya melepas pakaian seragam saya dengan menggantinya dengan kaos buatan XI IPA 3. Selanjutnya saya bersama keempat teman saya segera pergi ke Malioboro. Saya melihat banyak sekali orang yang berada di Malioboro. Sesampainya di hotel. sebelum kami memasuki Kraton Yogyakarta. Kami tiba di Kraton Yogyakarta sekitar pukul 12. Sehabis itu saya langsung tertidur dengan nyenyak. Saya dan teman saya segera menuju hotel karena pada waktu itu hari sudah sangat malam. Ada himbauan dari guru kami agar tidak berenang di laut. Saya melihat banyak murid dari kelas lain yang tidak menanggapi himbauan yang sudah dikatakan oleh guru. Saya bersama teman-teman turun dari bus dan jalan menuju pantai. Selain itu juga dikhawatirkan ada anak yang terseret ombak ketika berenang di pinggir laut. Disana kami hanya berpoto-poto saja. Setelah itu saya juga segera mandi karena takut mengantri mandinya. Tak lama kemudian adzan maghrib sudah berkumandang. Kami tiba di pantai tersebut sekitar pukul 14. Perjalanan menuju pantai Parang Tritis lumayan jauh sehingga membuat saya terlelap tidur di dalam bus. Teman-teman pada tertawa dan akhirnya mereka pergi ke bibir pantai untuk berpotopoto.55. dan tas. Sudah beberapa jam saya merasa sangat kelelahan. Setelah selesai mandi. karena ombak air laut yang begitu besar. Mereka ada yang berenang di pinggir laut. 5 . dan angin yang berhembus dengan kencang. celana. Saya sendiri hanya menjaga sepatu dan tas mereka. Sesampainya di hotel saya langsung menunaikan sholat isya. Kemudian kami turun ke lantai bawah hotel untuk makan malam. saya menunggu adzan maghrib.

saya dan teman-teman menunggu guru-guru datang.13 kami sudah sampai di 6 . Sekitar pukul 07. Di ketep pass saya beserta teman-teman membeli jagung bakar sambil dudukduduk di kursi dan melihat pemandangan yang indah. Di sana saya dan teman-teman berpoto-poto di sekitar daerah tersebut.3 Hari Ketiga Pada tanggal 3 Juli hari selasa. saya merasa senang karena bisa meliha-lihat pemandangan dari atas. Saya turun dari bus dan duduk-duduk di tempat penjual kerajinan tangan. Perjalanan dari Ketep Pass menuju Borobudur tidaklah jauh seperti dari Kasongan ke Ketep Pass. Setelah bus kami sampai di puncak Ketep Pass. Tetapi di dalam bus udaranya sangatlah panas karena AC bus dimatikan. Hampir semua penduduk di daerah tersebut menjual kerajinan tangan. kami segera turun dan membeli barang-barang dagangan yang berupa kerajinan tangan yang terbuat dari tanah merah. Setelah selesai menonton kami segera sholat dzuhur berjamaah. Setelah itu kami anak IPA dipanggil oleh guru untuk menonton film dan mengelilingi museum.17.00.2. Setelah berdoa. Disana saya melihat banyak sekali pedagang yang menjual barang dagangannya berupa kerajinan tangan. Kami tiba di sana pada pukul 11. Pejalanan menuju Ketep Pass sangatlah jauh. Setelah bus kami terparkir. Saya sendiri hanya membeli sebuah hiasan dinding. kami segera bergegas ke bus sambil membawa barang-barang bawaan kami. saya dengan teman-teman menuju lantai bawah hotel untuk sarapan pagi. karena pada hari itu kami semua akan meninggalkan tempat itu untuk kembali pulang ke Bogor. saya membereskan semua barang-barang saya yang terdapat di dalam kamar hotel. kami segera pergi menuju Kasongan. Dan akhirnya guru-guru datang dan mereka mengajak kami berdoa bersama-sama sebelum berangkat. udaranyapun sejuk. Kami menonton film mengenai gunung merapi dan Ketep Pass. Setelah sholat. Setelah selesai membereskan barang-barang. saya bergegas untuk mandi pagi dan setelah itu langsung menunaikan sholat shubuh. Bus kami mencari tempat yang paling tepat untuk parkir. Setelah sarapan. saya terbangun pada pukul 05. Sehabis itu kami makan siang dan langsung berangkat menuju Borobudur. dan bersih. Saya merasa cemas ketika bus kami jalan menuju puncak Ketep Pass. Sesampainya di bus. Karena saya sudah lelah saya beristirahat di dalam bus. Sekitar pukul 14. Sesudah itu kami semua melanjutkan kembali perjalanan menuju Ketep Pass. karena jalanannya selalu tanjakkan yang sangat curam dan di bawahnya adalah jurang yang sangat dalam.37 kami sampai di Kasongan.

Borobudur. sehingga supir bus harus mengganti ban tersebut dengan ban cadangan. Hari semakin malam dan saya pun mulai mengantuk kembali. saya tertidur pulas hingga pukul 19. Setelah itu semua orang di dalam bus terdiam sejenak. kami segera turun untuk mengelilingi daerah disekitar Borobudur. dan saya pun tertidur dengan lelap. karena dia dijemut oleh keluarganya. Tidak terasa waktu sudah memasuki sholat maghrib. Saya bersama teman-teman segera menuju puncak dari Borobudur. Setelah berada di luar saya membeli buah-buahan untuk oleh-oleh. Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT karena berkat rahmatnya saya dapat pulang dengan selamat. Ternyata ada salah satu dari teman saya yang rumah saudaranya dekat dengan Borobudur. Akhirnya saya tidak dapat menahan rasa kantuk itu. Tak terasa sudah sampai di pintu tol Jagorawi. 7 . Saat kami ingin keluar dari Borobudur.37.30 ban belajang sebelah kanan bus kami bocor di tol Cibubur. Saya dan teman-teman saya yang rumahnya dekat dengan tol Jagorawi turun ditempat tersebut. dan makan malam. Perjalanan menuju Bogor terasa lama sekali. Setelah selesai mengganti ban bus mulai berjalan kembali. Ada teman saya yang bertanya kepada seorang turis asing mengenai Borobudur dan Indonesia. tetapi guru-guru kami yang berada di dalam bus mengajak kami bercanda sehingga saya tidak merasa bosan di dalam bus. Pada pukul 08. Disana banyak sekali orang yang berdatangan ingin melihat salah satu dari keajaiban dunia. Pada pukul sekian bus kami berhenti di rumah makan Candi Sari untuk beristirahat. Dia tidak pulang bersama kami. Perjalanan pun dilanjutkan kembali setelah istirahat yang lama di rumah makan Candi Sari. Setelah sampai di rumah saya langsung tertidur lelap karena kelelahan yang luar biasa. Karena saking lelahnya. Keesokkan harinya tanggal 4 Juli 2007. Karena saya dan teman-teman saya merasa bosan berada di puncak Borobudur. Setelah itu kami mulai melanjtkan perjalanan yang sempat terhenti. Dipuncak inilah kami berpoto-poto. Saya berpamitan kepada guru-guru dan teman-teman yang masih ada di bus. Tak terasa bus kami sudah memasuki wilayah Jakarta.40 karena bus kami berhenti di masjid Al-Barokah untuk menunaikan sholat shubuh. sholat. dan salah satu dari teman saya ada yang ditunjuk untuk adzan di dalam bus. Dipuncak Borobudur saya melihat pemandangan yang tak kalah indahnya dengan pemandangan yang saya lihat dari Puncak Ketep Pass. saya terbangun pada pukul 05. kami diharuskan lewat pintu keluar yang berupa lorong-lorong seperti gang yang isinya pedagang seperti di pasar. Setelah puas berada di Borobudur kami segera melanjutkan perjalanan menuju Bogor.

Di mana perjalanan yang telah saya lakukan membawa hasil / manfaat yang sangat besar dan berharga bagi kehidupan saya. Dan perjalanan wisata berikutnya semoga lebih baik lagi dari yang sekarang dan sebelum-sebelumnya. agar : Dengan ini saya akhiri laporan perjalanan Bogor-Yogyakarta dan Jawa Tengah. 2.BAB III Penutup 3. Walaupun dalam perjalanan tersebut terdapat beberapa kekurangan yang meninggalkan kesan yang kurang menarik di hati saya. Objek-objek Wisata di kota Yogyakarta dapat terjaga kelestarian dan kebersihannya.1 Kesimpulan Sebagai tempat objek Wisata. tetapi hal itu semua dapat ditutupi oleh rasa kebersamaan dan kenangan indah yang telah saya lalui bersama teman-teman dan guru-guru saya. 8 . Dan saya berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. 3.2 Saran-saran 1. karena saya telah berusaha dengan sebaik-baiknya. kota Yogyakarta kaya akan pemandangan dan kebudayaan yang harus dilestarikan. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan saran. Sehingga dapat meninggalkan kesankesan yang benar-benar terindah.

google.co.id 9 .Daftar Pustaka www.

Lampiran 10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful